Google Analytic Adalah Tools Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Google Analytic adalah salah satu tools yang harus Anda pelajari di dalam dunia digital marketing. Bersumber dari laman builtwith, saat ini sudah ada lebih dari 27 juta website yang terkoneksi dengan tools Google Analytic. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat di setiap waktunya.

Tapi pertanyaannya, apa itu tools Google Analytic? Bagaimana cara menggunakannya? Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari secara mendalam tentang Google Analytic.

Pengertian Google Analytic Adalah

Jadi, Google Analytic adalah suatu tools berbasis website yang bisa digunakan untuk menganalisis performa website, yang didalamnya mencakup pelacakan, umur, dan jumlah pengunjung secara real time. Selain itu, masih ada banyak lagi fitur yang disediakan oleh Google Analytics.

Analisis yang dilakukan pada Google Analytics ini bisa Anda jadikan sebagai suatu bahan dalam merencanakan dan membuat suatu konten yang lebih baik untuk konsumen Anda. Jadi, Google Analytics bisa Anda jadikan seperti halnya pintu masuk untuk Anda yang sedang mengembangkan situs website yang lebih menarik dan menjawab keperluan pasar.

Baca juga: Google Trend Adalah: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Manfaat Google Analytics Untuk Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di atas, ada banyak sekali fitur pada Google Analytics yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis. Terlebih lagi bila Anda sedang mengembangkan bisnis yang berkaitan dengan mesin pencari.

Sama seperti fungsinya, beberapa fitur tersebut mampu membantu Anda untuk lebih mudah lagi dalam memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan performa website.

Terdapat beberapa fitur Google Analytics yang harus Anda ketahui dengan baik. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa fitur dari Google Analytics tersebut.

1. Analytics Intelligence

Analytics intelligence adalah fitur Google Analytics yang mampu membantu Anda dalam memperoleh berbagai data yang Anda butuhkan. Dari hal ini nantinya Anda bisa memperoleh beberapa informasi yang berhubungan dengan performa website atau usaha yang sedang Anda jalankan.

Selain itu, Anda pun akan lebih dipermudah dengan adanya informasi canggih yang tentunya dapat membantu Anda dalam memahami setiap data yang Anda peroleh. Google Analytics akan selalu mampu memberikan data terkini, perubahan tren terkini, dan juga peluang lainnya yang sangat penting untuk Anda ketahui.

2. Pelaporan (Reporting)

Dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa memperoleh berbagai laporan. Termasuk para pelanggan ataupun pengunjung yang melakukan interaksi dengan website Anda. laporan tersebut bisa dengan mudah Anda bagikan dengan rekan kerja ke berbagai aplikasi reporting atau laporan.

Laporan yang bisa Anda peroleh dari Google Analytics sangat detail, seperti laporan visitor, iklan Google Ads Anda, akuisisi, tingkah laku para pengunjung, konversi toko online, laporan yang real time, serta diagram alur pengunjung.

3. Data Analysis and Visualization

Google Analytics akan membantu Anda dalam melakukan visualisasi data-data, mengaksesnya, dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Visualisasi akan mampu membuat suatu gambaran data menjadi lebih mudah dilihat.

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh Google Analytics adalah kemudahan dalam hal pengaksesan. Anda bisa mengakses Google Analytics di manapun dan kapanpun Anda berada dengan koneksi internet.

4. Data Collection and Management

Google Analytics juga sangat mendukung penggunaan aplikasi SDK, Open Measurement Protocol, dan Library JavaScript. Protokol IM akan memungkinkan Anda dalam melakukan impor data dari berbagai macam aplikasi dari pihak ketiga yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Selanjutnya, Anda bisa menggabungkannya dengan data yang sudah dikumpulkan dari Google Analytics agar bisa memperoleh informasi lengkap.

Cara Membaca Laporan Google Analytics

1 Komparasi dengan Kompetitor

Salah satu bagian dari Google Analytics yang harus Anda baca adalah tab benchmarks. Dengan tab benchmarks yang berada pada bagian channels, Anda akan lebih mudah dalam melihat trend website di industri yang serupa dengan yang Anda lakukan.

Data yang terdapat pada tabel nantinya akan menunjukkan seberapa baik website Anda dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya pada industri yang sama.

Walaupun hal ini memang tidak mampu menjamin data yang didapatkan lengkap atau sama persis dengan kondisi sebenarnya, namun akan lebih baik daripada Anda tidak memiliki data sama sekali. Selain itu, perbandingan tersebut juga memberikan perspektif umum terkait performa website Anda.

2 Lokasi pengunjung

Mengetahui lokasi pengunjung yang ada pada website Anda akan menjadi poin menarik untuk didiskusikan. Karena, lokasi para visitor atau pengunjung bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten menarik yang ingin dibahas.

Contohnya target audiens Anda rata-rata berada di suatu lingkungan dengan tingkat potensi yang besar. Nah, dalam hal ini Anda bisa membuat konten yang berkaitan dengan wisata atau produk yang ingin Anda jual.

Dalam tab ini, Anda juga bisa memperoleh informasi lokasi pengguna, bounce rate, sessions, dan informasi lainnya sesuai dengan lokasi.

3 Kompatibilitas dengan Browser

Saat ini, tidak semua orang di Indonesia menggunakan perangkat canggih. Bahkan, masih banyak juga yang menggunakan perangkat jadul. Tentunya hal ini harus bisa Anda perhatikan dengan baik.

Dengan mengetahui jenis perangkat yang pengunjung website Anda gunakan, maka Anda bisa meningkatkan kinerja website yang disesuaikan dengan perangkat yang sudah banyak digunakan oleh para pengunjung tersebut.

4 Mengetahui Kata Kunci Populer

Pada poin sebelumnya, kita sudah bahas bersama terkait bagaimana trafik website mampu mempengaruhi bisnis. kemungkinan beberapa dari Anda juga sudah mengetahui bahwa menargetkan kata kunci yang tepat juga mampu memberikan traffic yang tinggi untuk mengembangkan bisnis.

Tapi, apakah Anda sudah memastikan website Anda berada pada posisi puncak sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan?

Pengecekan ini bisa Anda lakukan secara manual dengan mengetik kata kunci dalam halaman pencarian Google. Tapi, cara ini memerlukan waktu yang lama. Nah, Anda bisa menggunakan Google Analytic untuk melihat halaman mana saja pada website Anda yang memang memiliki performa baik dan halaman mana yang belum mempunyai performa baik. Caranya adalah dengan melihat kata kunci yang berhubungan dengan halaman tersebut.

5 Penyebab Pengunjung Meninggalkan Website

Dengan Google Analytics, Anda bisa melihat bagaimana para visitor website menutup atau meninggalkan website Anda. perhatikanlah halaman mana saja yang membuat mereka berhenti untuk menjelajah website Anda. Dengan adanya cara ini, maka Anda bisa membuat halaman yang lebih baik dan bisa merubah halaman yang membuat pengunjung lebih betah.

Anda bisa memperbaiki isi halaman Anda dan menambah beberapa link atau membuat isi yang berbeda dari halaman yang sebelumnya.

Cara ini akan membantu Anda dalam memahami apa yang tidak pengunjung website Anda sukai dan menjaga mereka untuk lebih betah di dalam website Anda.

6 Waktu yang Tepat Untuk Mengirim Email

Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan saat ini adalah email marketing. Tapi, terkadang kita tidak memerhatikan jam dan hari dalam mengirim email. Padahal, terdapat beberapa waktu yang ideal dalam mengirim email ke visitor.

Nah, dengan menggunakan Google Analytics, Anda bisa mengetahui informasi tersebut sesuai dengan hari dan jam padat pengunjung di dalam menu “when di your user visit.

Dalam menu Home, silahkan Anda scroll ke bagian bawah, nantinya Anda akan memperoleh informasi terkait waktu pengunjung dalam mengakses halaman website Anda. Nah, Anda menggunakan data ini agar bisa menentukan hal apa saja yang nantinya akan Anda lakukan, seperti mengirim email atau notifikasi tertentu.

Baca juga: Google News: Pengertian dan Cara Daftar Google News

Kesimpulan

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan Google Analytics untuk mengembangkan bisnis atau website online shop Anda. Silahkan Anda ikuti beberapa cara yang sudah kami bahas secara lengkap di atas. Tapi, masih ada banyak sekali berbagai fitur yang bisa Anda jelajahi secara langsung.

Bila Anda bisa memanfaatkan tools ini dengan baik, maka setiap keuntungan yang Anda peroleh bisa Anda maksimalkan dengan baik. Namun, jangan lupa untuk mencatat setiap keuntungan tersebut di dalam laporan keuangan Anda agar bisa dijadikan sebagai referensi dalam mengambil setiap keputusan dan mengetahui kondisi keuangan Anda.

Untuk lebih mempermudah Anda dalam mencatat laporan keuangan dan mengelola bisnis, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate adalah software akuntansi dan bisnis karya anak bangsa sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia dan melayani berbagai industri bisnis, seperti industri kontraktor, manufaktur, trading, dagang, jasa, dll.

Accurate Online sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam melakukan berbagai proses bisnis, seperti proses manajemen persediaan, pengelolaan dan pelaporan perpajakan, integrasi ke berbagai aplikasi dan software penunjang bisnis lainnya, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.