Jenis-jenis Digital Marketing yang Cocok Anda Coba untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis 

oleh | Nov 6, 2023

source envato.

Jenis-jenis Digital Marketing yang Cocok Anda Coba untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Digital marketing telah menjadi salah satu komponen penting dalam strategi pemasaran bisnis modern.

Dari pemasaran media sosial hingga iklan online, setiap jenis digital marketing memiliki keunikan dan keefektifannya sendiri dalam mencapai target audiens dan meningkatkan hasil penjualan.

Dalam era di mana konsumen semakin terhubung secara digital, pemahaman tentang berbagai jenis digital marketing menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis.

Dengan memilih jenis-jenis digital marketing yang sesuai dengan bisnis Anda, Anda dapat memaksimalkan upaya pemasaran dan mencapai pertumbuhan yang signifikan.

Mari kita telusuri jenis-jenis digital marketing yang dapat Anda eksplorasi untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian Digital Marketing

ilustrasi jenis digital marketing. source envato

Sebelum masuk ke jenis-jenis digital marketing yang layak Anda perhatikan guna meningkatkan bisnis ada baiknya kita mengerti pengertian dari digital marketing terlebih dahulu.

Dikutip dari Wikipedia, Pemasaran digital adalah komponen pemasaran yang menggunakan Internet dan teknologi digital berbasis online seperti komputer desktop, telepon seluler, dan media serta platform digital lainnya untuk mempromosikan produk dan layanan.

Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.

Serupa dengan metode pemasaran tradisional seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur.

Digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda.

Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, aneka jenis digital marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda.

Baca juga : Memanfaatkan Strategi Digital Marketing untuk Memaksimalkan Bisnis

Jenis Digital Marketing

Jenis Digital Marketing

ilustrasi jenis digital marketing. source envato

Setelah mengetahui lebih jauh pengertian digital marketing, berikutnya adalah mengetahui jenis digital marketing yang umum diterapkan. Contohnya adalah seperti dibawah ini :

1. Situs Online

Jenis digital marketing pertama yang wajib Anda coba adalah membuat situs web online khusus untuk bisnis Anda.

Keberadaan situs online dapat membuktikan eksistensi bisnis Anda. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki.

Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs Anda.

Selain itu, situs online juga dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis Anda.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs web bisnis Anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, misalnya.

Menjadikan SEO sebagai pelengkap jenis digital marketing yang sebelumnya yaitu situs online. Situs yang baik harus memiliki SEO yang baik pula.

Bukan hanya di halaman pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan pertama atau teratas.

Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.

SEO dilakukan secara organik, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang relevan pada artikel tertentu di situs Anda.

Baca juga : Mengenal 5 Perbedaan SEO dan SEM yang Penting untuk Diketahui

3. Pay-per-Click (PPC)

Metode Pay-per-Click (PPC), atau bayar per klik, merupakan jenis digital marketing yang sedang digemari saat ini.

PPC memastikan situs Anda unggul di antara situs-situs lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Hal tersebut dapat terjadi karena Anda membeli slot ikan pada kata kunci yang diinginkan.

Memanfaatkan PPC sangat cocok jika dikombinasikan dengan 2 jenis digital marketing sebelumnya. Pemanfaatan Google Ads sebagai penyedia layanan PPC dapat membantu situs dan SEO berkembang lebih baik.

Pemasaran Goole Ads melibatkan optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil penelusuran organik. Ini membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari seperti Google.

Namun demikian, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.

4. Media Sosial

 Media Sosial

ilustrasi jenis digital marketing. source envato

Jenis digital marketing yang satu ini merupakan andalan bagi mereka penjual barang yang terbiasa menjual barang dengan siaran langsung/ live.

Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer.

Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran melalui media tersebut.

Media sosial memudahkan penjual untuk mengenalkan barangnya secara langsung dengan fitur live streaming.

Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang Anda tawarkan.

Pemasaran media sosial dapat dibantu dengan influencer yang memiliki pengaruh besar di media sosial untuk mempromosikan produk/jasa Anda. Mereka membantu Anda mencapai audiens yang sudah terhubung dengan mereka.

5. Video Online

Video telah menjadi jenis digital marketing yang sangat efektif untuk dilakukan. Ini mencakup pembuatan video yang informatif atau kreatif untuk mengedukasi atau menghibur audiens Anda.

Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan Anda.

Video dapat ditayangkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube.

Metadata dengan kata kunci yang relevan pun dapat dilekatkan pada video online sebagai salah satu strategi SEO.

6. Afiliasi/Iklan Online

Pemasaran secara afiliasi memanfaatkan popularitas rekanan untuk meningkatkan pemasaran bisnis, produk, dan layanan Anda.

Jenis digital marketing ini melibatkan kerjasama dengan pihak lain untuk memasarkan produk atau layanan Anda. Anda membayar komisi kepada afiliasi atas penjualan yang mereka hasilkan.

Pemasangan iklan, artikel, atau video pada situs, blog, maupun media sosial yang tepercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan metode efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis Anda.

Rekanan afiliasi biasanya memperoleh bayaran atas setiap referensi pelanggan yang diberikan.

7. Pemasaran E-mail/SMS/WhatsApp 

Meskipun sering diterapkan, broadcasting e-mail, SMS, atau WhatsApp sering dinilai intrusif oleh penerima materi.

Pemasaran email adalah cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

Ini mencakup pengiriman pesan-pesan yang dipersonalisasi, newsletter, tawaran promosi, dan informasi lainnya melalui email.

Apabila sangat mengganggu, penerima bahkan dapat memblokir pengirim atau melakukan otomasi pemindahan kiriman ke Spam atau Trash.

Oleh karena itu, tugas utama pengguna jenis digital marketing ini adalah untuk memastikan bahwa materi yang dikirimkan dinilai bermanfaat oleh penerima.

Salah satu cara untuk mengurangi intrusi adalah dengan memberikan opsi berlangganan, secara gratis maupun berbayar, kepada target penerima materi.

Baca juga : Mengenal Pentingnya Endorsement Dalam Pengembangan Bisnis

Manfaat Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

ilustrasi jenis digital marketing. source envato

Apa pun opsi digital marketing yang diterapkan, pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai aspek seperti tenaga pemasaran yang dibutuhkan, kualitas isi materi, serta potensi ROI yang akan diperoleh berdasarkan anggaran yang tersedia.

Berikut adalah manfaat menggunakan digital marketing pada usaha Anda

1. Jangkauan global

situs web memungkinkan Anda menemukan pasar baru dan berdagang secara global hanya dengan investasi kecil.

2. Biaya lebih rendah

berbagai jenis digital marketing yang terencana dengan baik dan terarah dengan baik dapat menjangkau pelanggan yang tepat dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada metode pemasaran tradisional.

3. Hasil yang dapat dilacak dan diukur

mengukur digital marketing Anda dengan analisis web dan alat metrik online lainnya memudahkan untuk menentukan seberapa efektif kampanye Anda.

Anda dapat memperoleh informasi terperinci tentang bagaimana pelanggan menggunakan situs web Anda atau merespons iklan Anda.

4. Personalisasi

Personalisasi

ilustrasi jenis digital marketing. source envato

jika basis data pelanggan Anda ditautkan ke situs web Anda, maka kapan pun seseorang mengunjungi situs tersebut, Anda dapat menyapa mereka dengan penawaran yang ditargetkan.

Semakin banyak mereka membeli dari Anda, semakin Anda dapat memperbaiki profil pelanggan dan memasarkan secara efektif kepada mereka.

5. Keterbukaan

Dengan terlibat dengan media sosial dan mengelolanya dengan cermat, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi agar mudah terlibat.

6. Bisnis Anda terkenal

Digital marketing memungkinkan Anda membuat kampanye yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten.

Konten ini (gambar, video, artikel) dapat memperoleh mata uang sosial – diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

7. Tingkat konversi yang ditingkatkan

Jika Anda memiliki situs web, maka pelanggan Anda hanya berjarak beberapa klik saja dari pembelian.

Tidak seperti media lain yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telepon, atau pergi ke toko, pemasaran digital bisa mulus dan langsung.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran

Kesimpulan

Setelah mengetahui pengertian, jenis, dan manfaat digital marketing, kini saatnya Anda mengubah cara pemasaran bisnis yang dapat menjangkau dan melibatkan target pasar Anda.

Digital marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda di mana mereka berada pada saat-saat ketika mereka paling mungkin mencari merek seperti milik Anda.

Jika Anda memerlukan kemudahan pembukuan pada operasional bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi proses akuntansi yang lebih cepat dan efisien.

Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online adalah software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan kapan saja, dimana saja, dan telah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui klik gambar di bawah!

digitalmarketingbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait