10 Cara Ampuh Promosi Bisnis Secara Online

Strategi pemasaran yang efektif membantu pemilik bisnis mempromosikan bisnis mereka dan mempertahankan atau menemukan pelanggan dan klien baru. Apakah Anda menjalankan perusahaan start-up yang cukup baru atau memiliki bisnis yang sudah mapan, mempromosikan perusahaan atau bisnis Anda adalah aspek penting dari kesuksesan. Dengan budaya yang berfokus pada teknologi saat ini, melakukan promosi bisnis Anda secara online lebih mudah diakses dari sebelumnya dan dapat membantu menghasilkan identitas merek yang lebih kuat.

Dalam artikel ini, kami meninjau tipd tentang cara melakukan promosi bisnis Anda secara online dengan biaya murah atau tanpa biaya namun berdampak besar pada keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Mengapa Harus Melakukan Promosi Secara Online?

Mengiklankan atau melakukan promosi bisnis Anda secara online dapat menjadi langkah penting dalam kesuksesan. Iklan online membantu mengarahkan lalu lintas ke situs atau bisnis Anda dan membangun kesadaran merek dengan biaya minimal. Kampanye yang efektif dapat menciptakan influencer merek, atau duta merek, dan merupakan sumber pemasaran organik yang hebat.

Mempromosikan bisnis Anda secara online dapat menjadi strategi yang sangat efektif waktu untuk mempertahankan kehadiran merek yang konsisten, memperkuat identitas merek, membangun hubungan dengan konsumen, dan menciptakan ikatan baru dengan klien potensial.

Bagaimana Cara Membangun Promosi Bisnis Secara Online?

Bagi banyak pemilik bisnis, cara terbaik untuk memasarkan bisnis secara online adalah dengan memiliki identitas dan kehadiran merek yang kuat dan konsisten. Setelah Anda menetapkan merek Anda di niche pasar dan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda, pemasaran ke pelanggan dan klien Anda melalui media sosial dan berbagai platform online lainnya menjadi lebih efisien

. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan saat mengiklankan bisnis Anda secara online:

1. Membuat dan mengembangkan situs web

Situs web adalah alat yang diperlukan untuk bisnis apa pun untuk membangun dan mempertahankan kredibilitas dan konsistensi di benak konsumen. Ini dapat berfungsi sebagai dasar bagi pelanggan untuk menghubungi Anda dan mempelajari tentang apa yang ditawarkan bisnis Anda.

Ada beberapa program pembuatan situs web berbiaya rendah atau tanpa biaya yang tersedia, dan membuatnya semudah mengirim email. Memiliki situs web yang profesional adalah cara pemasaran beranggaran rendah untuk memudahkan akses pelanggan Anda dan behubungan dengan bisnis Anda.

2. Gunakan Google Bisnisku

Setelah situs web Anda aktif dan berjalan, pertimbangkan untuk mengirimkan informasi Anda ke Google My Business atau google bisnisku dan melakukan pendaftaran lokal untuk lokasi bisnis Anda.

Mendaftarkan bisnis Anda memungkinkannya ditemukan lebih mudah di mesin pencari. Dalam kebanyakan kasus, Anda cukup mengisi formulir informasi dan kemudian mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh situs web untuk menyelesaikan proses konfirmasi melalui telepon atau surat pos biasa. Ini adalah layanan gratis yang membutuhkan waktu beberapa menit, memfasilitasi visibilitas bisnis, dan membantu pelanggan menemukan Anda.

Baca juga: Tips Menggunakan Google Ads untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

3. Ambil data email

Pertimbangkan untuk membuat laporan industri atau konten menarik untuk ditawarkan sebagai imbalan atas langganan email. Meskipun membutuhkan sedikit usaha, meluangkan waktu untuk menulis laporan gratis memberikan informasi berharga bagi klien dan calon pelanggan Anda.

Ini menetapkan kredibilitas, otoritas, dan status ahli Anda di industri Anda. Selain itu, ini menawarkan Anda kesempatan untuk mengumpulkan informasi dan membangun basis data informasi dan email dari orang-orang yang mengunduh laporan Anda sehingga Anda dapat memasarkannya nanti.

4. Gunakan email marketing

Setelah Anda memiliki database email dan data yang cukuo, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan akun pemasaran email gratis melalui berbagai platform. Ini memungkinkan Anda untuk membentuk ikatan dengan audiens target Anda.

Email yang ditargetkan memungkinkan Anda mengirimkan materi promosi dan menghubungi pelanggan dan calon pelanggan secara konsisten. pada akhirnya, cara ini akan menghasilkan beberapa koneksi otentik dan memungkinkan Anda untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang layak.

Baca juga: Dropbox adalah: Pengertian dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

5. Pastikan bisnis Anda menjangkau media sosial

Platform media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens target Anda untuk pemosisian produk yang optimal dan dengan biaya minimal atau tanpa biaya. Buat akun khusus untuk bisnis Anda, menggunakan nama bisnis Anda di dalam nama pengguna akun untuk membantu klien saat ini dan calon klien menemukan Anda dengan mudah.

Pastikan citra merek yang Anda gambarkan di semua akun konsisten dengan identitas merek Anda yang sudah mapan. Anda juga dapat menghasilkan iklan, mengarahkan lalu lintas organik ke situs web Anda, dan mempertahankan identitas merek Anda.

6. Manfaatkan pemasaran organik

Pemasaran organik adalah proses menarik pelanggan Anda secara alami dari waktu ke waktu. Ini terbukti sangat efektif terutama ketika pemasaran organik dari mulut ke mulut sedang berlaku. Melalui ulasan, posting, blog, dan outlet media sosial lainnya, audiens target Anda dapat meninjau produk dan layanan Anda dan membantu Anda membangun pengikut untuk merek Anda.

7. Buat blog

Memiliki blog membantu perusahaan Anda memperkenalkan layanan atau produknya kepada pengikut dan berfungsi untuk terhubung ke pelanggan secara langsung. Blogging membutuhkan pekerjaan yang konsisten untuk terus diperbarui tetapi terbukti efektif dalam meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Blog yang diperbarui membuat materi tetap segar, membuat Anda dan merek Anda dapat dihubungkan, melibatkan audiens Anda dan dapat meningkatkan pengoptimalan mesin telusur Anda, memberikan visibilitas merek Anda.

8. Buat video dan podcast

Banyak perusahaan menghasilkan video panduan, podcast, atau video informasi untuk menawarkan nilai kepada audiens target mereka. Membuat tautan ke video ini di berbagai platform sosial membantu menghasilkan lalu lintas organik untuk situs web Anda dan membangun identitas dan kepercayaan merek. Konten yang disediakan harus dapat digunakan dan sesuatu yang dicari dan ingin dilihat orang. Video dapat berfungsi sebagai konten blog atau sumber daya di situs web Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Googles Trends untuk Riset Pemasaran yang Efektif?

9. Optimalkan situs web Anda

Mengoptimalkan visibilitas situs Anda menggunakan kata kunci yang relevan merupakan aspek penting dari pemasaran online dan promosi bisnis online. Semakin tinggi Anda muncul dalam hasil pencarian kata kunci yang relevan, semakin besar kemungkinan situs web Anda diklik oleh calon pelanggan.

Menggunakan strategi optimasi mesin pencari yang efektif akan membantu Anda sampai di sana. Ada plugin yang tersedia untuk membantu Anda menghasilkan informasi ini dan membuat deskripsi meta untuk situs web Anda, yang juga dapat memberi peringkat situs web Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

10. Gunakan User Generated Content (UGC)

Hal ini berhubungan dengan media sosial, yaitu mempublikasikan konten buatan pengguna untuk menciptakan brand awareness yang lebih baik atas merek Anda. Dengan cara tersebut, maka UGC dipercaya akan mampu meningkatkan tingkat kepercayaan para followers ataupun target audiens. Kenapa? karena UGC ini sangat terlihat sangat alami dan juga langsung dari pengalaman pelanggan, bukan dari brand ambassador.

Baca juga: Brand Personality: Jenis, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Tips Membangunnya

Kesimpulan

Itulah 10 cara promosi bisnis Anda secara online dengan murah bahkan ada juga yang gratis. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, tentunya memudahkan Anda dalam proses pemasaran digital dan menjangkau audiens Anda secara online. Namu teknologi tidak hanya mempermudah proses pengenalan bisnis Anda pada pelanggan, tapi juga operasi bisnis secara kesuluhan, misalnya sistem pembukuan.

Dengan teknologi cloud, Anda bisa dengan mudah mengelola pembukuan dan proses akuntnasi kapanpun dan dimanapun Anda mau. Software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online juga memiliki harga yang terjangkau dan mudah digunakan seingga setiap jenis dan skala bisnis bisa menggunakannya dengan mudah.

Accorate Online adalah software akuntansi buatan Indonesi yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dan berpengalaman lebih dari 20 tahun. Telah digunakan oleh berbagai jenis bisnis seperti UMKM, perusahaam jasa, bahkan perusahaan manufaktur besar.

Jadi, apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-