Cara Menghadapi Persaingan Bisnis dengan Baik

Persaingan bisnis merupakan hal yang tidak akan bisa Anda hindari. Seunik apapun produk ataupun layanan yang Anda jual, Anda akan tetap menemukan bisnis yang sama dengan Anda. Dari sinilah ujian kesuksesan yang harus Anda terapkan dalam berbisnis. Anda harus bisa menyikapi persaingan bisnis secara bijak.

Tapi, persaingan bisnis sebenarnya mampu memberikan banyak manfaat, terutama agar bisa mendorong Anda untuk lebih meningkatkan produktivitas. Nah, berikut ini Adalah cara menghadapi persaingan bisnis secara baik.

Manfaat Persaingan Bisnis

Sebelum lebih jauh membahas cara persaingan bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu manfaat persaingan bisnis. Setidaknya terdapat tiga poin penting yang menjadi manfaat persaingan bisnis.

Pertama dari sisi harga. Perusahaan akan saling berkompetisi agar bisa menjual layanan atau produk dengan menggunakan harga yang lebih terjangkau. Kedua dalam hal pilihan, perusahaan akan bisa meningkatkan beragam produk ataupun layanan agar para pelanggan bisa memperoleh pilihan yang lebih banyak daripada kompetitor.

Selanjutnya dalam hal kualitas. Perusahaan bisa meningkatkan kualitas dari produk dan juga pelayanan agar bisa mempertahankan dan juga memperoleh pelanggan baru.

Tapi saat persaingan bisnis sudah semakin memanas, menawarkan produk yang unik dan berbeda tidak akan bisa menyelamatkan perusahaan Anda. Hal tersebut tidak akan cukup untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli layanan atau produk.

Jika Anda ingin terlihat lebih menonjol, maka Anda harus bisa memasuki area yang lebih sulit dijangkau oleh kompetitor Anda.

Strategi ini mungkin akan terdengar lebih sulit, tapi bila Anda ingin menawarkan produk atau jasa yang lebih berkualitas, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Kontraktor

Cara Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis

1. Mencari Tahu Kelebihan Kompetitor

Beberapa pebisnis mengklaim bahwa perusahaannya sangat berbeda dengan perusahaan yang lain dan tidak ada tandingannya. Namun, pendekatan seperti ini mempunyai konsekuensi yang sangat serius dan mampu memberikan dampak yang besar pada keberlangsungan bisnis.

Memposisikan perusahaan Anda di persaingan bisnis tidak cukup hanya dengan mengetahui siapa saja kompetitor bisnis Anda. Namun, Anda juga harus mencari tahu apa saja keunggulan mereka.

Mengabaikan kompetisi adalah suatu tindakan yang tidak bijak. Anda harus bisa mengetahui apa yang mereka tawarkan dan hal apa yang pelanggan mereka senangi dari produknya. Sehingga, Anda akan bisa membuat strategi bisnis yang lebih tepat dan juga sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

2. Cari Tahu Keunggulan Anda

Kini waktunya bagi Anda untuk melakukan identifikasi terkait kelemahan terbesar pada bisnis Anda. Memahami berbagai hal yang bisa Anda lakukan lebih baik daripada kompetitor akan sangat penting sekali. Sehingga, Anda bisa mengetahui apa saja yang menjadikan suatu perusahaan berbeda.

Cobalah cari tahu apa yang sekiranya menarik perhatian pelanggan Anda. Jangan terjebak dalam kalimat “menjadi yang terbaik” agar bisa mengidentifikasi berbagai bagian ini. Namun, carilah bagian yang selama ini telah Anda tekuni dan buatlah daftarnya.

3. Fokuskan Target Penjualan

Saat Anda memposisikan bisnis Anda dalam persaingan bisnis, maka Anda harus bisa melakukannya sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian calon pelanggan.

Bila Anda fokus pada target pasar yang banyak, maka bisa jadi pesan yang Anda sampaikan akan menjadi terlalu umum dan tidak bisa menargetkan kelompok manapun, sehingga brand Anda akan terlupakan begitu saja.

Untuk itu, tentukanlah target pasar produk atau layanan jasa Anda. Selain itu, jangan pernah melupakan target audiens yang ditetapkan oleh kompetitor Anda. Dengan mengetahui siapa saja targetkan, akan membuat iklan Anda memiliki demografi yang berbeda-beda.

4. Prioritaskan Kelebihan yang Dibutuhkan Pelanggan

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi persaingan bisnis adalah dengan mencari keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Bila kedua kriteria tersebut bisa Anda maksimalkan, maka Anda bisa memposisikan bisnis Anda secara strategis.

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan informasi kompetitor dalam menemukan niche Anda, seperti area yang tidak mampu mereka isi tapi bisa diisi oleh brand Anda, keuntungan yang tidak bisa mereka tawarkan tapi bisa Anda penuhi.

Melakukan identifikasi pada berbagai area tersebut akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Berbagai celah tersebutlah yang akan menjadi posisi Anda di tengah persaingan bisnis yang ketat.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Proses Produksi Pabrik Makanan dan Minuman

Kesimpulan

Persaingan bisnis adalah suatu hal yang biasa dan menjadi tanda bahwa pasar yang Anda targetkan cukup besar. Tapi agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal, Anda harus lebih mengesankan pelanggan.

Beberapa cara di atas bisa dijadikan titik awal dalam membuat strategi marketing yang baru. Anda tidak boleh berhenti di tengah jalan. Pastikanlah bahwa manajemen eksekusi Anda bekerja secara efektif dan tidak menghambat Anda untuk terus melakukan inovasi bisnis.

Selain itu, beradaptasilah dengan penggunaan teknologi agar bisa mengotomatisasikan lini bisnis dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang akan mencatat seluruh kegiatan transaksi secara otomatis dan mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan juga akurat.

Di dalamnya pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan membuat keputusan bisnis secara lebih mudah.

Tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.