Apa itu Manajemen Piutang? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Perusahaan!

Pada dasarnya, manajemen piutang adalah serangkaian proses kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk bisa mengelola piutang usaha sehingga bisa berjalan secara baik.

Kegiatan ini berupa perencanaan dan pengawasan dalam bentuk klaim pada pihak lain, badan usaha, perorangan, ataupun pihak tertagih atas kegiatan aktiva ataupun kekayaan perusahaan yang muncul dari pelaksanaan transaksi penjualan kredit.

Dalam suatu bisnis, manajemen piutang adalah hal yang sangat penting agar berbagai proses piutang bisnis bisa dilakukan sebagaimana seharusnya.

Nah, pada kesempatan kali ini mari kita bahas lebih dalam tentang piutang dalam bisnis.

Manajemen Piutang Usaha

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menerapkan kebijakan untuk melakukan manajemen piutang.

1. Menawarkan Kebijakan Kredit

Sebagai pebisnis, Anda bisa menentukan jumlah yang akan diterima dan juga jangka waktu pembayaran kredit dengan cara menawarkan kebijakan kredit pada calon pelanggan.

Pelanggan akan merasa lebih senang dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang, sehingga beban pembayaran pun nantinya bisa sedikit lebih ringan. Selain itu, Anda juga bisa memilih persyaratan dan juga tingkat pengeluaran Anda pada calon pelanggan untuk melakukan pembayaran secara kredit.

2. Membuat Standar Kredit

Dalam pengajuan kredit, Anda harus bisa membuat standar kredit yang baik. Standar kredit sendiri adalah kualitas kelayakan kredit calon pelanggan untuk bisa melakukan pengajuan kredit yang sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Untuk bisa membuat standar kredit, terdapat beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, yakni rasio utang, rasio cakupan bunga, riwayat kredit calon pelanggan, dan lain sebagainya.

3. Melakukan Penagihan Secara Berkala

Saat Anda memberikan kredit atau piutang pada pelanggan, Anda harus bisa menjaganya secara berkala dengan cara mengirim pesan lewat email, telepon ataupun media sosial.

Hal tersebut dilakukan agar bisa mengingatkan dan juga meningkatkan tingkat kesadaran konsumen agar bisa segera memenuhi kewajibannya dalam melakukan pembayaran.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kunjungan personal secara langsung pada pelanggan. Beberapa perusahaan menengah ke atas pun bahkan membentuk suatu agensi penagihan agar bisa melakukan tugas pada bagian penagihan kredit.

Baca juga: Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan Terbaik untuk Modal Bisnis

Contoh Manajemen Piutang

Agar bisa lebih mempermudah Anda dalam memahami manajemen piutang, berikut ini kami sudah menyajikan contoh soal yang mudah dimengerti:

Katakanlah adalah suatu perusahaan dagang PT ABC yang pada awalnya melakukan penjualan secara tunai. Penjualan yang berhasil dicapai oleh PT ABC per tahunnya rata-rata adalah Rp 100.000.00.

Lalu, PT ABC berencana ingin menawarkan syarat penjualan n/60. Artinya, pihak pelanggan bisa melunasi pembayaran di hari ke 60. Dengan adanya syarat penjualan yang baru tersebut, diperkirakan perusahaan akan bisa meningkatkan penjualan hingga Rp 1.000.000.000 serta profit margin sebanyak 15%.

Lantas, apakah perusahaan harus beralih ke penjualan kredit bila biaya dananya adalah 16%?

  • Analisis Manajemen Piutang

Tambahan keuntungan karena adanya tambahan penjualan:

= (Rp 1.000.000.000 – Rp 100.000.000) x 15%

= Rp 135.000.000

  • Analisa Piutang

Perputaran piutang = 360 hari : 60 hari = 6 x dalam setahun

Rata-rata piutang = Rp 1.000.000.000 : 6 = Rp 166.666.666

Dana yang dibutuhkan agar bisa membiayai piutang tersebut adalah:

= 85% x Rp 166.666.666

= Rp 141.666.666

Disisi lain, biaya dana yang harus ditanggung karena mempunyai tambahan piutang adalah:

= Rp 141.666.666 x 0,16

= Rp 22.666.666

Jadi, tambahan manfaat bersih PT ABC adalah:

= Rp 135.000.000 – Rp 22.666.666

= Rp 112.333.333

Baca juga: Apa itu Surat Tagihan? Ini Fungsi dan Komponen di Dalamnya!

Manfaat Manajemen Piutang 

Manfaat utama dari manajemen piutang adalah bisa membantu perusahaan untuk mengelola piutang. Selain itu, dengan kehadiran piutang, Anda akan bisa memastikan bahwa perusahaan mampu tertagih, sehingga bisa masuk dalam putaran arus kas perusahaan yang pada akhirnya nanti akan menambahkan keuntungan.

Berikut beberapa manfaat manajemen piutang lainnya dalam bisnis atau usaha:

1. Meningkatkan Profit 

Melakukan manajemen piutang dapat menambah laba perusahaan. Perusahaan dapat menerima serta menagih piutang dengan pengelolaan dan pengorganisasianyang baik. Piutang yang tertagih pun nantinya akan terkonversi sebagai kas yang tentunya akan meningkatkan keuntungan suatu bisnis atau usaha.

2. Mengurangi Resiko Kecurangan 

Salah satu sumber risiko kecurangan berasal dari tidak dilunasinya semua tagihan piutang. Penyebabnya bisa dari kurang selektifnya pihak perusahaan dalam memilih pelanggan, yang mana dalam hal ini pelanggan ternyata tidak mampu membayar tagihan.

Tapi dengan adanya manajemen piutang yang baik, maka Anda bisa menekan risiko kecurangan yang terjadi di dalam penjualan.

3. Membantu Menghadapi Persaingan Bisnis 

Manfaat lainnya dari pengelolaan piutang masih berhubungan dengan poin sebelumnya, yang mana penjualan yang dilakukan secara kredit adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk bisa meningkatkan laba.

Hal tersebut terjadi karena saat perusahaan menerapkan kegiatan penjualan kredit, maka pangsa pasar yang bisa Anda jangkau akan bisa menjadi lebih luas. Sehingga, akan mampu membantu perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis.

Baca juga: Apa itu Invoice Financing? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang piutang. Agar lebih mudah lagi dalam melakukan manajemen piutang, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis yang sudah dilengkapi dengan sistem invoicing untuk mengirim proses penagihan pada pelanggan dan membuat invoice secara otomatis. Nah, aplikasi bisnis tersebut adalah Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda juga bisa lebih mempercepat proses pembayaran. Aplikasi ini pun telah menyediakan fitur yang mampu melacak histori tagihan, melakukan otomatisasi pengiriman invoice, serta memaksimalkan arus kas.

Lebih menariknya lagi, aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam membuat keputusan penting untuk bisnis Anda.

Tertarik dalam menggunakan Accurate Online? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, Gratis!

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.