Apa Itu Template Instagram Story? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Mungkin sebagian besar orang sudah familiar mendengar apa itu template Instagram story? Template instagram story merupakan kumpulan pertanyaan audiens dan semuanya itu dituliskan ke dalam gambar. Nantinya, gambar akan dibagikan melalui fitur Instagram story akun Anda.

Template Instagram di era digital sekarang masih menjadi tren yang memenuhi beranda media sosial tersebut. Dengan Anda menggunakan template, tampilan pada sebuah akun menjadi lebih berwarna dan indah dipandang.

Ada pula audiens tinggal men-screenshot-nya. Kemudian, mereka bisa menjawab pertanyaan itu dan membagikannya lewat IG Story mereka sendiri. Pertanyaannya ini bisa bermacam-macam, misalnya checklist, pemberian pilihan, hingga permintaan untuk memasukkan GIF.

Jika Anda hampir setiap hari bermain social media Instagram dan membagikan Instastory Anda, Anda mungkin mulai menyadari bahwa membuat Story Instagram yang menarik dan kekinian bukanlah pekerjaan yang mudah

Anda harus mencantumkan stiker yang tepat serta menerapkan filter yang sesuai, juga tak lupa meletakkan teks animasi yang dipoles sedemikian rupa.

Mengenai hal tersebut, pada artikel kali ini kami akan bahas lebih detail dan lengkap apa itu Template Instagram Story, fungsi, dan jenis-jenisnya. Mari simak penjelasan ini.

Apa itu Template Instagram Story?

Jadi, Template Instagram Story adalah fitur memungkinkan kita menunjukkan aktivitas terkini, berbagi cerita, atau iringan musik yang sedang didengarkan. Instagram Story dari segi design memudahkan Anda dalam menyamakan warna dan font yang tentunya bisa memperkuat visual branding-mu.

Bagi setiap orang yang melihat isi dari Instagram story Anda, biasanya akan terekam otomatis oleh Instagram sehingga Anda bisa mengetahuinya serta siapa saja yang melihat isi story Anda. Begitu pula ketika Anda mengintip Instagram Story orang, mereka pun pasti tahu kalau Anda melihat story orang itu.

Dengan adanya Template Instagram story, Anda harus bisa mengkreatifkan story Anda agar terlihat lebih menonjol dan kekinian. Beruntungnya, sudah banyak sekali aplikasi yang menawarkan fitur-fitur pembuat Template Instagram Story keren.

Baca juga: Carousel Adalah Point Penting untuk Tingkatkan Media Sosial Anda, Ini Tips nya!

Cara Kerja Template Instagram Story

Bila kita sudah mengetahui apa itu Template Instagram Story, tentunya Template Instagram Story memiliki cara kerjanya.

Instagram Story muncul pada bar dibagian atas feed Instagram dan biasanya semua akun Instagram dapat membagikan stories mereka, mulai dari teman-teman sampai akun popular favorit Anda.

Untuk melihat Intagram Story seseorang, Anda tinggal tap pada foto profil mereka. Story mereka langsung muncul secara full-screen, kemudian akan muncul semua content yang mereka post dalam 24 jam terakhir. Content yang di-play mulai dari urutan yang terlama ke terbaru.

Setelah melihat cara kerja Instagram Story, tap untuk kembali dan maju atau menggeser untuk melompat ke story orang lain.

Cara Membuat Instagram Story

Untuk membuat story di Instagram, yang perlu harus diperhatikan tap icon + pada sudut kiri atas layar atau Anda dapat swap ke kiri dari layar home Instagram. Ketika kamera story terbuka, Anda bisa dapat mengambil foto atau merekam video, seperti yang Anda lakukan biasanya pada Instagram.

Setelah merekam video atau mengambil foto, Anda dapat menggunakan berbagai filter dan juga menambahkan teks dan gambar untuk content Anda.

Begitu Instagram story Anda diposting, Anda juga dapat melihat beberapa basic analytics, yang menunjukkan berapa kali postingan dalam story Anda telah dilihat dan siapa yang melihatnya. Cara untuk mengeceknya, swipe layar ke arah atas.

Story Anda akan mengikuti pengaturan privasi dari akun Anda. Jika Anda mengatur akun Instagram Anda ke private, story Anda hanya dapat terlihat oleh follower Anda.

Anda juga dapat memilih untuk menampilkan bagian tertentu dari story Anda dengan mempostingnya di profil Anda sehingga akan muncul dalam feed. Untuk melakukan hal ini, tekan tombol upload.

Keuntungan dari Instagram Story

Jika kita sudah mengetahui apa itu Template Instagram Story, cara kerja serta cara pembuatannya, perlu Anda ketahui juga bahwa Template Instagram Story memiliki keuntungan yang sangat bermanfaat, antara lain:

1. Lebih Interaktif dan Menarik

Manfaat fitur Instagram Story yang pertama adalah soal interaktivitas. Tidak sedikit pengguna Instagram yang postingan foto atau video terakhirnya sudah berbulan-bulan lalu—bisa jadi karena kehabisan stok foto untuk diunggah—tetapi mereka tetap mengunggah banyak hal lain melalui fitur Instagram Stories dalam 24 jam terakhir.

Kecenderungan ini menandakan bahwa pengguna sangat menyukai fitur Stories dan mereka lebih hiperaktif ketika influencer yang mereka ikuti melakukan update di sana, juga hal penting lain bahwa pengguna lebih mungkin berinteraksi secara lebih personal dengan influencer terkait.

2. Meningkatkan Engagement Fitur

Instagram Story juga menawarkan menu interaktif yang komplit. Mulai berisi model Q&A, polling, yes or no, yang merupakan salah satu cara untuk mengajak audiens berinteraksi secara langsung, membangun kedekatan yang bisa berdampak pada peningkatan engagement dan interaksi secara berkelanjutan.

3. Membuat Orang Semakin Penasaran

Di sisi lain, fitur Instagram Story ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal.

Anda bisa membuat story bersambung mengenai produk dan bisnis Anda, menceritakan behind the scene orang-orang yang berperan penting dalam bisnis Anda, tips menggunakan produk dengan benar, dan sebagainya.

4. Hashtag dan lokasi pada iklan juga tampil di Explore

Fitur Instagram Story yang memaksimalkan penggunaan hashtag dan lokasi jadi strategi wajib promosi Anda.

Penggunaan hashtag merupakan sesuatu yang tidak kalah penting kalau Anda hendak melakukan pemasaran melalui Instastory. Hashtag memiliki dampak besar terhadap setiap konten yang Anda posting.

Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Instagram dan media sosial lainnya, mencari informasi yang dibutuhkan hanya dari hashtag, tanpa perlu bersusah payah mencari melalui nama akun media sosial.

Lebih bagus lagi jika Anda dapat menciptakan hashtag sendiri dan menjadikannya viral. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak audiens yang mengenal bisnis dan produk Anda melalui hashtag tersebut.

Jangan lupa juga untuk maksimalkan fungsi location tag agar konten yang Anda posting bisa jauh lebih maksimal dampaknya.

5. Mudah Mengenali Audiens

Saat ini, Instagram telah memiliki fitur Q&A (Questions and Answers). Dengan fitur ini, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada audiens atau followers Anda, dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan apa pun yang ingin mereka ketahui tentang bisnis dan produk Anda.

Selain itu, terdapat fitur Polling di Instagram memang baru beberapa waktu lalu diluncurkan, tetapi sangat membantu.

Mungkin tidak disadar, tetapi fitur baru ini bisa digunakan oleh brand untuk mengidentifikasi konten apa yang lebih disukai oleh audiens mereka.

Kelebihan lain dari fitur ini adalah pengiklan bisa melihat siapa yang menyukai dan tidak menyukai jenis konten mereka, apakah berasal dari daftar pengikut mereka atau dari sumber organik.

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang apa itu template Instagram Story, cara kerja dan cara membuatnya, serta keuntungan dari template Instagram Story.

Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa template Instagram Story adalah fitur yang sangat berguna dan memungkinkan kita menunjukkan aktivitas terkini, berbagi cerita, atau iringan musik yang sedang didengarkan.

Tentunya, masih ada banyak keuntungan Instagram story untuk mengembangkan usaha dan bisnis. Hampir setiap perusahaan mempromosikan brand maupun product menggunakan template Instagram Story agar brand dan product mereka cepat diketahui oleh audiens.

Untuk itu, saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.Accurate-