Split bill: Metode Pembayaran Yang Digemari Kaum Milenial

Beberapa bulan lalu, jagat dunia media sosial Twitter ramai membincangkan tentang aturan split bill saat kencan pertama. Bahkan, kata split bill tersebut berhasil menjadi trending topic twitter.

Viralnya istilah kata ini diawali dari cerita pasangan yang berkenalan menggunakan media sosial twitter. Keduanya lalu memutuskan untuk ketemuan di suatu restoran. Nah, tagihan restoran tersebut pun diketahui dibayar menggunakan metode pembayaran split bill.

Setelah berkencan, salah satu teman yang berasal dari pihak wanita ternyata menghubungi pria tersebut lalu mempermasalahkan metode ini. Si pria dianggap tidak mempunyai etika saat kencan pertama karena tidak mau membayar tagihan wanita yang diajaknya berkencan.

Lalu, masalah tersebut pun memancing berbagai reaksi dari para netizen. Sebagian dari mereka sepakat dengan sudut pandang pihak wanita. Tapi, banyak juga yang sepakat dengan tindakan pria. Mereka menganggap bahwa metode pembayaran tersebut adalah wajar di zaman sekarang.

Lalu, apa itu metode pembayaran split bill? Apakah ada alternatif lain selain menggunakan metode ini? Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kami akan menjawab pertanyaan tersebut secara lengkap khusus untuk Anda.

Apa Itu Split bill?

Berdasarkan laman stackexchange, split bill diambil dari kata bahasa Inggris yang mempunyai arti memisahkan tagihan atau patungan tagihan. Di dalam konsep ini, setiap orang harus membayar tagihannya masing-masing dengan uang mereka sendiri.

Metode pembayaran split bill ini digunakan agar setiap pihak tidak merasa dirugikan. Sehingga, tidak ada orang yang harus membayar barang ataupun jasa yang tidak mereka konsumsi atau mereka gunakan.

Umumnya orang akan menggunakan metode split bill saat makan dengan teman-temannya. Namun, metode ini sudah berkembang dan diterapkan dalam kencan, termasuk pada kencan pertama.

Metode pembayaran ini tidak hanya bisa digunakan saat membeli suatu produk, tapi bisa juga digunakan untuk membayar suatu jasa. Contohnya, patungan memesan ruang karaoke, menyewa villa, membayar taksi onLINE, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu CVV dalam Kartu Kredit? Dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Rekomendasi Aplikasi split bill

1. LINE

Saat ini, LINE menghadirkan suatu inovasi baru melalui salah satu layanan yang mereka miliki. Selain bisa melakukan pertukaran pesan, aplikasi ini juga merilis fitur yang disebut dengan LINE SPLITBILL.

LINE Splitbill adalah suatu fitur hitung dan membagi tagihan dengan menggunakan teknologi yang dikenal dengan Optical Character Recognition (OCR). Sehingga, Anda bisa melakukan pemindaian dan menghitung tagihan secara lebih otomatis dan hanya memerlukan waktu 5 detik saja.

Dengan adanya fitur ini, LINE berhasil menjadi aplikasi pertama yang menggunakan teknologi OCR pada fitur LINE SPLITBILL-nya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Anda cukup membuka LINE dan memilih LINE SPLITBILL yang terdapat di menu chat. Pindailah tagihan secara langsung menggunakan kamera atau ambil tagihan langsung dari galeri smartphone Anda.

Bila teman Anda tidak menggunakan LINE, maka Anda bisa menggunakan pilihan “add a friend without LINE. Selanjutnya, Anda tinggal sesuaikan mana yang menjadi masing-masing tagihan. Periksa dan pastikan nominal tagihan secara tepat sesuai yang ada di dalam tagihan, lalu bagikan hasil dari LINE SPLITBILL tersebut.

Selain bisa menghitung tagihan secara merata, fitur ini juga bisa secara otomatis menghitung pajak dan layanan restoran.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, manfaat dari fitur ini tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna LINE saja, tapi mereka yang tidak menggunakan LINE juga bisa merasakan manfaatnya dengan adanya fitur “add a friend without LINE”.

Hal tersebut karena para pengguna LINE bisa menggunakan LINE SPLITTBILL untuk menyalin dan juga mengirim link hasil hitungan ke platform lain pada teman mereka. Untuk bisa memperoleh hasil perhitungan tersebut, mereka yang tidak menggunakan LINE hanya harus membuka link yang akan terlihat dalam format web-based.

2. Jenius

Dengan fitur split bill pada aplikasi Jenius, maka Anda bisa membagi bill hanya dengan menggunakan smartphone. Aplikasi ini akan menghitung pembagian bill Anda secara otomatis dan juga melacak status penagihan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membagi tagihan makanan atau membagikan utang patungan ke teman Anda yang menggunakan Jenius dengan menggunakan fitur $Cashtag.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Pertama Anda hanya perlu memilih menu split bill, lalu pilih $cashtag yang ada di dalam daftar kontak, atau pilih tambah kontak agar bisa menambahkan kontak secara manual.

Bila sudah selesai, Anda tinggal pilih kontak dan memasukkan tagihan yang ingin Anda bagikan. Setelah itu, atur ulang nominal uang pembayaran yang sesuai dengan tagihan perorang bila dibutuhkan. Lalu, bila perlu tambahkanlah catatan dan periksa permintaan uang dan pilih kirim permintaan

Tapi, bagaimana cara mengirim uang jika menerima permintaan split bill? Mudah, Anda hanya harus pilih ikon notifikasi yang memiliki bentuk seperti lonceng yang ada di sisi kanan atas.

Lalu di halaman notifikasi tersebut, pilihlah permintaan uang yang ingin Anda bayar. Sebelum itu, Anda harus cek lagi detail permintaan split bill tersebut, lalu kirim uang untuk bisa membayar tagihan.

3. Pawoon

Fitur split bill yang ada di dalam aplikasi Pawoon mampu memberikan kemudahan pada Anda agar bisa memisahkan pembayaran yang ada di dalam satu interaksi yang sama. Itu artinya, pelanggan bisa memisahkan struk pembayaran walaupun transaksi dilakukan secara bersama.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Pertama, lakukanlah transaksi Anda, lalu masukan pesanan dan pilih bayar yang akan membawa Anda ke halaman total tagihan.

Selanjutnya, pilih split, dan nantinya akan tampil opsi banner, pilihlah opsi split bill dan klik pilih yang nantinya akan menampilkan laman daftar pesanan Anda.

Di dalam halaman daftar pesanan ini, Anda bisa memilih jenis pesanan yang ingin Anda bayar secara terpisah, lalu klik bayar agar bisa menyelesaikan transaksi. Nantinya, Anda akan dibawa pada laman total tagihan dengan jumlah tagihan pesanan yang Anda pilih.

Laman split ini juga akan menampilkan daftar pesanan yang belum dibayar, dan untuk pesanan yang sudah dibayar akan diberi tanda centang berwarna hijau.

Anda juga bisa menyelesaikan sisa transaksi yang belum dibayar dengan cara serupa. Bila Anda sudah melakukan pembayaran, nanti Anda akan dibawa pada laman split bill lagi. Tapi jika Anda belum mau membayar transaksi, maka Anda bisa memilih opsi simpan.

Pesanan tersebut akan masuk secara langsung ke dalam daftar transaksi tersimpan Anda. Untuk bisa menyelesaikan transaksi tersebut, Anda hanya perlu klik lanjutkan transaksi.

4. Dana

Cara menggunakan fitur split bill yang ada pada aplikasi Dana juga terbilang mudah, Anda cukup buka aplikasi Dana, pilih minta, dan pilih menu patungan yang terdapat pada bagian bawah.

Selanjutnya, pilih tombol atur tagihan dan masukan nominal Anda. Tekan opsi tambah teman dan pilihlah kontak yang akan Anda ajak untuk melakukan split bill. Nantinya, Dana akan membagikan tagihan secara adil dan otomatis.

Anda juga bisa memasukan nominal tagihan secara manual bila memang perlu. Tekan patungan yuk, lalu pilihlah aplikasi yang Anda inginkan untuk membagi hasil link split bill tersebut.

5 Gopay

Dengan Gopay, Anda bisa melakukan pembayaran split bill dengan fitur Minta atau Request. Patungan akan jadi lebih mudah dan Anda juga tidak perlu malu lagi dalam menagih utang.

Namun untuk bisa melakukan permintaan pembayaran transfer melalui chat, Anda harus terlebih dahulu mengupgrade akun GoPay Anda. Bila sudah, Anda bisa melakukan transfer saldo Gopay secara mudah pada teman Anda tanpa adanya biaya tambahan.

Baca juga: Electronic Money: Sejarah, Electronic Money Terbaik dan Cara Kerjanya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang split bill. Jadi, split bill adalah suatu metode pembayaran yang mana setiap orang harus membayar tagihannya masing-masing dengan uang mereka sendiri.

Dengan menggunakan metode ini, maka tidak akan ada orang yang dirugikan dalam membayar tagihan makanan atau jasa yang sudah digunakan.

Sebagai pebisnis, Anda harus memaklumi hal tersebut dan menyediakan metode pembayaran yang mampu memudahkan mereka. Seperti menggunakan metode pembayaran cashless, kartu kredit, dompet digital, dll. Sehingga, pelanggan pun bisa nyaman dan loyal pada bisnis Anda.

Namun, jangan lupa untuk terus mencatat setiap transaksi serta penjualan yang terjadi pada bisnis Anda dengan tepat menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate OnLINE.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mencatat setiap transaksi dan penjualan yang terjadi pada bisnis Anda secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, berbagai fitur di dalamnya juga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate OnLINE selama 30 hari gratis.accurate1