Internet marketer: Ini Pengertian dan Tips Sukses Menjalaninya

Setiap internet marketer tidak pernah bisa mendapatkan kepuasan dan mendapatkan kekayaan hanya karena faktor keberuntungan saja. Terdapat berbagai rahasia yang berharga yang bila diterapkan, mereka bisa menjadi internet marketer yang ahli.

Setiap internet marketer sangat menyadari bahwa suatu strategi harus menjadi dasar dari suatu rencana pemasaran. Mereka harus mempunyai strategi pemasaran dan tidak sekedar langsung ke tekniknya saja. Mereka juga harus mengetahui strategi pemasaran online yang mudah untuk bisnisnya.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

10 Tips Menjadi Internet marketer yang Sukses

1. Fokus Pada Brand

Seorang internet marketer tidak boleh mempunyai sifat yang generalis, mereka harus fokus pada brand sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan produk pada target pasar tertentu. Pada umumnya, pasar bisnis akan lebih mengarah pada suatu target pasar tertentu karena pelanggan mempunyai pilihan yang lebih banyak terkait tempat untuk membeli produk yang diinginkannya.

2. Memilih Target Baru

Anda tidak boleh sekedar puas dengan pasar yang sudah Anda peroleh. Anda harus bisa mencari pelanggan baru lainnya yang belum pernah mengakses produk Anda sebelumnya. Sehingga, Anda harus mencari pasar baru yang sebelumnya tidak pernah Anda manfaatkan.

Anda harus lebih berani dalam bersaing dengan setiap kompetitor dan memperluas jangkauan target Anda. Tapi, Anda harus tetap menjalin hubungan dan kepercayaan dengan setiap pelanggan yang loyal pada brand Anda.

Baca juga: Cara Berjualan di Facebook Agar Dagangan Cepat Laku

3. Strategi Backend

Strategi backend memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan Anda bila Anda menginginkan beberapa pusat keuntungan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menjual produk dan layanan Anda pada pelanggan yang lebih banyak.

Backend perusahaan Anda harus mendukung sumber laba secara langsung dengan cara mendiversifikasi bisnis Anda, sehingga Anda bisa menghasilkan keuntungan lewat berbagai bidang.

4. Mengotomatisasi Pusat Layanan

Anda harus mencoba untuk bisa mengotamasi layanan sebanyak mungkin. Caranya adalah dengan cara menjual produk dan menyajikan layanan selama 24 jam sehari atau 7 hari seminggu secara online. Otomasi pada layanan ini sangat berguna untuk bisa meminimalisir biaya dan membantu meningkatkan minat calon pelanggan Anda setiap saat.

Baca juga: Indexing: Ini Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

5. Membangun Sebuah Tim

Internet marketer yang sudah berkembang dan juga meluaskan jangkauan usahanya sangat penting sekali untuk membuat tim agar bisa mendukung peningkatan brand. Anda wajib membuat suatu tum pemasaran dan juga akuntabilitas setiap individu.

Bersama dengan tim, Anda bisa mendiskusikan berbagai ide dan strategi yang lebih baik demi meningkatkan brand Anda.

6. Memaksimalkan Penggunaan Email Marketing

Sebagian besar calon konsumen baru ataupun konsumen yang sudah setia akan mau menerima informasi terkait bisnis lewat email. Dari sana, Anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih menjanjikan.

Email marketing mampu meningkatkan brand awareness dan brand engagement setiap konsumen dalam menggunakan brand Anda.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan strategi email blast yang lebih tersusun dan lebih terencana. Lakukanlah pengiriman email yang di dalamnya berisi promosi terkait penawaran dan promo menarik secara berkala.

Baca juga: Verified Instagram: Ini Syarat dan Keuntungannya

7. Menggunakan Strategi Omnichannel

Strategi omnichannel adalah suatu tren yang ada di dalam dunia internet marketing saat ini. Strategi ini dilakukan secara lintas channel agar bisa meningkatkan rasa kenyamanan konsumen.

Setiap internet marketer harus bisa melakukan strategi yang satu ini agar bisa memasarkan produknya via situs website sampai media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan kemudahan dalam pengiriman dan melakukan transaksi. Dalam hal ini, Anda bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi agar bisa meminimalisir pengeluaran bisnis.

Seorang internet marketer harus mempunyai rasa percaya diri dan percaya pada produk yang dimilikinya. Anda harus bisa membuat suatu keputusan yang cepat, sehingga Anda tidak melewatkan berbagai kondisi demi mempelajari setiap informasi yang tepat.

8. Webstore Traffic

Lalu-lintas website yang tinggi dan juga tertarget merupakan kunci utama dalam menjadi internet marketer yang sukses. Dalam hal ini, lalu lintas yang tertarget adalah setiap pengunjung website yang merupakan target market yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Contohnya, bila Anda menjual jam tangan pria dan baju pria, maka idealnya pengunjung website Anda adalah kaum pria yang lebih menyukai fashion. Jika Anda menjual buku-buku bisnis, maka pengunjung ideal Anda adalah mereka yang suka membaca buku dan pengembangan diri.

Untuk bisa mendapatkan pemasukan yang memadai, minimal pengunjung website tertarget yang harus Anda dapatkan adalah 1.000 per hari. Nah untuk bisa mendapatkan pengunjung sebanyak 1.000 pengunjung per hari, diperlukan waktu antara 3 sampai 12 bulan, tergantung dari kualitas konten, strategi SEO dan promosi di akun media sosial Anda.

Konten yang memiliki kualitas baik dengan keyword yang beragam, disertai dengan SEO yang tepat, dan promosi yang agresif melalui akun media sosial, adalah salah satu cara yang efektif agar bisa meningkatkan trafik website Anda.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Bio Instagram Untuk Akun Bisnis yang Lebih Menarik!

9. Social Media Followers

Dewasa ini, sebagian besar pengguna internet akan menjadikan sosial media sebagai salah satu tujuan utama saat membuka smartphone-nya. Nah, bila Anda tidak rutin menyapa para pengguna tersebut di media sosial, maka web-store ataupun lapak Anda di marketplace pasti akan sunyi dan sepi.

Di sisi lain, Anda juga harus bisa menjual produk atau jasa Anda melalui akun media sosial dengan jumlah followers yang tinggi. Banyak sekali kisah para internet marketer yang sukses karena memiliki akun instagram dengan ratusan ribu followers, atau memiliki akun tiktok dengan ribuan followers.

Pun sama halnya bila Anda berjualan di marketplace, Anda tetap harus memiliki akun media sosial yang banyak. Karena, followers yang banyak akan memudahkan Anda untuk mengarahkan mereka ke toko Anda yang ada di marketplace.

Nah, cara untuk meningkatkan followers adalah dengan mengisi konten yang menarik, bermanfaat dan juga relevan. Lalu, updatelah isinya secara rutin dan juga konsisten.

10. Email Subscribers

Cara ini merupakan cara menjadi internet marketer yang sangat mendasar. Beragam studi empirik terkait consumer behavior menunjukkan bahwa setiap pelanggan email mempunyai tingkat konversi yang tinggi untuk menjadi pembeli yang aktual.

Itulah kenapa seluruh webstore yang ada di hampir setiap negara mengajak pengunjungnya untuk menjadi pelanggan email.

Itulah kenapa semua web-store di seluruh dunia selalu mengajak pengunjung untuk menjadi pelanggan email.

Baca juga: Tiktok Shop: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Berjualannya

Penutup

Demikianlah 10 tips dari kami untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses. Di era pandemi saat ini yang semakin hari semakin sulit, menjadi seorang internet marketer dengan profit jutaan atau bahkan hingga mencapai puluhan juta per bulan adalah suatu pilihan yang layak untuk Anda perjuangkan.

Seorang internet marketer tidak akan pernah takut dalam melakukan kesalahan dan sadar bahwa pekerjaannya tidak menentukan identitas ataupun jati dirinya. Kesepuluh tips di atas harus Anda rangkum menjadi sikap yang berani dan juga pantang menyerah.

Untuk Anda para internet marketer yang saat ini bergelut juga sebagai pebisnis, maka Anda juga harus bisa mengelola keuangan Anda dengan baik. Namun bila Anda masih mengelola keuangan perusahaan secara manual, tentu akan ada banyak sekali risiko yang harus Anda hadapi.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan teknologi cloud dan berbasis website. Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah mendapatkan penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2017.

Pencapaian tersebut didapat karena Accurate Online konsisten membantu setiap pebisnis di Indonesia dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya, termasuk mengelola keuangan.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengelola keuangan secara mudah lewat penyajian 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Setiap transaksi yang terjadi pun akan secara otomatis dicatat di dalam laporan keuangan dan bisa Anda akses secara mudah di manapun Anda butuhkan.

Lebih dari itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, manufaktur, pajak, dan masih banyak lagi.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.