Future Value: Pengertian dan Cara Mudah Cara Menghitungnya

Setidaknya terdapat dua aspek utama di dalam konsep perhitungan time value of money, yaitu present value (PV) dan future value (FV). Kedua aspek tersebut mempunyai pengertiannya masing-masing, dan banyak digunakan oleh para pebisnis dalam skala kecil ataupun dalam skala besar di dalam manajemen anggaran.

Dalam dunia ekonomi, future value bisa digambarkan sebagai nilai waktu pada uang. Hal tersebut menjadi salah satu konsep yang sangat penting dan merujuk pada perhitungan waktu yang berkaitan dengan uang.

Fungsi dari future value adalah agar bisa menentukan nilai uang bila uang tersebut disimpan, baik dalam wujud uang kartal, atau wujud lainnya, dalam kurun waktu tertentu. Tapi, manfaat FV tidak hanya itu saja.

Konsep tersebut sangat sederhana, uang yang saat ini kita gunakan bisa mempunyai nilai lebih atau kurang dalam beberapa tahun ke depan walaupun jumlahnya memang sama. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak inflasi dan risiko yang tidak bisa dihindari dengan menyimpan uang dalam beberapa waktu khusus.

Berdasarkan konsep dari time value of money tersebut, maka dalam kesempatan kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam tentang future value dan cara dalam menghitungnya. Untuk itu, baca artikel tentang future value di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Future Value

Pada dasarnya, future value adalah nilai aset yang berlaku saat ini di masa depan dengan berdasarkan tingkat perkembangan yang diasumsikan. FV dinilai sangat penting bagi para investor dan para perencana keuangan. Pasalnya, mereka bisa menggunakan FV untuk membuat perkiraan terkait nilai investasi yang mereka lakukan saat ini untuk masa depan.

FV akan membantu para investor dalam membuat keputusan investasi yang tepat dengan berdasarkan kebutuhan mereka yang sudah diantisipasi.

Jadi pada intinya, future value adalah salah satu cara yang digunakan oleh setiap investor dalam membuat saldo investasi, termasuk perkembangan bunga. Namun, faktor ekonomi eksternal, seperti inflasi, akan bisa mempengaruhi nilai aset secara negatif dengan cara mengikis nilainya di masa depan.

Baca juga: APR Adalah Istilah Dalam Suku Bunga, Ini Penjelasannya!

Cara Menghitung Future Value Berdasarkan Tipenya

Future value bisa Anda lakukan dengan memerhatikan dan menghitung bunga yang akan diperoleh. Nah, rumus untuk menghitung FV adalah sebagai berikut:

1. Future Value Dengan Bunga Tahunan Sederhana

Rumus dari FV yang satu ini akan mengasumsikan tingkat pertumbuhan secara konstan dan pembayaran di muka yang sama sekali tidak tersentuh selama melakukan investasi.

Rumus FV ini bisa dilakukan dengan cara memilih satu dari dua cara dengan berdasarkan jenis bunga yang akan diperoleh. Bila investasi mampu menghasilkan bunga yang sederhana, maka rumus future value nya adalah sebagai berikut:

FV=I ×(1+(R×T))

Keterangan:

I adalah jumlah investasi

R adalah suku bunga

T adalah jumlah tahun

2. Future Value Dengan Bunga Tahunan Majemuk

Rumus future value dengan bunga sederhana akan mengasumsikan bahwa suku bunga hanya akan terakumulasi pada investasi awal. Sedangkan pada bunga majemuk, tarif akan diterapkan di dalam saldo akun kumulatif dalam setiap periodenya.

Nah, rumus untuk menghitung FV dengan bunga majemuk adalah sebagai berikut:

FV=I ×(1+R^T)

Keterangan:

I adalah jumlah investasi

R adalah suku bunga

T adalah jumlah tahun

Future value atau FV adalah salah satu cara dalam menghitung time value of money yang di dalamnya tidak menyertakan faktor inflasi dan tidak bisa disesuaikan dengan nilai uang Anda dengan inflasi yang terjadi di masa depan.

Sehingga, naik atau turunnya harga mata uang dan suku bunga akan sangat berdampak pada aset dan nilai uang di masa depan. Untuk metode penarikannya sendiri, future value bisa menggunakan alat pembayaran non tunai, seperti misalnya kartu kredit, cek, giro, debit, atau uang elektronik.

Baca juga: Hukum Forex Di Indonesia Mengacu Pada Undang-Undang dan Fatwa MUI

Pentingnya Future Value (FV)

Karena fungsi utama dari future value adalah memperkirakan total uang yang akan berlaku di masa depan, maka investor akan terbantu dalam menilai total uangnya di masa depan. Selain itu, karena nilai uang akan sangat bergantung dengan tingkat return, maka biasanya investor akan menyesuaikannya dengan profil risiko mereka.

Beberapa investor ada yang tidak menyukai risiko, netral, dan menyukai risiko. Semakin tinggi risiko dalam berinvestasi, maka nilai keuntungan yang bisa diraih pun akan semakin besar. Sebaliknya, semakin kecil resikonya, maka akan semakin rendah juga keuntungan investasi yang bisa didapatkan.

Baca juga: Bull and Bear: Definisi, Faktor Pemicu, dan Tips Menghadapinya dalam Pasar Saham

Analisis Future Value (FV)

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa nilai uang pada dasarnya bisa meningkat. Itu artinya, uang sebesar Rp 100 juta pada saat ini nilainya bisa meningkat berkali-kali lipat pada masa depan.

Dengan kata lain, mempunyai uang sebesar Rp 100 juta pada saat ini bisa lebih baik daripada mempunyai Rp 100 juta di masa depan. Itulah yang kemudian dikenal dengan konsep time value of money.

Anda harus mempertimbangkan tingkat imbal balik atau keuntungan dari suatu investasi. Keuntungan saham sebanyak 15% mungkin hanya lebih bersifat estimasi, karena kinerja dan harga saham perusahaan di waktu yang akan datang tidak bisa dipastikan hanya dengan berpatokan pada kinerja mereka di masa lalu.

Saat instrumen investasi mempunyai tingkat return yang lebih pasti, maka hal tersebut akan lebih mudah dalam memprediksi FV.

Baca juga: Gestun Kartu Kredit: Ini Bahaya dan Kerugiannya

Kelebihan dan Kekurangan Present value (PV)

Kelebihan utama dari future value adalah perhitungannya yang relatif lebih mudah dengan memprediksi nilai investasi di waktu yang akan datang.

Tapi, kekurangannya adalah bila Anda masih berpatokan dengan tingkat return yang mengandalkan estimasi, maka nilai masa depan tidak bisa dipastikan dengan tepat.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih pasti, Anda bisa berinvestasi pada deposito bank atau obligasi, baik itu di bank syariah ataupun di bank konvensional.

Baca juga: Analisis Fundamental: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan Analisis Teknikal!

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari kami tentang future value. Jadi, future value adalah suatu perhitungan yang sangat berguna untuk melakukan estimasi total nilai uang di waktu yang akan datang setelah ditambah dengan tingkat keuntungan.

Rumus dalam menghitung future value adalah dengan menentukan berapa nilai uang pada saat ini, tingkat keuntungan uang per tahun, dan berapa periode yang diperlukan. FV juga mempunyai perhitungan yang sangat mudah, dan bisa menggunakan konsep sederhana dan juga bunga majemuk.

Dengan mengetahui pengertian dan rumus dari FV, Anda akan lebih mudah dalam mengelola investasi dan mengelola keuangan Anda secara umum, baik itu untuk investor, pebisnis, ataupun pribadi.

Salah satu cara dalam mengelola keuangan yang baik adalah dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan di dalam laporan keuangan. Namun, sebagian perusahaan saat ini masih ada yang menerapkan cara manual dalam mencatat pengeluaran dan pemasukannya, baik itu dengan menggunakan buku biasa atau menggunakan Microsoft Excel.

Menggunakan cara yang manual seperti itu tentu mempunyai banyak resiko, seperti harus dilakukan dengan waktu yang sangat lama, rentan terjadi kesalahan, dan rentan terjadi kecurangan.

Untuk itu, beralihlah dari cara yang manual dengan menggunakan software akuntansi. Nah, Accurate Online adalah software akuntansi dan bisnis yang harus Anda pertimbangkan.

Pasalnya, Accurate adalah perusahaan penyedia aplikasi akuntansi selama lebih dari 20 tahun lamanya, sehingga memiliki pengalaman dan jam terbang yang lebih tinggi. Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, baik itu pebisnis besar ataupun pebisnis UMKM.

Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan TOP Brands Awards yang berhasil diraih sebanyak 7 kali berturut-turut dari tahun 2016 hingga tahun 2022 ini.

Pencapaian tersebut diraih karena Accurate Online selalu konsisten dalam membantu para pebisnis di Indonesia dalam melakukan pembukuan dan mengelola bisnis.

Dengan Accurate Online, sebagai pebisnis Anda akan mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, akurat, serta bisa Anda akses kapan saja, dimana saja Anda perlukan.

Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, multi cabang, cost and profit center, dan fitur lainnya yang akan membuat operasional bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Tertarik? Ayo buktikan sendiri kelebihan Accurate Online dan coba sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia