Ghost Writer: Pengertian dan Perannya Untuk Perusahaan

Akhir-akhir ini, terdapat beberapa orang yang mempunyai kemampuan menulis yang baik tapi lebih memilih untuk tidak mengambil kredit apapun atas tulisannya tersebut. Nah, profesi tersebut dikenal dengan sebutan ghost writer.

Beberapa penulis lainnya mungkin mencari kredit, pengakuan, publikasi ataupun popularitas saat menerbitkan tulisannya ke publik. Namun, berbagai hal tersebut tidak berlaku untuk seorang ghost writer.

Lantas, apa itu ghost writer? Apa saja peran dan fungsinya untuk perusahaan? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang ghost writer di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Ghost Writer

Sebagian dari Anda mungkin pernah membaca buku memoar. Nah, jenis buku ini biasanya ditulis oleh ghost writer. Tapi, memoirs hanya sebagian kecil saja pekerjaan dari seorang ghost writer atau GW.

Pada dasarnya, ghost writer adalah seseorang yang dipekerjakan oleh individu atau seseorang dan diberikan tugas menulis untuk mereka. Nantinya, nama penulis tidak akan dicantumkan, tapi hanya diakui saja secara individu atau perusahaan yang mempekerjakan.

Perusahaan atau individu juga nantinya akan mendapatkan copyright atas tulisan tersebut, sehingga mereka bisa lebih leluasa untuk memperbanyak, mengubah, mempublikasi, atau bahkan menjualnya untuk keperluan komersial.

Baca juga: Tips Menata Ruang Kerja untuk Tingkatkan Produktivitas

Alasan Ghost Writer Dibutuhkan

Terdapat banyak sekali kenapa suatu perusahaan mempekerjakan ghost writer. Namun terlepas dari itu, terdapat alasan umum yang banyak digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perusahaan sedang berkembang, sehingga mereka tidak bisa atau tidak sempat menulis materinya sendiri.
  • Terdapat beberapa orang yang memiliki banyak ide dipikirannya, namun tidak mengerti cara menuangkannya dalam bentuk tulisan.

Baca juga: Karir Adalah: Pengertian dan Cara Menemukan Karir yang Tepat

Tugas Seorang Ghost Writer

Terdapat banyak sekali jenis tulisan yang bisa dikerjakan oleh seorang GW, mulai dari buku, artikel sampai blog. Semuanya tergantung permintaan klien. Selain menulis, tanggung jawab seorang GW adalah sebagai berikut:

  • Mencari klien potensial
  • Membuat draf kasar, mengedit, dan mengembangkannya sesuai permintaan
  • Membuat draf kasar di blog dan membuat transkripnya.
  • Menyatukan seluruh tulisan dan membuatnya menjadi tulisan yang pendek di blog.
  • Membuat berbagai poin dari topik yang diberikan oleh pihak klien, lalu menuliskannya lewat sudut pandang klien.
  • Mencatat tulisan dengan berdasarkan judulnya saja.
  • Memikirkan ide tulisan, menyampaikannya ke klien, dan menuliskannya.
  • Melakukan penelitian dari subjek yang sudah diberikan
  • Mengcover klien yang tidak mempunyai informasi dari subjek yang ingin mereka tulis.

Seorang ghost writer dari Financial Times bernama Jeremy Blachman menjelaskan bahwa GW harus menulis, meriset, dan menerbitkan tulisannya secara bersamaan.

Baca juga: Sifat Pemimpin yang Baik yang Bisa Anda Terapkan

Keuntungan Menjadi Ghost Writer

Karena tidak diberikan copyright dan juga kredit, lalu apa keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi ghost writer? Berikut ini adalah keuntungannya.

1. Bayaran yang Menggiurkan

Salah satu alasan besar menjadi seorang ghost writer adalah bayaran. Umumnya, seorang GW akan dibayar dengan uang yang lumayan banyak daripada penulis lainnya.

Meskipun mereka tidak bisa mencantumkan credits di dalam hasil penulisannya, namun mereka masih bisa melampirkannya sebagai draf portofolio bila ingin melamar pekerjaan, meningkatkan reputasi, dan juga menarik berbagai klien baru.

Agar bisa menentukan bayaran, tentu seorang GW harus banyak melakukan latihan. Hingga saat ini, tidak ada standar baku untuk menentukan bayaran GW. Umumnya, seorang GW akan meningkatkan bayaran sebanyak 15 persen sampai 20 persen dari harga pasaran penulis freelance pada umumnya.

Selain uang, relasi dengan para klien pun adalah salah satu keuntungan dalam menjadi GW. Jika hubungan sudah terjalin dan klien merasa cocok dengan hasil tulisan, umumnya klien tersebut tidak akan ragu lagi dalam menggunakan jasa GW.

2. Kesempatan Kerja Sama Dengan Tokoh Besar

Dengan bekerja menjadi seorang ghost writer, maka artinya Anda sudah siap untuk menjalin hubungan yang baik dengan setiap klien. Hal ini tentunya juga akan sangat berguna untuk gaya penulisan agar lebih cocok dengan kepribadian klien.

Bahkan, banyak sekali perusahaan besar dan para tokoh ternama yang memerlukan jasa GW. Kesempatan seperti inilah yang bisa membangun karir Anda sebagai seorang GWagar bisa lebih besar dan jasa Anda dikenal oleh banyak orang.

Meskipun memang tulisan Anda diakui oleh orang lain, namun tidak sedikit klien yang mendukung dan menginformasikan keahlian Anda pada teman mereka yang lainnya.

Baca juga: Fungsi Berorganisasi dan Tujuannya Penting di Dalamnya

Skill Menjadi Ghost Writer atau GW

Berdasarkan laman Media Bistro, terdapat beberapa keahlian yang harus dikuasai oleh seorang GW. Beberapa diantaranya adalah cepat, fleksibel dan tentunya bisa menulis dengan baik.

Selain itu, kemampuan dalam menjalin kolaborasi juga akan sangat penting untuk dikuasai oleh seorang GW. Kenapa? Karena GW tidak bekerja sendirian seperti para penulis pada umumnya. Mereka akan bekerja sama dengan setiap klien dengan sifat yang beragam.

Seorang GW juga harus pandai dalam beradaptasi. Adaptasi dalam hal ini mencakup cara untuk menghadapi lingkungan dan klien yang berbeda dan beradaptasi dalam menulis dengan berbagai gaya bahasa.

Baca juga: Kepangkatan PNS dan Syaratnya yang Harus Anda Ketahui

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang ghost writer. Jadi, ghost writer adalah seseorang yang dipekerjakan oleh individu atau seseorang dan diberikan tugas menulis untuk mereka.

Seorang GW memiliki peran penting untuk perusahaan baru atau perusahaan yang tidak memiliki waktu untuk menulis materinya seorang diri.

Nah, bila Anda berminat untuk merekrut seorang GW, maka Anda harus memiliki anggaran untuk pekerja freelance. Karena, mereka pada umumnya tidak ingin terikat dengan perusahaan dan lebih nyaman bekerja secara mandiri.

Nah, untuk Anda yang ingin lebih mudah dan praktis dalam membuat anggaran dana perusahaan atau mengelola keuangan perusahaan secara menyeluruh dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membantu Anda dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnis.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam meningkatkan efisiensi bisnis.

Ayo, coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.