Apa itu PPC dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Pemasaran Bisnis Anda?

Pernah mendengar apa itu PPC? Iklan PPC adalah pilihan populer untuk pemasaran mesin pencari. Ini adalah salah satu cara yang paling hemat biaya untuk menjalankan kampanye pemasaran online. Sangat penting untuk memastikan kampanye PPC Anda tepat sasaran dan terstruktur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pada artikel ini, kami mengeksplorasi apa itu iklan PPC dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keuntungan pada bisnis  Anda.

Apa itu PPC?

PPC adalah singkatan dari pay per click atau bayar per klik. Ini adalah bentuk periklanan di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka menerima klik dari pengguna. Alih-alih membayar tarif tetap untuk penempatan iklan, PPC hanya mengeluarkan uang jika menarik perhatian dan membawa pengunjung ke situs web Anda.

Bisnis mengajukan tawaran untuk penempatan iklan dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan ke dalam lelang otomatis. Dengan menggunakan penawaran secara real time, mesin telusur menentukan iklan mana yang akan ditampilkan kepada pengguna saat individu tersebut mengirimkan kueri penelusurannya.

Perusahaan membayar biaya yang lebih tinggi untuk iklan yang menonjol dalam hasil pencarian untuk kata kunci populer daripada jika mereka menargetkan pemirsa khusus dengan kata atau frasa yang tidak sering digunakan.

Iklan PPC juga lebih terjangkau bagi perusahaan yang menyediakan konten yang relevan dan bermanfaat. Semakin efektif bisnis dalam melayani kebutuhan pengguna, semakin sedikit mesin pencari yang akan membebankan biaya kepada mereka untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Kampanye PPC yang sukses menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada yang dibayarkan perusahaan untuk iklan. Sementara kampanye PPC mungkin berharga 100 rupiha per klik, iklan harus menghasilkan berkali-kali lipat jumlah itu dengan mengubah klik tersebut menjadi penjualan yang berharga baik pada kunjungan asli maupun melalui pembelian berulang.

Baca juga: Buzz Marketing Adalah salah Satu Strategi Pemasaran yang Ampuh Untuk Tingkatkan Penjualan

Mengapa Strategi Iklan PPC penting dalam Sebuah Bisnis?

Setelah Anda mengetahui apa itu PPC sekarang Anda harus mengetahui srategi PPC dalam sebuah bisnis. PPC adalah salah satu bentuk paling populer dari iklan mesin pencari.

Ini adalah opsi yang penting untuk dijelajahi karena hanya membebankan Anda untuk iklan yang cukup berhasil untuk menerima klik dari audiens yang Anda targetkan. Jika iklan Anda tidak pernah dikunjungi, Anda tidak akan membayarnya.

Untuk memastikan bahwa kampanye PPC berkonversi, Anda harus merancang halaman landing page Anda dengan cermat. Meskipun Anda tidak dikenakan biaya hingga pengguna mengeklik iklan Anda, Anda tetap akan membayar pengunjung yang keluar dari situs atau mengunjungi Anda tanpa melakukan pembelian.

6 Strategi Terbaik untuk Iklan PPC yang Sukses

Berikut adalah enam langkah untuk menyiapkan kampanye PPC yang sukses:

1. Pilih kata kunci Anda

Evaluasi kata kunci yang relevan dengan industri Anda dan kampanye saat ini. Pertimbangkan istilah merek, istilah terkait produk dan layanan, dan bahkan istilah pesaing.

Jika Anda memiliki anggaran pemasaran yang besar, Anda dapat menangkap lalu lintas dari beberapa pencari yang mencari produk pesaing dengan membangun halaman yang membandingkan merek Anda dengan penyedia teratas lainnya di niche Anda. Optimalkan ini untuk kata kunci pesaing dan pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai bagian dari kampanye PPC Anda.

Jika Anda mencari pendekatan yang lebih terjangkau untuk upaya PPC Anda, hindari istilah pesaing tetapi lakukan pendekatan luas untuk brainstorming Anda.

Pertimbangkan istilah terkait yang dapat mengikat ke dalam produk Anda dan menangkap bagian yang belum dimanfaatkan dari audiens potensial Anda. Misalnya, “kesehatan hewan peliharaan” dan “berat badan anjing” dapat dikaitkan dengan penjualan makanan hewan peliharaan.

Pemilihan kata kunci dijelaskan secara lebih rinci di bawah ini. Sangat penting bagi Anda untuk memilih kata kunci yang akan membantu Anda menjangkau audiens target Anda pada saat mereka paling tertarik untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Product Marketing: Pengertian, Pilar Utama, dan Strategi Ampuhnya

2. Pertimbangkan ekstensi iklan

Ekstensi iklan memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak fitur ke iklan Anda, yang dapat meningkatkan kinerjanya. Pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Ekstensi tautan situs: Menampilkan banyak tautan dari situs web Anda di iklan yang sama
  • Ekstensi panggilan: Menyertakan nomor telepon bisnis Anda di iklan jika penelusuran dilakukan selama jam kerja
  • Perluasan lokasi: Menampilkan alamat fisik, nomor telepon, dan penanda peta Anda
  • Ekstensi lokasi afiliasi: Mencantumkan toko terdekat yang menjual produk Anda
  • Ekstensi ulasan: Sorot penghargaan, ulasan, atau peringkat pihak ketiga
  • Ekstensi pesan: Menyediakan tautan untuk segera mengirim teks ke perusahaan Anda
  • Ekstensi harga: Menampilkan harga dengan produk tertentu
  • Ekstensi info: Memungkinkan Anda menyebutkan nilai jual tertentu untuk produk atau layanan Anda
  • Ekstensi cuplikan terstruktur: Memungkinkan Anda memilih topik tajuk seperti fasilitas atau merek dan menyertakan detail terkait dalam hasil penelusuran
  • Ekstensi aplikasi: Berikan tautan bagi pengguna untuk mendapatkan aplikasi Anda

3. Tetapkan anggaran Anda

Evaluasi biaya per klik (BPK) Anda dengan cermat dan tentukan berapa banyak yang dapat Anda bayar untuk kampanye PPC Anda. Anda dapat menentukan harga yang sesuai untuk setiap klik menggunakan keuntungan rata-rata per pelanggan, tingkat konversi, dan margin keuntungan. Kalikan faktor-faktor ini menggunakan perhitungan berikut:

[Rata. keuntungan per pelanggan] * (1 – [margin keuntungan]) * [tingkat konversi] = BPK Maksimum

Sangat penting untuk memahami dan menilai perbedaan antara apa yang Anda bayar di muka untuk sebuah klik dan apa yang akhirnya Anda dapatkan dari klik tersebut.

Jika Anda membayar 3.000 untuk klik yang menghasilkan penjualan 300.000, Anda menikmati keuntungan besar dari pelanggan tersebut. Namun, tidak setiap klik 3.000 akan menghasilkan penjualan sebesar itu atau penjualan apa pun sama sekali.

Mengevaluasi tingkat konversi rata-rata Anda dan keuntungan per pelanggan akan memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang apa yang Anda mampu untuk berinvestasi dalam kampanye PPC Anda.

Baca juga: Sales Lead: Pengertian, Cara Menentukan dan Jenisnya yang Harus Anda Tahu

4. Buat landing page yang berkualitas

Kembangkan landing page yang sangat relevan dengan istilah pencarian yang Anda targetkan. Semakin bermanfaat halaman Anda, semakin sedikit Anda akan membayar untuk klik Anda. Landing page atau laman landas yang relevan dan ditargetkan dengan cermat juga membantu Anda meningkatkan konversi.

Jika Anda menargetkan “kesehatan hewan peliharaan” untuk perusahaan makanan hewan peliharaan Anda, halaman arahan terkait harus merinci cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kesehatan hewan peliharaan Anda.

Ini akan mencakup mendukung kesehatan mereka dengan diet berkualitas, tetapi harus memiliki informasi lain juga sehingga Anda menawarkan nilai nyata kepada pengunjung Anda dan membangun perusahaan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan sumber daya yang dapat diandalkan di industri Anda.

5. Buat iklan Anda

Iklan Anda biasanya akan menyertakan judul, URL, dan salinan iklan. Buat salinan Anda dengan penuh perhatian, sehingga Anda dapat menarik perhatian pemirsa dan menyoroti produk atau layanan Anda secara efisien.

Anda memiliki ruang terbatas untuk salinan iklan Anda, jadi pastikan untuk menyertakan proposisi layanan unik Anda dan ajakan bertindak. Gunakan kata kunci yang Anda targetkan dan kata kunci terkait di sini juga.

6. Tempatkan tawaran Anda

Tawaran pada kata kunci yang Anda identifikasi pada langkah pertama proses tetap dalam anggaran yang Anda tetapkan sebelumnya. Anda dapat menyiapkan penawaran otomatis untuk menyesuaikan tawaran Anda bergantung pada parameter pencarian, seperti biaya per akuisisi dan rasio konversi.

Gunakan pengubah tawaran untuk menargetkan iklan Anda ke pemirsa yang lebih spesifik. Ini juga akan membantu Anda memenangkan tawaran dengan anggaran yang lebih kecil. Misalnya, Anda dapat menawar iklan yang akan muncul secara eksklusif di perangkat seluler atau hanya di komputer.

Baca juga: Critical Path Method, Teknik Mengatur Proyek Agar Bebas Hambatan

apa itu ppc 2

Elemen Dasar dalam Memilih Kata Kunci yang Efektif

Pemilihan kata kunci sangat penting untuk sukses dengan kampanye PPC. Pertimbangkan elemen berikut dengan cermat untuk memastikan Anda memilih kata kunci yang paling efektif untuk kebutuhan Anda:

Relevansi

Hanya gunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan layanan Anda. Meskipun makanan anjing mungkin memiliki volume pencarian yang tinggi, ini bukan kata kunci yang relevan untuk layanan penitipan hewan peliharaan Anda. Anda mungkin menjangkau pemilik anjing, tetapi orang yang melihat iklan Anda mungkin tidak mencari pengasuh hewan peliharaan. Semakin relevan halaman Anda dengan kebutuhan pencari, semakin hemat biaya kampanye PPC Anda.

Volume

Bandingkan volume pencarian untuk kata dan frasa yang paling relevan dengan penawaran Anda. Anda harus menyeimbangkan manfaat nyata dari volume tinggi dengan keterjangkauan istilah yang memiliki volume lebih rendah.

Frasa dengan volume penelusuran yang lebih rendah juga dapat membantu Anda menjangkau pemirsa khusus yang kemungkinan besar akan berkonversi.

Persaingan

Cari tahu peringkat pesaing utama Anda dan cari cara untuk membedakan kampanye Anda. Jika memungkinkan, temukan kata kunci yang kurang dimanfaatkan yang akan menargetkan bagian pasar yang kurang terlayani.

Kemungkinan konversi

Pertimbangkan apa yang dicari pencari ketika mereka memasukkan istilah pencarian tertentu. Beberapa kata kunci mungkin menunjukkan bahwa pencari hanya dalam tahap penelitian perjalanan mereka daripada frase pembelian. Misalnya, “suku cadang mobil” menunjukkan niat yang lebih rendah daripada “selang bahan bakar kijang 2010”.

Baca juga: Corporate Branding: Pengertian dan Cara Ampuh dalam Membangunnya

Bagaimana Cara Mengelola Kampanye PPC dengan Baik?

Setelah Anda menyiapkan kampanye PPC Anda, penting untuk mengelolanya dengan hati-hati sehingga mereka dapat terus berkinerja baik untuk Anda. Ikuti empat langkah berikut untuk mengelola kampanye Anda dengan sukses:

1. Gunakan beberapa kampanye sekaligus

Tidak ada alasan untuk menyelesaikan satu kampanye sebelum Anda memulai yang lain. Jalankan beberapa kampanye secara bersamaan untuk meningkatkan peluang Anda muncul di hasil penelusuran.

Diversifikasi kampanye Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas secara keseluruhan. Misalnya, Anda dapat menggunakan tawaran iklan khusus seluler yang menyertakan ekstensi lokasi dan kata kunci khusus produk untuk membantu pembeli menemukan toko Anda saat mereka mencari item tertentu.

Kampanye lain mungkin menargetkan pembeli komputer yang sedang dalam tahap penelitian dengan menggunakan kata kunci terkait yang akan membantu mereka mempelajari lebih lanjut tentang bahan dan proses pembuatan Anda.

2. Kelola landing page Anda

Pastikan halaman arahan untuk kampanye PPC Anda dikelola dengan benar. Halaman-halaman ini tidak boleh ketinggalan zaman. Jika produk atau layanan Anda berubah, Anda harus segera memperbarui halaman arahan Anda.

Anda juga dapat mengoptimalkan kampanye Anda dengan memperbarui halaman arahan Anda dengan promosi terbaru atau produk musiman. Anda dapat mempertahankan kampanye yang sama yang ditargetkan ke kata kunci terkait kupon tetapi memperbarui halaman arahan setiap minggu sehingga selalu menawarkan penawaran terkini.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

3. Lacak hasil Anda

Evaluasi kampanye PPC Anda dengan cermat untuk melihat bagaimana kinerjanya. Anda dapat menggunakan A/B testing untuk membandingkan dua kata kunci yang serupa sebelum menentukan pilihan yang akan Anda tempatkan lebih banyak dana, materi pemasaran, dan upaya. G

unakan informasi yang Anda kumpulkan dari kampanye PPC Anda untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pemasaran Anda agar lebih efektif di masa mendatang. Tempatkan lebih banyak penekanan pada kata kunci yang mendapatkan rasio konversi tertinggi dan pertimbangkan untuk menghilangkan kata kunci yang memiliki rasio pentalan tinggi. Berfokus pada analitik akan membantu Anda membuat kampanye yang lebih efektif untuk masa depan.

4. Berlatih remarketing

Pemasaran ulang atau remarketing menayangkan iklan bertarget kepada pelanggan yang telah mengunjungi halaman Anda. Analisis kebutuhan pengunjung yang menghabiskan waktu di halaman Anda tetapi tidak melakukan penjualan.

Kembangkan kampanye PPC yang ditargetkan untuk kebutuhan tersebut untuk menangkap kembali individu-individu ini. Kampanye pemasaran ulang akan menempatkan produk dan layanan Anda di depan pengunjung sebelumnya secara terus-menerus, sehingga merek Anda tetap berada di depan pikiran mereka dan kemungkinan besar akan menjadi pesaing saat mereka siap untuk melakukan pembelian

Kesimpulan

Itulah pembahsasan lengkap tentang apa itu PPC dan berbagai strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat kampanye pemasaran PPC Anda berhasil. Strategi pemasaran apapun, sedikit banyak memerlukan biaya pada bisnis. Dan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran Anda dibutuhkan pencatatan agar seluruh biaya dapat dihitung dengan mudah.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang memerlukan solusi pencatatan keuangan dan finansial bisnis, Anda bisa meggunakan software akuntansi tebaik yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan penjualan dan pembelian, proses rekonsiliasi otomatis, pengelolaan dan pembayaran pajak langsung dari aplikasi, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan