10 Tips Membangun Relasi Untuk Pemula

Jaringan relasi adalah komponen penting dari karir profesional yang sukses dan memungkinkan individu untuk terhubung dengan orang lain di industri mereka untuk belajar tentang tren, posisi yang tersedia, dan peluang lainnya. Memulai untuk membangun relaso dapat terasa menakutkan bagi sebagian orang, tetapi dengan beberapa praktik terbaik, jaringan relasi dapat menjadi menyenangkan dan efektif.

Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi apa itu jaringan relasi, mengapa penting untuk membangun relasi dan 10 tips untuk memulai jaringan relasi untuk Anda.

Apa itu jaringan relasi?

Jaringan relasi atau networking bisnis adalah sekelompok orang yang telah membangun hubungan berdasarkan pengalaman bisnis, minat yang sama, keahlian yang sama atau hal-hal lain yang akan menghubungkan mereka dalam arti bisnis.

Relasi dapat terdiri dari sekelompok individu atau organisasi jaringan dalam industri atau bidang tertentu. Untuk membangun jaringan, seorang profesional harus berusaha untuk bertemu dengan orang lain yang pada akhirnya akan mendukung karir profesionalnya.

Ada beberapa tempat dan cara berbeda untuk membangun jaringan, antara lain melalui:

  • Acara berjejaring
  • Konvensi
  • Makan siang bisnis
  • Dalam organisasi Anda saat ini
  • Di situs sosial berorientasi bisnis
  • Acara sosial
  • Acara Ikatan Alumni
  • Pameran perdagangan
  • Acara penggalangan dana
  • Acara asosiasi profesional
  • Acara jejaring virtual
  • Kursus atau kelas online

Baca juga: Burnout Adalah Masalah Serius yang Mengganggu Produktivitas Anda, Ini Penyebabnya!

Mengapa membangun relasi itu penting?

Ada beberapa manfaat membangun jaringan profesional. Beberapa alasan utama mengapa jaringan itu penting adalah karena:

  • Menghubungkan Anda dengan klien potensial
  • Membantu Anda mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan profesional
  • Memberi Anda sekelompok ahli di bidang tertentu
  • Memungkinkan Anda memperoleh pengetahuan dan saran yang bermanfaat dalam industri Anda
  • Memberikan kesempatan untuk menghasilkan referensi bisnis
  • Membantu Anda tetap mengikuti tren terbaru dalam bidang atau industri Anda
  • Menawarkan Anda kesempatan untuk mendapatkan mentor dan kontak profesional
  • Membantu Anda mempelajari tentang posisi terbuka di perusahaan yang mungkin Anda minati
  • Memberi Anda kesempatan untuk memanfaatkan pengetahuan orang lain yang lebih luas di bidang tertentu

10 tips untuk mulai membangun relasi

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan untuk mulai membangun jaringan relasi profesional Anda:

1. Carilah orang-orang yang akan membuat perbedaan dalam karir Anda

Kunci untuk membangun relasi bukan hanya tentang berapa banyak orang yang terhubung dengan Anda, tetapi lebih pada kualitas orang yang Anda bawa ke jaringan Anda. Carilah individu yang memiliki kapasitas untuk membuat perbedaan dalam karir Anda.

Misalnya, membangun hubungan dengan orang lain di industri Anda dan individu yang berpotensi menjadi mentor bagi Anda akan jauh lebih berharga daripada sekadar mengumpulkan banyak nomor telepon untuk orang-orang yang mungkin berguna atau tidak bagi Anda.

2. Cari online

Semakin banyak profesional yang beralih ke media sosial dan platform jaringan profesional untuk membangun jaringan mereka. Jika Anda telah menggunakan media sosial untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan besar Anda sudah memiliki orang-orang di jaringan yang dapat Anda ajak membangun hubungan.

Memulai jaringan Anda secara online juga memberi Anda akses ke lebih banyak orang di banyak tempat berbeda, memungkinkan Anda untuk terhubung dengan individu yang tidak Anda inginkan secara langsung.

Baca juga: MBTI Adalah Salah Satu Tes Kepribadian, ini Cara Penerapannya!

3. Menanyakan relasi Anda saat ini untuk membangun hubungan yang lebih besar

Jika saat ini Anda bekerja di kantor dan memiliki hubungan dengan rekan kerja, Anda dapat bertanya kepada rekan kerja ini tentang relasi mereka sendiri dan apakah mereka akan menghubungkan Anda dengan orang lain di industri Anda.

Ini adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru, karena Anda mendapat manfaat dari perkenalan dari seseorang yang sudah mengenal Anda dan kemampuan profesional Anda.

4. Pertimbangkan apa yang Anda sukai

Saat pertama kali mulai membangun relasi, luangkan waktu untuk mencari tahu apa yang benar-benar Anda sukai, bahkan jika itu bukan di industri tempat Anda bekerja saat ini.

Misalnya, jika Anda bekerja di bidang keuangan tetapi memiliki hasrat untuk kesehatan mental, pertimbangkan untuk bergabung kelompok jaringan profesional kesehatan mental. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang industri itu dan bahkan berpotensi menemukan posisi di sana jika dan ketika Anda siap untuk melakukan perubahan karier.

5. Bersedia membantu terlebih dahulu

Jaringan adalah tentang memberi dan menerima. Kebanyakan orang membangun jaringan sehingga mereka dapat menemukan orang lain yang akan membantu mereka mengembangkan karir atau bisnis mereka.

Saat Anda baru mengenal jaringan, penting bagi Anda untuk bersedia menjadi orang pertama yang membantu orang lain daripada hanya mengharapkan orang lain segera ingin membantu Anda. Semakin banyak Anda membantu orang lain, semakin besar kemungkinan mereka bersedia membantu Anda saat Anda membutuhkannya.

Baca juga: Bagaimana Cara Bekerja Lebih Cepat? Berikut Tips dan Contohnya

6. Tambahkan nilai pada hubungan Anda

Saat membangun relasi dengan orang lain, penting untuk menambah nilai pada hubungan Anda. Misalnya, jika Anda menjangkau orang baru untuk membuat koneksi profesional, luangkan waktu untuk meneliti mereka terlebih dahulu sehingga Anda memahami apa yang mereka lakukan dan tentang apa mereka.

Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi cara apa pun di mana Anda dapat menambahkan nilai pada kehidupan profesional mereka dan akan sangat meningkatkan kualitas hubungan Anda secara keseluruhan.

7. Pergi ke acara networking

Menghadiri acara networking adalah cara yang bagus untuk bertemu orang baru dan membangun hubungan profesional yang berharga. Cari acara jejaring yang terkait dengan industri, bidang, atau jalur karier yang Anda inginkan.

Ada beberapa jenis acara networking yang perlu dipertimbangkan, termasuk seminar bisnis, acara asosiasi profesional, acara networking, konvensi, dan grup networking.

Jika Anda menghadiri satu acara dan tidak menemukan orang untuk diajak berhubungan, jangan berkecil hati. Ada banyak acara networking di luar sana, jadi teruslah menghadiri berbagai acara sampai Anda menemukan acara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Kembangkan kehadiran online

Cara yang bagus untuk membuat koneksi adalah dengan mengembangkan kehadiran online di situs jaringan profesional. Menjaga profil Anda tetap mutakhir dan menyertakan semua pengalaman, minat, pendidikan, dan kualifikasi Anda akan membantu Anda menarik orang-orang yang berpikiran sama dan bahkan dapat membantu menarik perhatian perekrut.

Mengembangkan jaringan online bisa sama bermanfaatnya dengan menciptakan jaringan di kehidupan nyata dan dapat mengarah pada peluang dan kemajuan karir baru.

Baca juga: Tips untuk Meningkatkan Keterampilan Public Speaking

9. Tetap up-to-date di industri atau bidang Anda

Tetap mengikuti perkembangan tren terbaru di industri atau bidang Anda akan membantu Anda menambah nilai pada hubungan yang Anda bangun melalui jaringan.

Hadiri acara industri, pantau teknologi atau tren baru di bidang Anda, dan pelajari komponen paling populer di industri Anda. Semakin banyak nilai yang dapat Anda tambahkan ke percakapan, semakin besar kemungkinan Anda menarik individu berkualitas untuk menjadi bagian dari jaringan Anda.

10. Fokus pada koneksi dan relasi yang bermakna

Membangun hubungan profesional jangka panjang seringkali membutuhkan waktu. Namun, ketika Anda membangun hubungan dan mengembangkan hubungan yang kuat dengan rekan kerja, kemungkinan besar Anda akan melanjutkan hubungan itu dalam jangka panjang, yang dapat menguntungkan Anda berdua. Luangkan waktu untuk mengembangkan hubungan profesional yang Anda miliki selain mencari koneksi baru.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan cara dalam membangun relasi dalam karir atau bisnis Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dalam membangun networking atau relasi yang kuat, baik untuk karyawan ataupun pebisnis. Jika Anda seorang pebisnisnetworking yang baik akan membantu Anda dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Terdapat hal penting lainnya yang harus Anda lakukan dalam mencapai tujuan bisnis, yakni mencatat laporan keuangan. Laporan keuangan akan membantu Anda untuk mengetahui kondisi terkini finansial bisnis Anda dan membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang tepat.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, cobalah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan software ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan tepat, sehingga Anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis. Selain itu, Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang bisa membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Silakan klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

accurate-200 ribu per bulan

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.