Pengertian Diferensiasi Produk, Strategi dan Dampaknya bagi Usaha Anda

Dalam dunia bisnis, melakukan diferensiasi produk sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya ada banyak sekali pilihan produk kompetitor sejenis yang tentunya akan membingungkan konsumen. Dengan demikian konsumen pun mampu untuk memutuskan untuk memilih produk yang kita hasilkan

Oleh sebab itu, menciptakan sesuatu yang berbeda dengan produk kompetitor sangatlah penting agar dapat memenangkan persaingan dalam bidang bisnis. Konsumen pun mampu untuk melihat dengan jelas produk pembeda diantara beragam jenis produk yang sama..

Jika seringkali kita melihat jajaran produk yang dipajang di etalase toko dengan produk sejenis. Tentunya akan sangat membingungkan konsumen. Pasalnya, mereka tidak mungkin membaca satu per satu deskripsi produk dalam toko tersebut.

Ingin mengetahui pengertian lengkap diferensiasi produk dan fungsinya bagi pengembangan usaha secara menyeluruh? Baca terus artikel ini.

Pengertian Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah pembeda antara produk sejenis, baik dengan kompetitor maupun dengan produk inti yang kita miliki. Berbeda bukan berarti aneh. Perbedaan ini untuk membuat produk yang lebih unik dan menarik, dan pastinya dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Ada kalanya untuk dapat memenangkan kompetisi dalam bisnis, diperlukan pembeda dengan produk atau layanan yang ada dipasar, selain promosi, dan juga segmentasi pasar. Hal tersebut ibarat dua mata rantai yang saling berkaitan. Diferensiasi mempermudah ajang promosi dan segmentasi.

Banyaknya produk sejenis, mengharuskan memiliki pembeda agar dapat menarik konsumen. Dengan demikian, dapat meningkatkan penjualan dan tentunya keuntungan pun akan bertambah. Oleh sebab itu, melakukan inovasi yang merupakan bagian dari diferensiasi produk sangatlah penting.

Sebagaimana kita mengenal orang lain berdasarkan ciri tertentu, yang membedakan antara satu orang dengan orang lainnya. Begitu juga dengan hal tersebut. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dapat lebih cepat laku dan dikenal di pasaran.

Contoh diferensiai produk yang kita gunakan sehari hari misalnya adalah menggunakan merek mie instan dari Indofood. Perusahaan ini memiliki beragam merek mie yang sudah ada segmentasi pasarnya, seperti Indomie, Sarimi, atau Supermie

Setelah mengetahui lebih banyak mengenai pengertiannya, maka selanjutnya untuk melakukan diferensiasi adalah menjalankan strategi. Dalam menjalankan strategi diferensiasi ini harus paham betul mengenai definisinya. Sehingga dapat menciptakan strategi yang tepat sasaran.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Strategi yang Harus Dilakukan

Melakukan diferensiasi produk pun tidak boleh asal, haruslah melakukan strategi khusus agar produk tersebut mudah diterima oleh konsumen. Berikut ini beberapa strategi yang harus dilakukan. Sehingga produk tersebut bisa memenangkan pangsa pasar, yaitu:

1. Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Strategi yang pertama dalam diferensiasi produk adalah mengetahui kebutuhan konsumen. Konsumen tentunya akan merasa dipedulikan dengan mendapatkan produk yang dibutuhkan. Pelayanan prima merupakan bagian yang termasuk di dalam nya. Jika tidak bisa melakukan diferensiasi dalam produk, maka diferensiasi dalam pelayanan haruslah diutamakan.

Meluncurkan produk yang dibutuhkan oleh konsumen dapat membuat konsumen mengubah keputusannya untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, produk tersebut menjadi pembeda dengan produk lainnya. Hal yang membedakannya adalah produk tersebut lebih dibutuhkan oleh konsumen.

2. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk yang terjaga menjadikan produk tersebut lebih unggul dibandingkan produk kompetitor atau produk sejenis. Tentunya konsumen akan memilih produk yang berkualitas. Hal tersebut merupakan kelebihan dan menjadi diferensiasi dengan menjaga kualitas produk.

Produk yang berkualitas, dapat dihasilkan dengan cara menggunakan bahan baku yang berkualitas dan melakukan perubahan di beberapa bagian produk. Sehingga produk tersebut lebih menarik. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk membuat produk menjadi lebih unggul dibandingkan produk kompetitor.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Online yang Sudah Terbukti dan Wajib Anda Coba

3. Melakukan Inovasi Produk

Inovasi yang dilakukan merupakan bagian dari diferensiasi. Dengan demikian, produk tersebut akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan produk kompetitor. Oleh sebab itu, pentingnya untuk melakukan inovasi guna produk tersebut menjadi pembeda dengan yang lain.

Strategi yang dapat dilakukan sebagai pembeda yaitu melakukan inovasi produk yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan produk yang sejenis. Produk yang lebih unggul tersebut tentunya didasarkan kepada inovasi. Dengan demikian, inovasi dan diferensiasi ibarat dua sisi mata uang.

4. Jujur dalam Penawaran

Bagian dari diferensiasi produk adalah penawaran yang menarik. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara jujur dalam penawaran, termasuk diantaranya mengungkapkan kelebihan dan kekurangan produk pada konsumen, sehingga konsumen mendapatkan informasi yang akurat.

Sekalipun tidak dapat melakukan inovasi dan revitalisasi dalam produk, setidaknya bisa melakukan diferensiasi dalam bentuk pelayanan. Dengan demikian, konsumen akan memilih produk tersebut berdasarkan kenyamanan dari pelayanan yang didapatkan. Oleh sebab itu, ungkapkan deskripsi produk dengan jujur.

Baca juga: Apa Itu Buzzer? Berikut Pengertian Mendalam Dari Profesi Buzzer

5. Mengajak Persepsi pada Konsumen

Persepsi bisa dilakukan dengan cara promosi, penawaran sekaligus ajakan. Dengan demikian, produk yang dihasilkan akan lebih mudah untuk dikenali. Hal ini merupakan bagian dari strategi diferensiasi untuk produk. Konsumen akan diajak persepsinya untuk menggunakan produk tersebut.

Mengubah keputusan konsumen cukup sulit bila tidak tahu strateginya. Hal ini merupakan bagian dari diferensiasi, dan melakukan promosi yang dapat mengikat emosional konsumen merupakan salah satu cara untuk membuat keputusan pembelian dan menarik persepsi konsumen.

Melakukan diferensiasi pada produk yang dihasilkan, tentunya harus menggunakan strategi. Dengan demikian, strategi tersebut bisa menghasilkan diferensiasi guna meningkatkan penjualan dalam memperoleh keuntungan. Oleh sebab itu beberapa strategi tersebut bisa dicoba untuk dijalankan.

Melakukan strategi dalam menjalankan diferensiasi sangatlah penting. Dua hal tersebut merupakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisahkan. Tentunya diferensiasi yang dilakukan tidak menjadi aneh dan sia-sia. Dengan demikian, produk tersebut bisa meningkatkan keuntungan.

Dalam ruang lingkup bisnis, diferensiasi, segmentasi pasar, penguasaan pangsa pasar, keuntungan, penjualan, merupakan satu mata rantai yang tidak bisa dipisahkan. Bila salah satunya pecah maka rantai tersebut tidak dapat berfungsi. Begitu pula dengan mata rantai bisnis. Mata rantai tersebut bisa berfungsi sempurna, jika menyempurnakan bagian dari mata rantai tersebut.

Baca juga: Pengertian Manajemen Anggaran, Tujuan, Jenis, dan Tips Penganggaran

diferensiasi produk 2

Pengaruh Diferensi Produk terhadap Usaha

Menjadi sedikit berbeda lebih baik, daripada sedik lebih baik.

Adanya diferensiasi dalam produk menjadikan lebih banyak untuk mempengaruhi perkembangan bisnis yang dilakukan. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada peningkatan penjualan dan keuntungan. Oleh sebab itu, bagi para pelaku usaha penting untuk melakukan hal tersebut.

Diferensiasi akan menciptakan segmentasi pasar, dan tentunya lebih mudah dalam meningkatkan penjualan dan melakukan strategi pemasaran. Dengan demikian, hal tersebut merupakan satu mata rantai yang utuh dalam ruang lingkup bisnis.

Bila berbicara mengenai pengaruh maka akan berbicara mengenai alur diferensiasi. Alurnya yaitu diferensiasi, kemudian segmentasi pasar, peningkatan penjualan, dan juga penguasaan pangsa pasar untuk selanjutnya meningkatkan penjualan dan keuntungan. Secara tidak langsung akan berimplikasi pada keuntungan.

Setiap pelaku bisnisnya tentunya akan berorientasi pada keuntungan. Oleh sebab itu, segala strategi akan dilakukan guna memperoleh keuntungan tersebut. Salah satunya dengan melakukan diferensiasi sebagaimana para ahli bisnis ungkapkan untuk memenangkan persaingan.

Orientasi keuntungan sudah menjadi target dalam bisnis. Orientasi keuntungan dan diferensiasi saling berkorelasi walau tidak secara langsung. Diferensiasi ibarat umpan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan. Dengan demikian, secara tidak langsung akan mendatangkan keuntungan.

Sebagai bagian dari mata rantai, diferensiasi produk berperan cukup krusial dalam perkembangan bisnis. Sebagaimana mata rantai, jika salah satu terputus maka tidak dapat menjalankan bisnis dalam satu kesatuan.

Pengaruh diferensiasi terhadap perkembangan bisnis cukup signifikan. Bisnis dapat meningkat dengan pesat karena dapat dengan mudah untuk menguasai pangsa pasar. Hal ini merupakan bagian dari manajemen strategi bisnis, sebagaimana dikutip oleh para ahli bisnis.

Dalam melakukan pengembangan atau diferensiasi produk atau layanan tentnu dibutuhkan penganggaran yang baik agar semua rencana berjalan dengan optimal. Hal ini memaksa kita untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis yang terstruktur, sistematis dan sesuai dengan realisasi perencanaan usaha kita kedepannya.

Untuk memastikan keuangan dalam bisnis sudah terpantau dan sesuai dengan rencana bisnis, pastikan Anda melakukan pembukuan yang baik untuk menghindari kesalahan pencatatan, pengelolaan keuangan dan meminimalisir terjadi kecurangan atau fraud dalam sistem keuangan Anda.

Kesulitan melakukan pembukuan manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, fitur terlengkap dan sesuai dengan kebutuhan bisnis dan memiliki harga terjangau, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasi cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis.

Menggunakan Accurate Online tidak hanya akan memudahkan proses pembukuan bisnis Anda, namun juga memudahkan Anda memnatau stok, aset, mengelola perpajakan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan memudahkan bisnis Anda secara menyeluruh.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.