Investasi Leher ke Atas dan Manfaatnya Bagi Diri

Jenis investasi yang umum diketahui oleh orang adalah investasi berbentuk uang yang disalurkan ke berbagai macam instrumen, seperti pasar saham, emas, dan obligasi. Namun sebenarnya, ada investasi lain yang hampir tidak memerlukan uang di dalam pelaksanannya, yang mana disebut dengan investasi leher ke atas.

Bentuk investasi ini sama seperti investasi umumnya yang mampu memberikan manfaat, baik di masa kini maupun masa mendatang. Bahkan, bentuk investasi ini tidak hanya memberi manfaat untuk diri sendiri, melainkan juga untuk orang lain.

Kira-kira, apa sajakah manfaat tersebut? Artikel berikut ini akan menjawabnya sekaligus mengulas lebih lanjut mengenai apa itu investasi leher ke atas, beserta jenis-jenisnya dan contoh-contohnya.

Apa Itu Investasi Leher ke Atas?

Melansir dari laman Gramedia.com, investasi leher ke atas adalah investasi yang melibatkan sesuatu yang berada di atas leher, yaitu kepala. Namun, secara lebih spesifik, yang digunakan bukanlah kepala itu sendiri, melainkan organ yang ada di dalamnya, yaitu otak. Jadi, bisa dikatakan bahwa jenis investasi ini adalah investasi dari segi ilmu, pemikiran, keterampilan, etika, serta moral.

Sebenarnya, jenis investasi ini sudah dilakukan oleh semua orang ketika berada di jenjang pendidikan formal. Namun, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk memperdalam investasi ini setelah mereka menyelesaikan pendidikan formal.

Investasi ini tidak memiliki resiko kerugian, justru penuh akan manfaat yang bisa dirasakan sampai akhir hayat. Sebab, pada dasarnya, investasi leher ke atas adalah bentuk menabung untuk pengembangan diri, yang bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar di masa mendatang.

Baca Juga: Mengenal 9 Investasi Finansial Agar Terhindar dari Resiko Investasi

Jenis-Jenis Investasi Leher ke Atas

Bentuk investasi ini tidak hanya terkait dengan bidang akademik, melainkan juga dengan berbagai aspek kehidupan. Apabila digolongkan, jenis investasi ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yakni investasi keterampilan, investasi spiritual, dan investasi sosial.

1. Investasi Keterampilan

Sesuai dengan namanya, investasi ini berhubungan dengan keahlian atau keterampilan yang dapat digunakan untuk pengembangan diri ataupun peningkatan jenjang karir. Di mana semakin ahli seseorang dalam suatu bidang, maka akan semakin besar pula peluang bagi mereka untuk meraih posisi tinggi di profesi terkait.

2. Investasi Spiritual

Investasi spiritual berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan berdasarkan kepercayaan yang dimiliki. Pendalaman investasi jenis ini dilakukan untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, serta petunjuk untuk menjalani hidup secara lebih baik.

3. Investasi Sosial

Investasi sosial berhubungan dengan masyarakat atau lingkungan sekitar. Dengan kata lain, hubungan seseorang tidak hanya ke atas (dengan Tuhan), melainkan juga ke sesama manusia.

Adapun manfaat dari jenis investasi ini adalah Anda bisa mendapat banyak relasi yang akan berguna untuk membuka peluang karir, kerja sama, pertukaran ide, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Mindset Wirausaha Ini Harus Anda Miliki Sejak Dini

Contoh Investasi Leher ke Atas

Ada banyak sekali aktivitas yang tergolong dalam investasi ini, di antaranya seperti:

1. Membaca Buku

Membaca buku dapat memperkaya wawasan serta pengetahuan. Ilmu yang didapat dari aktivitas ini akan sangat membantu diri dalam banyak aspek kehidupan, seperti pendidikan, pekerjaan, maupun karir di masa depan.

2. Mempelajari Hal Baru

Mempelajari hal baru atau hal-hal lain yang selama ini belum diketahui juga akan memberi banyak manfaat, seperti membantu mengenali potensi diri dan meningkatkan kualitas diri.

3. Mengikuti Pelatihan

Mengikuti pelatihan atau training jelas termasuk investasi leher ke atas. Anda bisa memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan skill yang dimiliki, atau bisa juga dengan pelatihan yang sama sekali baru bagi Anda.

Ilmu dari pelatihan yang Anda dapat diharapkan dapat membantu Anda untuk terus mengembangkan diri, sekaligus menjadi penunjang karir dan pekerjaan di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Wiraswasta dan Bedanya Dengan Wirausaha

Manfaat Investasi Leher ke Atas

Melakukan investasi leher ke atas bisa diartikan sama dengan menanamkan modal yang sudah pasti membuahkan hasil. Selain itu, tidak akan ada kerugian karena semua output-nya akan bisa dinikmati. Setidaknya, investasi ini akan memberi manfaat bagi diri sendiri, seperti:

  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
  2. Membuka peluang karir yang lebih baik
  3. Memperoleh kebahagiaan dan ketentraman hidup

Adapun manfaat di atas akan sangat terasa ketika Anda mulai mengimplementasikannya dalam kehidupan, terutama ketika Anda membagikan ilmu tersebut kepada orang di sekitar. Dengan begitu, manfaat yang dirasakan tidak hanya bagi diri Anda, melainkan juga orang lain.

Baca Juga: 7 Keuntungan Investor Saham Beserta Resikonya

Penutup

Investasi leher ke atas tidak akan pernah memberi kerugian bagi diri Anda. Melainkan, justru memberi banyak keuntungan yang bisa dijadikan bekal untuk masa depan. Ketika tertarik mempelajari suatu hal pun, Anda bisa langsung mencari dan mempelajarinya melalui internet.

Apabila Anda memiliki dana lebih, Anda juga bisa mengikuti pelatihan atau kursus agar bisa mendapatkan sertifikasi yang berguna ketika mencari kerja. Dalam hal ini, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran tersebut ke dalam pembukuan Anda. Untuk mempermudah pencatatannya, Anda pun bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi bisnis ini menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja. Di dalamnya, tersedia pula beragam fitur yang bisa digunakan untuk mengurus pajak, buku besar, pembelian, penjualan, hingga aset tetap.

Dengan kata lain, aplikasi bisnis ini dapat digunakan untuk perorangan maupun perusahaan. Hal ini dibuktikan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia yang telah menggunakan Accurate Online sebagai aplikasi yang membantunya dalam mencapai kesuksesan finansial.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, segera klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia