Bengkel Las: Pilihan Usaha dan Tips Menjalankannya

Salah satu pilihan usaha yang bisa Anda jadikan pilihan adalah usaha bengkel las. Walaupun belum begitu terkenal di kalangan masyarakat, namun bisnis ini mempunyai prospek yang cerah. Di dalamnya pun menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Lebih menariknya lagi, bisnis ini termasuk usaha rumahan, yang artinya memerlukan modal minim dan tidak perlu sewa tempat. Namun, rumah Anda harus mencukupi juga, seperti mempunyai halaman yang luas ataupun garasi yang tidak lagi digunakan.

Nah, untuk Anda yang tertarik membuka usaha bengkel las, berikut ini kami berikan tipsnya untuk Anda.

Peluang Usaha Bengkel Las

Untuk Anda yang sedang mencari pemasukan tambahan, maka usaha pada bidang pengelasan bisa Anda jadikan pilihan. Bahkan, usaha ini seringkali memberikan penghasilan yang lebih besar daripada pekerja kantoran. Pasalnya, peluang usaha ini sangat luas.

Semakin luas pangsa pasarnya, maka akan semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa Anda raih. Untuk itu, usaha bengkel las cukup banyak diminati.

Baca juga: Usaha Bengkel Motor, Raih Keuntungan dengan Bekal Keahlian

Keunggulan Bisnis Bengkel Las

Pesatnya pembangunan secara tidak langsung mampu mendorong meningkatnya peluang usaha bengkel las. Bila sebelumnya usaha ini masih sepi peminat, namun sekarang kebalikannya. Jasa las sangat diperlukan untuk lebih menyempurnakan konstruksi pembangunan, seperti pabrik, taman, perumahan, sampai perusahaan.

Nah, keunggulan menjalankan usaha bengkel las adalah sebagai berikut:

1. Pangsa Pasar Luas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, usaha ini memiliki pangsa pasar yang luas. Pembuatan kanopi, teralis, dan berbagai konstruksi lainnya sangatlah potensial. Beberapa produk las tersebut digunakan untuk menghiasi dan memperkuat bangunan dari tindak kejahatan. Selain itu, usaha bengkel las juga sangat diperlukan untuk perusahaan konstruksi.

2. Modal Minim

Modal yang diperlukan untuk bisa memulai usaha bengkel las tidak terlalu besar. Dengan modal sekitar sepuluh jutaan saja, Anda sudah bisa membuka jasa bengkel las kecil-kecilan di rumah Anda.

3. Keuntungan Besar

Potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha las sangat besar karena banyak produk las yang dibutuhkan. Dalam kurun waktu satu bulan, Anda bisa meraup untung bersih sampai jutaan rupiah. Bahkan, mungkin saja Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai puluhan juta rupiah.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

Tips Sukses Bisnis Bengkel Las

Untuk Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis bengkel las, terdapat sejumlah tips yang bisa Anda coba sendiri. Nah, tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Produk

Kunci kesuksesan dari usaha yang ingin Anda raih saat ini adalah produk yang Anda tawarkan. Bila Anda tidak ingin kalah saing, pastikanlah untuk bisa membuat produk yang berkualitas. Ingatlah selalu bahwa di pasar akan ada banyak jasa yang sama seperti Anda.

Produk yang berkualitas sangat efektif untuk meningkatkan angka penjualan dan juga meningkatkan brand awareness Anda.

  • Harga Jual

Kebanyakan konsumen pasti akan selalu melakukan perbandingan harga jual antara jasa pengelasan yang satu dengan jasa pengelasan yang lainnya. Cara ini digunakan untuk mengetahui rentan harga dari kompetitor Anda.

Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan harga jual. Bila Anda memilih untuk menjual produk dengan harga yang sama, pastikanlah produk Anda mempunyai keunggulan yang berbeda dengan bengkel las lainnya.

Sedangkan bila Anda lebih memilih untuk mempercepat perkembangan bisnis, tetapkanlah harga yang lebih murah dari tempat lain, seperti selisih 5 sampai 10 ribu rupiah. Selisih harga tersebut sangat efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan. Tapi, pastikanlah untuk bisa tetap mempertahankan kualitas produk.

  • Pelayanan

Bila usaha bengkel las Anda ingin semakin berkembang pesat, pastikanlah untuk selalu memberikan pelayanan yang prima pada para pelanggan. Cobalah untuk selalu menyapa, memberikan senyum, dan bantu mereka saat diperlukan. Ingatlah selalu bahwa kepuasan pelanggan adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan.

  • Fasilitas

Untuk bisa bersaing dengan bisnis lainnya yang sama, dibutuhkan lebih dari hanya sekedar produk yang berkualitas. Anda harus lebih berani dalam memberikan fasilitas dalam bentuk garansi.

Contohnya seperti garansi 60 hari untuk pagar rumah, 30 hari untuk kanopi, atau 2 minggu untuk teralis dengan menggunakan syarat dan ketentuan khusus. Garansi akan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dan bisa membuat nama bengkel las Anda semakin luas.

  • Pemasaran

Tips terakhir dalam meraih sukses dalam membuka bengkel las adalah pemasaran. Cobalah untuk mempromosikan usaha Anda lewat berbagai cara, baik itu secara offline ataupun online. Manfaatkanlah media sosial, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram agar bisa mempromosikan bisnis Anda.

Promosi akan sangat efektif untuk bisa memperluas pangsa pasar. Semakin luas jangkauan bisnis Anda, maka akan semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Baca juga: 8 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas pada Bisnis Bengkel Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang peluang, keunggulan dan tips dalam membuka usaha bengkel las. Namun, hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan dalam membuka usaha bengkel las adalah mengelola modal dan seluruh keuangan Anda. Karena, mengelola keuangan yang baik adalah kunci sukses lainnya dalam menjalankan bisnis.

Nah saat ini, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh 483 ribu pebisnis di Indonesia ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan pada Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi usaha bengkel las.

Tertarik untuk menggunakan Accurate Online? Tenang, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.