Manfaat Google Review Bagi Bisnis dan Cara Membuatnya

Google Review adalah fitur yang disediakan oleh Google sebagai tempat di mana pelanggan bisa memberikan ulasan mengenai suatu produk. Fitur ini bisa membawa dampak baik ataupun dampak buruk tergantung pada ulasan yang diberikan oleh pelanggan.

Ulasan yang baik tentunya akan membantu bisnis membangun reputasi yang baik, begitu pun sebaliknya. Fitur yang disediakan Google ini pun telah menjadi favorit para pebisnis sebagai salah satu media penerima feedback.

Lantas, bagaimana cara agar bisnis bisa mendapatkan Google Review? Artikel berikut ini akan menjawabnya sekaligus membahas lebih lanjut mengenai apa itu Google Review dan manfaatnya bagi bisnis.

Apa Itu Google Review?

Google Review adalah sebuah fitur ulasan yang sudah terintegrasi dalam Google My Business (GMB) dan Google Maps. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengunggah ulasan secara publik di dalam Google mengenai pengalaman mereka terkait penggunaan layanan atau produk suatu bisnis.

Fitur ini sangat menguntungkan bagi bisnis yang berfokus pada layanan guna menyoroti titik perbedaan bisnis dengan kompetitor. Fitur ini juga berfungsi menunjukkan tanggapan pelanggan mengenai detail layanan yang ditawarkan oleh bisnis.

Fitur milik Google ini pun berpengaruh dalam hasil pencarian lokal, di mana seluruh ulasan dapat ditampilkan dalam sisipan daftar di Google Maps. Daftar ini sering disebut sebagai local 3 pack karena Google mencantumkan tiga jenis bisnis di setiap hasil pencarian.

Bisnis dengan ulasan baik akan lebih ditonjolkan dan mendapatkan simbol bintang dari Google. Di mana umumnya, bisnis harus memiliki setidaknya lima ulasan baik agar bisa mendapatkan bintang yang ditambahkan ke halaman review mereka. Hal ini juga biasanya ditampilkan di listing GMB, panel Google Knowledge, dan Google Maps.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram

Manfaat Google Review Bagi Bisnis

Melihat fungsi yang dibawanya, Google Review dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis, di antaranya memperbaiki peringkat di Google, meningkatkan prospek bisnis, mendorong penjualan, dan mengurangi biaya iklan.

1. Memperbaiki Peringkat di Google

Ulasan pada Google bisa mendorong peringkat bisnis di dalam mesin pencari. Sebuah studi yang dilakukan oleh kontributor Google My Business, Joy Hawkins, menemukan bahwa jumlah ulasan pada Google memang dapat memengaruhi posisi bisnis di search engine. Di mana ketika jumlah ulasan berkurang, misalnya karena telah dihapus oleh Google, posisi penelusuran juga akan turun beberapa hari kemudian.

2. Meningkatkan Prospek Bisnis

Ketika bisnis Anda memiliki ulasan yang baik, bisnis Anda akan muncul di bagian teratas dalam halaman pencarian Google. Secara tidak langsung, hal ini akan memperluas prospek bisnis Anda, terutama secara online.

3. Mendorong Penjualan

Ulasan pada Google diyakini oleh sebagian besar orang sebagai ulasan jujur yang datang dari pengalaman atau rekomendasi pribadi. Ketika konsumen melihat ulasan yang baik dari konsumen-konsumen sebelumnya, mereka akan lebih yakin untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Mengurangi Biaya Iklan

Konsumen yang merasa puas dengan bisnis Anda tidak akan dipungut biaya apapun untuk dapat memberikan ulasan di Google. Hal ini akan mendukung bisnis secara positif melalui profil Google bisnis Anda yang baik. Pada akhirnya, ulasan yang baik ini menjadi iklan gratis bagi bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal 8 Jenis Search Engine Paling Populer di Dunia

Cara Agar Bisnis Mendapat Google Review

Setidaknya, terdapat dua cara agar bisnis Anda bisa mendapat ulasan di Google Review, di antaranya dengan meminta langsung pada konsumen dan dengan menggunakan software review yang bisa mengotomatisasi proses ulasan.

1. Minta Secara Langsung kepada Customer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan banyak feedback di Google adalah dengan memintanya secara langsung pada customer. Sebab, tidak semua customer bersedia untuk memberikan ulasan di halaman Google Review.

Namun, Anda harus memintanya dengan baik agar meningkatkan kemungkinan mereka untuk menuliskan pengalamannya di Google. Anda juga perlu menyertakan alasan yang baik seperti “karena kami ingin mendengar pendapat Anda” atau “karena kami peduli dengan pendapat Anda tentang bisnis kami”. Hal ini akan memberikan customer kepercayaan dan kesempatan untuk mendukung kemajuan bisnis.

2. Gunakan Software Review yang Bisa Mengotomatisasi Proses

Anda juga bisa memaksimalkan pengajuan feedback menggunakan software review. Software review memungkinkan pebisnis untuk meminta ulasan dari pelanggan setelah mereka usai bertransaksi. Biasanya, permintaan tersebut dengan menyertakan link yang dapat diklik oleh customer.

Permintaan ini akan dikirim melalui Google, di mana customer dapat menuliskan feedback dalam hitungan menit. Adapun beberapa software review yang bisa Anda gunakan yaitu BirdEye, TrustPilot, dan Yotpo.

Baca juga: Web Crawling adalah: Pengertian, Cara Kerja, dan Bedanya dengan Web Scraping

Penutup

Google Review adalah salah satu platform terbaik yang bisa menampung ulasan dari pelanggan mengenai suatu produk atau layanan. Karena telah terintegrasi dengan GMB dan Google Maps, fitur keluaran Google ini juga dapat meningkatkan eksposur bisnis di mata publik dan mendorong penjualan. Tentunya, untuk bisa mendapatkan ulasan yang baik ini, Anda harus memberikan produk dan kualitas layanan yang baik pada konsumen.

Selain kualitas dan pelayanan yang baik, ada hal lain yang tak kalah penting untuk dilakukan oleh setiap bisnis, yakni pengelolaan dan pembukuan keuangan. Hal ini dapat membantu bisnis dalam mencapai tujuan finansial karena arus keuangan yang senantiasa terpantau. Untuk memudahkan proses pengelolaan dan pembukuan ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Berbagai fitur juga bisa diakses secara fleksibel, yakni kapan saja dan di mana saja. Ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia pun telah mempercayakan pengelolaan keuangannya dengan Accurate Online.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.