Tips Menggunakan Google Ads untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Apakah bisnis Anda menggunakan Google ads sebagai salah satu kampanye strategi digital marketing? Memiliki kampanye pencarian berbayar yang menguntungkan memiliki banyak komponen. Berikut adalah delapan cara untuk mengoptimalkan kampanye PPC Anda untuk memaksimalkan pendapatan pada bisnis Anda.

Kampanye PPC yang dijalankan dengan baik dapat menjadi sangat penting bagi keseluruhan konversi dan pendapatan pengiklan. Saat ini, cara terbaik untuk menemukan calon pelanggan selain ketika mereka mencari sesuatu di Google.

Namun, karena Anda membayar untuk setiap klik dari iklan, kampanye PPC yang dikelola dengan buruk dapat menghabiskan biaya lebih banyak daripada pendapatan yang dihasilkannya.

Selain target audiens dan pesan unik untuk iklan Anda, ada beberapa taktik dasar yang bekerja secara konsisten dalam kampanye PPC, terlepas dari industrinya.

Tidak ada solusi all in one ntuk kampanye PPC yang baik dan produktif, tetapi ada banyak faktor yang dapat Anda sesuaikan untuk memaksimalkan hasil Anda.

Berikut adalah pembahasan Google Ads dan delapan elemen terpenting saat mengoptimalkan kampanye PPC Google Ads yang kadang dilupakan banyak pemilik bisnis atau manajer pemasaran:

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah program periklanan online milik Google. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat saat mereka tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Kelebihhan Google Ads

Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran.

Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum, dan Anda menetapkan dan mengontrol anggaran Anda sendiri. Anda memilih tempat munculnya iklan, menetapkan anggaran yang sesuai untuk Anda, dan mengukur dampak iklan Anda dengan mudah.

8 Tips untuk Kampanye Google Ads yang Berhasil

1. Jadikan Landing Page Anda Relevan

Ini adalah salah satu aspek yang paling diabaikan dari pencarian berbayar.Sangat mudah tersesat di platform pencarian berbayar, mengubah tawaran, menguji copy iklan, dan menyalurkan semua energi Anda ke dalam platform itu sendiri.

Tetapi sesuatu yang penting terjadi setelah pengguna itu mengklik iklan di platform tersebut: mereka pergi ke situs web Anda!

Tujuan akhir dari pemasaran PPC adalah untuk membuat penjualan. Iklan PPC yang sukses mendorong prospek yang memenuhi syarat ke landing page, tetapi itu baru setengah jalan

Maka tugas landing page adalah  untuk mengubah prospek itu menjadi pelanggan yang membayar. Anda harus mengoptimalkan landing page Anda untuk konversi PPC dengan membuat pesan iklan Anda sejajar dengan pesan halaman arahan Anda.

Mempertahankan konsistensi antara kata kunci, copy iklan, dan landing page Anda akan meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi sekaligus menurunkan CPC Anda. Intinya, hasilnya adalah Anda menghasilkan lebih banyak uang sekaligus memaksimalkan anggaran Anda.

Pastikan Anda memiliki kata kunci terkait di copy klan Anda dan di landing page Anda. Karena pelanggan Anda tertarik dengan penawaran dan pesan di iklan Anda, Anda dapat meningkatkan konversi dengan menyajikan pesan dan CTA yang sama di landing page.

Dengan mengikuti aturan dasar ini, Anda akan dapat membuat iklan yang lebih menarik yang akan membantu pelanggan Anda memahami nilai Anda dan mendorong lebih banyak konversi.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Googles Trends untuk Riset Pemasaran yang Efektif? 

2. Optimalkan Kata Kunci Negatif

Salah satu alat paling ampuh yang Anda miliki untuk memastikan integritas kampanye Google Ads Anda adalah dengan menggunakan kata kunci negatif. Platform ini memungkinkan Anda menentukan kata kunci apa yang tidak cocok untuk produk atau layanan Anda.

Dengan memberi tahu Google apa yang bukan produk Anda, Anda mencegah iklan Anda ditampilkan pada pencarian kata kunci yang tidak sesuai dengan pelanggan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda adalah perusahaan pengelola apartemen yang memiliki beberapa kompleks apartemen mahasiswa di luar kampus.

Apartemen ini dibuat untuk pelajar, bukan keluarga tradisional.

Untuk memastikan mereka hanya menerima lalu lintas yang memenuhi syarat, Anda dapat mengecualikan istilah seperti “keluarga” bersama dengan “murah” dan kualifikasi lainnya untuk meniadakan lalu lintas dari pencari yang tidak ada dalam demografi Anda.

Memberi tahu Google tentang produk dan layanan Anda sama pentingnya dengan memberi tahu mereka siapa Anda sebenarnya. Kata kunci negatif dapat ditambahkan ke tingkat kampanye, tetapi Anda juga dapat mengasahnya dengan menambahkan kata kunci negatif ke grup iklan tertentu.

3. Gunakan Jenis Pencocokan Kata Kunci yang Tepat

Iklan PPC adalah saluran pemasaran atribusi langsung, dan Google Ads bergantung pada niat pengguna melalui kata kunci.

Setiap kali seseorang mengetikkan kueri penelusuran ke Google, iklan ditampilkan berdasarkan seberapa relevan sistem lelang mempertimbangkan istilah penelusuran dan menampilkan iklan yang sesuai.

Kata kunci yang Anda gunakan dan jenis pengubah yang Anda gunakan untuk kata-kata tersebut dalam kampanye PPC sangat penting untuk dipahami. Ada empat jenis pencocokan kata kunci, yang berarti empat kemungkinan cara Anda dapat “memberi tahu” Google  untuk menangani kata kunci yang Anda targetkan.

Broad

Ini adalah jaring terluas yang dapat Anda gunakan dan akan mencocokkan penelusuran dengan kata apa pun dalam urutan apa pun (termasuk sinonim) yang menyertakan kata kunci target.

Broad Match Modified (saat artikel ini dibuat, jenis iklan ini sudah tidak ada)

Jenis pencocokan ini adalah jaring terluas kedua yang dapat Anda gunakan. Tidak seperti broad match, yang memungkinkan iklan Anda tampil untuk kata kunci apa pun dalam frasa yang Anda tawar, Broad Match Modified memberi tahu Google bahwa kata kunci yang dicari “harus memiliki semua istilah ini dalam kueri penelusuran, dalam urutan atau penempatan apa pun.”

Phrase Match

Jenis ini akan menampilkan iklan Anda hanya bila pencari menggunakan frasa yang sama persis dengan yang Anda tentukan. Kueri harus berisi semua kata kunci yang Anda biuat, dalam urutan yang tepat saat Anda memasukkannya.

Exact Match

Kata kunci ini mirip dengan phrase match; biasanya iklan Anda hanya akan tampil dengan kueri penelusuran persis seperti yang Anda masukkan, tetapi Google agak melonggarkan ini dengan menampilkan iklan Anda untuk hal-hal seperti salah eja, versi jamak dari sebuah kata, atau menyimpulkan kata kunci yang dapat dipertukarkan dengan apa yang telah Anda tentukan.

Setiap jenis pencocokan adalah trade-off antara tayangan, relevansi, dan biaya.

Jika Anda menginginkan tayangan terbanyak, broad match bisa menjadi solusi, biasanya untuk CPC terendah. Tapi, itu juga bisa berarti Anda dicocokkan dengan banyak pencarian yang tidak relevan dan menghabiskan uang Anda.

Di sisi lain,  phrase match akan memiliki jumlah tayangan terendah, tetapi akan memiliki relevansi dan rasio klik-tayang yang lebih tinggi.

Baca juga: Menggunakan Google Sheet? Berikut 31 Tips Penting yang Harus Anda Ketahui

4. Ubah Jenis Pencocokan Kata Kunci Seiring Waktu

Saat meluncurkan kampanye Google Ads baru, kami biasanya memulai dengan beberapa grup iklan yang memiliki tema kuat dengan kata kunci serupa.

Kami  sering mulai menggunakan jenis Broad Match Modified karena mereka menawarkan tingkat kontrol yang baik untuk memenuhi syarat saat iklan kami ditampilkan, tetapi juga cukup banyak peluang untuk menampilkan iklan sehingga kami dapat mengumpulkan data.

Seiring waktu, fokus cenderung menjadi lebih banyak campuran broad match, phrase, dan exact modifiead saat data mulai menunjukkan apa yang sebenarnya dikonversi. Kueri penelusuran yang menang dapat “ditingkatkan” ke exact atau phrase, sementara Modified Broad saya terus menjadi jaringan yang lebih luas yang membantu kita untuk menemukan hal-hal baru untuk ditawar.

5. Isi Semua Konten Iklan yang Tersedia

Sejak dirilis pada Juli 2016, Expanded Text Ads (ETA) telah memberikan dampak besar pada dunia Google Ads.

Dengan menawarkan ruang tambahan untuk konten yang relevan, ETA memberi manajer PPC cara terbaik untuk menceritakan kisah tentang produk atau layanan.

Jika Anda ingin iklan Anda berperforma lebih baik, pastikan Anda mengisi semua kolom informasi yang tersedia.

google ads 1

  • URL Final: Jadikan ini sebagai halaman arahan yang sangat relevan.
  • Headline 1: Sertakan hal-hal seperti tema kata kunci yang diketik pengguna, nama merek Anda, atau proposisi nilai utama di bidang ini.
  • Headline 2: Sertakan proposisi nilai pendukung di sini, atau gunakan area ini untuk menetapkan konteks Deskripsi.#
  • Headline 3: Yang ini tidak sering ditampilkan, tetapi masih layak untuk menyertakan CTA atau proposisi nilai yang kuat untuknya.
  • Path 1: Bidang Jalur bukanlah URL “asli”, tetapi merupakan sisipan yang mudah digunakan untuk menunjukkan relevansi bagi pencari. Ini adalah tempat yang baik untuk mencatat kategori tingkat atas, nama merek, atau kategori kata kunci yang terkait dengan grup iklan (yaitu, apa yang ditelusuri pengguna
  • Path 2: Cobalah untuk memasukkan lebih banyak informasi tambahan dan akurat di bidang ini untuk memberikan konteks lebih lanjut kepada pencari.
  • Deskripsi Baris 1 & 2: Ini adalah bagian salinan yang lebih panjang yang menghubungkan kebutuhan pencari dengan solusi produk atau layanan Anda. Fokus untuk membuat ini serelevan mungkin untuk apa yang dicari pengguna, bukan hanya memberikan informasi umum tentang merek atau layanan Anda. Ingat, pencari memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan, dan ini adalah area Anda untuk mengatasinya!

Google juga telah menambahkan opsi untuk Iklan Penelusuran Responsif atau Responsive Search Ads (RSA).

Di RSA, Anda pada dasarnya memberi Google daftar opsi judul, daftar opsi deskripsi, dan Google akan menguji kombinasinya bersama-sama untuk menemukan hasil terbaik.

Anda dapat mencantumkan hingga 15 judul dan 4 deskripsi:

google ads 2

Dalam kombinasi iklan apa pun, maksimum 3 judul dan 2 deskripsi akan ditampilkan.

Penting untuk dicatat bahwa mereka dapat disatukan dalam kombinasi apa pun, jadi pastikan judul dan deskripsi yang Anda masukkan dapat digabungkan dengan cara apa pun dan tetap masuk akal untuk dibaca!

6. Gunakan Ekstensi Iklan yang Relevan

Banyak akun PPC fokus terutama pada Judul, Jalur, dan Deskripsi iklan utama.

Namun, Ekstensi Iklan adalah bagian penting dari pengalaman pelanggan dan dapat memberikan peningkatan kinerja yang cukup besar pada iklan Anda.

Ekstensi iklan dapat membantu menceritakan kisah merek Anda dengan lebih baik sambil menawarkan informasi berharga kepada pelanggan Anda.

Ada beberapa ekstensi iklan yang dapat dipilih, tetapi berikut adalah ekstensi yang paling sering digunakan:

  • Sitelinks Extensions: Ini adalah tautan tambahan yang mungkin dianggap berharga oleh pelanggan Anda yang mengarah ke laman landas unik di situs web Anda.
  • Callout Extensions: Gunakan ini untuk membangun kepercayaan dengan pembaca dengan memasukkan entri seperti “Layanan Profesional Cepat” atau “Jaminan Ketenangan Pikiran”.
  • Structured Snippets: Sertakan ini untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang fitur yang ditawarkan. Ini didasarkan pada kategori tertentu, jadi pastikan untuk memilih kategori yang relevan saat Anda membuat ekstensi iklan.
  • Call Extensions: Ini akan memungkinkan Anda untuk menarik nomor telepon bisnis Anda langsung ke dalam daftar.
  • Location Extensions: Jika Anda adalah operasi fisik, Anda dapat menautkan akun Google Bisnisku ke akun Google Ads Anda. Mengaktifkan ekstensi ini akan menarik alamat dan nomor telepon Anda ke iklan agar calon pelanggan dapat dengan mudah memahami lokasi Anda.

7. Sesuaikan Tawaran untuk Penargetan Geografis

Tidak peduli pasar atau industri Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan memfokuskan dolar pemasaran Anda pada lokasi geografis tertentu.

Tinjau dari mana keterlibatan Anda berasal untuk memprioritaskan pengeluaran media di area tersebut.

Industri lokal seperti apartemen, hotel, dan pengacara sering kali memenuhi syarat pelanggan ideal mereka dengan seberapa dekat mereka tinggal dengan kantor fisik mereka, tetapi kinerja penargetan geografis tidak terbatas pada ini.

Meskipun produk dan layanan Anda tidak bergantung pada lokasi fisik pelanggan, Anda masih dapat mengoptimalkan kampanye PPC Anda dengan tawaran bertarget geografis berdasarkan musim, cuaca, dan kebutuhan pengguna.

Misalnya, jika Anda menjual AC maka Anda harus memberikan penawaran yang lebih rendah di daerah yang dingin  seperti puncak Bogor dan lemabang karena orang-orang di daerah tersebut kemungkinan tidak akan membutuhkan produk tersebut dan Anda hanya akan membuang-buang uang untuk setiap klik dari daerah tersebut. Namun, Anda akan meningkatkan tawaran bertarget geografis untuk kota-kota yang besar yang berhawa panas.

Banyak pemula di Google Ads lupa mempertimbangkan kebutuhan jenis pelanggan mereka yang berbeda dan kualifikasi lainnya berdasarkan lokasi fisik audiens mereka. Anda dapat menghemat banyak uang dengan mencegah iklan ditampilkan di beberapa area sambil meningkatkan kemungkinan konversi dan meningkatkan penyesuaian tawaran di geolokasi lain.

Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya menghabiskan anggaran dengan cepat, tetapi mahal dan tidak menghasilkan konversi yang baik. Jenis masalah ini juga dapat diatasi dengan modifikasi berbasis geografi.

8. Cari Peluang dengan Meningkatkan Anggaran ke Pencarian Seluler

Banyak pelanggan masa depan Anda menggunakan perangkat seluler, dan semakin banyak terjadi konversi penjualaan melalui kanal ini. Kampanye yang berfokus pada seluler berpotensi memberi Anda peluang terbaik untuk melibatkan pelanggan seluler Anda dalam format yang tepat di perangkat pilihan mereka.

Memisahkan kampanye adalah cara mudah untuk mendorong lebih banyak klik berkualitas.

Bagaimana Anda menentukan apakah kampanye harus memiliki komponen khusus seluler?

Lihat konversi menurut perangkat.

google ads 3

Seperti yang Anda lihat, kinerja seluler mengungguli desktop dan tablet.

Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan nilai bidding atau penawaran positif ke pengguna ponsel untuk memaksimalkan visibilitas Anda di sana.

Namun, jika kanal seluler mendorong sebagian besar konversi dan Anda ingin menerapkan anggaran secara lebih agresif, Anda juga dapat menyalin kampanye yang ada dan hanya menawar negatif seluler untuk kampanye asli. Anda juga dapat memanfaatkan kampanye khusus seluler dengan berfokus pada ekstensi klik untuk menelepon.

Baca juga: 8 Cara dalam Membuat Strategi Social Media Marketing yang Sukses

Kesimpulan

Menggunakan Google Ads adalah investasi! Kampanye PPC yang dioptimasi engan baik dapat membantu membuat bisnis secara drastis meningkatkan pendapatan mereka. Karena Google menagih Anda untuk setiap klik pada iklan Anda, pastikan Anda mengambil semua langkah yang tersedia untuk mengoptimalkan seluruh pengalaman dan mendorong konversi.

Uji tips di atas untuk kampanye PPC bisnis Anda dan Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak uang bagi bisnis Anda dengan lalu lintas yang memenuhi syarat dan peningkatan penjualan.

Ingat juga, strategi pemasaran apapun, sedikit banyak memerlukan biaya pada bisnis. Dan untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran Anda dibutuhkan pencatatan agar seluruh biaya dapat dihitung dengan mudah.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang memerlukan solusi pencatatan keuangan dan finansial bisnis, Anda bisa meggunakan software akuntansi tebaik yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan penjualan dan pembelian, proses rekonsiliasi otomatis, pengelolaan dan pembayaran pajak langsung dari aplikasi, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan