LLG adalah Metode Transfer Uang Melalui Kliring, Apa Bedanya dengan RTGS dan Real Time?

LLG adalah layanan transfer rekening antar-bank yang menggunakan mekanisme kliring. Sementara, RTGS dan Real Time Transfer adalah layanan transfer uang antar-bank yang dilakukan secara real time.

Ketiga layanan di atas merupakan layanan transfer yang disediakan perbankan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Ketiganya memiliki karakterisitik pelayanan tersendiri dan ditujukan untuk kepentingan yang berbeda.

Lantas, apa perbedaan di antara ketiganya? Sebelum menjawab hal tersebut, mari ketahui dan pahami terlebih dahulu pengertian dari masing-masing layanan.

Apa Itu LLG?

LLG adalah singkatan dari Lalu Lintas Giro yang merupakan proses pengiriman uang atau transfer rekening antar-bank yang berbeda melalui mekanisme kliring. Dalam dunia perbankan, kliring dipahami sebagai pengecekan kecukupan saldo rekening oleh bank terhadap nominal yang akan ditransfer atau dikirimkan ke rekening bank lain.

Layanan transfer ini memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Dimana kelebihan dari penggunaan layanan transfer LLG adalah biaya layanan yang cenderung murah dan terjangkau.

Setiap bank sebenarnya memiliki kebijakan tarif layanan yang berbeda. Namun, Bank Indonesia (BI) menetapkan biaya maksimal Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) sebesar Rp2.900 dengan batas minimum pengiriman Rp10.000 dan maksimum Rp99.999.999 per hari.

Penetapan biaya yang murah tersebut dilakukan guna mendorong penggunaan pembayaran nontunai di masa pandemi Covid-19, setelah sebelumnya harga yang ditetapkan per transaksi ialah sebesar Rp5.000.

Adapun kekurangan dari layanan transfer LLG adalah proses transfer uang yang memakan waktu lama hingga 2-3 hari kerja. Proses LLG pun dilakukan sesuai dengan jadwal kliring yang ditentukan oleh pihak bank pengirim. Artinya, bank tidak melakukan proses kliring sepanjang waktu di setiap hari kerjanya.

Transfer uang via LLG dapat dilakukan secara manual melalui teller atau secara online melalui internet atau mobile banking. Layanan transfer LLG via teller dilakukan dengan mengisi formulir yang disediakan oleh bank terlebih dahulu. Sementara layanan transfer LLG via online dapat dilakukan dengan memilih opsi LLG pada website atau aplikasi bank terkait.

Baca juga: Split bill: Metode Pembayaran Yang Digemari Kaum Milenial

Apa Itu RTGS?

RTGS adalah layanan transfer uang antar-bank dengan valuta rupiah secara real time. Meski namanya Real Time Gross Settlement, mekanisme pengiriman uang tidak benar-benar sampai secara real time. Dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk uang sampai ke rekening penerima.

Jika transfer dilakukan pada pagi hari, maka uang akan tiba di rekening bank tujuan pada siang atau sore hari di hari yang sama. Namun, jika transfer dilakukan saat jam operasional bank hendak tutup, maka uang akan sampai ke rekening tujuan pada hari berikutnya.

Dibandingkan LLG, proses pengiriman uang melalui layanan RTGS terbilang lebih cepat. Karena itu, biaya layanan yang diberlakukan juga lebih mahal dari LLG. Meski berbeda-beda di setiap bank, besaran biaya layanan untuk setiap transaksi melalui RTGS berkisar di Rp15.000 hingga Rp50.000 dengan nominal transaksi di atas 100 juta rupiah.

Baca juga: Pengertian Alat Pembayaran dan Jenis-jenisnya

Apa Itu Real Time Transfer

Mekanisme pengiriman uang yang terakhir adalah Real Time Transfer atau lebih dikenal dengan istilah online transfer. Sistem Real Time Transfer ini merupakan sistem yang digunakan pada transfer online menggunakan mobile banking, internet banking, dan ATM yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam bertransaksi sehari-hari.

Berbeda dengan LLG dan RTGS, Real Time Transfer benar-benar dilakukan secara real time dan hanya memerlukan durasi singkat untuk mengirimkan uang dari satu rekening ke rekening lainnya.

Begitu pihak pengirim melakukan transfer uang, pihak penerima akan langsung menerima uang. Saldo pihak pengirim pun akan otomatis berkurang, sementara saldo penerima akan langsung bertambah secara bersamaan.

Limit minimun untuk bisa melakukan transfer online ialah sebesar Rp10 ribu hingga Rp25 juta per hari. Biaya yang dikenakan pada layanan transfer ini juga cukup murah, yaitu Rp6.500 untuk transfer ke rekening bank yang berbeda.

Baca juga: Kartu Kredit Adalah Salah Satu Alat Pembayaran, Ini Cara Kerja dan Pencatatan Akuntansinya

Perbedaan LLG, RTGS, dan Real Time Transfer

Lantas, apa saja perbedaan di antara ketiga layanan?

1. Mekanisme yang Digunakan

Layanan LLG menggunakan mekanisme kliring, RTGS menggunakan mekanisme transfer, sementara Real Time Transfer menggunakan mekanisme switching.

2. Nominal Transaksi

Nominal transaksi jika menggunakan layanan LLG adalah kurang dari 100 juta rupiah, sementara RTGS di atas 100 juta rupiah, dan Real Time Transfer di antara 10 ribu hingga 25 juta rupiah.

3. Biaya Transaksi

Biaya yang dikenakan per transaksi jika menggunakan layanan LLG ialah sebesar Rp2.900, RTGS sekitar Rp15.000 hingga Rp50.000, kemudian Real Time Transfer sebesar Rp6.500 jika ke bank berbeda.

4. Waktu Layanan

Waktu layanan LLG hanya pada hari kerja yang sesuai jadwal kliring masing-masing bank, RTGS pada hari kerja, sementara Real Time Transfer bisa dilakukan kapan saja.

5. Eksekutor

Eksekutor yang pada mekanisme pengiriman uang melalui LLG adalah Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Sementara eksekutor pada layanan RTGS dan Real Time Transfer adalah bank.

6. Lama Proses

Layanan transfer LLG memakan waktu sekitar 2-3 hari kerja, sementara RTGS sekitar 4 jam kerja, kemudian Real Time Transfer ialah langsung atau real time.

7. Sarana

Sarana untuk menggunakan layanan LLG dan RTGS ialah kantor cabang, mobile banking, dan internet banking. Sementara Real Time Transfer bisa menggunakan mesin ATM, mobile banking, internet banking, SMS banking, dan phone banking.

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Jenis-jenisnya

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai tiga layanan transfer yang disediakan perbankan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Ketiga layanan tersebut yaitu LLG (Lalu Lintas Giro), RTGS (Real Time Gross Settlement), dan Real Time Transfer.

LLG adalah mekanisme transfer uang yang menggunakan sistem kliring, sementara RTGS adalah mekanisme transfer yang menggunakan sistem transfer, dan Real Time Transfer adalah mekanisme transfer yang menggunakan sistem switching.

Ketiga layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena itu, penggunaannya ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Adapun ketika mengirim atau menerima uang, kita perlu mencatatkannya pada pembukuan keuangan. Dalam hal ini, Anda bisa mencatat dan membuat laporan keuangan dengan cara yang lebih cepat, akurat, dan otomatis dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya mudah untuk digunakan dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia