Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Kontraktor

Perlu Anda ketahui bahwa industri konstruksi mampu menghasilkan puluhan triliun rupiah dari PDB Nasional dan mampu menyediakan mata pencaharian untuk lebih dari 10 juta karyawan. Tapi, bila Anda ingin perusahaan kontraktor Anda terlihat lebih kompetitif, maka Anda harus bisa meningkatkan produktivitasnya.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan produktivitas pada perusahaan kontraktor?

Cara Meningkatkan Produktivitas Perusahaan Kontraktor

1. Jaga Tenaga Kerja Anda

Tenaga kerja adalah sumber kehidupan utama perusahaan. Karyawan mampu memberikan upaya fisik yang dibutuhkan agar bisa menyelesaikan pekerjaan. Mereka juga mampu memberikan upaya mental yang diperlukan dalam mengendalikan biaya, mengatur jadwal, serta memastikan bahwa proyek bisa selesai secara tepat waktu dan juga sesuai dengan anggaran.

Selain itu, karyawan juga akan mewakili perusahaan saat mereka sedang bekerja. Untuk itu, sangat penting sekali untuk menjaga karyawan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk menjaga karyawan:

  • Beri mereka waktu istirahat

Pastikanlah karyawan Anda untuk memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan masalah pribadi. Selain itu, bila mereka mampu menyelesaikan proyek konstruksi secara tepat waktu atau mengharuskan mereka bekerja di hari libur, Anda bisa memberikan waktu cuti tambahan atau memberikan hadiah.

  • Reward

Saat karyawan Anda telah memenuhi atau melampaui harapan, maka Anda harus bisa memberikan penghargaan pada mereka. Salah satu cara untuk bisa melakukannya adalah dengan memberikan bonus tunai. Anda juga bisa memberikan fasilitas lain seperti keanggotaan gym atau keanggotaan olahraga lainnya.

Anda pun bisa menyelenggarakan acara seperti gathering atau pergi ke suatu tempat untuk refreshing bersama. Cara lainnya adalah dengan mengakui upaya mereka. Kenapa? Karena karyawan ingin lebih dari sekedar dibayar untuk kinerja mereka. Mereka pun ingin merasa dihargai dan menjadi salah satu bagian dari tim.

Baca juga: Strategi Business Development yang Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

2. Gunakan Teknologi Baru

Anda pun bisa meningkatkan produktivitas pada perusahaan kontraktor Anda dengan cara menggunakan teknologi baru. Cara ini mampu menurunkan biaya pekerjaan per unit yang dilakukan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dalam beberapa kasus, teknologi baru akan sangat memungkinkan mereka untuk bisa meningkatkan komunikasi, memberikan perkiraan biaya yang lebih baik dan lebih akurat agar bisa melacak kemajuan proyek konstruksi Anda sendiri. Teknologi baru juga akan bisa membuat perusahaan Anda terlihat lebih menonjol sebagai pemimpin teknologi.

3. Perhatikan Detail

Ketelitian dan juga akurasi merupakan kunci keberhasilan perusahaan kontraktor. Contohnya, proyek akan lebih diuntungkan bila menggunakan bahan yang lebih hemat biaya.

Bila Anda memang harus memperluas ruang kerja ataupun menambah gedung baru, Anda juga harus meluangkan waktu untuk melakukan evaluasi dan membandingkan efektivitas biaya dari beragam bahan.

Contohnya, jika Anda menemukan bahwa bahan yang paling hemat biaya saat ini adalah baja, maka Anda bisa menggunakannya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengembangkan Bisnis Restoran? Baca Tips Ini!

4. Menggunakan Aplikasi yang Tepat

Bila selama ini Anda sudah menggunakan aplikasi manajemen konstruksi, maka Anda harus memperbaruinya atau menemukan alat yang lebih baru agar bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi yang tepat, Anda akan lebih mudah dalam melacak biaya, meningkatkan proses pembangunan dan bisa diselesaikan secara tepat waktu.

5. Visualisasi yang Efektif

Agar bisa merencanakan dan juga melakukan proyek konstruksi secara efektif, sebagai pemilik perusahaan kontraktor, Anda harus mulai menggunakan aplikasi teknik dan solusi digital terbaru.

Dengan menggunakan alat tersebut maka Anda bisa lebih mudah dalam mengatur dan mempercepat proses pengadaan, mempercepat dan meningkatkan proses pengambilan keputusan, mempercepat proses komunikasi dan transmisi data, dan masih banyak lagi.

6. Meningkatkan Manajemen Rantai Pasokan

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan kontraktor adalah melakukan pengadaan dan mendapatkan bahan serta pasokan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Situasi yang terjadi saat ini bisa Anda andalkan untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan. Waktu tenggat yang terjadi lebih lama dan transaksi antara memesan dan mendapatkan bahan yang sudah dibeli mempunyai dampak yang sangat besar pada waktu, kualitas proyek, dan juga anggaran.

Sebagai pemilik perusahaan kontraktor, Anda harus bisa mengembangkan dan memelihara hubungan yang baik dengan supplier. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam melakukan negosiasi dan memperoleh penawaran serta harga yang lebih terjangkau.

Namun, ada kalanya pemasok tidak bisa menyediakan materi yang Anda butuhkan secara tepat waktu karena satu dan lain hal. Untuk itu, Anda harus memiliki lebih dari satu supplier agar tetap bisa memenuhi permintaan.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Proses Produksi Pabrik Makanan dan Minuman

Penutup

Saat ini, permintaan untuk perusahaan kontraktor terus mengalami peningkatan dari sisi skala dan kompleksitas proyek. Untuk itu, perusahaan kontraktor harus bisa mengatasi masalah efisiensi sebelum bisa berkembang lebih maju. Nah, cara di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bisnis yang andal, yakni Accurate Online.

Aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai bidang ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu meningkatkan efisiensi perusahaan kontraktor Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, perpajakan, cost and profit center, dan masih banyak lagi.

Lebih dari itu, seluruh kelebihan dan fitur yang ditawarkan Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.