Cari Muka dalam Dunia Kerja, Ini Ciri Cari Muka Karyawan Pada Atasan

Cari muka adalah seseorang yang berusaha untuk mendapatkan perhatian penuh. Karena tanpa perhatian, mereka tidak dapat bertahan hidup. Apresiasi orang yang suka cari muka kepada seorang biasanya dengan mendapatkan pujian dan perhatian yang menurut mereka pantas

Dalam dunia kerja, setiap karyawan memiliki impian dan motivasi yang berbeda-beda. Hal ini tercermin dari kinerja yang mereka lakukan di kantor setiap hari. Ada orang yang berprinsip bekerja dan menerima gaji, ada orang yang bekerja dengan semangat yang kuat, ada pula yang begitu berambisi meraih jabatan tertentu.

Atasan Anda mungkin orang yang memiliki jabatan tertinggi di kantor. Tak hanya itu, jika dia seorang pemimpin yang baik, dia pasti bisa membangun relasi yang positif dengan bawahannya dengan tetap bersikap profesional.

Karena itu, atasan pastinya akan menaikkan jabatan atau gaji Anda jika memang terbukti bahwa Anda layak mendapatkannya—bukan karena upaya “pendekatan” yang Anda lakukan.

Berurusan dengan rekan kerja yang suka cemberut tentu menyebalkan bukan? Karena orang seperti itu cenderung menyebalkan. Dia suka menunjuk orang lain, terkadang dia menjadi ahli patologi dan bahkan selalu unggul di depan atasannya.

Intinya, apapun yang dia lakukan hanya untuk pajangan. Dia melakukan segalanya hanya untuk mendapatkan pujian. Tak peduli tindakannya menyakiti orang lain.

Nah, jika Anda memiliki rekan kerja yang mengalami situasi serupa, jangan buru-buru frustasi. Lebih baik mempelajari kualitas yang berbeda dari rekan kerja patologis atau mencari wajah dan cara memperlakukannya yang Anda pahami.

Ciri-Ciri Karyawan Cari Muka

1. Dia Terlihat Rajin Ketika Ada Atasan

Apa pun yang diminta atasan, karyawan yang cari muka akan selalu mengatakan “boleh saya bantu pak bereskan mejany”‘, meskipun itu bukan mejanya. Hal ini dikarenakan ia ingin mendapatkan reward atau pujian yang baik dari atasannya.

Terkadang dia berpikir juga, ada teman lain yang mungkin diminta untuk mendukung “pekerjaan tambahan”. Jika Anda adalah orang yang dimintai bantuan, maka lebih baik tolak saja permintaan tersebut.

Baca juga: Kecerdasan Emosional: Ini Pengertian, Karakteristik dan Cara Meningkatkannya

2. Inisiatif Bantu Atasan

Untuk mencari perhatian yang cepat kepada atasan, pencari muka akan melakukan berbagai cara, termasuk menawarkan berbagai bantuan.

Biasanya tanpa diminta, karyawan cari muka ini langsung berinisiatif membawa barang bawaan, membuat kopi, atau membersihkan ruangan begitu atasanya datang. Jika Anda melihat atau mengalaminya, lebih baik Anda mengabaikannya dan tidak bereaksi.

3. Mengklaim Keberhasilan Tim Atas Kerja Kerasnya

Tidak hanya mengganggu komunikasi antar karyawan, menyatakan kesuksesan Anda juga dapat mengganggu suasana keseluruhan dalam tim. Jika itu terjadi, mintalah si karyawan cari muka untuk berbicara dengan baik dan biarkan dia menegur atasan Anda.

4. Memuji Diri Sendiri

Karyawan cari muka yang suka membual di mana-mana sangat menyebalkan. Biasanya, tipikal karyawan seperti itu juga melebih-lebihkan cerita agar pendengarnya percaya begitu saja. Jangan ragu untuk menjawabnya. Bahkan lebih baiknya lagi jika Anda tidak menanggapinya.

5. Suka Menghina Rekan Kerja

Karyawan yang suka cari muka biasanya membuat sensasi mencari tahu karyawan mana yang tidak melakukan pekerjaannya dengan baik. Ketika dia tahu, dia akan memberi tahu atasannya.

Misal jika Anda berada di kantor yang sama dengan karyawan seperti itu, pastikan Anda tidak pernah menjadikan teman ceritanya. Pastikan bahwa komunikasi antara Anda dan orang yang bersangkutan adalah murni dalam urusan pekerjaan.

6. Pilih Berteman Dengan Senior

Bila dia ingin lebih terlihat, dia akan menjadi orang yang sangat pemilih. Jenis karyawan cari muka ini memutuskan untuk bertemu dengan seniornya daripada teman serekannya. Biasanya metode ini memudahkan penerimaannya oleh rekan kerja dan atasan serta pertimbangan yang lebih besar untuk dapat promosi pekerjaan.

7. Bermuka Dua

Dalam beberapa momen, Anda akan menemukan bahwa karyawan cari muka sangat baik kepada Anda. Namun, di lain waktu, rekan kerja Anda akan acuh tak acuh karena atasan telah tiba. Jika sudah begini, Anda tetap harus mewaspadai perilakunya.

Nah, itulah ciri-ciri cari muka karyawan terhadap atasan, daripada membuang waktu dan tenaga untuk ‘cari muka’, lebih baik kuatkan niat baik Anda untuk berkontribusi pada perusahaan, lalu buktikan bahwa Anda adalah karyawan berprestasi melalui performa yang memuaskan.

Baca juga: Kutu Loncat Adalah Sifat Buruk yang Harus Dihindari dalam Dunia Kerja, Ini Dampaknya!

Kesimpulan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari cari muka adalah berbuat sesuatu dengan maksud supaya mendapat pujian atau sanjungan (dari atasan atau orang lain).

Terkadang, kita menjumpai teman yang memiliki perilaku cari muka alias cari perhatian. Teman seperti itu biasanya memang membuat kita sebal apalagi bila ia terus-menerus melakukannya.

Ternyata, perilaku cari muka ini dapat memiliki penyebab yang beragam. Namun, perilaku ini boleh jadi adalah gejala gangguan mental terhadap diri si pencari muka tertentu yang membutuhkan empati kita.

Bagi orang-orang dewasa, perilaku cari muka ini yang tidak pada tempatnya dapat mengganggu orang di sekitarnya. Perilaku tersebut biasanya dilakukan demi mendapatkan perhatian, pujaan, kekaguman, dan pujian lebih dari orang lain.

Bekerjalah dengan penuh semangat, biasanya seorang atasan yang baik dan benar pasti bisa melihat semangat kerja karyawannya yang benar sungguh-sungguh. Karena itu, pastikan Anda selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan ikhlas dan sepenuh hati.

Di usahakan untuk tidak sering mengeluh terhadap kerjaan yang diberikan, hal ini dapat mempengaruhi penilaian atasan dan rekan kerja, serta mengganggu kinerja tim lainnya.

Bila Anda bekerja pada bidang Accounting dan memiliki skill yang tinggi serta mampu mengoperasikan keuangan dengan baik serta mampu menyajikan laporan keuangan secara tepat, maka Anda dinilai sudah memiliki pekerjaan yang sungguh-sungguh dalam mengaudit data perusahaan.

Hal tersebut hanya bisa diperoleh dengan menggunakan sistem yang terintegrasi, contohnya seperti software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online mampu menyajikan jenis-jenis laporan keuangan secara otomatis secara akurat dan cepat, dan yang bagusnya lagi Accurate Online bisa diakses kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Tak hanya itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur-fitur yang saling terintegrasi, sehingga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien dan simple.

Beralihlah sekarang juga dari sistem manual dan coba gratis Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini. accurate1