Ingin Membuka Warung Kopi yang Sukses? Perhatikan 10 Hal Ini

Salah satu minuman yang tidak lekang dimakan waktu dan yang paling banyak memiliki penggemar adalah kopi. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk membuka usaha kuliner dengan kopi sebagai menu utamanya. Kalau di Indonesia dikenal dengan istilah warung kopi. Untuk membangun usaha ini sebenarnya tidak sulit hanya perhatikan 10 hal di bawah ini, maka usaha bisa sukses.

1. Menentukan Konsep

Pertama jangan lupa untuk menentukan konsep yang jelas dari warung kopi yang ingin dibuat. Kalau dalam istilah bisnis hal ini dikenal dengan business plan, dan berfungsi sebagai garis bantu untuk membuat usaha menjadi sukses. Untuk membuat konsep bukanlah hal yang sulit, pertama kumpulkan beberapa pertanyaan terkait dengan mengapa membuka usaha ini, dan apa tujuan akhirnya.

Selain itu dalam menentukan konsep ini juga berkaitan dengan modal yang diperlukan, perhitungan tentang arus keluar masuknya uang. Dalam konsep ini juga berisikan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai target yang dituju, jadi saat menentukan konsep ini jangan asal-asalan dan pastikan sesuai dengan kemampuan dan peluang kedepannya.

Baca juga: Surat Izin Usaha Perdagangan: Pengertian dan Cara Membuatnya

2. Melakukan Riset Pasar

Selanjutnya hal yang tidak kalah penting saat hendak membuka usaha apapun adalah melakukan riset pasar. Hal ini dikarenakan riset pasar bisa membantu seseorang untuk menentukan banyak hal. Beberapa diantaranya seperti harga jual, lokasi yang bisa digunakan, serta selera masyarakat di sekitar lokasi.

Dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu, pengusaha bisa mengetahui apakah ada saingan di sekitar lokasi membuka warung kopi. Kalaupun ada, hal apa yang bisa dijual sehingga membuat usaha berbeda dengan saingan tersebut. Riset pasar juga bisa membantu seseorang untuk menentukan target konsumen dari usaha yang dibangun.

Baca juga: 7 Tips Dalam Memaksimalkan Proses Penilaian Kinerja Bisnis Anda

3. Menentukan Target Konsumen

Setelah melakukan riset pasar, seperti yang dikatakan bahwa riset pasar ini bisa membantu untuk menentukan target konsumen. Meskipun labelnya warung kopi, tapi bukan berarti target konsumennya hanya orang dewasa saja. Untuk menentukan target konsumen ini juga terkait dengan pertanyaan yang ada di business plan, yakni siapa saja konsumen yang menjadi tujuan.

Selanjutnya dengan menentukan target konsumen ini, pengusaha juga bisa membuat konsep yang sesuai dengan target konsumen yang menjadi tujuannya. Misalkan pengusaha ingin membuat warung kopi untuk kaum kelas atas, maka desain interior dan eksteriornya akan disesuaikan, begitu juga dengan menunya.

Baca juga: Pengertian Bentuk Usaha Tetap, Jenis, dan Cakupan dalam Pajak

4. Lokasi Bisnis Harus Strategis

Jangan sampai usaha warung kopi Anda hancur hanya karena kesalahan dalam memilih tempat. Karena hampir untuk semua bisnis, tempat usaha merupakan faktor penentu yang penting apakah usaha bisa laris dan sukses atau tidak. Dalam menentukan lokasi bisnis yang strategis memang membutuhka biaya yang cukup besar, namun pastikan biaya yang Anda keluarkan setara dengan yang akan Anda dapat nantinya

Ketika menentukan lokasi ini memang susah-susah gampang. Karena tempat yang ramai dilalui mobil, belum tentu bisa menarik pelanggan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan lokasi usaha adalah seperti dekat pusat keramaian, keamanan dan kebersihan yang memadai, memiliki ruang parkir yang cukup, dan tidak terlalu dekat dengan pesaing.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Produk Herbal? Pelajari 11 Tips Berikut Ini

warung kopi 2

5. Jangan Pernah Ketinggalan Update Terbaru

Di era bisnis digital seperti sekarang, kemajuan teknologi menyebabkan informasi yang masuk bisa berubah dengan cepat hanya dalam hitungan waktu saja. Sehingga untuk pengusaha jangan pernah ketinggalan dengan informasi tersebut. Apalagi jika berbisnis dalam bidang kuliner seperti ini, inovasi terhadap makanan akan terus bermunculan setiap waktunya.

Hal ini sebenarnya berkaitan juga dengan metode pemasaran yang bisa diterapkan. Dimana pengusaha bisa membuat inovasi pada menunya untuk menarik minat konsumen baru. Sehingga jangan pernah ragu untuk membuat inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan trend yang ada pada menu maupun dekorasi warung kopi. Hal ini terkait juga dengan menarik minat para pelanggan.

Baca juga: Holding Company: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya di Indonesia

6. Menggunakan Dekorasi yang Unik

Sebenarnya ini sejalan dengan pembahasan sebelumnya terkait dengan jangan ketinggalan dengan update terbaru. Karena seperti yang diketahui kalau sekarang era sosial media dimana-mana. Seseorang bisa tertarik mengunjungi suatu tempat hanya karena dekorasinya saja. Melihat fenomena tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membuat dekorasi yang unik untuk menarik minat pelanggan.

Buatlah dekorasi café yang instagramable sehingga bisa menarik banyak konsumen baru terutama dari kalangan milenial. Tanpa sadar hal ini juga bisa menjadi ajang promosi yang tidak mengeluarkan modal sedikitpun. Hal ini dikarenakan saat seseorang berfoto di warung kopi yang dimiliki, dan memposting foto tersebut ke sosial medianya bisa memancing pengikut orang tersebut untuk melihat postingannya.

7. Mencatat Arus Keuangan Dengan Baik

Hal ini yang paling sering dianggap remeh dan luput dari perhatian orang yang baru pertama kali membuka usaha ini. Padahal dengan mencatat keuangan dengan baik, dimulai dari modal awal, modal operasional sampai beberapa hal kecil akan memberikan pengaruh besar. Kalau dalam sebuah usaha hal ini dikatakan dengan pembukuan.

Dalam fase memulai bisnis, memastikan pengeluaran tetap terjaga adalah hal utama. Hal ini mungkin menjadi alasan untuk Anda tidak menggunakan akuntan. Tidak ada yang salah dengan ini, namun proses pencatatan arus keuangan harus tetap dilakukan. Jika tidak, maka bisa dipastikan keuangan bisnis Anda tidak dapat terpantau dan akan berakhir pada kerugian.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan usaha warung kopi Anda dan juga mudah digunakan sekalipun Anda tidak mempunyai pengetahuan mendalam tentang ilmu akuntansi. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda coba adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur terlengkap di Indonesia. Tidak hanya pada proses pembukuan, dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa melakukan penghitungan perpajakan, stok, payroll, integrasi dengan software penunjang bisnis lainnya dan masih banyak lagi.

Tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online melalui tautan ini.

8. Mencari Supplier Bahan Baku yang Terbaik

Dalam suatu usaha, kehadiran seorang produsen dan juga supplier bahan baku merupakan hal yang penting. Karena selain terkait dengan kualitas makanan, bahan baku juga bisa mempengaruhi harga jual dari makanan tersebut. Untuk pengusaha baru, jangan sampai terjebak dengan istilah yang mahal lebih berkualitas, karena tidak semua hal seperti itu.

Kalau pengusaha pintar dalam menemukan supplier yang bagus, maka tidak jarang ada barang murah yang memiliki kualitas terbaik. Tidak kalah dengan harga bahan baku yang mahal. Oleh karena itu perhatikan dengan baik supplier yang ingin dipilih. Pastikan supplier tersebut bertanggung jawab, dan memiliki kualitas produk yang baik namun memiliki pilihan harga yang beragam.

9. Manfaatkan Pemasaran Online Dengan Baik

Ini merupakan tips yang sangat bermanfaat dan pastinya bisa membuat usaha semakin sukses. Jangan pernah ragu untuk memanfaatkan pemasaran online ini untuk membuat produk semakin dikenal dikalangan masyarakat. Apalagi untuk usaha kuliner seperti ini, pemasaran online merupakan hal yang sangat membantu.

Lakukan kerjasama dengan jasa pengantar makanan online yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tenang saja kerja sama seperti itu tidak membutuhkan modal besar, sebaliknya justru bisa memberikan lebih banyak keuntungan. Manfaatkan juga semua media sosial untuk melakukan pemasaran semaksimal mungkin.

Baca juga: 10 Cara Mengetahui Masalah Bisnis dan Pemecahannya dalam dengan Cepat

10. Tidak Mudah Menyerah

Terakhir berhubungan dengan tekad dari diri sendiri. Saat sudah memutuskan untuk membuka usaha warung kopi ini jangan pernah lelah untuk belajar. Jangan mudah menyerah untuk mencapai target yang ingin dituju.

Selalu ingat bahwa setiap usaha membutuhkan proses yang panjang untuk bisa menghasilkan kesuksesan, begitu juga dengan usaha yang satu ini. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Karena pelayanan yang baik juga menjadi kunci agar usaha bisa berkembang dan sukses.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Kesimpulan

Itulah tadi 10 hal yang harus diperhatikan agar usaha warung kopi semakin sukses dan laris. Perhatikan semua hal di atas dengan seksama lalu terapkan dalam usaha, maka perlahan usaha yang dirintis akan sukses.

Pastikan Anda membuat perencanaan yang matang untuk usaha warung kopi Anda. Tidak hanya pada perencanaan bisnis, lakukan juga perencanaan keuangan yang menyeluruh untuk setiap pengeluaran dalam usaha Anda berdasarkan data finansial keuangan bisnis.

Untuk kemudahan dalam membuat dan mendapatkan laporan keuangan yang faktual, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan