Rasakan Kemerdekaan dalam Mengelola Bisnis dengan Tips Ampuh Berikut ini!

Dalam memulai suatu bisnis, kita tidak hanya bisa bermodalkan keberanian ataupun uang dengan nominal yang besar. Hal yang penting juga adalah pengelolaan yang tepat. Pengelolaan inilah yang menjadi penentu apakah bisnis Anda akan untung atau merugi.

Untuk itu, jangan heran jika para pebisnis dengan skala besar rela mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar untuk menyewa jasa konsultan untuk kelangsungan, keuntungan dan juga perkembangan bisnis mereka.

Namun, untuk Anda yang masih memiliki budget tipis, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mengelola bisnis Anda secara Ampuh dengan tips-tips berikut ini.

12 Tips Ampuh Untuk Mengelola Bisnis

1. Membuat Daftar Pekerjaan yang Akan Diselesaikan

Walaupun hal ini terlihat kecil dan juga sepele. Namun, membuat to do list akan memudahkan jalan Anda dalam memperoleh target bisnis bila diiringi dengan tingkat kedisiplinan dan juga komitmen dari dalam diri yang kuat.

Mulailah dengan menuliskan berbagai hal yang akan Anda kerjakan dalam kurun waktu satu hari, pilihlah hal apa saja yang harus diprioritaskan. Lalu, selesaikan minimal tiga hal yang terdapat di dalam daftar sebelum waktu makan siang, sehingga Anda bisa menikmati makan siang dan membangun relasi.

Hindari terlalu ketat dalam membuat jadwal, karena hal ini akan membuat terjebak dengan pekerjaan yang sama tanpa bisa melihat peluang usaha yang lain.

Selanjutnya, bila Anda mempunyai beberapa pekerjaan yang serupa, maka Anda bisa melakukannya dalam satu waktu agar bisa efisien, fleksibel namun disiplin. Karena, tanpa adanya kedisiplinan maka tidak akan ada kesuksesan. Untuk itu, disiplinkanlah diri Anda dan buat sukses Anda sendiri.

Baca juga: Bagaimana Cara Menemukan Mentor Bisnis yang Tepat untuk Anda?

2. Investasikan Waktu Anda, Setiap Detiknya Sangatlah Berharga

Saat Anda ingin menjalankan suatu bisnis ataupun perusahaan, salah satu yang menjadi tantangan terbesar adalah manajemen waktu. Walaupun Anda sudah dibekali dengan kemampuan dalam berbisnis ataupun tim yang handal, memanfaatkan waktu yang tepat dan cermat harus bisa Anda lakukan agar tidak berakhir menjadi sia-sia.

Mulailah dalam melakukan hal sekecil apapun namun memiliki dampak panjang, seperti bangun pagi. Jika Anda melakukannya setiap hari, maka akan mampu menghemat waktu produktif Anda sebanyak 460 menit per minggu.

Selanjutnya, Anda harus bisa berhenti melakukan berbagai hal yang sia-sia. Tanyakanlah pada diri Anda apakah memang yang Anda lakukan saat ini sudah berguna untuk kelanjutan bisnis Anda. Bila memang tidak, tinggalkan kegiatan tersebut. Ingatlah bahwa setiap detik yang Anda lakukan sangat berharga untuk kehidupan Anda.

3. Tetapkanlah Kemana Dana Anda akan Digunakan

Mempunyai modal yang besar bukan berarti Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Bukannya untung, kesalahan dalam menggunakan dana tersebut justru nantinya akan membuat Anda terlilit hutang.

Untuk itu, rencanakanlah dengan baik keuangan bisnis Anda. Utamakanlah berbagai hal yang penting terlebih dahulu.

Perhatikanlah sektor mana yang banyak menghabiskan uang, bagian mana saja yang mampu ditekan biayanya, dan sisi apa saja yang mampu menyumbang pemasukan terbesar.

Buatlah ketiga hal tersebut dalam lembaran yang detail agar saat Anda menemukan kesulitan saat mengatur dana, Anda bisa bisa mengantongi alasan untuk tetap bertahan. Lembaran ini akan menjadi suatu histori yang mampu membantu Anda dalam menentukan kebijakan yang tepat selanjutnya.

4. Giat Pelajari Pasar

Jika Anda suka menghabiskan waktu di depan layar gadget atau suka berjalan-jalan, sebenarnya kegiatan ini bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kegiatan tersebut untuk mencari tahu trend terkini. Sisihkanlah waktu selama 2 jam setiap harinya dan Anda akan menemukan banyak sekali hal unik di luar sana yang siapa tahu akan mampu memberikan inspirasi pada Anda.

5. Melakukan analisa atau survey lapangan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu terkait produk dan juga target pemasaran. Anda harus bisa melakukan survei atau analisa lapangan terlebih dahulu sebelum akhirnya memasarkan suatu produk.

Pastikanlah agar produk yang Anda tawarkan menjadi produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Anda juga harus memastikan sasaran yang tepat untuk produk yang Anda jual.

Contohnya Anda mempunyai usaha lollipop, maka sasaran yang paling pas untuk produk tersebut adalah anak-anak. Mungkin sebagian dari Anda juga memiliki usaha makanan ringan, maka target sasaran yang tepat adalah remaja sampai anak dewasa.

6. Menjaga Kualitas Produk

Saat sudah menjalankan bisnis, pastikanlah untuk terus mampu menjaga kualitas produk. Suatu produk yang baik akan terus diingat oleh para konsumennya. Mereka nantinya pasti akan menandai perusahaan ataupun toko yang mempunyai kualitas produk yang baik.

Bila kualitas dari produk Anda sudah dikenal dengan baik, maka jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan dengan cara memberikan produk yang dengan kualitas yang buruk. Hindari juga menurunkan kualitas produk hanya semata-mata demi memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar.

7. Luangkan Waktu dan Nikmatilah Hidup

Akan selalu ada alasan kenapa para pebisnis seringkali menghabiskan waktunya untuk bermain golf atau hanya sekedar berkumpul bersama temannya di kafe. Jangan Anda mengira mereka tidak sibuk, mereka berusaha keras untuk meluangkan waktunya agar bisa menikmati hidup sambil menjalin relasi bisnis.

Relasi bisnis tersebut adalah hal yang sangat penting di dalam dunia bisnis. Jalinan relasi bsinis ini bisa memberikan berbagai keuntungan, seperti tawaran kerjasama, investor, pengetahuan baru, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda para pebisnis pemula, jalinlah relasi sebanyak-banyaknya dan jadikanlah mereka sebagai penyokong untuk bisa menjajaki dunia bisnis yang sangat ketat. Pada intinya, relasi ini akan memberikan berbagai pulang baru yang bahkan seringkali tidak sadari.

8. Berikan Kode Khusus Untuk Barang-Barang

Saat Anda baru memulai bisnis, beberapa dari Anda mungkin berpikir untuk tidak perlu memberikan berbagai kode rumit pada produk yang Anda jual. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, bisnis retail Anda pasti akan mempunyai variasi yang sangat banyak, dan saat itulah Anda akan sangat memerlukan kode barang.

Kode barang ini juga akan mampu memudahkan Anda dalam melakukan penempatan di gudang. Contohnya kode barang BC-1 ditempatkan pada urutan pertama dan sampai seterusnya. Keuntungan lain yang akan Anda rasakan dari pemberian kode ini adalah mampu memberikan kecepatan dan ketepatan saat terjadi banyak pesanan.

9. Tempatkanlah Barang Yang Dijual Di Dalam Gudang Tersendiri

Gudang merupakan salah satu komponen penting di dalam suatu bisnis retail, seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, gudang akan membantu Anda dalam mengelola penyusunan stok barang. Sehingga saat ada pemesanan, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir dan berlama-lama dalam melakukan pencarian barang.

10. Pencatatan Transaksi Penjualan

Tips lainnya adalah dengan mencatat setiap transaksi penjualan. Saat bisnis retail Anda sudah bisa berkembang, maka pencatatan penjualan merupakan hal yang sangat penting. Tentunya Anda tidak menginginkan jumlah uang yang diperoleh dari penjualan berbeda dengan stok barang yang ada, bukan?

11. Pengecekan Barang Masuk

Setelah rutin melakukan pencatatan transaksi penjualan, maka hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek barang masuk.

Cara ini akan membantu Anda dalam mencegah adanya kerancuan pada stok barang Anda. Seperti tidak mengetahui stok barang sisa, lalu Anda melakukan stok barang masuk lagi. Jadi, Anda tidak mengetahui barang mana yang harus Anda keluarkan lebih dulu.

Selain itu, mengecek barang masuk juga akan sangat berguna untuk mencegah adanya kerusakan barang saat Anda membeli barang, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian dalam hal memberikan barang.

12. Selalu Melakukan Stok Opname

Stock opname adalah salah satu proses yang harus Anda lakukan secara berkala agar bisa menghitung seluruh jumlah fisik barang dan juga persediaan yang Anda miliki. Hasil dari penghitungan ini nantinya akan dibandingkan dengan jumlah pencatatan persediaan yang ada.

Baca juga: Cara Memilih Nama yang Sempurna untuk Bisnis Anda

Penutup

Itulah ke-12 tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengelola bisnis dengan mudah dan tepat. Nah, beberapa hal diatas bisa Anda lakukan dengan mudah bila Anda sudah memanfaatkan teknologi software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini lebih dari sekedar aplikasi akuntansi biasa, karena di dalamnya terdapat banyak sekali fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Dengan Accurate Online, Anda bisa mencatat setiap transaksi penjualan secara otomatis, memeriksa kondisi stok barang secara realtime, dan melakukan stok opname dengan mudah.

Terlebih lagi, saat ini Accurate Online juga turut memeriahkan kemerdekaan HUT RI ke-76 dengan memberikan promo kemerdekaan menarik yang bisa Anda nikmati.

Salah satunya adalah penawaran diskon sebesar 45%. Dengan adanya promo ini, maka Anda hanya harus mengeluarkan biaya investasi yang lebih murah daripada harga normal Accurate Online.

Penasaran dengan promo menarik ini? Anda bisa mencari tahunya sendiri dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.