PayPal: Pengertian, Manfaat, serta Cara Menggunakannya

Saat ini, sudah banyak sekali cara dalam melakukan pembayaran digital, salah satunya adalah dengan menggunakan PayPal. Pada dasarnya, PayPal adalah salah satu pilihan transaksi online. Bahkan, saat ini sudah banyak orang yang menggunakan PayPal untuk transaksi online mereka.

Namun, masih sedikit orang yang belum paham tentang PayPal. Lantas, apa pengertian dari PayPal itu sendiri? Bagaimana cara menggunakan atau pendaftarannya?

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang PayPal.

Pengertian PayPal Adalah

Dilansir dari laman resmi Pocket Lint, PayPal adalah suatu layanan keuangan online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi online dengan menggunakan suatu akun. Di dalamnya, Anda bisa menambahkan rekening bank, kartu kredit atau kartu debit untuk bisa melakukan pembayaran menggunakan PayPal kapanpun Anda inginkan.

Selain bisa digunakan untuk pembayaran online, PayPal juga bisa digunakan untuk menerima uang secara online. Jika Anda memiliki teman yang memiliki akun PayPal, Anda juga bisa menerima uang dari mereka dengan menggunakan PayPal ataupun kartu kredit. Yang lebih uniknya lagi, Anda juga bisa menjangkau pasar hingga di level internasional.

Ketika Anda melihat barang yang Anda sukai, namun produk tersebut ada di luar negeri, Anda bisa memanfaatkan PayPal sebagai metode pembayaran barang tersebut.

Bahkan, saat ini PayPal sudah digunakan oleh lebih dari 179 pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan juga 100 jenis lebih mata uang diseluruh dunia.

Baca juga: Cheque atau Cek Adalah: Pengertian, Jenis dan Bedanya Dengan Giro

Manfaat Menggunakan PayPal

Dilansir dari laman resmi The Balance SMB, PayPal adalah salah satu metode transaksi yang paling cepat dan juga paling mudah untuk melakukan pembayaran suatu barang secara online.

Cara pembayaran online yang satu ini memang sudah banyak disukai oleh berbagai situs web belanja online, seperti Amazon, Alibaba, eBay, dll. Dengan menggunakan PayPal, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat seperti berikut ini:

1. Fleksibilitas Untuk Penjual

Metode pembayaran PayPal sangat bermanfaat untuk setiap penjual yang menawarkan produk barangnya dengan menggunakan situs belanja online. Kenapa? Karena penjual tersebut bisa mendapatkan suatu transaksi penjualan dengan cepat dan mudah dari setiap pembeli saat ada pembeli yang memilih untuk membeli produk barangnya secara online.

Pembeli tersebut hanya harus menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya, lalu uang tersebut akan dengan cepat masuk secara mudah ke pihak penjual.

Adanya kehadiran fleksibilitas ini pastinya akan sangat memudahkan para penjual untuk bisa tetap menawarkan produk barang secara online.

2. Cepat

Seperti yang sudah kita jelaskan bersama di atas, dengan memanfaatkan PayPal, setiap transaksi yang terjadi pada penjual dan pembeli akan berlangsung secara cepat.

Karena, transfer yang dilakukan dari sesama akun PayPal atau dari akun PayPal ke suatu rekening bank hanya memerlukan waktu 24 jam lamanya.

3. Harga Terjangkau

Walaupun metode pembayaran PayPal tetap dikenakan biaya administrasi, namun biaya administrasi tersebut masih terbilang murah dan bahkan sangat terjangkau.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya administrasi dalam menggunakan PayPal adalah sebanyak 30 sen dollar Amerika Serikat per transaksinya, ditambah lagi dengan biaya 3% dari seluruh jumlah transaksi pembelian.

4. Membeli Dengan Aman

Dengan melakukan metode PayPal, maka sudah bisa dipastikan aman dan juga minim dari tindakan penipuan. Karena, PayPal mampu memberikan jaminan kepada kedua belah pihak, yaitu pihak penjual dan pembeli.

Untuk pihak pembeli, mereka bisa menghubungi pihak PayPal jika nantinya terjadi masalah pada pesanannya, seperti barang tidak sesuai atau barang tidak juga tiba di alamat rumah sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Untuk pihak penjual, PayPal dinilai sangat aman karena penjual tidak perlu khawatir pada tindakan penipuan yang bisa dilakukan oleh pembeli, karena hal tersebut bisa dihindari dengan metode PayPal.

5. Privasi Akun Paypal Aman

Sebagai pembeli, Anda tidak perlu khawatir lagi pada tingkat keamanan dari akun PayPal milik Anda. Kenapa? Karena PayPal mampu menjaga tingkat kerahasiaan data diri Anda, dengan begitu data Anda tidak akan menyebar kemana-mana dan bisa terhindar dari tindakan penyalahgunaan akun.

6. Mudah melihat histori transaksi

Saat Anda menggunakan akun PayPal, Anda bisa melihat riwayat transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kurun waktu satu bulan atau bahkan seminggu terakhir.

7. Bersifat global

Dewasa ini, PayPal adalah salah satu cara pembayaran yang sangat mudah diterima oleh banyak sekali situs pembayaran online di berbagai negara. Dengan demikian, maka PayPal memiliki sifat yang global karena mampu melakukan kegiatan transaksi antar negara atau internasional

Bagaimana Cara Menggunakan PayPal untuk Belanja?

Saat ini, minat orang untuk menggunakan PayPal memang sudah semakin banyak, namun banyak pula yang belum mengetahui cara menggunakannya. Untuk itu, pada sesi kali ini kami akan memberikan cara terbaik untuk menggunakan PayPal.

Dilansir dari Digital Unite, terdapat dua hal yang Anda butuhkan sebelum lanjut menggunakan PayPal. Kedua hal tersebut adalah device komputer, laptop, atau smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet, serta rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit.

1. Pergi ke Website Paypal

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke website resmi PayPal, lalu pilih sign up untuk melakukan pendaftaran.

2. Pilih Akun Pribadi

Setelah Anda memilih sign up, nantinya Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, yakni akun untuk bisnis atau akun untuk pribadi. Pilih akun pribadi jika Anda mendaftar untuk akun pribadi Anda. Setelah itu, pilih lanjutkan.

3. Isi Data Diri

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi seluruh data diri Anda, seperti nama, alamat email, dan juga password. Setelah itu, pilih lagi lanjutkan.

4. Isi Alamat Lengkap

Isi kolom alamat dengan lengkap, karena nantinya alamat ini akan dijadikan sebagai tempat Anda akan menerima suatu barang dari barang yang akan Anda beli secara online di situs web luar negeri.

Setelah sudah diisi dengan lengkap, pilih kotak kedua untuk melakukan konfirmasi bahwa Anda sudah memahami dan juga membaca seluruh perjanjian pengguna.

5. Pilih Belanja Online

Di dalam tahapan ini, Anda akan diminta untuk mengisi salah satu pilihan, yakni belanja online atau melakukan pengiriman uang untuk orang lain. Setelah sudah diisi, selanjutnya pilih mulai sekarang.

6. Tambahkan kartu kredit atau debit

Jika sudah memilih mulai, Anda hanya harus menambahkan kartu kredit ataupun kartu debit sebagai salah satu pembayaran online dengan menggunakan PayPal nantinya.

7. Mulai Belanja

Saat Anda ingin berbelanja atau melakukan suatu donasi secara online dengan memanfaatkan akun PayPal, maka Anda hanya perlu memilih logo paypal dan masuk pada akun PayPal Anda dengan menggunakan alamat email dan juga kata sandi untuk melakukan pembayaran.

Nantinya, PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan pada produk barang yang sudah Anda beli apabila terjadi suatu kerusakan atau ketidak sesuaian pesanan.

PayPal dan Kartu Kredit

Agar bisa menggunakan metode pembayaran PayPal, tentunya Anda wajib membuka dan mempunyai akun PayPal pribadi dan mempunyai sejumlah dana di dalamnya untuk keperluan transaksi yang akan Anda lakukan.

Untuk di Indonesia sendiri, sebelumnya akun PayPal sedikit sulit untuk dimiliki masyarakat Indonesia, karena salah satu syarat untuk membuka akun PayPal adalah calon pengguna akun PayPal adalah sudah harus mempunyai kartu kredit terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan akun PayPal harus bisa diverifikasi dengan memanfaatkan kartu kredit. Namun, kepemilikan dari kartu kredit sendiri masih dibilang susah didapatkan, karena bank memiliki sejumlah kebijakan untuk bisa mengakses kartu kredit. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi salah satu kendala untuk memiliki akun PayPal.

Adanya syarat penggunaan kartu kredit pada akun PayPal memang sangat diperlukan, karena untuk seluruh bank lokal di Indonesia, tidak ada yang mampu memberikan layanan penambahan dana pada akun PayPal, sehingga dana tersebut nantinya bisa ditarik langsung dari kartu kredit yang Anda miliki dan Anda gunakan ketika melakukan verifikasi pada akun PayPal.

Namun, beda dulu beda sekarang. Akun paypal saat ini sudah bisa diakses dengan mudah walau dengan menggunakan kartu debit atau rekening bank saja. Pada intinya, PayPal adalah suatu layanan transaksi online yang bisa memudahkan Anda dalam memperoleh barang di situs belanja online.

Baca juga: Apa itu Dividen Yield? Berikut Pengertian, Rumus, dan Analisisnya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pengertian PayPal dan cara pembuatannya. Untuk Anda yang ingin membuat akun PayPal, perhatikanlah ruang lingkup penggunaanya, apakah untuk pribadi atau untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Jika Anda membuat akun PayPal untuk keperluan bisnis Anda, maka Anda harus memiliki rekening bank, kartu kredit atau kartu debit khusus untuk menggunakan akun PayPal. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar pengelolaan keuangan bisnis Anda menjadi lebih rapi.

Namun jika Anda kesulitan untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan  software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas hingga laporan laba rugi perusahaan. Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat.

Selain itu, anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan. Accurate Online juga mampu memudahkan Anda dalam memantau keuangan Anda kapanpun dan dimanapun secara cepat dan mudah. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah