Pengertian Influencer dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Bisnis

Mengenal Apa Itu Influencer

Era digitalisasi mengubah cara orang-orang menjual barang dan jasa serta mengembangkan bisnisnya. Dengan serba-serbi yang didominasi oleh jalur online, maka langkah-langkah yang diambil dalam memasarkan dan mengenalkan bisnis pun ikut berubah.Salah satu cara pemasaran secara online yang marak digunakan oleh para pengembang bisnis online ialah melalui influencer.

Pada dasarnya memakai pemasaran dengan jasa influencer berarti Anda menggunakan jasa orang yang memmiliki reputasi untuk memasarkan produk atau  jasa Anda melalui hal-hal yang mereka unggah dan tampilkan, mereka ‘memengaruhi’ khalayak ramai melalui akun media sosialnya. Pengaruh ini disebarkan melalui platform yang mereka miliki secara online, seperti Instagram, YouTube, hingga blog.

Baca juga : Mengenal Pengertian Motivasi Kerja dan Cara Efektif Meningkatkannya

Peran Influencer dalam Pengembangan Bisnis

Memperkenalkan bisnis dari nol itu cukup sulit, terlebih dengan ribuan distraksi yang ada secara online, di mana audiens memiliki kebebasan dalam menentukan apa yang hendak mereka nikmati.

Karenanya, peran seorang influencer adalah memperkenalkan dan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan jumlah pengikut yang banyak, mereka seolah memiliki fanbase-nya sendiri. Bidang teknologi, misalnya, akan memiliki banyak pengikut yang menggemari hal-hal berbau tren teknologi terbaru.

Tidak jarang para followers menjadikan mereka sebagai orang kepercayaan dalam memilih suatu produk. Mereka dipercaya sebagai teman dan sumber yang kredibel. Hal ini menjadi amunisi bagi para pengembang bisnis untuk menarget calon konsumen mereka dengan tepat.

Baca juga : 10 Bisnis Online tanpa Modal yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

 Manfaat Influencer dalam Pengembangan Bisnis

#1 Membidik Target Pasar

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, dengan pengikut yang mereka miliki, para pengembang bisnis bisa dengan cepat dan mudah membidik target pasar yang hendak dituju. Hal ini—tentunya—selama pengembang bisnis mengetahui target pasar yang diinginkan.

#2 Membangun Kepercayaan

Ibarat teman sekaligus idola, tidak heran kalau para pengikut online ingin mengetahui produk barang dan jasa apa saja yang mereka gunakan.

Dengan testimoni yang diberikan—disebut pula endorse—para pengikut bisa mulai mencari tahu tentang produk tersebut tanpa merasa was-was terkena tipu.

#3 Meningkatkan Penjualan

Setelah produk Anda mendapat exposure dan kepercayaan dari target pasar, maka penjualan produk barang atau jasa bisa meningkat. Pasalnya semakin banyak orang yang mengetahui produk Anda dan kepercayaan calon konsumen produk Anda meningkat.

Tips Memilih  Influencer

#1 Relevan Dengan Bisnis Anda

Sebelum terburu-buru menentukan, ada baiknya Anda mengkoleksi beberapa kandidat dari kategori yang relevan dengan bisnis Anda. Coba jelajahi perlahan dan temukan beberapa kandidat.

#2 Jumlah Followers dan Biaya Jasa

Selanjutnya, dengan alokasi dana yang Anda miliki, cobalah cari tahu berapa yang harus dikeluarkan untuk masing-masing kandidat tersebut. Hal ini sangat bergantung pada jumlah followers yang dimiliki-nya. Semakin banyak jumlah followers, maka semakin mahal biaya yang harus Anda keluarkan. Mengapa demikian? Karena dengan jumlah followers yang banyak, produk Anda akan dijangkau dan dilihat oleh lebih banyak orang pula.

#3 Reputasi

Setelah kandidat semakin mengerucut, coba lihat reputasi yang paling baik di antara mereka. ‘Baik’ itu berarti rasio antara followers dan engagement—seperti komentar dan likes—tidak terlalu jauh, serta kolom komentar tidak dipenuhi dengan kalimat-kalimat negatif.

Itulah tiga langkah yang perlu Anda perhatikan dalam memilih influencer untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga : Tertarik Memasang Iklan? Kenali Jenis Iklan yang Cocok untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Agar bisa sukses mengembangkan bisnis di era yang serba digital ini, salah satu adaptasi pemasaran yang bisa dilakukan adalah jasa influencer di media sosial. Dengan keberadaan mereka, bisnis yang dimiliki bisa dikenal dan mendapat kepercayaan dari calon konsumen. Adapun tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih adalah relevansi mereka dengan jenis bisnis Anda, jumlah followers serta biaya, dan reputasi.

Tertarik memakai jasa influencer untuk pengembangan bisnis Anda? Perlu Anda tahu, memakai jasa influencer terkenal dan sudah memiliki reputasi yang bagus seperti artis atau olahragawan tentu memiliki harga yang cukup mahal. Anda harus memikirkan juga apakah jika saat Anda memakai jasa influencer tersebut akan berdampak positif pada perusahaan Anda.

Baca juga : Prospek Pekerjaan yang Anda Dapatkan saat Kuliah Jurusan Akuntansi

Catat semua pengeluaran Anda, termasuk biaya marketing dan iklan pada pembukuan yang baik dan terperinci. Dengan begitu juga Anda dapat mengetahui apakah Anda sudah menggunakan cara pemasaran yang tepat atau belum berdasarkan laporan penjualan dan laporan keuangan yang Anda buat setiap bulan.

Jika Anda menggunakan pembukuan manual tentu ini akan sedikit memakan waktu. Untuk proses yang lebih baik Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja dengan mudah dan cepat.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau buatan Indonesia yang sangat cocok untuk semua jenis bisnis karena sudah sesuai standar akuntansi keuangan yang ada di Indonesia dan sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.