Blogwalking Adalah Kegiatan Untuk Meningkatkan Traffic Blog, Benarkah?

Tentunya blogwalking bukanlah suatu hal yang baru bagi para blogger. Tapi, apakah Anda tahu blogwalking adalah istilah yang hanya terdapat di Indonesia saja? Memang untuk di luar negeri, istilah yang berasal dari kata blog dan walking ini memang tidak terkenal.

Terlepas dari istilahnya di atas, kenapa blogwalking itu penting? Kenapa ada banyak blogger di Indonesia yang melakukan kegiatan ini?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap tentang blog walking. Mulai dari definisi, manfaat dan cara melakukan blogwalking.

Apa itu Blogwalking?

Pada dasarnya, blogwalking adalah suatu kegiatan yang mana Anda berkunjung ke blog lain untuk tujuan khusus. Umumnya, blogwalking dilakukan saat seorang blogger sedang mencari ide konten di blognya. Tapi, seringkali blogwalking juga dilakukan sebagai sarana untuk bersosialisasi dengan para blogger lainnya.

Lantas, bagaimana cara blogger melakukan hal tersebut?

Pertama, seorang blogger akan mengunjungi beberapa blog yang pas dan sesuai dengan kriteria tujuannya. Lebih tepatnya, beberapa blog dengan tema yang sama atau niche yang sama dengan blognya. Ditambah lagi mempunyai tingkat popularitas yang tinggi sebagai bukti bahwa konten pada blog tersebut menarik pada pembaca.

Selanjutnya, blogger tadi akan melihat beberapa artikel yang bermanfaat dan nantinya mereka akan meninggalkan pesan di kolom komentar yang sudah disediakan. Cara ini tentunya akan menciptakan diskusi dengan pemilik blog ataupun para pembaca lainnya.

Selain bisa memperluas ilmunya, blogger tadi juga bisa memperluas jaringan antar para blogger.

Baca juga: Apa itu Meta Description? Berikut Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

5 Manfaat Blogwalking

1. Memperluas Networking

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, blogwalking bisa dijadikan sebagai sarana dalam memperluas networking atau jaringan.

Karena, setiap Anda memberikan komentar yang positif di blog lain, hal ini akan menunjukkan bentuk apresiasi kepada para pemilik blog tersebut. Atau bisa digunakan untuk bertanya lebih dalam dan membuat suatu diskusi khusus.

Jika terjadi komunikasi lebih mendalam, maka Anda memiliki kesempatan yang baik untuk saling berbagi informasi atau ide sebagai sesama blogger. Bahkan, kemungkinan besar Anda juga bisa saling membagikan link artikel blog dengan topik yang sama.

2. Mendapatkan Inspirasi Baru

Blogwalking adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendapatkan inspirasi baru untuk konten blog Anda. ketika Anda mengunjungi blog lain, maka Anda akan memperoleh informasi dan inspirasi baru dari blog tersebut. Selanjutnya, inspirasi ini bisa Anda jadikan bekal agar bisa membuat konten lainnya.

Idealnya, Anda harus mengunjungi blog yang sebelumnya sudah sukses atau sudah maju. Lalu, Anda harus mengamati konten apa saja yang sudah mereka bahas dan bagaimana cara mereka dalam menyajikan konten tersebut. Selain itu, Anda juga harus menemukan keunikan konten mereka sehingga para pengunjung menyukainya.

Tapi, jangan sekalipun melakukan tindakan copy paste atau plagiarisme dari konten lain. Utamakanlah sikap profesional Anda sebagai seorang blogger. Cantumkanlah referensi ataupun sumber saat Anda mengutip tulisan atau pernyataan.

Keaslian suatu konten memiliki peran yang sangat penting. Karena bila Anda melakukan plagiarisme, Anda bisa terkena tuntutan dari pemilik aslinya. Selain itu, Google juga tidak akan mendukung berbagai tindakan duplikasi konten. Bahkan, Anda akan kesulitan untuk memperoleh traffic karena Google sendiri akan menurunkan peringkat blog Anda di halaman pencariannya.

3. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain

Blogwalking adalah suatu kegiatan blogging yang umumnya dilakukan secara mandiri. Namun, menciptakan hubungan yang baik dengan para blogger lainnya sangat penting. Salah satu manfaatnya adalah Anda bisa memperoleh bantuan saat terjadi kendala. Baik itu yang sifatnya non teknis ataupun teknis.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh bantuan dalam hal kolaborasi, baik itu dengan berbagi pengalaman atau menjadi partner kolaborasi di dalam konten Anda.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Blogwalking juga bisa Anda jadikan bahan evaluasi kualitas blog Anda pada saat ini. Itu artinya, Anda bisa memperoleh pembanding dari blog yang sebelumnya sudah sukses.

Semakin sering Anda berkunjung ke blog lain, maka akan semakin banyak juga referensi yang akan Anda peroleh. Sehingga, Anda akan semakin mudah dalam mengetahui berbagai kekurangan blog dan bagian apa saja yang memang perlu Anda tingkatkan lagi.

Evaluasi dalam hal ini mencakup berbagai komponen, mulai dari memilih topik, menguasai materi, gaya bahasa, cara komunikasi, sampai bentuk penyajian gambar.

5. Mempromosikan Blog Anda

Selain bisa dijadikan ajang dalam memperluas ruang lingkup sosial antar sesama blogger, blogwalking juga adalah salah satu cara untuk mempromosikan blog Anda.

Tapi, Anda tidak boleh sembarangan meninggalkan link blog di kolom komentar. Cara ini malah akan dinilai sebagai spam dan jadi kurang elegan. Hal tersebut juga berpotensi memberikan dampak yang buruk.

Tips Melakukan Blogwalking yang Tepat

1. Carilah Blog dengan Niche yang Sama dengan Blog Anda

Tips pertama dalam melakukan blogwalking adalah dengan memulainya dari blog yang sama dengan niche Anda. jika Anda adalah seorang food blogger, maka carilah blog yang juga membahas tentang makanan atau minuman.

Cara ini akan mempermudah Anda untuk berbagi link bila sesuai dengan topik yang dibahas. Bahkan, akan lebih baik lagi bila Anda mengunjungi suatu blog yang sudah terkenal. Kenapa? karena informasi yang ada di dalamnya pasti sangat bermanfaat. Anda bahkan bisa memperoleh inspirasi terbaru untuk membuat konten.

Lebih dari itu, blog tersebut juga pasti sudah mempunyai banyak pembaca. Jadi, saat Anda meninggalkan komentar, maka akan semakin banyak kemungkinan dibaca para pengunjung lainnya.

2. Beri Komentar yang Positif

Tips kedua dalam melakukan blogwalking adalah dengan memberikan komentar yang positif dan sesuai dengan topik blog. Hal ini sangat penting agar mampu mencegah Anda dalam memberikan komentar spam.

Contohnya, hindarilah komentar “artikelnya keren banget”. “kontennya yang bermanfaat”. Kenapa? karena komentar seperti ini sudah sangat mainstream dan kurang bernilai. Bila ada suatu poin penting di dalam artikel tersebut, maka tunjukanlah pada komentar Anda.

Jika perlu, tambahkanlah pujian pada penulis tersebut sebagai wujud apresiasi sebelum memberikan komentar. Untuk itu, pastikanlah untuk membaca seluruh isi konten dan pahami dengan baik.

Anda juga bisa memberikan pertanyaan sebagai wujud diskusi yang baik. Bila memang relevan, Anda bahkan bisa mendapatkan respon yang positif dari pemilik blog ataupun pengunjung lainnya.

3. Pelajari Konten Mereka

Selain kedua poin sebelumnya, Anda juga harus mempelajari struktur konten saat melakukan blogwalking, khususnya pada blog yang memang sudah populer. Anda bisa memperhatikan konten apa saja yang dibahas dan bagaimana blog tersebut menyajikan informasi di setiap artikelnya.

Jika terdapat beberapa kata kunci, Anda bisa mencatatnya untuk kemudian dipelajari. Selain itu, temukanlah media apa saja yang disertakan di setiap artikel agar bisa membantu pemahaman para pembaca. Baik itu gambar, atau video yang menarik.

Selain itu, perhatikanlah tingkat frekuensi mereka dalam mengupdate konten. Apakah di posting secara mingguan atau bulanan? Hal ini akan memberikan informasi pada Anda tentang bagaimana cara terbaik dalam menata konten yang sukses.

4. Gunakan Gravatar

Gravatar adalah suatu foto profil yang mampu menunjukkan identitas online Anda. Gravatar juga akan tampil saat Anda memberikan komentar di setiap blog saat melakukan blogwalking. Untuk itu, gunakanlah foto profil terbaik untuk menunjukkan kesan profesional.

Hal ini seringkali luput dari perhatian para blogger. Banyak dari mereka yang jarang memasang gravatar dengan foto yang sesuai dengan blognya. Padahal, gravatar mampu membantu para blogger atau pengunjung lain untuk mengenali blog Anda.

Terlebih lagi bila Anda bertujuan untuk mempromosikan blog, memanfaatkan gravatar mampu meningkatkan personal brand awareness Anda.

Baca juga: Pentingnya Page Speed Untuk SEO dan Tips yang Bisa Anda Gunakan

Penutup

Salah satu alasan para blogger melakukan blogwalking adalah untuk mempromosikan blognya. Caranya adalah dengan meninggalkan link ketikan berkomentar. Tujuannya adalah agar mengundang pengunjung lainnya untuk mengunjungi blog Anda.

Tapi, apakah benar cara ini mampu meningkatkan traffic blog?

Traffic blog Anda bisa saja meningkat bila Anda meninggalkan link yang relevan. Untuk itu, lakukanlah blog walking secara rutin dan tinggalkanlah komentar yang berbobot di berbagai blog yang sudah terkenal.

Selain itu, memperoleh backlink dari blog yang besar akan menunjukkan kualitas blog Anda. Hal ini sangat penting dalam proses SEO. Karena, bisa saja Google meningkatkan peringkat blog Anda di halaman pencariannya. Saat Anda mampu menduduki posisi teratas, maka pengunjung yang datang pun akan lebih banyak.

Tapi jika blog yang Anda kunjungi ternyata menerapkan nofollow di dalam kolom komentarnya, maka hal ini tidak dapat menguntungkan proses SEO. Karena, mesin pencari tidak akan mengikuti link yang Anda simpan di blog lain.

Selain itu, bila Anda melakukan blogwalking hanya sekedar meninggalkan komentar spam, maka Anda tidak akan bisa meningkatkan traffic, bahkan Anda bisa terkena penalty dari Google.

Jadi, blogwalking mampu meningkatkan traffic blog bila Anda lakukan dengan baik. Jika traffic blog Anda sudah semakin banyak, jangan lupa mendaftar adsense agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dan omset yang melimpah.

Tapi, jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan tersebut di dalam laporan keuangan agar Anda bisa mengetahui posisi keuangan Anda saat ini dan Anda jadikan sebagai referensi untuk membuat keputusan.

Agar lebih mudah untuk membuat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Software ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat dan bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis kecil, menengah, hingga pebisnis yang besar. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1