Di Tahun 2021, Saatnya Menghindari Rasa Takut Tentang Money Talk

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, apakah pembicaraan tentang keuangan atau money talk membuat Anda merasa ngeri? Jangan khawatir ada cara sederhana untuk membantu Anda mengubah percakapan canggung itu menjadi percakapan yang mudah.

Ketika Anda memulai sebuah bisnis, mungkin Anda memiliki rasa takut dan menghindari percakapan yang berhubungan dengan keuangan. Misalnya jika Anda membangun bisnis di bidang jasa, klien akan bertanya kepada Anda berapa tarif yang harus saya bayarkan, dan Anda akan mengubah topik dengan mengajukan pertanyaan: “Berapa anggaran Anda?”

Mungkin Anda berpikir bahwa ini adalah keputusan yang tepat karena memungkinkan Anda untuk mengukur apakah Anda layak menerima pekerjaan tersebut berdasarkan apa yang mereka bayarkan kepada Anda. Sebenarnya Anda hanya merasa tidak nyaman untuk memberi tahu klien berapa tarif sebenarnya karena takut mereka akan menolaknya.

Pada kenyetaannya banyak orang benci jika harus berurusan dengan money talk, baik tentang penetapan harga, pembuatan laporan keuangan, atau lainnya.

Demikian pula, Anda mungkin merasa sungkan untuk mengejar klien karena keterlambatan pembayaran karena Anda membayangkan mereka akan melihat Andasebagai seseorang yang hanya tertarik pada uang dan tidak berorientasi pada kerjasama yang berkelanjutan.

Banyak orang yang takut berbicara jika berhubungan daengan money talk, karena mereka berpikir itu akan menyebabkan hubungan yang tegang dan kehilangan klien yang berharga.

Hindari ketakutan terhadap money talk di tahun 2021 ini dengan berbagai tips sederhana yang telah kami buat untuk Anda:

Atasi Imposter Syndrome dan Dapatkan Rasa Nyaman Dengan Uang

Pernah mendengar imposter syndrome? Dilansir dari Wikipedia, Sindrom penyemu(impostor syndrome) dikenal juga sebagai fenomena penyemu (impostor phenomenon), sindrom penipuan (fraud syndrome), atau pengalaman penyemu (impostor experience) adalah sebuah konsep yang menjelaskan keadaan individu yang ditandai oleh ketidakmampuan untuk menginternalisasi pencapaian/prestasi mereka dan terus menerus merasa takut dianggap sebagai “penipu”.

Lalu apa hubungannya?

Ketika bisnis Anda berkembang, Anda akan tumbuh dan menyadari pembicaraan tentang uang tidak dapat dihindari. Anda juga dengan cepat belajar bahwa jika Anda ingin dibayar dan memiliki bisnis yang berkembang, money talk adalah hal penting yang harus Anda lakukan

Semakin banyak percakapan yang saya lakukan, semakin mudah jadinya. Ketika klien menanyakan tarif, Anda harus memberi tahu mereka harga Anda sebenarnya. Saat pembayaran lewat jatuh tempo, Anda harus mengingatkan mereka, bukan mendiamkannya dengan alasan takut membuat mereka tersakiti. Ingatlah, arus kas adalah hal penting dalam bisnis

Pada akhirnya Andamengerti mengapa Anda sangat tidak nyaman melakukan percakapan ini. Bukan hanya rasa takut kehilangan klien, jauh lebih dalam dari itu: Anda hanya tidak menyukai konflik, merasa seperti penipu, dan tidak memahami nilai yang nyata dalam membangun sebuah bisnis. Siapa yang akan menagih klien jika bukan Anda? Nilai apa yang sebenarnya sudah Anda berikan?

Pertanyaan-pertanyaan ini menguasai pikiran Anda. Keraguan berkecamuk dan memengaruhi kemampuan untuk menghasilkan uang. Tapi tahukah Anda? Seiring waktu, dengan mengembangkan rasa harga dirim Anda akan menjadi lebih nyaman jika berbicara tentang uang.

Baca juga: Sharing Economy: Pengertian, Konsep, Kelebihan dan Kekurangannya

Money Talk adalah Bagian Kunci dari Bisnis Kecil Anda

Anda akhirnya menjadi sangat percaya diri, dan Anda akan berbicara: “Ini adalah layanan yang saya tawarkan dan ini adalah harga saya. Jika Anda tidak menyukainya, tidak apa-apa; Saya hanya akan menemukan seseorang yang bersedia nilai dari layanan yang saya berikan. ”

Mungkin merasa nyaman dalam berbicara tentang adalah hal panjang yang haus dibangun secara bertahap. Tetapi dengan meningkatkan harga diri, pengakuan atas nilai yang Anda berikan, dan penerimaan bahwa percakapan ini adalah bagian dari menjalankan bisnis akan membangun bisnis untuk berkembang.

Money talk memang lebih sulit bagi beberapa orang, terutama jika dalam pekerjaan yang memiliki komitmen tinggi. Begitu sulit sehingga banyak yang berjuang untuk menegaskan nilai mereka.

Mungkin Anda bahawa Andadapat membangun bisnis tanpa harus berbicara tentang uang dengan klien atau pihak yang berhubungan dengan bisnis Anda. Tetapi Anda tidak bisa – money talk tidak bisa dihindari. Yang dapat Anda lakukan adalah berinvestasi pada alat yang akan membuatnya lebih mudah dikelola.

Baca juga: Ingin Pinjam Modal Usaha? Ini 10 Hal yang Harus Anda Perhatikan

money talk 2

Bagaimana Tools yang Tepat Membuat Money Talk Menjadi Mudah dan Dapat Diatur

Sama seperti media sosial yang memudahkan untuk membuat koneksi baru, alat yang tepat telah membuat pembicaraan tentang uang yang canggung menjadi lebih mudah dengan membiarkan Anda menempatkan sebagian besar proses pada autopilot. Cara yang bisa Anda gunakan adalah seperti:

1. Gunakan otomasi pengingat pembayaran yang terlambat

Anda telah mengirim faktur ke klien dan pembayarannya sekarang telah jatuh tempo. Pernah melakukannya?

Biasanya Anda memiliki tugas yang memakan waktu untuk membuat dan mengirim email untuk mengingatkan klien bahwa faktur telah jatuh tempo. Anda mungkin akan merasa tertekan dan bertanya-tanya: Bagaimana saya akan menyampaikan email ini tanpa terkesan memaksa?

Anda mungkin juga khawatir bagaimana klien akan merespons dan bagaimana Anda akan menghadapinya. Keseluruhan proses ini dapat menyebabkan banyak kecemasan. Banyak orang telah mengalaminya berkali-kali.

Anda bisa menggunakan Accurate Online yang memungkinkan Anda menyetel pengingat pembayaran otomatis segera setelah Anda mengirim faktur pertama. Anda juga dapat mengirim pengingat ketika faktur jatuh tempo melalui email, SMS dan whatsapp dengan menggunakan add on yang tersedia pada Accurate Online.

2. Memberikan potongan harga bagi klien yang membayar sebelum jatuh tempo

Mendapatkan uang lebih cepat diterima pada bisnis dan membayar lebih sedikit dari nilai yang sudah ditetapkan adalah dua hal yang yang menyenangkan dalam bisnis. Sebagai penjual Anda menginginkan pembayaran yang cepat, sebagai pembeli Anda menginginkan potongan harga.

Sebagai pemilik bisnis, gunakanlah alat yang bisa menghadirkan kemudahan ini, seperti fitur syarat pemabayaran di Accurate Online yang bisa mengatur diskon untuk pelanggan jika mereka membayar sebelum jatuh tempo yang sudah di tetapkan.

Namun sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus memastikan:

  • Pastikan klien hal ini di awal kerjasam. Jika tidak, Anda hanya akan membuka diri terhadap percakapan uang yang tidak menyenangkan itu.
  • Jika terlambat membayar, ketahui kapan harus melakukan kebijakan dan berempati. Klien biasa mungkin mengalami masalah pribadi seperti kematian orang yang dicintai.
  • Tanyakan pada diri Anda: Apakah mereka senang dengan layanan saya? Beberapa klien yang bicara ketika mereka tidak puas dengan layanan Anda. Anda harus menentukan seberapa puas mereka sebelum Anda memberlakukan hal tersebut karena sangat kecil kemungkinan mereka ingin membayar jika mereka merasa Anda belum memberikan layanan yang mereka minta.

Baca juga: Opportunity Cost: Pengertian, Fungsi, Cara Hitung dan Batasannya

3. Anda bisa dengan mudah memberikan penawaran penjualan

Seberapa sering Anda harus bercakap-cakap dengan klien yang mengira Anda telah melakukan tagihan mendadak?

Meskipun Anda mungkin merasa bahwa biaya yang Anda tawarkan sudah sesuai, klien Anda mungkin tidak. Ini biasanya terjadi karena tidak dibahas di awal proyek.

Anda dapat menghindari skenario ini dengan membuat penawaran penjualan. Taksiran ini membantu Anda mengelola ekspektasi klien dan mencegah perselisihan tentang harga. Mereka merinci ruang lingkup pekerjaan dan biaya.

Untuk membuat taksiran ini pertimbangkan untuk menggunakan alat intuitif  seperti Accurate Online yang memungkinkan Anda membuat taksiran dalam hitungan menit dengan templat satu klik dan banyak fitur penawaran penjualan.

Setelah Anda mengirimkan penawaran, jangan berasumsi klien Anda akan membacanya. Tindak lanjuti dengan panggilan telepon – atau jika Anda tidak bisa – email untuk mendiskusikannya guna memastikan Anda berada di halaman yang sama sebelum memulai proyek.

Dengan penawaran, kecil kemungkinan Anda akan mengalami ketidaksepakatan tentang harga. Dan dalam kasus yang jarang terjadi, Anda merasa nyaman dengan percakapan tersebut karena mengetahui bahwa Anda dapat membenarkan apa yang mereka anggap sebagai biaya tambahan “kejutan” dengan merujuk perkiraan dan penawaran Anda.

4. Mencatat pembayaran di muka

Sebagai aturan, mungkin ada sebagian bisnis yang membebankan deposit di muka 50% dengan klien baru. Namun ada juga bisnis yang tidak menggunakan pembayaran dimuka dan percaya bahwa klien akan membayar saya tepat waktu.

Tentu saja, ini adalah kebebesan untuk bisnis Anda memilih untuk menggunakan pembayaran di muka atau tidak

Terlepas dari itu, menggunakan ketentuan yang mengharuskan uang muka akan mengurangi risiko gagal membayar. Jika klien dengan senang hati membayar 50% itu di muka, kemungkinan besar mereka akan membayar sisanya. Bagi banyak bisnis, ini berarti tidak ada stres dan ketidaknyamanan karena harus mengejar mereka untuk mendapatkan bayaran.

Ini juga memastikan bahwa Anda akan memiliki arus kas masuk yang stabil dan arus kas yang positif. Belum lagi bahwa klien lebih cenderung mendapatkan hak dalam proyek jika mereka harus membayar uang tunai di muka. Dan, untuk proyek yang membutuhkan masukan klien yang cukup banyak, ini adalah keharusan yang mutlak.

Untuk memastikan bahwa klien mengetahui, dan melakukan setoran ini, Anda bisa menggunakan fitur uang muka penjualan yang berfungsi untuk mencatat atau merekam transaksi pembayaran uang muka dari klien Anda.

Baca juga: Term Of Payment dan Istilah Lainnya yang Bisa Anda Gunakan di Dalam Bisnis

Kesimpulan

Berbicara tentang uang atau money talk itu memang tidak mudah dan kami mengerti. Namun itu adalah sesuatu yang harus saya kerjakan dalam bisnis.

Namun, dengan alat yang tepat, mereka bisa lebih mudah diatur. Alat-alat ini akan membantu Anda:

  • Otomatiskan pengingat pembayaran yang terlambat dan hilangkan kecemasan karena harus mengejar pembayaran
  • Tetapkan diskon pembayaran untuk mempercepat proses penerimaan uang
  • Membuat penawaran harga sederhana dengan cepat sehingga klien tidak menerima biaya kejutan
  • Menagih deposit di muka dan permudah pembayaran dari faktur

Anda bisa menedapatkan semua hal tersebut dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang dirancang untuk bisnis berbasis layanan kecil seperti Anda.

Tidak hanya membuat percakapan uang lebih mudah dikelola dengan menjalankan proses secara otomatis, tetapi juga membuat proses penagihan tidak menyakitkan dan memastikan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang Anda sukai dan lebih sedikit waktu untuk akuntansi.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu