Pengertian Financial Health dan 7 Cara Mudah Meningkatkannya

oleh | Mei 3, 2023

source envato.

Pengertian Financial Health dan 7 Cara Mudah Meningkatkannya

Selain harus melak informasi dan teknologi yang terjadi akhir-akhir ini, setiap pekerja juga harus memahami kondisi kesehatan finansial atau financial health. Di dalamnmya bukan hanya membahas tentang pendapatan dan pengeluaran Anda, akan ada banyak sekali indikator yang menentukan kesehatan keuangan Anda.

Jika sebelmumnya tabungan, dana pensiun dan juga dana darurat adalah hal yang utama, maka saat ini semakin banyak lagi hal-hal yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, diperlukan usaha dan waktu yang lebih banyak untuk memahami kondisi financial health Anda.

Jadi, apa itu financial health? Bagaimana cara meningkatkannya? Baca terus artikel tentang financial health di bawah ini unuk menmdapatkan jawabanya.

Pengertian Financial Health

accurate.id gambar Financial Health-1

Dilansir dari laman Investopedia, financial health merujuk pada kondisi keuangan individu atau organisasi yang mencerminkan kesehatan dan stabilitas keuangan mereka.

Di dalamnya mencakup kemampuan seseorang, organisasi atau perusahaan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran mereka dengan baik, memenuhi kewajiban keuangan mereka secara tepat waktu, mengatur keuangan mereka untuk mencapai tujuan jangka panjang, serta melindungi diri mereka dari risiko keuangan yang tidak diinginkan.

Individu atau organisasi yang memiliki financial health yang baik memiliki cadangan keuangan yang cukup, memiliki rencana pengeluaran yang realistis dan sesuai dengan pendapatan mereka, serta memiliki strategi investasi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Dalam hal organisasi, financial health juga dapat diukur melalui rasio keuangan dan kinerja keuangan yang sehat.

Baca juga: Pengertian Credit Enhancement dan 5 Jenisnya dalam Dunia Finansial

Cara Mengukur Financial Health

accurate.id gambar Financial Health-2

Mengukur financial health dapat membantu Anda untuk memahami kondisi finansial Anda saat ini dan memberi Anda informasi yang diperlukan untuk merencanakan keuangan Anda di masa depan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengukur financial health:

1. Hitung Rasio Utang Terhadap Pendapatan

Rasio ini membandingkan jumlah utang yang Anda miliki dengan pendapatan tahunan Anda. Sebagai aturan umum, rasio utang Anda sebaiknya tidak lebih dari 36% dari pendapatan Anda. Jika rasio ini lebih tinggi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin perlu meninjau kembali anggaran Anda dan mengurangi pengeluaran.

2. Hitung Rasio Utang Terhadap Aset

Rasio ini membandingkan jumlah utang yang Anda miliki dengan nilai total aset Anda. Sebagai aturan umum, rasio utang Anda sebaiknya tidak lebih dari 50% dari total aset Anda.

3. Hitung Rasio Pengeluaran Hidup Terhadap Pendapatan

Rasio ini membandingkan total pengeluaran bulanan Anda dengan pendapatan bulanan Anda. Sebagai aturan umum, Anda sebaiknya tidak menghabiskan lebih dari 30% dari pendapatan bulanan Anda untuk pengeluaran tetap seperti sewa, hipotek, dan tagihan bulanan.

4. Hitung Jumlah Tabungan Darurat

Jumlah tabungan darurat seharusnya cukup untuk menutup biaya hidup Anda selama tiga hingga enam bulan jika Anda kehilangan pendapatan. Jika Anda tidak memiliki tabungan darurat, mulailah menyisihkan sebagian pendapatan Anda setiap bulan untuk membangun dana darurat.

5. Cek Skor Kredit Anda

Skor kredit Anda dapat memberi Anda gambaran tentang bagaimana Anda dilihat oleh pemberi pinjaman dan dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman atau kredit. Skor kredit yang baik umumnya dianggap 700 atau lebih tinggi.

6. Hitung Net Worth

Hitung total kekayaan bersih Anda dengan mengurangi total utang Anda dari total aset Anda. Kekayaan bersih Anda sebaiknya meningkat dari waktu ke waktu untuk menunjukkan kemajuan keuangan Anda.

7. Tinjau Investasi Anda

Tinjau portofolio investasi Anda untuk memastikan Anda memiliki alokasi yang seimbang antara saham, obligasi, dan investasi lainnya yang cocok untuk tujuan keuangan Anda dan toleransi risiko.

Dengan mengukur kesehatan keuangan Anda menggunakan metode-metode di atas, Anda dapat mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang keadaan keuangan Anda dan dapat merencanakan keuangan Anda di masa depan.

Baca juga: Apa itu Know Your Business (KYB)? Ini Pengertian dan 5 Manfaat Regulasinya

Cara Meningkatkan Financial Health

accurate.id gambar Financial Health-3

Untuk meningkatkan financial health, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Buat Anggaran

Buatlah anggaran bulanan yang jelas dengan memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Dalam anggaran ini, prioritaskan pengeluaran untuk biaya hidup utama, seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi, sebelum mempertimbangkan pengeluaran lain.

2. Kurangi Utang

Jika Anda memiliki hutang, prioritaskan untuk melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu. Buatlah rencana untuk melunasi hutang secara teratur dengan jumlah yang konsisten.

3. Hemat Uang

Cari cara untuk mengurangi pengeluaran Anda. Misalnya, bisa mencari toko yang menawarkan harga lebih murah atau mencari alternatif produk yang lebih terjangkau. Hindari pengeluaran impulsif yang tidak penting dan mewah.

4. Simpan Uang

Buatlah target untuk menabung setiap bulan, bahkan jika itu hanya jumlah kecil. Selalu sisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk ditabung atau investasikan uang tersebut agar bisa tumbuh seiring waktu.

5. Investasi

Investasikan uang Anda di tempat yang aman dan menguntungkan seperti reksa dana atau saham, namun pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

6. Periksa Kembali Asuransi

Pastikan Anda memiliki asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Periksa kembali rencana asuransi Anda dan pastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu banyak untuk perlindungan yang tidak dibutuhkan.

7. Tingkatkan Penghasilan

Cari cara untuk meningkatkan penghasilan Anda, seperti memulai bisnis sampingan atau mengejar pendidikan atau pelatihan tambahan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

Baca juga: Pengertian Financial Forecasting dan 5 Manfaatnya yang Mampu Prediksi Keuangan Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang financial health atau kesehatan finansial. Pada intinya, financial health akan memberikan pada Anda gambaran tentang kondisi dan kestabilan keuangan Anda pada saat ini.

Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan keuangan Anda agar bisa terhindar dari berbagai hal yang merugikan.

Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan mencatat dan membuat laporan keuangan yang tepat. Namun bila dilakukan secara manual, hal tersebut akan sulit sekali untuk diraih. Untuk itu, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, dari mulai laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan penjualan, dan masih banyak lagi. Seluruh laporan tersebut juga bisa Anda akses secara real-time kapanpun Anda butuhkan.

Jadi, ayo segera coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

ekonomikeuanganbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Ibnu
Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia

Artikel Terkait