Apa itu MasterCard dan Bedanya dengan VISA?

Kini telah banyak orang yang menggunakan kartu debit ataupun kredit dalam melakukan transaksi keuangan sehari-hari. Dimana biasanya, pada kartu-kartu tersebut tertera logo di bagian pojok kanan bawah yang merupakan logo dari perusahaan penyedia layanan keuangan. Dalam hal ini, Anda pasti pernah melihat atau bahkan memiliki kartu dengan logo berbentuk lingkaran dengan warna kuning dan merah dengan tulisan MasterCard, bukan? Sebenarnya, apa itu MasterCard?

MasterCard sendiri merupakan perusahaan penyedia layanan transaksi internasional yang memungkinkan sebuah bank untuk menerbitkan nomor kartu kredit yang nantinya bisa digunakan oleh pengguna untuk bertransaksi di mana pun dan kapan pun.

Lantas, apakah ia berbeda dengan VISA yang logonya juga biasa tertera di kartu-kartu debit ataupun kredit? Penjelasan kali ini akan membahas beberapa perbedaan antara VISA dengan MasterCard. Namun sebelum itu, mari ketahui lebih lanjut apa itu MasterCard dan jenis-jenis layanan kartu yang ditawarkannya.

Apa Itu MasterCard?

MasterCard adalah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang menyediakan jasa finansial berupa layanan transaksi internasional. Perusahaan yang hadir pertama kali pada tahun 1966 ini kini telah menjadi salah satu merek kartu kredit terpopuler di dunia.

Fasilitas yang disediakan berupa kartu debit dan kartu kredit yang fungsi utamanya ialah sebagai alat pembayaran non tunai. Dimana pemilik kartu dapat melakukan transaksi pembayaran ataupun pembelian di mana pun, tidak terkecuali di luar negeri.

Baca juga: KTA Kilat dan Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakannya

Jenis-Jenis MasterCard

Setelah membahas mengenai apa itu MasterCard, kini akan dibahas layanan kartu kredit yang ditawarkan olehnya. Dimana jenis layanan tersebut terbagi menjadi empat jenis, yaitu MasterCard Classic, MasterCard Gold, MasterCard Platinum, dan MasterCard World.

  1. MasterCard Classic

Kartu jenis ini merupakan pilihan yang paling umum digunakan. Dimana jenis Classic ini memiliki limit penggunaan sebesar 5 juta rupiah. Syarat kepemilikan kartu ini yaitu pemilik harus berpenghasilan minimal 50 juta rupiah per tahunnya.

  1. MasterCard Gold

Berada satu tingkat di atas jenis Classic, kartu jenis Gold ini memiliki limit hingga 100 juta rupiah. Adapun standar penghasilan minimal pemiliknya tidak terlalu jauh berbeda dengan Classic, meski untuk iuran per bulannya cenderung lebih tinggi.

  1. MasterCard Platinum

Kartu berjenis platinum ini biasanya menawarkan fitur yang lebih banyak dan menarik. Dimana limitnya sendiri berada di rentang 75 juta rupiah hingga unlimited nominal yang bisa menyesuaikan pengguna.

  1. MasterCard World

Berbeda dengan tiga jenis kartu di atas, jenis kartu MasterCard World mengharuskan pengguna untuk menggunakan minimal penggunaan sebesar 75 juta rupiah. Jika pengguna melakukan transaksi kredit minimal di bawah 75 juta, maka akan dikenakan iuran tahunan atau bulanan.

Kartu jenis ini juga memiliki layanan Identity Theft Resolution Service yang merupakan layanan perlindungan identitas. Dimana pengguna akan menerima peringatan dari fitur ini apabila ada pihak yang mencoba mencuri identitas pengguna tersebut.

Baca juga: Apa Itu CVV dalam Kartu Kredit? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Perbedaan MasterCard dengan Visa

Setelah mengetahui penjelasan secara singkat terkait apa itu MasterCard dan jenis layanan yang ditawarkannya, kini akan dibahas beberapa hal yang membedakan MasterCard dengan VISA.

  1. Perusahaan Provider

Perbedaan pertama yang sangat jelas yaitu terkait perusahan induk dari kedua provider ini. VISA merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA .INC) yang berlokasi di Foster City, California. VISA .INC sendiri sudah berdiri sejak tahun 1955, sementara MasterCard pada tahun 1966.

MasterCard merupakan produk dari MasterCard Worldwide. Korporasi ini berlokasi di Purchase, New York dan telah menjadi saingan terbesar VISA sebagai provider kartu kredit terbesar di dunia.

  1. Popularitas dan Jangkauan Pengguna

Untuk masalah popularitas, keduanya memiliki tingkat kepopuleran yang hampir sama. Dalam hal jangkauan pengguna pun, kedua jaringan tersebut selalu dapat ditemukan di suatu tempat secara berdampingan.

Hanya saja, berbagai sumber menyebutkan bahwa VISA lebih dominan digunakan di kawasan Asia Pasifik, sementara MasterCard lebih banyak digunakan di negara-negara benua Amerika dan Eropa.

  1. Sistem Keamanan dan Perlindungan Nasabah

Visa menawarkan sistem keamanan berupa pin statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela verified VISA. Sementara MasterCard memberikan proteksi berupa Secure Code. Secure Code sendiri adalah pin tambahan yang harus dimasukkan pengguna ketika bertransaksi secara online.

  1. Fasilitas dan Promo

Kedua jenis perusahaan kartu kredit ini juga kerap bekerja sama dengan berbagai merchant dalam membuat promo dan diskon yang menarik. Untuk VISA sendiri, mereka menawarkan fasilitas pinjaman kredit dan beberapa program lain untuk nasabahnya yang melakukan bisnis.

Begitu pun dengan MasterCard yang juga menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari reservasi restoran dan hotel mewah, hingga fitur Identity Theft Resolution Service seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  1. Biaya Transaksi yang Dikenakan

Baik VISA maupun MasterCard, keduanya memberlakukan biaya tambahan ketika pengguna melakukan sebuah transaksi. Untuk VISA, ketika melakukan transaksi di luar negeri akan dikenakan biaya sebesar 1% dari total transaksi. Sementara MasterCard berbeda-beda dan berkisar di antara 0,2% hingga 1%, yang tergantung pada kebijakan setiap merchant.

Baca juga: CVC Adalah Kode Keamanan Kartu Kredit Yang Harus Anda Jaga, Ini Pengertiannya!

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu MasterCard, jenis layanan yang ditawarkannya, dan hal-hal yang membedakannya dengan VISA. Sebagaimana disebutkan pada bagian apa itu MasterCard, MasterCard merupakan perusahaan penyedia layanan finansial berupa kartu debit dan kartu kredit yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Kemudahan teknologi seperti ini memang harus dimaksimalkan guna kemudahan menjalani hidup sehari-hari. Tak lain halnya dengan pengelolaan keuangan.

Alih-alih masih menggunakan metode konvensional, Anda bisa mulai beralih menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online. Accurate Online sendiri merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis.

Selain telah terbukti membantu pebisnis mencapai kesuksesannya, berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya juga mampu memudahkan Anda dalam mencatat dan membuat laporan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis. Tunggu apa lagi?

Yuk, segera coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia