Fiscal Year: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Fiscal year atau tahun fiskal adalah periode satu tahun di mana organisasi mengukur kinerja keuangannya. Biasanya digunakan oleh perusahaan dan pemerintah untuk melacak apakah mereka memenuhi tujuan anggaran mereka dan menyiapkan laporan keuangan yang termasuk dalam periode ini.

Fiscal year juga merupakan prioritas bagi investor. mereka dapat mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan untuk melihat apakah itu menjamin investasi lebih lanjut dalam saham.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu fiscal year, mengapa tahun fiskal itu penting, persyaratan umum untuk tahun fiskal dan contohnya.

Apa itu Fiscal Year?

Tahun fiskal adalah periode sepanjang tahun yang disesuaikan yang ditetapkan oleh perusahaan untuk alasan akuntansi. Selama waktu ini, perusahaan melacak pendapatan, pengeluaran, dan keuntungan. Ada berbagai jenis tahun fiskal.

Perusahaan dapat memilih tahun fiskal 12 bulan atau 52 hingga 53 minggu. Tahun fiskal 12 bulan berakhir pada hari terakhir bulan kecuali Desember, sedangkan tahun fiskal 52 hingga 53 minggu berakhir pada hari yang sama setiap minggu berdasarkan preferensi mereka. Misalnya, hari Jumat yang paling dekat dengan 28 Februari dapat menjadi akhir dari tahun fiskal 52 hingga 53 minggu.

Berikut adalah daftar manfaat memiliki tahun fiskal yang disesuaikan dengan bisnis Anda:

Sesuai dengan siklus bisnis

Sekolah mengubah tahun fiskal mereka untuk mendasarkannya sekitar waktu anak-anak pergi ke sekolah. Dengan begitu, sekolah swasta dapat lebih mudah mengetahui bagaimana mereka menerima penghasilan dari pembayaran SPP jika jatuh tempo pada awal tahun ajaran. Sekolah umum dapat mengaitkan tahun fiskal dengan jadwal sekolah untuk mengetahui sumber daya yang harus mereka keluarkan untuk meningkatkan staf, perlengkapan, dan infrastruktur di distrik mereka.

Akun untuk keuntungan musiman

Toko retail atau toko musiman mungkin memiliki akhir tahun fiskal pada hari Sabtu terakhir bulan Januari, sehingga mereka dapat memperhitungkan semua penjualan liburan yang mereka peroleh selama tahun baru. Jenis pelaporan ini dapat dengan mudah mendorong peningkatan penjualan kuartal keempat dengan peningkatan volume pelanggan yang berbelanja selama musim liburan. Pelanggan juga dapat mengembalikan hadiah dan melakukan lebih banyak pembelian yang juga berlaku hingga akhir tahun fiskal untuk pengecer.

Penghematan biaya akuntansi

Begitu akhir tahun fiskal tiba untuk sebuah organisasi, mereka memiliki kesempatan untuk bernegosiasi dan menghemat biaya akuntansi dan juga untuk audit. Leverage mereka untuk menegosiasikan biaya adalah karena jumlah permintaan yang ada untuk akuntan dan auditor sebelum dan setelah 31 Desember karena mereka membutuhkan lebih banyak bisnis untuk membantu mereka menghasilkan keuntungan sambil membantu bisnis dengan catatan keuangan mereka.

Baca juga: Utang Pajak: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghapusnya

Mengapa Fiscal Year itu Penting?

Sebuah perusahaan memilih tahun fiskal karena berbagai alasan:

Untuk memberikan perhitungan keuangan yang akurat

Ketika tahun fiskal perusahaan berakhir, itu memberi mereka waktu untuk memisahkan aset, kewajiban, dan ekuitas mereka untuk mengetahui berapa banyak mereka dapat membayar dividen kepada pemegang saham dan dimasukkan kembali ke dalam organisasi untuk memperluas pertumbuhannya.

Mereka juga dapat mengetahui kinerja karyawan saat ini untuk melihat apakah mereka memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ditetapkan pada awal tahun fiskal. Tinjauan skala penuh atas perencanaan jangka pendek dan jangka panjang mungkin diperlukan agar organisasi berada di jalur yang benar untuk memenuhi sasaran yang ditargetkan.

Untuk menguraikan siklus pendapatan

Akhir tahun buku juga merupakan waktu untuk melihat di mana dan kapan sebuah perusahaan mendapat untung. Sebuah organisasi biasanya bertujuan untuk mengetahui pendapatan triwulanannya untuk mengkotak-kotakkan waktu dalam setahun seorang pelanggan membeli suatu produk.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan di industri yang berbeda memiliki tahun fiskal yang berbeda. Misalnya, pusat kebugaran memperoleh lebih banyak pendapatan di awal tahun di mana sejumlah besar pelanggan pergi ke gym sementara toko perbaikan rumah tumbuh subur setelah musim dingin dan hujan mereda.

Membantu mempersiapkan anggaran perusahaan untuk tahun depan

Ketika perusahaan meninjau kinerja dan tujuan karyawan, mereka harus mengidentifikasi anggaran yang dialokasikan untuk departemen yang mengerjakan proyek yang relevan. Berkomunikasi dengan manajer Anda untuk melihat apakah anggaran yang mereka miliki kondusif bagi mereka untuk sukses.

Pertimbangkan untuk meningkatkan anggaran teknologi Anda untuk merampingkan produksi staf Anda saat ini atau mempekerjakan karyawan magang dan karyawan penuh waktu untuk mendelegasikan tanggung jawab dari karyawan saat ini di dalam departemen.

Baca juga: Capital Loss Adalah Risiko Yang Harus Anda Hindari Dalam Berinvestasi, Ini Caranya!

Untuk memaksimalkan peluang untuk promosi

Jika sebuah perusahaan mencapai tujuannya pada akhir tahun, karyawan saat ini dapat dipertimbangkan untuk promosi ke posisi manajerial. Perusahaan juga dapat mengelola kenaikan gaji kepada karyawan tertentu setelah mereka bertemu dengan mereka untuk tinjauan kinerja tahunan.

Seorang karyawan mungkin bertanya tentang kenaikan gaji sebelumnya, jadi penting untuk bersiap jika mereka mengambil inisiatif. Penting juga untuk mengetahui apakah mereka melihat masa depan bekerja untuk organisasi dan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk memenuhi tujuan karir individu mereka.

Persyaratan Umum untuk Fiscal Year

IRS menetapkan pedoman yang harus diikuti perusahaan untuk tahun fiskal. Berikut beberapa persyaratannya:

  • Perusahaan dengan tahun buku yang berbeda harus mengajukan pada tanggal 15 bulan keempat setelah berakhirnya tahun buku. Misalnya, jika tahun fiskal perusahaan berakhir pada hari terakhir bulan Juni, maka mereka harus mengajukan pajak sebelum 15 Oktober.
  • Bisnis dapat mengajukan pengembalian pajak penghasilan pertama mereka, yang mengamati tahun fiskal mereka setelah mereka mendapatkan izin melalu IRS atau memenuhi kriteria di bawah Formulir 1128 yang mengizinkan perubahan pada tahun pajak perusahaan.
  • Bisnis dapat mengubah tahun fiskal mereka kembali ke tahun kalender sesuai keinginan.

Baca juga: Underwriting Adalah Salah Satu Cara untuk Meminimalisir Resiko Keuangan, ini Penjelasannya!

Contoh Fiscal Year

Perusahaan juga dapat mengatur tanggal mulai dan berakhirnya pelaporan keuangan. Berikut adalah daftar contoh tahun fiskal yang dapat dipilih perusahaan.

  • 1 September hingga 31 Agustus (12 bulan)
  • 1 Maret hingga 28 Februari (12 bulan)
  • 1 April s/d 31 Maret (12 bulan)
  • 52 minggu berakhir pada hari Sabtu yang paling dekat dengan 31 MeiTahun fiskal pemerintah Amerika Serikat berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September.

Baca juga: Manajemen Rantai Pasok: Pengertian, Fungsi dan Contohnya dalam Bisnis

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai fiscal year yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses penganggaran tahunan sesuai dengan jadwal yang berlaku.

Proses penganggaran perusahaan membantu membentuk laporan keuangan secara menyeluruh. Dengan mengembangkan laporan keuangan yang diperkirakan ini, sebuah bisnis dapat melacak margin keuntungannya.

Ini akan menentukan apakah menguntungkan untuk menjalankan operasi bisnis di masa depan. Jika bisnis tidak menghasilkan laba, bisnis akan memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan pendapatan dan biaya sebelumnya. Mendapatkan keuntungan adalah faktor yang paling penting karena menjalankan bisnis. Tanpa menghasilkan keuntungan, bisnis tidak bisa berharap untuk bertahan lama di masa depan.

Baca juga : Accurate Online Sebagai Solusi Akuntansi Manufaktur Sederhana

Oleh karena itu, anggaran mungkin tampak seperti kerumitan tambahan tetapi merupakan aspek penting dan inti dari bisnis. Dengan menetapkan anggaran bagi diri sendiri, laba, pendapatan, dan tabungan dapat dipahami, disimpan, dan direncanakan ke depannya.

Di atas semua itu, pada dasarnya memungkinkan Anda untuk dapat menghasilkan skema dan strategi yang lebih baru untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar untuk masa depan.

Untuk memudahlan anda dalam melakukan proses budgeting atau penganggaran dalam bisnis, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya dimudahkan dengan proses pembukuan dan penganggaran yang mudah namun juga Anda bisa merasakan fitur terbaik yang membantu operasional bisnis Anda seperti manajemen aset dan inventori, multi cabang dan multi gudang, payroll, multi pengguna, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk membuat proses pengelolaan keuangan dan budgeting bisnis menjadi lebih mudah? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.