YouTube Shorts, Fitur Baru Dari YouTube Untuk Tingkatkan Minat Pelanggan

Beberapa bulan kemarin, YouTube sudah mengeluarkan sebuah fitur terkini yang disebut dengan YouTube Shorts. Fitur baru yang sangat menarik ini adalah upaya dari platform Google dengan tujuan agar bisa menarik perhatian lebih banyak audiens dengan durasi waktu video yang pendek.

Sama seperti Reels pada Instagram atau TikTok, Short pada YouTube ini diklaim menjadi salah satu tempat yang baik untuk meningkatkan brand awareness dan kebutuhan marketing lainnya.

Karena, Vamp Brands mengatakan bahwa konten video singkat yang bisa diakses secara mudah adalah strategi terbaik untuk menyebarkan pesan yang diberikan oleh perusahaan.

Dengan adanya kenyataan tersebut, lantas apa itu YouTube Short? Kenapa fitur ini diklaim sebagai cara paling baik untuk para marketer dalam? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang YouTube Shorts ini hingga selesai.

Apa Itu YouTube Short?

Sejak kehadirannya di tahun 2006, para pembuat aplikasi YouTube telah mempelajari banyak hal bahwasanya suatu konten tidak perlu waktu yang lama untuk menarik perhatian banyak audiens.

Nah saat ini, setelah lulus uji beta selama lima bulan lamanya dan melihat tingkat kesuksesan TikTok dan juga Instagram Reels, YouTube pun resmi merilis fitur video pendeknya.

Dilansir dari laman We Are Superb, YouTube shorts adalah suatu media di mana para konten kreator bisa membuat  video pendeknya di dalam aplikasi YouTube. Fitur video pendek ini memberikan waktu sampai 60 detik dalam bentuk vertikal.

Selain itu, video YouTube Shorts juga bisa dibuat dari luar aplikasi dengan durasi yang juga sama, yakni 60 detik. Namun, tetap harus diberi hashtag #shorts agar bisa langsung masuk ke dalam fitur ini.

Walaupun masih dalam bentuk beta, namun fitur YouTube Shorts sudah menampilkan performa yang baik di beberapa negara, termasuk India. Dilansir dari laman Hubspot, di akhir bulan Februari kemarin, CEO Google dan Alphabet bernama Sundar Pichai, mengatakan bahwa video shorts yang berasal dari India sudah berhasil menerima kurang lebih 3,5 miliar penonton.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu YouTube SEO dan Cara Menerapkannya dalam Akun Anda

4 Fitur Utama YouTube Shorts

1. Merekam Video dengan Musik

Merekam video yang disertai dengan penggunaan musik menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan untuk generasi milenial dan juga generasi Z di sepanjang tahun 2020. Di dalam aplikasi YouTube short ini, Anda sebagai konten kreator atau pengguna YouTube bisa secara langsung merekam video.

Cara memperoleh musik pengiring videonya pun sangatlah mudah. Caranya, Anda hanya harus memilih musik yang ingin Anda gunakan dari perpustakaan musik di dalam YouTube Shorts.

2. Bisa Mengontrol Kecepatan Video

Sebagai konten kreator, termasuk konten media sosial marketing, past Anda sudah sangat akrab dengan teknik mempercepat ataupun memperlambat gerak video. Nah, di YouTube Shorts ini, Anda bisa melakukan hal tersebut di dalam fitur kontrol kecepatan.

Dengan menggunakan cara ini, maka Anda bisa membuat video yang lebih dramatis dan juga lebih kreatif agar bisa menarik lebih banyak audiens.

3. Fitur Kamera

YouTube sudah menjelaskan bahwa YouTube Shorts kedepannya akan mempunyai kamera multi-segmen, yang mana fitur ini akan memungkinkan Anda untuk memutar banyak video klip secara bersamaan.

4. Fitur Pengatur Waktu

Kita tahu tidak mudah untuk merekam video tanpa bantuan orang lain. Kenapa? karena akan ada jeda sekian detik agar bisa memulainya. Tapi jika Anda menggunakan YouTube Shorts, maka Anda sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut.

Di dalam YouTube Shorts terdapat fitur pengaturan waktu yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses perekaman video. Sehingga, hal ini akan memberikan sedikit jeda sebelum waktu recording di mulai.

Kelebihan YouTube Shorts untuk Marketing

Untuk berbagai brand perusahaan yang pada akhirnya sudah mampu menguasai TikTok Marketing, kehadiran YouTube Shorts sudah pasti adalah suatu hal yang tidak terduga. Saat ini, perusahaan harus mampu mempertimbangkan kembali apakah mereka akan menggunakan salah satu atau dua platform tersebut.

Sejatinya, menggunakan dua platform secara bersamaan bukanlah masalah. Sebaliknya, perusahaan justru mempunyai kesempatan yang besar untuk memperoleh lebih banyak audiens dan juga memperoleh manfaat lain dari adanya platform baru tersebut.

Agar lebih yakin lagi, berikut ini adalah beberapa kelebihan pada fitur YouTube Shorts untuk pemasaran yang bisa didapatkan dari platform lainnya.

1. Video Search Engine

Berdasarkan situs resmi Aumcore, kelebihan lain dari YouTube Shorts adalah adanya fitur video search engine.

Dengan adanya media di mana setiap konsumen bisa mencari berbagai konten yang sesuai dengan minat mereka, maka para marketer nantinya bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas terkait cara membuat konten yang tepat.

Hanya dengan memasukan judul YouTube Short dengan kata kunci yang sesuai, maka dijamin video shorts Anda akan menarik audiens secara tepat.

2. Content Library

Karena video YouTube Shorts bisa ditambahkan ke channel library secara otomatis, maka mereka bisa diakses secara mudah oleh para pengguna platform streamingnya tersebut.

Kita tahu bahwa sangat banyak konten berdurasi pendek yang tiba-tiba menghilang ketika penayangannya berkurang. Hal ini tentunya berbeda dengan fitur shorts yang memungkinkan setiap audiens untuk tetap tertarik dengan video Anda. karena, video tersebut bisa dilihat secara terus menerus.

Keuntungan utama dari fitur ini adalah mudahnya bagi audiens untuk mengenal brand. Jadi, mereka sudah tidak perlu kesulitan lagi dalam mencari video lama Anda.

Selain itu, YouTube Shorts juga bisa berperan sebagai cara yang cepat untuk meningkatkan jumlah penonton channel karena disimpan pada sisi video yang durasi waktunya lebih laman.

3. Tempat Eksperimen yang Baik

Membuat video dengan durasi waktu yang lama bisa menjadi investasi yang besar dalam hal waktu dan juga sumber daya. Selain itu, memasukkan banyak ide yang belum tentu teruji pun bisa menjadi suatu momok yang menakutkan jika dilakukan dengan platform lain.

Nah, dari sinilah YouTube Shorts mulai mengambil peran yang penting sebagai salah satu platform yang baik dalam menguji konten ataupun suatu konsep citra brand yang baru.

We Are Superb menjelaskan bahwa video shorts lebih mudah untuk dibuat, sehingga setiap brand bisa dengan cepat dalam melakukan identifikasi terkait target yang sedang ingin dicapai.

4. Membantu dalam Pengenalan Brand

Agar mampu membuat video marketing YouTube dengan durasi waktu yang lama untuk keperluan brand awareness, maka Anda harus membuat suatu perencanaan yang matang dan membuat strategi marketing yang baik.

Tapi, hasilnya kerap kurang mengundang rasa antusias para audiens. Nah, dengan menggunakan YouTube Shorts, maka Anda akan lebih terbantu dalam mempromosikan cuplikan konten promosi Anda. setidaknya, Anda bisa mendorong rasa penasaran para audiens dan membuat mereka untuk mencari tahu lebih lanjut pada video versi fullnya.

5. Membantu dalam Menciptakan Konten yang Kreatif

Untuk membuat konten yang baik, diperlukan keahlian editing dan juga kreativitas yang tinggi, termasuk dalam membuat YouTube Shorts.

Video pendek akan membantu brand Anda untuk tampil lebih kasual, seperti tutorial yang singkat, teaser sebelum ataupun setelah konten di upload, konten motivasi, atau konten video di balik pembuatannya.

6. Berimbas Pada Influencer Marketing

Setiap influencer pasti mempunyai ide yang sangat banyak untuk bisa bekerja sama dengan berbagai brand. Para Influencer ini sangat fleksibel dalam mengikuti perkembangan berbagai platform media sosial dan fitur lain yang ada di dalamnya.

Hal tersebut secara tidak langsung akan memaksa setiap brand atau perusahaan agar bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang sebelumnya sudah ada.

7. Meningkatkan Keterlibatan Brand

Sama seperti deskripsi yang ada pada foto, umumnya warganet lebih menyukai informasi yang memiliki durasi waktu singkat dan mudah dimengerti, pun sama halnya saat menonton video.

Karena, mereka tidak ingin berlama-lama menonton video untuk bisa langsung memperoleh informasi yang diperlukan. Dengan begitu, mereka juga tidak boros kuota dan bisa lebih cepat untuk melakukan kegiatannya.

Jadi, video pendek secara tidak langsung mampu meningkatkan keterlibatan audiens dengan brand secara lebih baik.

Baca juga: YouTube Ads: Pengertian, Jenis, dan Cara Optimasinya

Penutup

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mencoba fitur YouTube Shorts yang pendek? Perlu Anda ketahui bahwa saat ini YouTube Shorts hanya bisa Anda nikmati dengan smartphone Anda saja. Kenapa? karena tim YouTube masih harus melihat respon dari para pengguna sebelum merilis YouTube Shorts dalam versi desktop atau PC.

Walaupun masih terbatas pada smartphone saja, tapi sebagai brand Anda harus bisa lebih peka dalam menggunakan berbagai fitur terbaru yang sedang viral di media sosial agar bisa membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan pasar. Sehingga, omset pemasukan Anda pun akan meningkat.

Namun, jangan lupa untuk tetap mencatat omset pemasukan Anda pada laporan laba rugi. Laporan inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam mengetahui kondisi keuangan terkini dan sebagai referensi dalam menentukan keputusan bisnis.

Tapi, membuat laporan secara manual tentu akan memakan banyak waktu dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan di mana saja dan kapan saja secara cepat, mudah, dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga Anda bisa mendapatkan berbagai fitur yang menarik untuk mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah