Trend Analysis: Apa Itu, Jenis-Jenis, dan Manfaat Melakukannya

Salah satu hal yang bisa menggambarkan trend analysis adalah kalimat “Bila ingin mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, maka Anda harus berkaca dari masa lalu”. Itu artinya, tanpa melakukan analisis tren, Anda akan kesulitan dalam membuat keputusan bisnis yang baik.

Selain itu, suatu bisnis juga bisa melakukan identifikasi tren yang terjadi di masyarakat dan membuat suatu perubahan agar bisa menyesuaikan diri agar bisa bersaing di pasar.

Lalu, apa itu trend analysis? Bagaimana praktiknya? Apa saja jenis dan manfaat yang ada di dalamnya? Tenang, kami sudah menyiapkan jawabannya secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Trend Analysis?

Berdasarkan laman Business Queensland, trend analysis adalah suatu analisis data bisnis dari waktu ke waktu agar bisa melihat hasil yang konsisten ataupun tren. Sehingga, nantinya Anda bisa mengembangkan strategi untuk bisa merespon tren tanpa harus keluar dari tujuan awal bisnis Anda.

Seperti yang dikutip dari laman Investopedia, perbandingan tersebut juga nantinya bisa digunakan untuk membuat prediksi terkait berbagai hal yang akan terjadi pada waktu yang akan datang.

Berbagai variabel data yang bisa digunakan di dalam analisis ini adalah pergerakan harga pasar, barang baku, produk kompetitor, dan harga saham yang tergantung dari aspek yang ingin Anda analisis dan prediksi.

Semakin banyak data yang berhasil Anda kumpulkan, maka akan semakin reliable dengan hasil dan interpretasi analisa Anda. Hasilnya, Anda akan sangat terbantu dalam membuat keputusan ataupun membuat strategi bisnis yang sudah ada.

Baca juga: Business Analytics: Pengertian dan Bedanya dengan Business Intelligence

Penggunaan Trend Analysis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, trend analysis adalah salah satu metode analisa yang bisa membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang tepat. Dilansir dari laman Go Cardless, analisa tren ini biasanya digunakan untuk dua kondisi di bawah ini:

1. Analisis Investasi

Umumnya, seorang investor akan menggunakan trend analysis agar bisa memprediksi adanya perubahan pada harga saham. Dari adanya analisa yang dilakukan, nantinya investor bisa mengetahui apakah saham yang dibelinya memiliki potensi yang menguntungkan di masa depan atau tidak.

Hal tersebut dikarenakan seorang investor akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak bila dirinya mengikuti tren daripada melawan arus tren.

2. Analisis revenue dan cost

Aspek lain yang umumnya dijadikan subjek analisa ini adalah revenue dan cost. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah ada yang harus diubah pada strategi Anda. Contohnya, Anda melihat adanya kenaikan tren pada harga barang baku produk dan memprediksi bahwa harganya akan terus meningkat dalam beberapa waktu yang akan datang.

Dari hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan berbagai keputusan, seperti mencari pemasok barang baku yang mempunyai harga lebih murah ataupun meningkatkan harga produk untuk konsumen.

Baca juga: Gambaran Bisnis Pada Pasar dan Perannya dalam Perkembangan Bisnis

Jenis-Jenis Trend Analysis

Analisis trend dihitung dengan menggunakan berbagai data numerik. Sehingga, saat memasukkan data numerik ke dalam chart, akan terdapat tiga jenis tren.

Dikutip dari laman Core Signal, tiga jenis trend analysis tersebut adalah sebagai berikut:

  • Upward trend: terjadi saat tren data terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu
  • Downward trend: terjadi saat terjadi pergerakan data dari waktu ke waktu yang terus menurun
  • Horizontal trend: terjadi saat data bergerak secara stagnan dari waktu ke waktunya. Trend ini akan menunjukkan bahwa data akan bergerak meningkat di satu waktu lalu akan turun kembali.

Baca juga: Bisnis O2O Adalah: Kelebihan dan Cara Menerapkannya

Manfaat Trend Analysis

Selain bisa mengetahui trend yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan melakukan perubahan strategi bisnis, manfaat lain yang akan Anda rasakan dari melakukan trend analysis adalah sebagai berikut:

1. Membandingkan Perusahaan Dengan Kompetitor

Dengan menggunakan trend analysis, Anda bisa membandingkan performa perusahaan Anda dengan dua atau lebih perusahaan kompetitor untuk jangka waktu tertentu. Anda juga bisa menggunakannya untuk menilai tingkat performa bisnis Anda daripada rata-rata perusahaan yang bergerak pada industri yang sama.

Sehingga, nantinya Anda bisa melihat kelemahan dan kekuatan perusahaan Anda daripada kompetitor, melakukan identifikasi gap, dan juga membuat perubahan yang dibutuhkan agar bisa tetap bersaing.

2. Mengukur Performa Finansial Perusahaan

Manfaat lain dari adanya trend analysis adalah agar bisa membantu Anda dalam membandingkan dan menilai performa finansial perusahaan dari waktu ke waktu. Dari sana, Anda bisa melihat keputusan untuk bisa menyesuaikan diri di masa depan dan mengambil tindakan yang penting.

Contohnya, jika hasil interpretasi dari analisis tren mendapatkan adanya penurunan dalam keuntungan per tahun, Anda bisa membuat strategi baru untuk meningkatkannya lagi di tahun selanjutnya.

3. Memahami Posisi Likuiditas Perusahaan

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari trend analysis adalah bisa memahami posisi likuiditas perusahaan dalam kurun waktu singkat. Sehingga, Anda bisa mengetahui jumlah saham atau aset yang bisa dilikuidasi tanpa berdampak pada harga pasar.

4. Mengukur Posisi Profitability Perusahaan

Anda juga bisa mengetahui dengan baik posisi profitability perusahaan dari setiap waktunya dengan menggunakan trend analysis.

Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan tren finansial lainnya yang berhubungan dengan operation ratio, net profit ratio, dan juga gross profit ratio.

Baca juga: Bekraf: Ini Berbagai Hal yang Harus Pebisnis Ketahui Tentangnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang trend analysis. Analisis lainnya yang Anda perlukan dalam menjalankan bisnis adalah melakukan analisis keuangan lewat laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Nah, bila Anda kesulitan untuk mendapatkan laporan keuangan yang tepat dan akurat, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis  dan akuntansi dari Accurate Online. dengan menggunakan aplikasi luar biasa ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis. sehingga, Anda bisa lebih tenang dan fokus dalam menjalankan serta mengembangkan bisnis.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.