Mengenal Mata Uang Termahal yang Ada di Dunia

Ketika membahas mata uang terkenal di dunia, sebagian besar dari Anda pasti akan langsung ingat dengan dolar Amerika, Poundsterling, dan Euro. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ketiganya bukanlah mata uang termahal di dunia saat ini.

Sebelumnya, harus Anda ketahui bahwa nilai dari mata uang akan sangat bergantung dari berbagai faktor. Nah, mata uang termahal yang akan kita bahas kali ini bukanlah mata uang yang paling banyak digunakan, namun yang memang memiliki nilai paling mahal. Berikut ini adalah ulasannya.

10 Mata Uang Termahal di Dunia Saat Ini

1. Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang termahal yang pertama adalah Dinar Kuwait atau KWD. Perannya yang besar pada industri perminyakan dunia sudah menjadikannya sebagai salah satu negara paling kaya di bumi dengan perkiraan kekayaan mencapai US$ 71,58 miliar.

Berdasarkan data dari Google Finance, ketika artikel ini diterbitkan, 1 KWD setara dengan 48.567 rupiah.

Sebagai tambahan informasi, Kuwait adalah salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia dengan banyaknya cadangan minyak di seluruh negaranya. Dinar Kuwait tidak akan terkena dampak klasifikasi atau inflasi, karena saat ini memiliki hampir 1 triliun dolar cadangan, emas, dan aset yang bisa mendukung Dinar Kuwait menjadi mata uang termahal di dunia.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Sejauh ini, Bahrain mendapatkan kekayaan dengan cara mengekspor produk bumi sebanyak 69 miliar dollar Amerika. Untuk itu, jangan heran bila kontribusi substansial mereka pada kekuatan lanjutan dari Dinar Bahrain masih menjadi yang paling mahal kedua di dunia.

Saat artikel ini diterbitkan, 1 BHD setara dengan 38.866 Rupiah.

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman atau OMR menjadi mata uang termahal ketiga di dunia dan satu OMR samadengan 39.050 Rupiah. Negara Oman sendiri memiliki ekonomi yang kuat dengan inflasi yang rendah, sehingga memberikan dampak yang besar pada mata uangnya.

Walaupun Oman memiliki cadangan minyak paling sedikit di dunia, namun karena lokasinya yang berada di Teluk Persia memberikan kendali atas volume minyak yang lebih besar karena ukuran cadangannya.

Baca juga: Uang Fiat: Pengertian, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan, Dan Bedanya Dengan Uang Komoditas

4. Dinar Yordania (JOD)

Berdasarkan laman Money Inc. tingginya nilai mata uang Yordania adalah hasil dari produk kebijakan pemerintah yang mampu membatasi nilai mata uang. Dinar Yordania memiliki nilai yang tinggi karena mata uangnya dipatok ke Dollar Amerika Serikat

Pemerintah negaranya mempertahankan nilai tukar tetap, sehingga mata uang negara tersebut tidak terkena dampak perubahan dari penawaran dan permintaan.

5. Poundsterling Inggris (GBP)

Poundsterling telah diakui sebagai mata uang resmi Britania Raya dan hadir dalam beragam bentuk. Walaupun beberapa wilayahnya mengeluarkan mata uang yang unik seperti Poundsterling Gibraltar, namun mereka memiliki nilai tukar yang setara.

Poundsterling menjadi mata uang yang banyak diperdagangkan dalam valuta asing bersamaan dengan Dollar Amerika, Yen Jepang, dan juga Euro.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Kepulauan Cayman menjadi kawasan surga pajak dan menjadi salah satu tempat yang ideal untuk perusahaan internasional. Itu artinya, negara tersebut memberlakukan peraturan pajak yang sangat toleran atau bahkan tidak memiliki undang-undang pajak.

Tingginya nilai mata uang KYD adalah dampak dari kegiatan ekspor minyak yang besar ke pasar global.

Baca juga: Nilai Intrinsik Uang: Pengertian Dan Bedanya Dengan Nilai Ekstrinsik

7. Euro (EUR)

Euro merupakan mata uang resmi dari berbagai kelompok yang dikenal dengan Kawasan Euro atau Zona Euro. Mata uang ini mencakup 19 dari 27 negara Eropa di Unie Eropa.

Karena ada banyak negara kaya yang tergabung ke dalamnya, maka nilai mata uang euro pun menjad mata uang termahal di setiap tahunnya.

8. Franc Swiss (CHF)

Frand Swiss adalah mata uang untuk negara Swiss dan Liechtenstein. Kedua negara tersebut mengandalkan sektor perbankan yang tertutup, sehingga kedua negara tersebut menjadi tempat yang aman untuk modal internasional.

9. Dolar AS (USD)

Dolar Amerika menjadi mata uang nasional resmi Amerika Serikat dan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia. Dengan alasan tersebut, mata uang ini dijadikan dasar dalam mengukur kekuatan mata uang lainnya.

Selama UD masih menjadi mata yang yang banyak digunakan secara luas, maka mata uang USD akan terus berada dalam deretan mata uang termahal di tahun-tahun selanjutnya.

10. Dollar Kanada (CAD)

Negara Kanada memiliki negara yang memiliki cadangan uranium paling besar kedua di dunia selain minyak mentahnya.

Karena hubungannya dengan AS melalui jalur perdagangan sangat kuat, maka Dolar Kanada berfluktuasi secara substansial berdasarkan nilai Dollar Amerika yang sedang berlangsung.

Baca juga: Uang Adalah: Pengertian dan Perbedaannya dengan Mata Uang

Penutup

Perlu Anda ketahui bahwa nilai tukar dari deretan mata yang termahal di dunia di atas akan terus mengalami perubahan. Tapi, umumnya nilai tukar dari mata uang tersebut tidak terlalu signifikan.

Sebagai pebisnis, terutama pebisnis ekspor-impor, tentu Anda harus mengetahui nilai mata uang yang ada di setiap negara dan Anda harus bisa membuat anggaran belanja yang baik, serta mencatatnya di dalam pembukuan.

Namun, kegiatan tersebut tentunya memerlukan waktu yang sangat lama dan sangat rentan terjadi kesalahan bila dilakukan secara manual. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, kegiatan dalam membuat anggaran akan terasa lebih mudah. Seluruh kegiatan tersebut pun akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 lebih laporan keuangan secara akurat.

Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan modul dan fitur luar biasa yang akan membantu Anda mengelola dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa secara langsung Anda coba selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia