Tips Sukses Untuk Menerapkan Strategi Call To Action Pada Bisnis
Call to action (CTA) atau ajakan untuk bertindak adalah konsep pemasaran yang penting. Dengan cara ini, Anda memandu pelanggan Anda untuk menyelesaikan tindakan yang diinginkan. Bisnis yang mempelajari cara membuat call to action yang sangat baik akan menemukan bahwa mereka dapat mengubah lebih banyak prospek menjadi pelanggan.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa call to action dan tips tentang cara membuatnya.
Daftar Isi
Apa itu Call to Action?
Call to action atau ajakan bertindak yang biasa disingkat CTA adalah taktik pemasaran di mana Anda mendorong audiens Anda untuk melakukan sesuatu. Bisnis akan merancang ajakan bertindak mereka sehingga mereka menerima tanggapan langsung dari pembaca atau pendengar. Ajakan bertindak biasanya ditemukan di akhir promosi penjualan dan digunakan untuk memberi tahu target apa yang Anda ingin mereka lakukan selanjutnya.
Misalnya, di akhir iklan TV, Anda mungkin mendengar sesuatu seperti, “Hubungi kami hari ini untuk konsultasi gratis!” Ini membuat audiens tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan dan kapan Anda ingin mereka melakukannya.
Cara membuat Call to Action
1. Pilih lokasi
Putuskan di mana Anda ingin ajakan bertindak Anda pergi. Paling sering itu akan muncul di akhir promosi penjualan Anda, tetapi Anda juga dapat memasukkannya ke seluruh materi promosi. Jika CTA akan muncul dalam teks, seperti di situs web atau dalam email, maka Anda juga perlu memikirkan penempatan di halaman tersebut.
Misalnya, Anda mungkin menginginkan CTA di bagian bawah teks Anda atau di bilah sisi di sampingnya. Memilih lokasi terlebih dahulu akan membantu Anda menyusun pilihan kata yang tepat dan memberi tahu Anda berapa banyak ruang yang harus Anda kerjakan.
2. Tentukan tindakan yang diinginkan
Pikirkan tentang apa yang Anda ingin orang lain dengar atau baca pesan pemasaran ini lakukan. Beberapa kemungkinan antara lain:
- Menelepon
- Mengirim email
- Mendaftar untuk newsletter
- Membeli produk
- Meninggalkan komentar
Bisnis Anda kemungkinan akan menggunakan banyak ajakan bertindak yang berbeda di seluruh strategi pemasarannya berdasarkan lokasinya. Misalnya, Anda mungkin memiliki CTA di beranda situs web Anda yang meminta orang untuk mendaftar ke buletin email Anda. Kemudian, di buletin, Anda mungkin memiliki CTA yang meminta pembaca untuk menjadwalkan janji temu dengan Anda dengan membalas email.
Baca juga: Ingin Riset Keyword Secara Efektif? Ini Tools Gratis yang Bisa Anda Gunakan!
3. Pelajari contoh CTA
Cara yang baik untuk mengembangkan ajakan bertindak Anda sendiri adalah dengan mempelajari orang lain. Lihatlah beberapa pesaing Anda atau bisnis lain dalam niche pasar Anda dan lihat bagaimana mereka membangun ajakan bertindak yang berbeda. Anda juga dapat memeriksa newsletter apa pun yang telah Anda daftarkan, iklan yang Anda lihat di TV, atau iklan yang Anda temukan di surat kabar. Setelah Anda memeriksa cukup banyak ajakan untuk bertindak di berbagai media, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana membuat sendiri.
4. Cobalah frasa yang berbeda
Sekarang saatnya Anda mulai membuat ajakan bertindak. Cobalah beberapa ide berbeda untuk setiap ide yang ingin Anda buat. Lihat bagaimana mereka terdengar dan bagaimana mereka cocok dengan lokasi yang Anda inginkan.
Ini juga merupakan ide yang baik untuk mendapatkan umpan balik dari orang lain dan melihat apa yang mereka pikirkan. Setelah melakukan brainstorming beberapa ide, pilih favorit Anda dan masukkan ke dalam promosi penjualan.
Baca juga: LinkedIn Ads, Trik Marketing Ampuh untuk B2B
Tips Membuat Call to Action yang Baik
Untuk memberikan dampak yang lebih besar pada CTA Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba:
Gunakan kata-kata tindakan
CTA Anda harus berisi setidaknya satu kata tindakan sehingga pembaca Anda tahu apa yang harus dilakukan. Beberapa contoh kata tindakan yang bagus adalah:
- Telepon sekarang
- Beli sekarang
- Ayo berlangganan
- Unduh sekarang
- Klik disini
- Pesan sekarang
Buat ajakan itu mendesak
Anda juga harus mengesankan audiens Anda perlunya melakukan sesuatu sekarang. Anda baru saja selesai membuat promosi penjualan yang bagus ke target, menjadikan ini waktu terbaik untuk mengubahnya menjadi pelanggan. Gunakan frasa seperti “waktu hampir habis” atau “daftar sekarang”. Jika audiens target merasa bahwa Anda menawarkan kesepakatan waktu terbatas, mereka cenderung langsung bertindak.
Tekankan nilai yang Anda tawarkan
Jika Anda bisa, tunjukkan dalam ajakan Anda untuk bertindak nilai apa yang Anda berikan. Misalnya, daripada mengatakan, “Unduh alat pemasaran gratis kami”, Anda dapat mengatakan, “Unduh alat pemasaran gratis #1 di internet.” Ajakan bertindak Anda kemungkinan adalah hal terakhir yang akan dibaca seseorang, jadi beri mereka satu alasan terakhir untuk menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan.
Buat Call to Action Anda terlihat
Ajakan bertindak yang bagus perlu mendapatkan perhatian pembaca atau pendengar. Misalnya, jika Anda membuat promosi penjualan melalui halaman web, Anda dapat memiliki ajakan bertindak dalam font yang lebih besar dan lebih berani daripada teks di sekitarnya. Ini akan membantunya menonjol dengan jelas sehingga pembaca tidak dapat melewatkannya saat mereka mencapai bagian bawah halaman. Di mana pun Anda me
nempatkan CTA Anda, pastikan audiens target Anda memperhatikannya.
Uji split Call to Action yang berbeda
Tes terpisah adalah ketika Anda menjalankan dua versi sesuatu yang hampir identik dan melacak hasilnya satu sama lain berdasarkan perbedaannya. Misalnya, Anda dapat menjalankan tes terpisah di halaman promosi penjualan Anda, dengan satu-satunya perbedaan adalah ajakan bertindak. Anda kemudian akan menampilkan salah satu dari dua versi secara acak kepada setiap pengunjung halaman. Setelah cukup dilihat, Anda akan dapat melihat apakah satu CTA menghasilkan hasil yang lebih baik daripada yang lain.
Anda kemudian dapat menjalankan tes split lain, dengan CTA yang berkinerja lebih baik melawan yang baru. Penting juga untuk dicatat bahwa Anda dapat membagi tes lebih dari sekadar teks CTA. Anda juga dapat mencoba penempatan yang berbeda pada halaman web Anda, tempat yang berbeda dalam salinan atau bahkan skema warna yang berbeda. Pengujian terpisah adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan elemen pesan pemasaran Anda, terutama dalam hal CTA, karena ini akan memberi tahu Anda CTA mana yang paling ditanggapi oleh audiens Anda.
Baca juga: Tips Optimasi Google My Business Untuk Peringkat Lebih Tinggi di Penelusuran Lokal
Contoh Call to Action
Berikut adalah beberapa contoh ajakan bertindak yang bagus:
- Daftar gratis.
- Bergabunglah selama satu bulan gratis.
- Mulailah hari ini.
- Cobalah.
- Kirimi saya penawaran sekarang!
- Klaim sampel gratis Anda.
Baca juga: Customer Retention Rate: Pengertian, Strategi dan Tips Meningkatkannya
Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap mengenai call to action atau CTA dan tips yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis, terutama jika Anda ingin melakukan strategi digital marketing. Membuat CTA yang menarik akan berdampak pada peningkatkan prospek yang bisa Anda dapatkan dalam bisnis sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang berkualitas.
Lalu, jika Anda membuatuhkan solusi pencatatan pembukuan dan proses akuntansi yang lebih baik dalam bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Acurate Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis. Mudah digunakan, fitur terlengkap, dan harganya sangat terjangkau, bahkan untuk UMKM sekalipun.
Tidak percaya? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: