7 Rekomendasi Aplikasi Kredit yang Sudah Terdaftar dan Diawasi OJK

Saat ini, aplikasi kredit menjadi solusi untuk Anda yang ingin membeli dan mempunyai barang impian namun tidak mempunyai uang dalam jumlah yang besar. Bahkan, Sudah banyak sekali perusahaan fintech atau financial technology yang mampu menyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit.

Namun jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda harus lebih cermat dalam memilihnya. Anda harus memilih aplikasi kredit yang memang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK agar lebih terpercaya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi kredit yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

7 Rekomendasi Aplikasi Kredit yang Sudah Terdaftar dan Diawasi Langsung Oleh OJK

1. Kredivo

Kredivo bisa dibilang sebagai salah satu pioneer metode pembayaran paylater di Indonesia. Dengan tagline “Beli sekarang bayar nanti”, aplikasi kredit ini menawarkan kredit yang cepat untuk melakukan belanja tanpa kartu kredit dan juga pinjaman tunai.

Kredivo mampu menawarkan pilihan pembayaran selama 30 hari, atau cicilan selama 3, 6 hingga 12 bulan yang sudah tersedia di lebih dari 350 merchant online dan juga offline.

Bahkan, kredivo mampu memberikan limit yang nilainya hingga 30 juta rupiah. Setiap pinjaman yang sudah disetujui oleh mereka, maka akan diterapkan bunga sebesar 2,95% setiap bulannya untuk transaksi cicilan.

Nah, bila Anda telat dalam membayar tagihan kredivo, maka Anda harus membayar sejumlah tagihan bulanan Anda plus 3% di setiap bulannya. Jika Anda tidak melakukan pembayaran setelah lewat jatuh tempo, maka Kredivo akan mengenakan denda sebesar 3%.

Anda bisa melakukan pembayaran cicilan Kredivo via Bank, Indomaret, Alfamart, atau e-commerce favorit Anda.

2. Gojek Paylater

Gojek PayLater merupakan cara pembayaran terbaru yang dirilis oleh Gojek, yang mana Anda bisa memesan beragam layanan Gojek kapan saja Anda inginkan dan Anda cukup membayarnya di akhir bulan saja.

Fitur ini merupakan hasil kerjasama perusahaan Gojek dengan perusahaan Findaya yang sudah terdaftar dan juga diawasi OJK.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya harus memilih Gojek PayLater dalam pilihan pembayaran di halaman Check out.

Baca juga: CVC Adalah Kode Keamanan Kartu Kredit Yang Harus Anda Jaga, Ini Pengertiannya!

3. Ovo Paylater

OVO PayLater adalah fasilitas pembayaran dalam bentuk batasan kredit yang dikeluarkan oleh PT Indonusa Bara Sejahtera. Serupa dengan layanan Paylater lain, OVO Paylater memungkinkan Anda untuk membeli barang sekarang dan membayarnya di akhir bulan. Selain itu, Ovo Paylater juga sudah diterima di banyak sekali merchant dan banyak cashback di dalamnya.

Limit tertinggi dari aplikasi kredit ini adalah 10 juta rupiah dengan jatuh tempo waktu 1, 3, 6 hingga 12 bulan. Anda akan dikenakan biaya administrasi oleh pihak merchant untuk menggunakan limit kredit sebanyak 5% dari total nilai transaksi.

Suku bunga yang diterapkan oleh aplikasi kredit ini sekitar 2,2% hingga 2,9% setiap bulannya. Jika Anda ternyata telat bayar, maka Anda akan dikenakan tunggakan sebanyak 0,1% per hari dari sisa jumlah tagihan yang sudah tiba waktu jatuh tempo.

4. Shopee Paylater

Shopee PayLater adalah metode pembayaran dan pinjaman yang dikeluarkan oleh perusahaan pinjaman PT Lentera Dana Nusantara dan PT Commerce Finance, yang sudah resmi terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK.

Limit pinjaman awal tertinggi yang bisa diberikan oleh aplikasi ini adalah 750 ribu rupiah, lalu akan meningkat hingga lebih dari 10 juta rupiah.

Suku bunga yang diterapkan berkisar 0 hingga 2,95% per bulan. Bila Anda ternyata hanya menggunakan metode pembayaran ini dalam kurun waktu satu bulan, maka Anda tidak akan dikenakan bunga.

Anda bisa memilih sendiri tanggal waktu jatuh tempo Anda, yakni di tanggal 5 atau tanggal 11 di tiap bulannya. Tapi jika Anda terlambat membayar cicilan, maka Anda akan dikenakan denda sebanyak 300 ribu rupiah untuk limit di bawah 10 juta rupiah, dan 1 juta rupiah untuk limit diatas 10 juta rupiah.

Baca juga: KTA Adalah Produk Kredit yang Praktis Tanpa Adanya Jaminan

5. Traveloka PayLater

PayLater adalah metode keuangan yang dikeluarkan oleh aplikasi Traveloka yang bisa Anda gunakan tanpa kartu kredit atau yang banyak dikenal dengan kredit Online. Sistem pembayaran ini berlaku di seluruh produk yang disediakan oleh aplikasi Traveloka, kecuali untuk sebagian produk pembayaran tagihan dan pembelian pulsa.

Sederhananya, Anda bisa menggunakan metode pembayaran ini untuk membeli tiket dan berbagai produk lain tanpa harus bayar terlebih dahulu. Proses pendaftarannya pun cukup mudah dan cepat. Selain itu, tidak ada biaya tambahan di dalamnya, seperti biaya uang muka atau biaya tahunan.

Limit pinjaman tertinggi yang mampu ditawarkan oleh Traveloka Pay Later adalah sebesar 50 juta rupiah. Bunganya berkisar 2,14% hingga 4,78 % per bulannya. Aplikasi ini juga akan mengenakan biaya tersebut pada para pengguna yang melakukan cicilan per bulan.

6. Blibli Paylater

Blibli PayLater bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan metode pembayaran pasca bayar atau postpaid. Aplikasi yang menjalin kerjasama dengan Indodana ini bisa Anda gunakan untuk membeli berbagai produk di aplikasi Blibli. Namun, fitur ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pelanggan terpilih saja.

Setiap pengguna akan memperoleh limit yang berbeda-beda, tergantung penilaian yang dilakukan oleh pihak Blibli, yakni sekitar 500 ribu rupiah hingga 10 juta rupiah.

Bunga pinjaman yang diterapkan adalah 2% untuk setiap transaksi yang menggunakan tenor 1 bulan, dan sebesar 3% untuk setiap transaksi yang menggunakan tenor 6 hingga 12 bulan.

7. Akulaku

Aplikasi kredit selanjutnya adalah Akulaku. Aplikasi ini menawarkan limit kredit sampai dengan 15 juta rupiah untuk tenor sampai 15 bulan. Bunga hariannya adalah 0,9%.

Anda juga bisa berbelanja di merchant offline yang sudah menjalin kerjasama dengan Akulaku dan melakukan pembayaran di aplikasi resmi Akulaku.

Baca juga: Apa Itu CVV dalam Kartu Kredit? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Penutup

Demikianlah 7 rekomendasi aplikasi kredit yang sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Anda bisa melakukan pertimbangan untuk menggunakan salah satu dari ketujuh aplikasi kredit di atas. Namun, Anda harus mengelola keuangan Anda dengan baik agar bisa membayar cicilan kredit tepat waktu dan terhindar dari bunga yang membengkak.

Mengelola keuangan yang baik tidak hanya diperlukan oleh individu saja, perusahaan atau bisnis pun harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan dan membuat laporan keuangan, Anda bisa mencoba Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis berbasis cloud ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengelola bisnis Anda.

Selain itu, bisnis Anda juga nantinya akan berjalan lebih efisien, karena Accurate Online sudah dibekali dengan berbagai fitur luar biasa, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, cost and profit center, multi cabang, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia