Tertarik Membangun Bisnis? Berikut Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

oleh | Okt 26, 2023

source envato.

Tertarik Membangun Bisnis? Berikut Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

Ketika kita ingin membangun sebuah bisnis tentu memerlukan perencanaan yang matang.

Perencanaan bisnis bukan hanya sekedar daftar yang harus dicapai untuk mewujudkan harapan atau target dari bisnis Anda, tetapi bagaimana langkah untuk mencapai bisnis menjadi lebih maju.

Bagi pemula pasti perlu ilmu atau wawasan perencanaan bisnis yang baik. Dalam membuat perencanaan bisnis ini tentu ada hal yang perlu diperhatikan dan tentu nantinya harus dilakukan.

Sebelum memulai bisnis Anda harus tentukan terlebih dahulu rencana atau planning dalam membangun bisnis Anda.

Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

Tips Perancanaan Bisnis yang Efektif

ilustrasi perencanaan bisnis. source envato

Bisnis yang bagus tentu memiliki perencanaan bisnis yang baik pula. Berikut adalah beberapa hal yang penting dilakukan sebelum membangun bisnis sebagai berikut:

1. Tentukan Ide bisnis yang akan dilakukan

Sebelum Anda memulai bisnis hal yang pertama harus Anda ketahui dan harus Anda pikirkan adalah perencanaan bisnis akan ide seperti apa yang akan dilakukan.

Disini yang harus diperhatikan adalah produk yang Anda lihat lebih spesifik dari segi kegunaan atau manfaat dari produk itu.

Sedangkan jika Anda membangun usaha jasa, Anda bisa membangun layanan jasa yang memang berpotensi untuk berkembang di suatu daerah atau tempat dimana Anda ingin memulai bisnis.

Contohnya jasa bimbingan belajar, Anda harus tau mata pelajaran atau disiplin ilmu apa yang akan ada ajarkan, waktu pelaksanaan dimana, efeknya setelah menggunakan jasa Anda apa. Bisa juga seperti visi dan misi.

Baca juga : 15 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Mudah Anda Kembangkan

2. Lihat Pesaing Pasar

Setelah kita tentukan ide bisnis atau produk layanan apa yang akan di buat, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana tingkat pesaingnya di pasar tersebut. Apakah sudah banyak atau masih belum ada.

Bagaimana cara kita dapat berkompetisi dengan pesaing harus dipikirkan dengan matang. Buatlah perencanaan bisnis tentang segmentasi pasar terlebih dahulu.

Selain belum ada pesaing, tingkat interest masyarakat kepada bisnis kita akan lebih baik dan Anda dapat menilai apakah mereka akan suka dengan bisnis yang kita buat.

Dikutip dari Wikipedia, Persaingan adalah sebuah skenario di mana berbagai perusahaan ekonomi bersaing untuk mendapatkan barang yang terbatas dengan memvariasikan elemen bauran pemasaran: harga, produk, promosi, dan tempat.

Untuk mendapatkan tingkat ketertarikan ini Anda perlu membuat bisnis Anda berbeda dan Anda membuat produk yang sedang dicari oleh masyarakat.

3. Modal

Modal

ilustrasi perencanaan bisnis. source envato

Modal tentu menjadi pertimbangan ketika ingin membuka sebuah bisnis.

Pada perencanaan bisnis Anda perlu mengetahui terlebih dahulu modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis yang sudah Anda tentukan. Pikirkan apakah modal kita cukup untuk membuka bisnis tersebut atau tidak.

Jika tidak cukup maka pikirkan alternatif lain yang dapat dilakukan. Apakah harus membuat bisnis dari kecil terlebih dahulu atau dengan mengubah ide bisnis di awal.

4. Kenali pelanggan

Sebelum memulai bisnis Anda harus tahu dahulu siapa konsumen atau pelanggan Anda. Hal ini perlu menjadi pertimbangan ketika Anda merencanakan bisnis.

Karena jika saja tidak tahu siapa calon konsumen kita maka kita akan kebingungan dalam memasarkan barang atau jasa kita.

Perencanaan bisnis tentang pelanggan dapat dilakukan dengan riset segmentasi konsumen, sesuaikan produk Anda dengan segmentasi tertentu.

Baca juga: Segmentasi Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya.

5. Menentukan tujuan dari bisnis

Tujuan bisnis tentu sangat perlu karena bisnis tanpa tujuan hasilnya akan kacau.

Sebelum Anda memulai bisnis, ketahui dulu tujuan bisnis Anda untuk apa? Untuk siapa? Sehingga ketika sudah jalan tujuan kita jelas.

Misalnya bisnis bimbingan belajar tentu memiliki tujuan untuk membatu siswa atau orang belajar.

Perihal bimbel ini juga harus lebih spesifik belajar apa? Apakah khusus bahasa, MIPA, Seni atau yang lainnya. Ketika sudah memiliki tujuan diawal maka bisnis kita nantinya akan terarah dengan jelas.

6. Tentukan strategi pemasaran

Tentukan strategi pemasaran

ilustrasi perencanaan bisnis. source envato

Pada saat membuat perencanaan bisnis Anda harus tentukan strategi pemasaran. Untuk strategi pemasarannya juga sangat banyak Anda bisa pilih strategi yang mana yang cocok untuk pemasaran bisnis Anda.

Misalnya strateginya secara online atau secara offline atau menggunakan dropshipper atau reseller.

Contohnya Anda ingin membuka bisnis penjualan pakaian bayi, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran melaui internet baik itu media sosial atau juga melalui google, blog atau website dan youtube.

Bisa juga menggunakan sistem dropship atau reselller dan Anda bisa kombinasikan beberapa strategi marketing jika produk atau layanan kita cocok.

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan dan Efektif

7. Tentukan sistem manajemen bisnis

Sistem manajemen bisnis ini perlu kita tentukan diawal membangun bisnis. Apakah bisnis akan kita lakukan sendiri atau kita menggunakan karyawan atau bersifat team.

Ini juga perlu dipertimbangkan supaya bisnis kita menjadi lebih efektif dan efesien.

8. Tentukan rencana operasional bisnis

Untuk operasional bisnis ini digunakan bagaimana bisnis kita akan beroperasi. Apakah nantinya fokus pada suatu tempat tertentu saja atau membuka beberapa cabang.

Jika dibuka di beberapa cabang maka bisnis kita perlu karyawan untuk mengawasi atau bekerja di di beberapa cabang, sehingga ini perlu manajemen karyawan dan juga butuh dana operasional yang lumayan besar untuk modal awal.

Baca juga : Tertarik Menjalani Bisnis Distributor? Berikut Keuntungan dan Kerugiannya

9. Gunakan teknologi

Gunakan teknologi

ilustrasi perencanaan bisnis. source envato

Penggunaan teknologi terkini juga sangat mendukung akan bisnis kita yang akan memudahkan bisnis kita semakin berkembang dikenal banyak orang.

Jika sobat paham sedikit dengan desain misalnya Anda bisa membuat desain yang menarik untuk usaha Anda sehingga hal ini akan membuat pengunjung tertarik untuk datang ke bisnis kita.

Teknologi juga membantu kita memudahkan untuk melakukan sesuatu seperti pembukuan, contohnya dengan hadirnya software akuntansi.

10. Lakukan pembukuan sejak awal

Pembukuan adalah adalah bahasa dalam bisnis, tanpa pembukuan Anda tidak akan pernah mengenal keadaan bisnis Anda.

Maka lakukanlah pembukuan pada saat membangun bisnis. Dengan pembukuan yang baik Anda bisa memantau kesehatan keuangan Anda dan membuat perencanaan matang sesuai keadaan keuangan Anda secara benar.

Karena pada kenyataannya banyak bisnis bangkrut karena tidak menggunakan pembukuan yang benar atau tidak mencatat transaksi baik itu pengeluaran dan pemasukan secara disiplin.

11. Jangan takut resiko

Biasanya untuk membuat bisnis menjadi bagus dan optimal sebagian orang takut mengambil resiko. Padahal dengan semakin kita mencoba sesuatu yang baru maka pengetahuan kita akan berkembang.

Buatlah perencanaan bisnis tentang mitigasi/manajemen risiko jika anda khawatir akan keberlanjutan bisnis Anda.

Jadi ketika ingin memulai bisnis Anda tidak disarankan untuk menjadi orang yang takut mengambil risiko. Jika potensi kedepannya bagus bisnis tersebut tetap dilanjutkan walaupun saat ini harus mengalami kegagalan.

Baca juga: 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Penutup

Demikianlah beberapa tips merencanakan atau membuat perencanaan bisnis agar bisnis kita menjadi efektif dan efesien serta mendapatkan keuntungan yang berlipat. Jika sobat ingin memulai bisnis sobat bisa mencobanya.

Ingatlah bahwa perencanaan bisnis adalah proses dinamis yang memerlukan fleksibilitas dan kemampuan untuk menyesuaikan rencana Anda seiring perubahan dalam lingkungan bisnis.

Teruslah memantau dan mengevaluasi kinerja bisnis Anda, serta terbuka terhadap peluang dan tantangan baru yang mungkin muncul.

Dengan disiplin dan komitmen untuk merencanakan dengan baik, Anda dapat membangun bisnis yang kuat dan berhasil mencapai tujuan bisnis Anda.

Jika Anda kesulitan menggunakan pembukuan manual, Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunkan kapan saja dan dimana saja yang juga cocok untuk semua jenis dan skala bisnis. Terbukti telah digunakan oleh lebi dari ratusan ribu pengguna di Indonesia.

Tertarik? Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah!

bisnisukmbanner
sidebarPromo
Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait