KeyBCA Adalah Alat untuk Membantu Transaksi Keuangan, Sudah Punya?

KeyBCA adalah alat yang disediakan oleh Bank BCA untuk membantu nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan. Dalam hal ini, nasabah tidak dapat melakukan transaksi melalui internet banking atau KlikBCA apabila tidak memiliki alat tersebut.

Seperti diketahui, internet banking semakin masif digunakan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan, mulai dari transfer, pembayaran tagihan, hingga pembelian pulsa elektronik. Di sinilah fungsi daripada keberadaan token BCA tersebut.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini diuraikan secara lebih detail mengenai fungsi, cara kerja, cara mendapatkan, dan cara menggunakan KeyBCA.

Fungsi KeyBCA

Seperti telah disinggung sebelumnya, KeyBCA adalah alat dibutuhkan oleh nasabah untuk melakukan transaksi melalui internet banking atau KlikBCA. Dimana jenis transaksi apapun tidak akan bisa dilakukan jika Anda belum memiliki alat tersebut.

Keberadaan token ini pun menjadi jelas, dimana fungsi daripada KeyBCA adalah memungkinkan nasabah melakukan berbagai macam transaksi finansial dengan cara yang lebih mudah dan instan. Hal ini menjadi salah satu aspek yang dipertimbangkan masyarakat dalam memilih teknologi dari Bank manakah yang mampu menawarkan kemudahan bagi para penggunanya.

Adapun jika nasabah hanya ingin melakukan pengecekan saldo atau mutasi rekening, maka KeyBCA tidaklah mereka perlukan.

Baca juga: Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Praktis, Ini Penjelasannya!

Cara Kerja KeyBCA

Begitu melihat fisik daripada KeyBCA, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya, bukan? Pasalnya, KeyBCA adalah alat yang sangat kecil, namun bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi. Terlebih, alat ini pun tidak perlu terkoneksi dengan jaringan, laptop, atau apapun itu.

Pada dasarnya, KeyBCA memiliki nomor seri yang berbeda-beda di setiap alatnya. Ketika hendak diaktifkan, alat ini baru diletakkan berdekatan dengan ID internet banking yang dimiliki nasabah.

Baru kemudian terjadi pemrosesan data pada chip KeyBCA yang akan terhubung dengan server Bank BCA. Begitu pun dengan proses enkripsi token tersebut dengan ID KlikBCA yang juga melalui server Bank BCA.

Baca juga: QRIS Adalah Teknologi Pembayaran dari Bank Indonesia, ini Penjelasannya!

Cara Mendapatkan KeyBCA

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa memiliki KeyBCA adalah tentu saja menjadi nasabah dari Bank BCA itu sendiri. Jika sudah, Anda bisa langsung mengajukan permintaan kepemilikan untuk token tersebut.

Untuk mengajukannya, Anda pun akan diminta untuk memenuhi beberapa syarat yang meliputi:

  1. Telah memiliki salah satu rekening BCA, entah itu Tahapan BCA, Tahapan Xpresi BCA, Tahapan Gold, Tapres, Giro, ataupun BCA Dollar
  2. Telah melakukan registrasi untuk pengaktifan internet banking BCA
  3. Memiliki kartu identitas
  4. Membayar biaya admin sebesar Rp 10.000

Apabila Anda sudah memiliki rekening BCA dan akun KlikBCA, Anda bisa langsung datang ke kantor BCA cabang terdekat dan lakukan pengajuan untuk token tersebut.

Adapun untuk biaya admin bisa dipotong langsung dari saldo tabungan Anda atau dengan membayarnya secara tunai. Jika ingin menggunakan saldo tabungan, pastikan bahwa sisa saldo Anda mencukupi.

Baca juga: Mobile Payment: Pengertian dan Tren Mobile Payment di Indonesia

Cara Menggunakan KeyBCA

Setelah menyimak fungsi, cara kerja, dan cara mendapatkan KeyBCA, kini tibalah pada pembahasan mengenai penggunaan alat itu sendiri. Berikut langkah-langkah penggunaannya.

  1. Masuk ke website KlikBCA di laptop atau smartphone Anda
  2. Login ke akun KlikBCA
  3. Pilih menu transaksi yang ingin dilakukan, misal ‘Transfer Dana’
  4. Masukkan Nomor rekening yang dituju
  5. Nyalakan token dengan menekan tombol segitiga berwarna merah di bagian bawah
  6. Tekan angka di website KlikBCA dan Anda hanya perlu mengikuti arahan yang tertera
  7. Masukkan 8 angka yang tertera di halaman Klik BCA ke dalam KeyBCA
  8. Salin kode yang muncul pada alat token dan salin kode tersebut di halaman website KlikBCA pada kolom ‘Respon Key BCA Apply 2’
  9. Klik lanjutkan dan kirim pada halaman berikutnya
  10. Masuk ke menu ‘Transfer ke Rekening BCA’
  11. Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer
  12. Tekan angka sesuai arahan dari website KlikBCA dan salin kode yang tertera di halaman KlikBCA pada KeyBCA
  13. Tunggu hingga token memberikan kode respon
  14. Masukkan kode respon pada kolom kode respon yang terdapat pada halaman KlikBCA
  15. Klik kirim untuk menyelesaikan transaksi

Baca juga: E Money Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan kekurangannya

Penutup

Demikianlah informasi terkait KeyBCA yang merupakan alat untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi finansial melalui internet banking atau KlikBCA. Dimana KeyBCA adalah alat ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer dana, pembelian pulsa elektronik, hingga pembayaran tagihan secara lebih cepat dan instan.

Adapun untuk dapat menikmati kemudahan dari KeyBCA adalah Anda perlu menjadi nasabah dari Bank BCA terlebih dahulu. Anda pun perlu melakukan aktivasi untuk internet banking, baru kemudian mengajukan kepemilikan untuk penggunaan alat tersebut.

Kemudahan teknologi seperti ini terbukti sangat memudahkan kita dalam melakukan transaksi finansial. Karena itu, masyarakat terus mencari teknologi mana yang mampu menawarkan lebih banyak kelebihan di antara produk sejenisnya.

Dalam hal pengelolaan keuangan, telah hadir sebuah software akuntansi dan bisnis berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, baik untuk keuangan pribadi atau bisnis Anda. Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya juga disediakan guna membuat pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan menjadi lebih akurat, cepat, dan otomatis. Hingga kini, Accurate Online pun telah terbukti membantuk pebisnis mencapai kesuksesannya.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia