Insider Trading: Pengertian, Contoh, dan Unsur yang Ada di Dalamnya

Pada dasarnya, insider trading adalah salah satu istilah yang digunakan di dalam pasar modal Indonesia. Tapi, setelah ini tidak memiliki arti yang baik, karena insider trading termasuk ke dalam tindakan ilegal.

Perlu Anda garis bawahi bahwa dalam dunia pasar modal terdapat dua sisi, yaitu sisi positif dan juga sisi negatif. Sisi positif dari pasar modal bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan pengumpulan dana masyarakat agar bisa membuat emiten dan selanjutnya disalurkan ke berbagai kegiatan bisnis yang sifatnya lebih produktif.

Sedangkan untuk sisi yang negatif, pasar modal bisa membuat adanya peluang untuk para pelaku kejahatan dalam mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak sah. Cara tersebut dikategorikan sebagai suatu tindakan perdagangan orang dalam atau yang dikenal dengan insider trading.

Pengertian Insider Trading

Jadi, insider trading adalah suatu perdagangan saham perusahaan yang sudah IPO atau bisa juga dalam bentuk surat berharga lainnya seperti opsi saham ataupun obligasi. Surat tersebut nantinya akan dijual oleh individu yang mempunyai akses ke layanan informasi non-publik terkait perusahaan tersebut. Hal ini juga dianggap sebagai kegiatan yang ilegal di seluruh negara, jadi bukan hanya di Indonesia.

Selain itu, praktik insider trading adalah praktik yang tidak memperdulikan keadilan. Karena, para pemilik saham yang lainnya bisa mengalami kerugian besar karena minimnya informasi non-publik yang menjadi kunci penting.

Namun, bila kasus informasi tersebut ternyata sudah disebarkan ke publik dengan cara bahwa seluruh pemilik saham di dalamnya mempunyai akses yang sama, maka aktivitas tersebut bukan tergolong insider trading yang ilegal.

Kenapa? karena insider trading sudah menjadi suatu aktivitas kegiatan yang tidak disarankan oleh BEI, karena perdagangan yang legal hanya bisa dilakukan dengan mempromosikan perdagangan secara adil di dalam pasar untuk kebutuhan investor lainnya.

Baca juga: Market Cap Adalah Hal yang Harus Anda Ketahui Di Dunia Investasi, Ini Penjelasannya!

Unsur-Unsur di Dalam Insider Trading

Berbeda dengan kejahatan lainnya, insider trading adalah sebuah kejahatan yang sangat sulit untuk dibuktikan. Kenapa? karena yang menjadi objek dalam hal ini adalah informasi yang tidak bisa diketahui dengan kasat mata.

Untuk mengetahui adanya tindakan insider trading, maka Anda bisa mempelajarinya dari kejelasan terkait unsur-unsur yang ada di dalam insider trading. Yang mana, hal tersebut bisa dijadikan sebagai tolak ukur terjadinya tindakan insider trading.

Sebenarnya hal ini sudah dijelaskan dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 pasal 95. Namun, pasal ini tidak menjelaskan lebih jelas tentang unsur-unsur yang ada di dalam insider trading. Tapi, dari ketentuan tersebut, sebetulnya kita bisa menderivasi beberapa unsur terkait.

Dengan begitu, insider trading bisa dikatakan benar terjadi bila di dalamnya terdapat tiga unsur utama. Pertama adanya orang dalam. Kedua, orang dalam tersebut bersifat material dan belum disebarluaskan pada publik. Ketiga, terdapat transaksi perdagangan efek oleh orang dalam dengan berdasarkan informasi tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga unsur utama tersebut.

1. Adanya Orang Dalam

Unsur pertama dari terjadinya tindakan insider trading adalah terdapat orang dalam. Beberapa pelaku yang dilarang di dalam insider trading tersebut adalah sebagai berikut:

  • Komisaris, direktur, atau pegawai perusahaan
  • Pemilik saham utama perusahaan
  • Seseorang yang mempunyai jabatan ataupun profesi tertentu, seperti konsultan hukum ataupun akuntan publik, yang mempunyai hubungan erat dengan perusahaan publik, dan orang tersebut bisa mendapatkan informasi perusahaan tersebut.
  • Mereka yang dalam waktu enam bulan kebelakang, belum atau tidak menjadi berbagai pihak yang sudah kita sebutkan sebelumnya.

2. Adanya Informasi dari Orang Dalam yang Sifatnya Material dan Rahasia

Informasi material adalah informasi fakta penting dan relevan tentang kejadian, peristiwa ataupun sesuatu yang mampu mempengaruhi harga bursa efek, keputusan dari pemilik saham, calon pemilik saham, atau berbagai pihak lain yang memiliki kepentingan atas informasi ataupun fakta tersebut, sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 1 nomor 7 UUPM

3. Terdapat Transaksi Perdagangan Efek dari Orang Dalam dengan Berdasarkan Informasi Tersebut

Unsur selanjutnya ini mensyaratkan bahwasanya terdapat kegiatan insider trading yang mampu dilihat dengan berdasarkan informasi yang belum disebarluaskan ke publik atau sifatnya menjadi rahasia.

Hal tersebut bisa kita artikan bahwa kegiatan transaksi memang sudah jelas didorong ataupun motivasi karena terdapat informasi dari orang dalam terkait berbagai pengetahuan yang sifatnya material dan belum dimiliki oleh publik luas sama sekali.

Pencegahan Transaksi Orang Dalam

Walaupun tindakan kejahatan insider trading sangat sulit untuk dibuktikan, namun kebijakan untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan apa yang disebut dengan code of conduct.  Di dalamnya, sudah diatur secara jelas tentang pendapatan informasi dengan berbagai cara yang legal dengan cara menyimpan dan menggunakannya sesuai dengan prinsip dan etika yang berlaku.

Dalam hal ini, perusahaan emiten terkait harus bisa berkomitmen dalam mewujudkan perkembangan kegiatan operasi ataupun perdagangan secara berkelanjutan dengan berdasarkan bisnis yang ada. Sehingga, pihak perseroan bisa memberikan kontribusi secara maksimal pada setiap shareholders.

Contoh Kasus Insider Trading

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami praktik insider trading, berikut ini kami akan memberikan contoh konkritnya pada Anda.

Katakanlah ada seorang investor yang bernama Andi dan mempunyai seorang kerabat yang bekerja sebagai founder pada PT ABC, yakni Budi.

Sebagai seorang founder perusahaan, Budi pun mengetahui informasi bahwa perusahaannya akan melakukan aksi buyback dengan harga perlembar saham adalah 25 ribu rupiah, harga ini lebih tinggi dari harga saham sebelumnya yang hanya 17 ribu rupiah per lembar saham.

Dengan adanya informasi tersebut, maka Andi pun memprediksi bahwa hal tersebut mampu meningkatkan harga saham perusahaan PT ABC. Untuk itu, Andi langsung memborong saham PT ABC, dan akan menjualnya lagi saat harga saham PT ABC sedang meningkat setinggi-tingginya.

Dari hal tersebut, tentunya Andi nanti akan memperoleh banyak keuntungan dari kegiatan jual beli saham tersebut.

Tapi ternyata, Budi dan Anda membuat suatu kesepakatan terkait informasi penting tersebut, lalu Andi membagi sebagian keuntungan yang didapatkannya pada Budi sebagai rasa terima kasih atas kebaikannya dalam memberikan informasi perusahaan pada dirinya.

Baca juga: CAPM Adalah: Pengertian, Dan Manfaat CAPM dalam Investasi

Kesimpulan

Demikianlah informasi lengkap dari kami tentang insider trading. Hal ini perlu Anda ketahui namun tidak boleh Anda ikuti, karena nantinya bisa merugikan banyak pihak. Di dalam pasar saham, cobalah melakukan perdagangan saham dengan baik agar bisa saling menguntungkan.

Terlebih lagi untuk perusahaan yang sudah cukup besar dan memiliki banyak saham dan berbagai surat berharga lainnya, maka hal ini harus diperhatikan dengan baik.

Untuk itu, ada baiknya bagi setiap perusahaan mempunyai kebijakan catatan berupa tindak pencegahan terkait adanya insider trading di dalam perusahaannya. Contohnya dengan cara memisahkan data ataupun informasi yang bersifat material dan juga rahasia, sampai memberikan tugas untuk bisa terus bertanggung jawab atas pengelolaan informasi yang sifatnya rahasia.

Untuk itu, cobalah untuk menyimpan berbagai informasi data atau lisan pada tempat dan juga orang yang tepat. Bahkan, untuk masalah finansial perusahaan pun Anda harus bisa memilih orang yang tepat dan juga bisa dipercaya.

Tanggung jawab yang harus dipikul oleh tim finansial pun sangat berat, karena mereka harus mencatat berbagai jenis laporan keuangan perusahaan secara rapi dan akurat. Tentunya laporan keuangan yang dibuat dan disimpan secara manual akan sangat merepotkan. Maka dari itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, akurat, real time, dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja Anda perlukan.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, persediaan, pembeliaan, perpajakan, pembukuan, kas dan bank, aset tetap, manufaktur, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Accurate Online cocok digunakan oleh berbagai jenis skala bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga bisnis besar. lebih uniknya lagi, Anda bisa menikmati Accurate Online dengan biaya investasi sebesar 200 ribuan per bulannya.

Kurang yakin? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 2 banner bawah