Pengertian Greenshoe, Manfaat, dan 4 Tujuan Besarnya

oleh | Agu 16, 2023

source envato.

Pengertian Greenshoe, Manfaat, dan 4 Tujuan Besarnya

Pasar modal merupakan salah satu instrumen penting dalam perekonomian suatu negara, di mana perusahaan dapat memperoleh dana melalui penawaran saham kepada masyarakat. Dalam proses ini, terdapat berbagai metode dan strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan hasil penawaran saham perusahaan. Salah satu strategi yang sering digunakan adalah greenshoe.

Greenshoe, juga dikenal sebagai “over-allotment option,” merupakan suatu mekanisme yang memungkinkan underwriter atau penjamin emisi untuk menjual saham tambahan kepada investor, di luar jumlah saham yang sebenarnya ditawarkan dalam penawaran saham awal.

Mekanisme ini dirancang untuk memberikan stabilitas harga saham dan menjaga likuiditas pasar selama periode penawaran saham perusahaan.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang greenshoe? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Pengertian Greenshoe

accurate.id Pengertian Greenshoe

Berdasarkan laman Wikipedia, Greenshoe adalah istilah dalam pasar modal yang mengacu pada opsi pembelian saham tambahan yang diberikan oleh perusahaan kepada underwriter (penjamin emisi) dalam sebuah penawaran saham.

Opsi ini memberikan underwriter kemampuan untuk membeli saham tambahan dari perusahaan dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya dalam rangka menjaga stabilitas harga saham dan likuiditas pasar.

Mekanisme ini sering digunakan dalam situasi di mana permintaan terhadap saham melebihi jumlah saham yang ditawarkan dalam penawaran saham awal. Underwriter menggunakan opsi greenshoe untuk membeli saham tambahan dari perusahaan dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan demikian, underwriter dapat “meng-cover” saham yang telah terjual dalam penawaran saham awal dan menjaga harga saham tetap stabil.

Tujuan utama dari metode ini adalah untuk memberikan underwriter fleksibilitas dalam menangani fluktuasi pasar yang tidak terduga. Jika harga saham jatuh di bawah harga penawaran awal, underwriter dapat menggunakan opsi greenshoe untuk membeli saham tambahan dan mencegah kerugian yang lebih besar.

Di sisi lain, jika harga saham naik secara signifikan, underwriter harus membeli saham tambahan dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya, yang dapat menyebabkan mereka mengalami kerugian.

Penggunaan metode ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan yang melakukan penawaran saham, karena dapat membantu menjaga harga saham stabil dan meningkatkan kepercayaan investor. Selain itu, mekanisme ini juga memberikan underwriter kesempatan untuk mengatur ulang alokasi saham dan menyesuaikan kebutuhan pasar yang berubah.

Dalam konteks pasar modal Indonesia, metode ini telah digunakan dalam berbagai penawaran saham perusahaan terkemuka. Regulasi dan ketentuan mengenai penggunaan greenshoe diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna melindungi kepentingan investor dan menjaga integritas pasar modal.

Baca juga: Pengertian Bursa Efek dan Dampaknya Bagi Perekonomian

Manfaat Greenshoe

accurate.id Manfaat Greenshoe

Penggunaan mekanisme greenshoe dalam penawaran saham dapat memberikan beberapa manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan greenshoe:

1. Stabilitas Harga Saham

Greenshoe dapat membantu menjaga stabilitas harga saham di pasar. Dalam situasi di mana permintaan saham melebihi jumlah saham yang ditawarkan, underwriter menggunakan opsi greenshoe untuk membeli saham tambahan dan mencegah terjadinya tekanan jual yang berlebihan.

Dengan membeli saham tambahan, underwriter dapat membantu menjaga harga saham agar tidak terlalu volatil.

2. Likuiditas Pasar

Greenshoe juga berkontribusi terhadap likuiditas pasar. Dengan memungkinkan underwriter untuk membeli saham tambahan, mekanisme ini membantu menjaga likuiditas saham yang ditawarkan di pasar.

Hal ini dapat memberikan kepercayaan kepada investor dan mendorong partisipasi yang lebih besar dalam penawaran saham.

3. Fleksibilitas Alokasi Saham

Opsi ini memberikan underwriter fleksibilitas dalam menyesuaikan alokasi saham. Underwriter dapat menggunakan opsi ini untuk membeli saham tambahan jika ada permintaan yang tinggi atau jika harga saham jatuh di bawah harga penawaran awal.

Hal ini memungkinkan underwriter untuk menyesuaikan strategi penjualan dan memenuhi kebutuhan pasar yang berubah.

4. Perlindungan terhadap Kerugian

Greenshoe dapat memberikan perlindungan terhadap potensi kerugian bagi underwriter. Jika harga saham turun di bawah harga penawaran awal, underwriter dapat menggunakan opsi ini untuk membeli saham tambahan dan menghindari kerugian yang lebih besar.

Dengan demikian, mekanisme ini memberikan underwriter keamanan dalam menjalankan tugas mereka dalam penawaran saham.

5. Kepercayaan Investor

Penggunaan greenshoe dalam penawaran saham dapat memberikan kepercayaan kepada investor. Dengan menjaga stabilitas harga saham dan likuiditas pasar, mekanisme ini dapat memberikan sinyal positif kepada investor bahwa emisi saham tersebut dikelola dengan baik dan mengurangi risiko investasi.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat greenshoe dapat bervariasi tergantung pada kondisi pasar dan implementasinya. Keputusan untuk menggunakan greenshoe harus dipertimbangkan dengan hati-hati oleh perusahaan dan underwriter, dengan memperhatikan risiko dan potensi keuntungan yang terkait.

Baca juga: Pengertian Hedge Fund dan 6 Strategi Ampuh Menjalankannya

Tujuan Greenshoe

accurate.id Tujuan Greenshoe

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dari penggunaan mekanisme greenshoe dalam penawaran saham adalah untuk memberikan kestabilan harga saham dan likuiditas pasar. Beberapa tujuan spesifik dari penggunaan greenshoe antara lain:

1. Menjaga Stabilitas Harga Saham

Opsi ini digunakan untuk menjaga harga saham agar tetap stabil selama periode penawaran saham perusahaan.

Dalam situasi di mana permintaan melebihi penawaran, greenshoe memberikan underwriter kemampuan untuk membeli saham tambahan dan mengurangi tekanan jual yang dapat menyebabkan penurunan harga saham yang signifikan.

Dengan menjaga stabilitas harga saham, mekanisme ini membantu membangun kepercayaan investor.

2. Menjaga Likuiditas Pasar

Greenshoe berkontribusi pada likuiditas pasar dengan memungkinkan underwriter untuk membeli saham tambahan. Dalam penawaran saham awal yang sukses, ada kemungkinan bahwa permintaan saham akan melebihi jumlah yang ditawarkan.

Dengan menggunakan opsi greenshoe, underwriter dapat memenuhi permintaan tambahan dan menjaga likuiditas saham yang ditawarkan di pasar. Likuiditas yang cukup meningkatkan daya tarik dan keterlibatan investor dalam penawaran saham.

3. Mengelola Fluktuasi Pasar yang Tidak Terduga

Greenshoe memberikan underwriter fleksibilitas untuk mengelola fluktuasi pasar yang tidak terduga. Dalam situasi di mana harga saham turun di bawah harga penawaran awal, underwriter dapat menggunakan opsi greenshoe untuk membeli saham tambahan dan menghindari kerugian yang lebih besar.

Sebaliknya, jika harga saham naik secara signifikan, underwriter harus membeli saham dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam kedua situasi tersebut, greenshoe membantu underwriter dalam mengatasi fluktuasi pasar yang tidak terduga.

4. Mengoptimalkan Penawaran Saham

Dengan memungkinkan underwriter untuk membeli saham tambahan, greenshoe memberikan fleksibilitas dalam mengatur ulang alokasi saham. Underwriter dapat menyesuaikan alokasi berdasarkan permintaan dan kebutuhan pasar yang berubah.

Hal ini dapat membantu perusahaan dan underwriter dalam mengoptimalkan hasil penawaran saham dan memaksimalkan partisipasi investor.

Dalam rangka mencapai tujuan-tujuan ini, penting bagi perusahaan dan underwriter untuk melakukan analisis pasar yang cermat, mengukur permintaan dan risiko yang terkait dengan penggunaan greenshoe.

Tujuan akhirnya adalah menciptakan penawaran saham yang berhasil dan menguntungkan bagi perusahaan serta menarik bagi investor.

Baca juga: Rumus Varians: Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

Penutup

Penggunaan mekanisme greenshoe dalam penawaran saham memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan dan investor. Greenshoe bertujuan untuk menjaga stabilitas harga saham, menjaga likuiditas pasar, mengelola fluktuasi pasar yang tidak terduga, dan mengoptimalkan penawaran saham.

Dalam pasar modal yang dinamis, kemampuan untuk menjaga harga saham stabil dan mempertahankan likuiditas pasar sangat penting.

Greenshoe memberikan fleksibilitas kepada underwriter untuk membeli saham tambahan dan menyesuaikan alokasi saham sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar yang berubah. Dengan demikian, mekanisme ini membantu menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi perusahaan dan investor.

Namun, penggunaan greenshoe juga perlu mempertimbangkan risiko yang terkait, seperti kemungkinan terjadinya kerugian jika harga saham naik secara signifikan setelah penawaran saham.

Oleh karena itu, pengambilan keputusan terkait penggunaan greenshoe harus dilakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan keadaan pasar dan potensi keuntungan serta risiko yang terkait.

Secara keseluruhan, greenshoe merupakan alat yang efektif dalam mengelola penawaran saham, mempertahankan stabilitas harga saham, dan memenuhi kebutuhan pasar.

Dengan pemahaman yang baik tentang mekanisme dan tujuan greenshoe, perusahaan dan underwriter dapat memanfaatkannya secara optimal untuk mencapai hasil yang diharapkan dalam penawaran saham mereka.

Namun di sisi lain, perusahaan juga harus terlebih dahulu mampu mengelola keuangan dan bisnisnya secara lebih baik agar mekanisme ini bisa dijalankan secara lancar. Untungnya, Accurate Online mampu membantu para pebisnis dalam mewujudkan hal tersebut.

Software akuntansi dan bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pengguna ini mampu membantu Anda dalam mencatat setiap transaksi bisnis, membuat laporan keuangan, dan seluruh kebutuhan akuntansi bisnis Anda.

Lebih dari itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola aset, mengelola persediaan, mengelola inventasris, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Masih ragu? Tenang, karena Anda bisa mencoba Aplikasi Bisnis ini terlebih dahulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ibnu

Artikel Terkait