Cara Membuat Blog Untuk Pemasaran Bisnis yang Efektif

Ingin tahu cara membuat blog untuk membuat pemasaran bisnis menjadi lebih efektif? Baca terus atikel ini sampai selesai. Pemasaran bisnis membutuhkan kehadiran online. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog. Dengan blog, bisnis Anda dapat menarik lebih banyak orang ke situs webnya dan menunjukkan keahliannya.

Pada artikel ini, kita membahas apa itu blog, perbedaan antara blog dan halaman web, dan bagaimana cara membuat blog yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda secara sukses.

Apa itu Blog?

Blog adalah situs web tempat entri, yang dikenal sebagai posting blog, disajikan dalam urutan kronologis terbalik. Posting blog biasanya adalah artikel yang ditulis yang dapat mencakup topik apa pun. Sebagai pemilik blog, Anda akan menulis posting tentang suatu topik dan mempostingnya ke blog Anda. Ini kemudian akan muncul di beranda, dengan yang terbaru muncul terlebih dahulu.

Blog dimulai sebagai jurnal online pribadi, tetapi telah berkembang menjadi alat pemasaran yang kuat. Bisnis sekarang dapat menggunakan blog untuk mendiskusikan merek mereka, berbagi informasi bermanfaat, mempromosikan produk, dan banyak lagi. Sebuah blog dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas untuk situs web Anda dan meningkatkan kesadaran merek dan otoritas dalam niche Anda.

Perbedaan Blog dan Halaman Web

Blog dan halaman web serupa, tetapi ada beberapa perbedaan utama. Meskipun keduanya merupakan bentuk situs web, keduanya berbeda dalam cara pengaturannya.

Di halaman depan sebuah blog, Anda biasanya akan melihat posting blog terbaru. Setiap kali posting blog baru ditambahkan, mereka akan tampil ke halaman depan. Artinya website blog Anda selalu berubah, berdasarkan seberapa sering Anda menulis konten baru.

Namun, halaman web biasanya tetap statis. Ini tentang satu hal tertentu dan hanya berubah jika pemiliknya memutuskan untuk mengedit. Halaman web biasanya dikelompokkan bersama dengan halaman web lain untuk membentuk situs web. Misalnya, situs web mungkin memiliki laman web seperti “Tentang Kami”, “Hubungi Kami”, “Produk Dijual”, dan “Galeri Gambar”.

Pikirkan blog seperti koran, dengan artikel baru ditambahkan setiap hari. Halaman web lebih seperti informasi tentang surat kabar, seperti kapan didirikan dan bagaimana Anda dapat menghubungi organisasi.

Baca juga: Ingin Riset Keyword Secara Efektif? Ini Tools Gratis yang Bisa Anda Gunakan!

Bagaimana Cara Membuat Blog untuk Pemasaran Bisnis?

Ikuti langkah-langkah ini untuk cara memulai blog sebagai bagian dari strategi pemasaran yang efektif:

1. Pilih lokasi

Blog Anda harus berada di suatu tempat online. Jika bisnis Anda sudah memiliki situs web, ini adalah tempat yang paling memungkinkan Anda ingin meletakkannya. Anda dapat membuat bagian terpisah di situs web Anda dan menyimpan semua posting blog Anda di sana.

Beberapa memilih untuk melakukan ini dengan meletakkan blog mereka di sub-bagian terpisah, seperti www.elmproducts.com/blog, sementara yang lain meletakkannya di sub-domain terpisah, seperti www.blog.elmproducts.com. Di mana Anda memilih untuk menempatkan milik Anda tergantung pada pengaturan situs web Anda saat ini, tetapi secara praktis tidak ada banyak perbedaan.

Pilihan lain yang Anda miliki adalah membuat situs web terpisah untuk blog Anda. Anda dapat memilih untuk melakukan ini karena beberapa alasan seperti:

  • Bisnis Anda saat ini tidak memiliki situs web sendiri.
  • Anda ingin menerbitkan artikel sebagai pribadi, bukan atas nama perusahaan Anda.
  • Anda ingin menghasilkan beberapa tautan balik ke situs web Anda.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan opsi ini, Anda perlu menyiapkan hosting, membeli nama domain, dan menginstal CMS, seperti WordPress, untuk mulai membuat blog.

2. Hasilkan ide konten

Setelah blog Anda diatur, Anda perlu sesuatu untuk ditulis. Anda harus meluangkan waktu untuk menghasilkan daftar ide posting blog. Pikirkan tentang audiens target Anda dan jenis informasi yang mungkin mereka cari. Jelajahi blog beberapa pesaing Anda dan lihat apa yang mereka tulis. Beberapa jenis posting blog yang umum meliputi:

  • Artikel yang berkaitan dengan produk atau layanan yang Anda jual
  • Artikel how to
  • Wawancara
  • Pertanyaan yang sering diajukan
  • Panduan
  • Ulasan produk

Blog Anda harus berisi campuran ini, berdasarkan bisnis Anda. Bahan utama untuk blog yang efektif adalah memposting konten secara teratur. Dengan melakukan brainstorming banyak ide konten sebelum Anda mulai memposting, Anda dapat memiliki daftar panjang ide yang siap digunakan setelah diluncurkan.

3. Mulai menulis atau menyewa seorang penulis

Saat membuat posting blog, penting bagi Anda untuk fokus pada kualitas daripada kuantitas. Ada begitu banyak konten online sehingga posting blog Anda perlu memberikan informasi sebanyak mungkin untuk menonjol. Setelah Anda mulai menulis, fokuslah untuk menghasilkan posting blog terbaik yang Anda bisa daripada berapa banyak yang bisa Anda tulis. Biasanya lebih baik menulis satu posting blog yang bagus daripada lima posting blog biasa.

Jika bisnis Anda tidak memiliki penulis yang kuat dalam tim atau seseorang dengan waktu yang cukup untuk fokus pada posting ini, Anda harus menyewa penulis luar. Sangat mudah untuk menemukan penulis blog melalui situs web lepas yang dapat membuat posting blog berkualitas tinggi tentang topik apa pun. Ini mungkin menghabiskan lebih banyak uang, tetapi Anda harus melihatnya sebagai investasi, karena posting blog ini akan terus melayani situs web Anda untuk waktu yang lama.

Baik Anda menyewa penulis luar atau menulis posting sendiri, ada beberapa elemen kunci yang Anda ingin semua posting blog Anda miliki:

  • Tautan ke luar, sumber tepercaya
  • Paragraf pendek tidak lebih dari beberapa kalimat
  • Bagian didefinisikan dengan jelas oleh tajuk subjek
  • CTA
  • Judul yang menarik
  • Target kata kunci yang digunakan di seluruh posting

Baca juga: LinkedIn Ads, Trik Marketing Ampuh untuk B2B

4. Tambahkan multimedia

Setelah membuat draf posting Anda, Anda harus menambahkan beberapa multimedia ke posting Anda. Multimedia mencakup hal-hal seperti klip video, GIF, atau gambar berkualitas tinggi yang terkait dengan postingan Anda. Item multimedia ini akan mencegah posting blog Anda menjadi dinding teks yang kokoh, yang mungkin sulit untuk dibaca.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah menambahkan satu gambar berkualitas tinggi ke setiap posting tertulis. Anda dapat menambahkan salah satu gambar Anda sendiri atau menemukan foto stok yang sesuai dengan konten. Pastikan untuk mendapatkan foto stok gratis yang memberi Anda izin untuk menggunakannya, atau Anda mungkin perlu membeli foto stok.

5. Promosikan postingan Anda

Menulis artikel yang bagus tidak cukup jika Anda ingin membantu bisnis Anda. Setelah diterbitkan, Anda perlu melakukan beberapa promosi. Beberapa cara sederhana untuk mempromosikan posting blog baru Anda adalah dengan membagikannya di media sosial dan dengan mengirimkan tautan ke email pelanggan Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mempelajari beberapa praktik pengoptimalan mesin pencari (SEO) dasar sehingga posting blog Anda memiliki peluang lebih baik untuk muncul lebih tinggi di mesin pencari.

Jika Anda menulis posting berkualitas tinggi,  ini akan mengarahkan pembaca untuk membagikannya dengan lingkaran sosial mereka sendiri, sehingga mempromosikan dirinya ke depan.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Promosi Bisnis Secara Online

6. Analisis hasil

Setiap bisnis memiliki audiens yang berbeda. Setelah membuat beberapa posting blog dan menerima lalu lintas ke sana, Anda harus menganalisis bagaimana kinerja posting blog Anda di antara audiens Anda. Beberapa hal yang ingin Anda periksa adalah:

  • Pembaca pos mana yang paling banyak menghabiskan waktu?
  • Pos mana yang memiliki rasio pentalan tertinggi (persentase pemirsa yang meninggalkan situs Anda dari laman itu)
  • Postingan mana yang paling sering dibagikan di media sosial
  • Postingan mana yang menghasilkan penjualan produk terbanyak?

Melacak informasi di situs web Anda sangat penting untuk mempelajari informasi penting ini. Setelah Anda memiliki ukuran sampel yang cukup besar, Anda dapat mulai melihat strategi mana yang menjadi fokus. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa artikel Anda “10 Tips untuk Meningkatkan Keamanan Situs Web” menghasilkan hasil yang bagus, sementara “Wawancara Kami Dengan Pakar Keamanan Siber Terbaik”  kurang memuaskan.

Ini mungkin memberi tahu Anda bahwa Anda harus lebih fokus pada artikel tipe daftar dan lebih sedikit pada wawancara.

Baca juga: Mengetahui Proses Riset Pemasaran Secara Mendalam

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan cara dalam membuat blog yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Konten terbaik dan mengetahui cara kerja mesin pencari adalah hal utama agar artikel yang Anda posting bisa menghasilkan trafik sesuai dengan apa yang Anda harapkan.  Pastikan Anda memilih penulis yang mengerti tentang apa yang Anda jual dan menguasai konten sesuai niche layanan dan produk Anda.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang juga sedang mencari solusi pembukuan untuk bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang sudah berpengalaman dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan memiliki fitur terbaik seperti pencatatan pengeluaran dan penjualan, rekonsiliasi transaksi otomatis, pembuatan faktur mudah, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan