Pengertian Strategi Perusahaan dan Komponennya dalam Bisnis

oleh | Mei 31, 2021

source envato.

Pengertian Strategi Perusahaan dan Komponennya dalam Bisnis

Perusahaan yang baik harus memiliki strategi untuk memastikan semua keputusan yang mereka ambil sesuai dengan kebutuhan bisnis, baik external maupun internal.

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam membangun strategi perusahaan yang baik. Baca artikel ini untuk mengetahui pengertian dan hal apa saja yang perlu dilakukan dalam melakukan penyusunan strategi perusahaan yang baik.

Apa itu Strategi Perusahaan?

Strategi Perusahaan mengambil pendekatan portofolio untuk pengambilan keputusan strategis dengan melihat semua bisnis perusahaan untuk menentukan cara menciptakan nilai paling banyak.

Untuk mengembangkan strategi perusahaan, perusahaan harus melihat bagaimana berbagai bisnis yang mereka miliki cocok satu sama lain, bagaimana mereka saling mempengaruhi, dan bagaimana struktur perusahaan induk, untuk mengoptimalkan sumber daya manusia, proses, dan tata kelola.

Strategi Perusahaan dibangun di atas strategi bisnis, yang berkaitan dengan pengambilan keputusan strategis untuk bisnis individu.

Apa saja Komponen dalam Strategi Perusahaan?

Ada beberapa komponen penting dari strategi perusahaan yang menjadi fokus para pemimpin organisasi. Tugas utama strategi perusahaan adalah:

  • Alokasi sumber daya
  • Desain organisasi
  • Manajemen portofolio
  • Pertukaran strategis

Pada bagian berikut, panduan ini akan menguraikan empat komponen utama yang diuraikan di atas.

1. Alokasi Sumber Daya

Alokasi sumber daya di perusahaan sebagian besar berfokus pada dua sumber daya: orang dan modal. Dalam upaya memaksimalkan nilai seluruh perusahaan, pemimpin harus menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya ini ke berbagai bisnis atau unit bisnis agar keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.

Faktor utama yang terkait dengan alokasi sumber daya adalah:

Orang-orang

  • Mengidentifikasi kompetensi inti dan memastikannya didistribusikan dengan baik ke seluruh perusahaan
  • Memindahkan pemimpin ke tempat yang paling mereka butuhkan dan menambahkan nilai paling banyak (berubah seiring waktu, berdasarkan prioritas)
  • Memastikan pasokan bakat yang sesuai tersedia untuk semua bisnis

Modal

  • Mengalokasikan modal di seluruh bisnis sehingga menghasilkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko tertinggi
  • Menganalisis peluang eksternal (merger dan akuisisi) dan mengalokasikan modal antara peluang internal (proyek) dan eksternal.

Baca juga: Smart Goal, Metode yang Tepat untuk Menetapkan Target Bisnis Anda

strategi perusahaan 2

2. Desain Organisasi

Desain organisasi memastikan perusahaan memiliki struktur perusahaan yang diperlukan dan sistem terkait untuk menciptakan jumlah nilai maksimum.

Faktor yang harus dipertimbangkan pemimpin adalah peran kantor pusat perusahaan (pendekatan terpusat vs desentralisasi) dan struktur pelaporan individu dan unit bisnis – hierarki vertikal, pelaporan matriks, dll.

Faktor kunci yang terkait dengan desain organisasi adalah:

Kantor pusat (terpusat vs desentralisasi)

  • Menentukan seberapa besar otonomi yang diberikan unit bisnis
  • Memutuskan apakah keputusan dibuat dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas
  • Pengaruh pada strategi unit bisnis

Struktur organisasi (pelaporan)

  • Tentukan seberapa besar inisiatif dan komitmen akan dibagi menjadi proyek-proyek yang lebih kecil
  • Mengintegrasikan unit bisnis dan fungsi bisnis sehingga tidak ada redundansi
  • Memungkinkan keseimbangan antara risiko dan pengembalian ada dengan memisahkan tanggung jawab
  • Mengembangkan pusat pelaporan
  • Menentukan pendelegasian wewenang yang sesuai
  • Menetapkan struktur tata kelola
  • Menetapkan struktur pelaporan (militer / top-down, pelaporan matriks)

Baca juga: Ide Jualan Sayur Online dengan Keuntungan Berlimpah dan tips Cara Menjualnya

3. Manajemen Portofolio

Manajemen portofolio melihat cara unit bisnis saling melengkapi, korelasinya, dan memutuskan di mana perusahaan akan “bermain” (yaitu bisnis apa yang akan atau tidak akan dimasuki).

Strategi Perusahaan terkait dengan manajemen portofolio meliputi:

  • Memutuskan bisnis apa yang akan masuk atau keluar
  • Menentukan tingkat integrasi vertikal yang harus dimiliki perusahaan
  • Mengelola risiko melalui diversifikasi dan mengurangi korelasi hasil di seluruh bisnis
  • Menciptakan opsi strategis dengan menanamkan peluang baru yang dapat diinvestasikan secara besar-besaran jika sesuai
  • Memantau lanskap kompetitif dan memastikan portofolio seimbang dengan tren di pasar

Baca juga: Perusahaan Ekstraktif, Salah Satu Badan Usaha yang Fokus Mengelola SDA

4. Pertukaran Strategis

Salah satu aspek yang paling menantang dari strategi perusahaan adalah menyeimbangkan pertukaran antara risiko dan pengembalian di seluruh perusahaan. Penting untuk memiliki pandangan holistik dari semua bisnis yang digabungkan dan memastikan bahwa tingkat manajemen risiko dan perolehan laba yang diinginkan dikejar.

Di bawah ini adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan untuk pertukaran strategis:

Mengelola risiko

  • Risiko seluruh perusahaan sebagian besar tergantung pada strategi yang dipilihnya
  • Diferensiasi produk yang sebenarnya, misalnya, adalah strategi berisiko sangat tinggi yang dapat berdampak dalam posisi kepemimpinan pasar atau kehancuran total
  • Banyak perusahaan mengadopsi strategi peniru dengan melihat apa yang telah dilakukan pengambil risiko lain dan sedikit memodifikasinya
  • Penting untuk sepenuhnya menyadari strategi dan risiko terkait di seluruh perusahaan
  • Beberapa area mungkin memerlukan diferensiasi yang sebenarnya (atau kepemimpinan biaya) tetapi area lain mungkin lebih cocok untuk strategi peniruan yang mengandalkan peningkatan bertahap
  • Tingkat otonomi yang dimiliki unit bisnis penting dalam mengelola risiko ini

Baca juga: Whatsapp Bisnis: Fitur, Manfaat, dan Cara Membuatnya dengan Mudah Untuk Bisnis Anda

Menghasilkan pengembalian

  • Strategi risiko yang lebih tinggi menciptakan kemungkinan tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Contoh diferensiasi produk atau kepemimpinan biaya di atas dapat memberikan keuntungan terbesar dalam jangka panjang jika dijalankan dengan baik.
  • Memiliki lebih banyak strategi berarti menghasilkan lebih banyak peluang, jadi penting untuk memiliki jumlah opsi yang sesuai dalam portofolio. Opsi ini nantinya dapat berubah menjadi taruhan besar seiring berkembangnya strategi.

Insentif

  • Struktur insentif akan memainkan peran besar dalam seberapa besar risiko dan seberapa banyak manajer pengembalian mencari
  • Mungkin perlu untuk memisahkan tanggung jawab manajemen risiko dan pengembalian sehingga masing-masing dapat dikejar ke tingkat yang diinginkan
  • Ini dapat membantu lebih lanjut untuk mengelola beberapa timeline yang tumpang tindih, mulai dari risiko / pengembalian jangka pendek hingga risiko / pengembalian jangka panjang dan memastikan ada penyebaran yang sesuai.

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Keterampilan Business Development?

Kesimpulan

Strategi Perusahaan berbeda dari strategi bisnis, karena berfokus pada bagaimana mengelola sumber daya, risiko, dan laba di seluruh perusahaan, sebagai lawan untuk melihat keunggulan kompetitif.

Pemimpin yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan strategis harus mempertimbangkan banyak faktor, termasuk alokasi sumber daya, desain organisasi, manajemen portofolio, dan pertukaran strategis.

Dengan mengoptimalkan semua faktor di atas, seorang pemimpin diharapkan dapat menciptakan portofolio bisnis yang bernilai lebih dari sekedar penjumlahan bagian-bagiannya.

Salah satu hal yang perlu diperrhatikan dalam pengelolaan bisnis yang baik adalah dengan memastikan semua arus keuangan dan pemantauan transaksi berjalan dengan baik.

Anda bisa menggunakan solusi pembukuan dan akuntansi bisnis Anda dengan sistem modern seperti menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa Anda gunakan untuk kemudahan operasional bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih daru 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini?

accurate 200 ribu perbulan

bisnisukmbanner
Promo AOL ResolusiJadiAksi

Download E-Book Peluang Bisnis Potensial 2025

Inilah 3 Peluang Bisnis yang Diprediksi Bersinar di 2025.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait