10 Tips Efektif untuk Membangun Bisnis Pulsa yang Menguntungkan

Sudah banyak yang membuktikan bahwa bisnis pulsa merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bahkan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan modal ponsel serta beberapa ratus ribu rupiah saja untuk melakukan deposit, maka bisnis pun bisa mulai dijalankan.

Di era digital saat ini, peran pulsa sangat besar. Mulai dari menelepon, SMS, maupun ditukarkan dengan paket internet. Semua orang saat ini menggunakan handphone maupun smartphone. Sehingga, target pasar Anda sangat luas. Pun, bisnis ini tidak pernah mati karena pulsa adalah kebutuhan utama bagi setiap orang untuk berkomunikasi bahkan berbisnis.

Lantas, bagaimana tips efektif membangun bisnis pulsa yang menguntungkan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Menerapkan Harga yang Bersaing

Supaya Anda bisa memeroleh keuntungan yang besar, sebetulnya tidak perlu mematok harga terlalu tinggi. Melainkan dengan memberikan harga yang lebih rendah dari tempat lain. Pulsa adalah kebutuhan setiap orang, sehingga, setiap saat ada yang membelinya.

Sebaiknya, Anda memprioritaskan keuntungan dari kuantitas penjualan ketimbang besarnya keuntungan setiap transaksi. Harga yang terlampau mahal kerap membuat pembeli merasa kapok.

Untuk itu, lakukan survey harga di daerah Anda melakukan bisnis ini. Sila ikuti harga pasar atau bahkan terapkan harga yang lebih murah agar pelanggan menjadi lebih loyal.

2. Anti Hutang

Hal yang kerap menjadi masalah bagi para pebisnis pulsa adalah selalu dibon sehingga, saat akan membeli deposit, terkadang tidak ada uangnya. Padahal, penjualan cukup banyak.

Untuk itu, sebaiknya Anda hindari orang-orang yang ingin utang pulsa. Meskipun terkesan remeh, tetapi hal ini bisa menyebabkan bisnis pulsa Anda bangkrut. Jika pun terpaksa ada orang yang berutang, berikan batas waktu dalam beberapa hari saja.

Anda juga bisa menyiasati orang-orang yang senang melakukan bon dengan menawarkan padanya dengan memberikan sejumlah deposit uang. Apabila di waktu tertentu membutuhkan pulsa, maka Anda kirim pulsanya lalu Anda kurangi deposit uang di tempat Anda.

Baca juga : Mengetahui Pengertian Perusahaan Dagang Secara Lengkap

3. Memilih Distributor yang Murah dan Cepat

Hal yang paling diperhatikan oleh para konsumen pulsa adalah kecepatan pulsa bisa masuk. Untuk itu, pilih lah distributor pulsa yang memberikan pelayanan dengan cepat. Selain itu, pilih lah distributor yang mematok harga tidak terlalu tinggi. Sehingga, memberikan Anda kesempatan untuk mengambil untung dengan lebih besar.

Dengan harga pulsa yang rendah serta cepat masuk ke handphone konsumen, maka mereka akan semakin loyal dan menjadi pelanggan tetap. Pulsa yang terlalu lama masuk akan membuat konsumen selalu mengeluh keterlambatan pulsa masuk.

4. Memberikan Layanan Ekstra

Pebisnis pulsa sukses biasanya yang memberi layanan lebih pada pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat Anda lebih unggul ketimbang pesaing yang lain. Jika Anda merasa kesulitan untuk bersaing secara harga, maka bersaing lah pada hal pelayanan.

Pastikan Anda memberikan respon yang cepat ketika pelanggan meminta dikirimi pulsa. Sehingga, kepuasan ini akan membuat pelanggan datang lagi untuk membeli pulsa di tempat Anda.

Baca juga : Risiko Usaha : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Solusinya

5. Melakukan Promosi

Siapa yang akan membeli pulsa di tempat Anda jika tidak ada yang tahu Anda berjualan? Untuk itu, selalu lakukan promosi supaya usaha Anda diketahui oleh orang banyak. Anda bisa mempromosikan diri di media sosial dan sebagainya.

Cara melakukan promosi bisa dilakukan dengan sederhana. Tinggal membuat postingan mengenai bisnis pulsa Anda. Jangan lupa cantumkan testimoni agar orang-orang semakin percaya pada bisnis Anda.

Share juga melalui berbagai grup jualan di Facebook. Efek dari jejaring sosial akan sangat baik untuk promosi yang Anda lakukan. Selain itu, buat lah banner supaya bisnis pulsa Anda dikenal orang lain.

Baca juga : 10 Tips Terbaik Membangun Bisnis Restoran yang Menguntungkan

6. Mendaftar di Lebih dari Satu Server

Jangan hanya mengandalkan satu server pulsa saja. Sebab. setiap server pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Bahkan, meski software engine-nya sangat hebat atau PC server-nya sangat power full. Pasti, ada masa dimana server melambat sehingga transaksi tidak lancar. Bahkan, kerap juga terjadi jaringan down, server maintenance, stok yang kosong, hingga masalah lainnya.

Untuk itu, penting mendaftar di lebih dari satu server. Jika benar-benar serius menjalani bisnis pulsa, opsi ini penting untuk dipertimbangkan. Sehingga, saat salah satu server sedang bermasalah, maka Anda bisa mempertimbangkan server lain untuk mengirimkan  pulsa.

7. Menjual Pulsa Online

Saat ini, perkembangan internet memang sangat pesat. Sehingga, Anda harus memanfaatkannya untuk melakukan bisnis pulsa elektrik. Selain lebih memudahkan, bisnis pulsa secara online juga bisa memperluas pangsa pasar Anda. Bahkan, Anda bisa bertransaksi dengan orang di luar daerah.

Dengan adanya media online, maka bisnis pulsa bisa lebih mudah untuk dikembangkan. Media online juga dinilai sangat efektif untuk menghasilkan rupiah dari bisnis pulsa.

Anda juga bisa membuka toko di berbagai e-commerce. Produk pulsa Anda bisa lebih mudah dikenal oleh berbagai kalangan di beragam daerah.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Konsinyasi

8. Metode Pembayaran yang Beragam

Bisnis pulsa tidak hanya bisa dilakukan dengan perantara uang tunai saja. Melainkan juga harus mengikuti berbagai perkembangan teknologi. Konsumen pun akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran.

Beberapa metode pembayaran yang bisa dipertimbangkan meliputi jasa bank virtual. kartu debit, dan juga dompet digital.

9. Memperpanjang Waktu Berjualan

Banyak orang yang merasa kesulitan saat mencari pulsa di malam hari. Sebab, sudah banyak konter yang tutup. Anda bisa membuat masalah ini menjadi peluang baru. Semisal dengan menyediakan layanan pulsa selama 24 jam.

Anda bisa juga membuka toko online di malam hari. Pastikan konsumen bisa menjangkau pembelian pulsa sepanjang waktu.

10. Memberikan Harga Promo

Apabila Anda sudah mempunyai pelanggan pulsa yang setia, sila berikan layanan khusus. Sebab, orang-orang inilah yang secara tidak sengaja bisa mengembangkan bisnis Anda. Dengan promosi mulut ke mulut, pelanggan Anda cukup memberikan kontribusi.

Anda bisa memberikan harga promo untuk pelanggan yang sudah beberapa kali membeli pulsa. Dengan begitu, ia akan lebih getol mengajak orang lain untuk membeli pulsa di tempat Anda.

Pembeli pun bisa merambah ke berbagai lokasi, bukan hanya orang-orang di sekitar Anda saja.

Baca juga : Mengetahui Pengertian Koperasi Dan Peran Koperasi Di Indonesia

Keuntungan Bisnis Pulsa

Semua orang di era digital ini tentu memegang handphone atau smartphone sendiri. Kebutuhan pulsa pun akan semakin tinggi. Sehingga, bisnis pulsa menjadi usaha yang akan menguntungkan. Apalagi jika Anda pandai melakukan promosi, maka pasar Anda bisa bertambah dari waktu ke waktu.

Keuntungan lain bisnis pulsa adalah mudah dijalankan. Anda tidak perlu ruang yang terlalu besar untuk menyetok barang. Bahkan, bisa dilakukan hanya dengan membuka konter kecil atau bahkan tidak membuka konter sama sekali.

Baca juga : Memulai Bisnis Pulsa Besar Dengan Pembukuan Yang Benar

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini juga cenderung kecil. Hanya dengan modal sebesar satu jutaan, Anda sudah bisa meraup untung. Caranya, tinggal mendaftar pada provider pulsa. Anda juga bisa membeli deposit secara online. Jika sudah, Anda tinggal memasukkan deposit modal pada handphone yang digunakan untuk berjualan.

Nah, sukses atau tidaknya suatu bisnis tentu tergantung dari kemampuan dalam melayani pelanggan dan bagaimana cara Anda mengelola keuangan bisnis.

Untuk kemudahan Anda dalam pengelolaan keuangan penjualan pulsa, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau seperti Accurate Online.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan