Facebook Business Manager: Cara Efektif Untuk Tingkatkan Kinerja Digital Marketing Anda

Bila Anda memang bergerak dalam dunia social media marketing, maka hal penting yang harus Anda ketahui adalah facebook business manager dan cara menggunakannya dengan baik.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Facebook adalah perusahaan pemilih Instagram dan WhatsApp, media sosial yang sangat terkenal dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Facebook juga masih menjadi media sosial yang diminati oleh masyarakat sampai saat ini.

Agar bisa menghasilkan iklan bisnis yang efektif, maka Anda harus bisa menggunakan Facebook Business Manager. Lalu, apa sih Facebook Business Manager itu? Apa saja keuntungan yang ada di dalamnya? Tenang, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang Facebook Business Manager pada Anda.

Apa Itu Facebook Business Manager?

Facebook Business Manager adalah salah satu fitur dari Facebook yang dibuat untuk membantu para penggunanya dalam mengelola akun iklan secara lebih mudah, praktis dan juga sederhana.

Dilansir dari laman Hootsuite, Facebook Business Manager adalah suatu tools yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola akun iklan dan aplikasi Facebook dalam satu wadah secara bersamaan. Sebelumnya, setiap pebisnis harus mengelola akun Facebook Ads dan Facebook Fanpage nya secara terpisah.

Facebook Business Manager adalah alat yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola akun iklan dan aplikasi facebook lainnya dalam satu tempat secara bersamaan.

Selain itu, tools ini juga bisa mengontrol dan melakukan pembatasan informasi yang bisa diakses oleh social media manager, baik itu yang berasal dari perusahaan ataupun dari pihak agensi.

Anda tidak perlu membagi rincian login lagi, karena setiap pengguna sudah mempunyai akunnya sendiri agar bisa login. Dengan kehadiran alat ini, maka para pebisnis bisa memberikan hak akses secara penuh atau sebagian pada setiap anggota berdasarkan peran mereka di perusahaan.

Tentunya, hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam memberikan penugasan pada setiap anggota tim secara aman dan juga bebas.

Baca juga: Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan Menggunakan Facebook Business Manager

1. Tidak Perlu Menggunakan Akun Bersama

Keuntungan pertama yang dapat Anda rasakan dalam menggunakan Facebook Business Manager adalah Anda bisa memisahkan akun pribadi Anda untuk kebutuhan personal dan kebutuhan bisnis.

Bila Anda tidak menggunakan akun Facebook Business Manager, maka Anda harus membuat akun bersama yang bisa digunakan oleh social media manager.

Hal tersebut mampu menekan risiko keamanan data pribadi. Selain itu, risiko kesalahan posting pada akun pribadi ataupun akun bisnis juga bisa Anda tekan secara signifikan.

2. Mudah Dikelola

Dengan mempunyai akun Facebook Business Manager, maka Anda bisa mengelola beberapa akun Facebook Ads dan juga akun Fanpage dalam satu tempat secara bersamaan. Itu artinya, Anda bisa mempunyai tempat yang terpusat dalam memantau performa iklan dan juga postingan Anda.

3. Memperoleh Dukungan yang Lebih Baik dari Facebook

Facebook mempunyai banyak sekali alat dan juga layanan yang setiap layanan dan alat tersebut harus bisa diintegrasikan agar bisa berjalan dengan baik.

Bila pada suatu waktu Anda menemui permasalahan teknis tertentu, maka tim support dari pihak Facebook akan menanyakan pada Anda terkait kepemilikan Facebook Business Manager.

Kenapa? karena dengan Facebook Business Manager, maka para tim Facebook bisa menangani permasalahan yang Anda hadapi secara langsung.

4. Mudah Menampilkan Report Untuk Bisnis

Kelebihan lainnya dari tools ini adalah adanya kemudahan dalam menampilkan laporan pada bisnis yang Anda jalankan. Di dalamnya tersedia suatu dashboard tersendiri yang bisa Anda akses dan Anda edit sesuai dengan kebutuhan.

5. Lebih Aman

Dunia marketing adalah suatu industri dengan tingkat pergantian staf yang cukup tinggi, dan sesekali melibatkan agensi dalam menjalankan proyek jangka pendek. Hal tersebut bisa menimbulkan risiko keamanan bila ada mantan karyawan yang masih mempunyai hak akses pada akun Facebook perusahaan.

Namun, tools ini mampu memberikan pusat keamanan yang membantu Anda dalam mengaktifkan autentikasi secara dua faktor untuk semua social media manager atau mereka yang bertanggung jawab dalam mengelola akun tersebut.

Dengan kehadiran sistem keamanan ini, maka mereka yang sudah tidak aktif tidak akan bisa lagi mengakses Facebook Business Manager perusahaan.

Cara Membuat Facebook Business Manager

1. Setup Facebook Business Manager

Sebelum menggunakan tools ini, Anda harus memutuskan terlebih dahulu siapa saja yang memiliki kendali dalam menjadi admin Facebook Business Manager.

Mereka yang memiliki tanggung jawab untuk menjadi admin Facebook Business Manager akan bertanggung jawab atas semua pelanggan, karyawan lain sebagai pengguna, dan memegang akun perusahaan.

Melakukan konfigurasi Facebook Business Manager ini sangat sederhana. Bila Anda sebelumnya bertindak sebagai Admin, maka Anda harus login terlebih dahulu ke akun Facebook pribadi Anda dan lanjut dengan mengakses Business.Facebook.com.

Setelah masuk ke halaman utama, nantinya Facebook akan membawa Anda untuk mengikut berbagai tahapan selanjutnya, yaitu mengisi beragam informasi yang terdiri dari empat tahap.

Setiap tahap tersebut dimulai dari pengenalan, informasi detail tentang bisnis Anda, nama halaman bisnis ANda, dan profil pengelola bisnis Anda.

2. Pengaturan Untuk Login Bersama

Umumnya, setiap pebisnis tidak sendirian dalam mengelola akun Facebook Ads ataupun Halaman bisnisnya. Mereka dibantu oleh karyawan atau sumber daya lain dengan membagikan akses akunnya.

Tapi dengan kehadiran Facebook Business Manager, maka hal tersebut sudah tidak perlu lagi dilakukan. Kenapa? karena Anda bisa membagi akses pada akun yang berbeda. Bagaimana cara melakukannya?

Jika tahap pertama di atas sudah berhasil Anda lakukan, maka nantinya Anda akan dibawa pada halaman beranda bisnis Anda. Lalu, silahkan pilih pengaturan yang ada pada menu bar di sisi kanan atas, pilih login bersama dan klik menu bar yang terletak pada sisi kiri bawah “masuk bersama”.

Lalu, Anda tinggal masukkan saja email dan password mereka yang ingin Anda masukan ke akun Facebook Business Manager Anda.

3. Tambahkan Manajer

Di dalam Facebook Business Manager juga terdapat struktur kepegawaian yang sangat baik. Mereka yang memiliki hak dalam mengatur akun adalah admin. Nah, admin lah yang nantinya akan memberikan tugas pada manajer akun dalam bisnis Anda. Admin juga bertindak sebagai manajer, namun hanya berperan dalam membagikan tugas dan memantau saja.

Selain bisa menambahkan akun, seorang admin juga harus mampu menambahkan manager dan memberikan berbagai tugas lainnya.

Cara menambahkan manajer juga sangat mudah. Silahkan pilih pengaturan, dan klik sidebar yang berada di sisi kiri lalu pilih “orang”. Selanjutnya, pilih sidebar yang berada di kanan atas, dan “tambahkan orang baru”.

Selanjutnya, Anda hanya harus menulis email bisnis mereka yang sudah Anda pilih sebagai manajer saja. Namun, pastikan mereka benar-benar sudah melakukan verifikasi akun baru sebelumnya dengan menggunakan alamat email pribadi masing-masing.

4. Tetapkan Tugas dan Mulailah Bekerja

Saat setiap akun sudah mulai tersambung dan admin pun sudah berhasil memilih manajer, maka saat ini adalah waktu yang paling tepat dalam memberikan tugas.

Caranya, klik halaman atau akun iklan, lalu pilihlah halaman atau akun halaman yang ingin Anda berikan akses pada mereka yang sebelumnya sudah Anda berikan hak akses. Jika sudah, tambahkanlah orang atau manajer yang mempunyai akses ke dalam halaman atau k dalam akun iklan tersebut.

Baca juga: Facebook Live Streaming: Pengertian Dan Pentingnya Untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Penutup

Facebook Business Manager adalah suatu alat yang sangat mudah dan praktis untuk digunakan. Namun masalahnya adalah Anda harus menggunakan akun pribadi untuk bisa login. Tapi, ini adalah salah satu langkah yang besar untuk membuat manajemen iklan yang lebih profesional.

Walaupun memang belum terlihat sempurna, tapi Facebook Business Manager sangat penting dalam menyelesaikan masalah para pebisnis yang dulunya hanya bisa membagikan satu akun login saja.

Bila Anda menggunakan Facebook Business Manager dengan cara yang tepat, maka setiap iklan dan halaman bisnis Anda akan bisa dikelola dengan baik. Pada akhirnya, hal tersebut pun akan memberikan keuntungan omset yang besar untuk Anda.

Tapi, jangan lupa untuk selalu mencatat keuntungan omset tersebut di dalam laporan keuangan, karena laporan tersebut sangat penting untuk mengetahui kondisi keuangan Anda. Untuk lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, gunakanlah Software Akuntansi dan Bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat dan bisa Anda akses di mana saja Anda perlukan. Terlebih lagi, di dalamnya juga terdapat berbagai fitur yang akan membantu Anda lebih mudah dalam mengelola bisnis, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dll.

Penasaran? Yuk, coba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 3 banner bawah