Nilai Waktu dari Uang: Pengertian dan cara Menghitungnya

Time value of money atau nilai waktu dari uang adalah suatu konsep yang menyatakan nilai uang dalam jumlah tertentu yang diterima pada saat ini mempunyai manfaat yang lebih besar bila dibandingkan dengan nilai yang terjadi di masa depan.

Nilai waktu dari uang muncul dari adanya anggapan bahwa investor lebih cenderung menerima uang dalam jumlah tertentu pada hari ini daripada menerimanya di masa depan karena potensi nilainya yang akan tumbuh dari masa ke masa.

Perkembangan nilai tersebut bisa digambarkan dalam wujud yang mereka simpan dalam bentuk deposito. Semakin lama mereka menyimpan yang dalam bentuk deposito, maka nilainya pun akan terus meningkat. Nilai pertumbuhan tersebut karena adanya efek bunga berbunga.

Lalu, bagaimana cara menghitung nilai waktu dari uang? Apa manfaatnya? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Rumus dan Cara Menghitung Nilai Waktu Dari Uang

Terdapat beberapa variabel perhitungan nilai waktu dari uang, yaitu PV yang merupakan nilai masa kini, FV atau nilai masa depan, tingkat bunga per tahun atau r, serta jangka waktu dalam tahun atau n. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Nilai Uang Masa Kini (Present Value)

Nilai uang masa kini atau present value adalah sejumlah uang pada kini yang akan diterima di masa depan. Rumusnya adalah sebagai berikut:

PV = FV / (1 + r)ⁿ

Contoh, nilai uang yang bisa diterima oleh pak Rudi dalam 3 tahun ke depan adalah Rp 100.000.000 dan bunganya adalah 12%. Maka cara menghitung nilai uang masa kini adalah sebagai berikut:

PV = 100.000.000 / (1 + 12%)3 =100.000.000 / 1,404928 = Rp71.178.025

Angka 3 diatas adalah angka kuadrat.

2. Nilai Uang Masa Depan (Future Value)

Sesuai namanya, nilai uang masa depan adalah nilai uang yang akan diterima di masa depan dari sejumlah uang saat ini. Rumus menghitung nilai uang masa depan adalah sebagai berikut:

FV = PV x (1 + r)ⁿ.

Contoh, nilai uang Ibu Salma saat ini adalah Rp 1000.000.000 dan dirinya akan mendapatkan bunga sebesar 12% dalam periode waktu 3 tahun. Nah, cara menghitung nilai uang masa depan Ibu Salma adalah sebagai berikut:

  • Tahun 1: FV1 = 100.000.000 x (1 + 0,12) = Rp112.000.000
  • Tahun 2: FV2 = 112.000.000 x (1 + 0,12) = Rp125.400.000
  • Tahun 3: FV3 = 125.400.000 x (1 + 0,12) = Rp140.492.800

Baca juga: Analisis Teknikal Saham: Definisi, Prinsip, dan Indikator

Manfaat Penting Nilai Waktu Uang

Konsep nilai waktu dari uang sangat penting untuk mengelola keuangan yang efektif dan efisien. Karena, uang tidak hanya berguna sebagai media pembayaran saja, tapi juga mempunyai nilai yang lebih untuk merencanakan keuangan di waktu yang akan datang.

Dengan memahami konsep nilai waktu dari yang secara baik, maka akan bisa dijadikan bahan pertimbangan dan membuat keputusan finansial yang lebih tepat, seperti untuk investasi atau mencari sumber dana.

Selain itu, konsep waktu dari uang juga sangat berguna untuk para investor, perusahaan dan individu, berikut ini adalah penjelasannya:

1. Investor

Setiap investor penting sekali untuk memahami konsep waktu dari uang agar bisa menganalisis dan memahami keuntungan investasi yang akan diperoleh di masa depan.

2. Perusahaan

Dengan menggunakan konsep nilai waktu dari uang, maka perusahaan bisa lebih mudah dalam membuat anggaran yang berkaitan dengan arus kas. Selain itu, konsep tersebut juga bisa digunakan untuk menghitung aset riil dan keuangan yang cenderung mengalami pertumbuhan tiap tahun.

3. Individu

Untuk individu, konsep ini sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai dasar keputusan untuk menabung atau berinvestasi dengan mempertimbangkan suku bunga, inflasi, dan tingkat pengembalian.

Baca juga: Pola Candlestick: Ini Pengertian dan Cara Membacanya

Mengapa Waktu Lebih Penting dari Uang?

1. Kita Tidak Bisa Menghasilkan Waktu

Tentu setiap individu bisa menemukan cara mereka sendiri dalam menghasilkan uang yang lebih banyak, mulai dari berbisnis, bekerja, hingga mengikuti lomba.

Tapi di sisi lain, tidak ada satu orang pun yang mampu lebih banyak menciptakan waktu. Sebanyak apapun harta yang Anda miliki saat ini, Anda tetap tidak akan bisa memutar waktu kembali.

2. Waktu Akan Menciptakan Banyak Memori

Coba ingat-ingat lagi, ada berapa banyak yang Anda ingat yang didasari dengan uang, dan berapa banyak yang didasari dengan waktu? Walaupun hal tersebut bisa saja terjadi, kenangan bersama orang tua, sahabat, atau pasangan akan lebih terpikirkan tentang kenangan yang sudah diciptakan bersama.

3. Anda Butuh Waktu Untuk Menghabiskan Uang

Seberapa banyak pun uang yang Anda miliki, uang tersebut baru bisa habis saat Anda gunakan ratusan bahkan ribuan kali. Namun, Anda hanya mempunyai kesempatan hidup satu kali saja di dunia ini. Uang memang akan bisa membeli berbagai hal, tapi uang tidak akan bisa membeli waktu Anda yang sangat berharga.

4. Orang yang Nyaris Meninggal Akan Berharap Tambahan Waktu

Di luar sana, banyak sekali orang yang sedang berjuang untuk bertahan hidup dari penyakit tertentu, seperti penyakit kanker. Mereka sangat berharap untuk bisa memperoleh tambahan waktu hidup di akhir masa hayatnya.

Sebaliknya, sedikit sekali orang yang mengharapkan tambahan uang ketika hidup mereka hampir berakhir.

Baca juga: Cash Value Adalah istilah Penting dalam Asuransi, Ini Pengertiannya!

Kesimpulan

Jadi, pengertian nilai uang dari waktu adalah suatu konsep yang menjelaskan bahwa nilai uang pada saat ini akan lebih berharga daripada nilai uang yang sama di masa depan. Pengertian lainnya adalah nilai perbedaan uang yang sama karena adanya perbedaan waktu.

Disisi lain, ekuivalensi adalah nilai yang yang berbeda pada waktu yang juga berbeda, namun secara ekonomi tetap memiliki nilai yang sama. Kesamaan nilai finansial ini bisa diperoleh bila nilai uang dikonversi atau dihitung pada waktu yang sama.

Konsep nilai waktu dari uang ini sangat penting untuk individu, investor, serta untuk perusahaan agar bisa mengelola uang dengan baik.

Untungnya, saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang siap membantu Anda dalam mengelola keuangan dan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Penasaran? Segera coba Accurate Online sekarang juga dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia