4 Filosofi Ikan Koi yang Berguna bagi Hidup Manusia

oleh | Apr 7, 2022

source envato.

4 Filosofi Ikan Koi yang Berguna bagi Hidup Manusia

Setiap orang memang memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya jika ingin belajar dari kehidupan orang lain atau bahkan makhluk lain. Dalam hal ini, makhluk lain yang dimaksud adalah hewan ikan. Dimana cara hidup hewan tersebut membawa sejumlah pengaruh positif melalui filosofi ikan yang bisa diserap oleh manusia guna menjalani hidup dengan lebih baik.

Seperti diketahui, ada begitu banyak jenis ikan, yang masing-masingnya memiliki cara hidup tersendiri. Salah satunya ialah ikan koi yang sering dianggap sebagai lambang keberuntungan. Namun, terlepas dari itu, ikan koi bertahan hidup dengan beberapa cara yang apabila diterapkan oleh manusia dapat membangun keyakinan diri ke arah yang lebih baik.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini akan dibahas empat filosofi ikan koi yang bisa ditiru oleh manusia. Namun sebelum itu, mari bahas terlebih dahulu filosofi ikan secara umum.

Filosofi Ikan Secara Umum

Hal pertama yang bisa kita lihat dari cara hidup ikan ialah ia selalu bergerak maju meski melawan arus. Makna yang bisa diambil ialah kita sebagai manusia disarankan untuk terus bergerak maju dan berjuang meski dihadapkan dengan sejumlah rintangan.

Kita juga bisa melihat bahwa ikan tetap bergerak dan tidak terpengaruh oleh lingkungan. Pendirian yang teguh ini sangat diperlukan agar kita bisa melihat dan berpegang pada kebenaran meski nanti dihadapkan pada situasi atau lingkungan yang kurang baik.

Begitu pun dengan keyakinan dalam memperjuangkan apa yang ingin didapatkan. Dalam hal ini, seekor ikan tidak takut untuk hidup di lingkungan dengan kondisi air yang bisa berubah-ubah dan hal ini sama sekali tidak memberikan pengaruh negatif terhadap dirinya.

Makna filosofi ikan yang demikian ini mengajarkan kita untuk menjauh dari kata menyerah. Jadi, dengan memperhatikan cara hidup ikan di laut, kita sebenarnya bisa mengambil nilai yang sangat berguna sebagai pedoman dalam menjalani hidup.

Baca juga: Pencitraan adalah Penggambaran Diri Sesuai Keinginan, Samakah dengan Personal Branding?

4 Filosofi Ikan Koi

Anggapan terkait ikan koi sebagai lambang keberuntungan tak akan pernah terlepas dari kisah sejarah seorang kaisar di Jepang yang terjadi sekitar abad 12. Saat itu, kaisar tengah memperhatikan ikan koi peliharaannya yang tak berlaku seperti biasanya. Dimana ikan tersebut seperti ingin melompat dari kolam.

Kaisar tersebut kemudian membawa ikan koi ke halaman istana. Dimana sesampainya di istana, terjadilah gempa. Beruntung, kaisar berhasil selamat karena berada di halaman istana yang terbuka. Dari situlah ikan koi dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh masyarakat Jepang.

Lebih dari itu, jika diperhatikan, ikan koi memiliki beberapa cara hidup yang baik untuk dicontoh oleh manusia.

1. Mudah Beradaptasi

Ikan koi termasuk dalam jenis ikan yang mudah beradaptasi. Ikan koi bisa langsung menyesuaikan diri begitu dipindahkan ke tempat baru. Jika menemui kelompok ikan koi di tempat baru, mereka pun akan langsung bergabung dengan kelompok itu.

Hal ini akan sangat membantu, terutama dalam urusan pekerjaan, yang mempertemukan kita dengan banyak orang. Begitu pun ketika dihadapkan dengan ketidaknyamanan, dimana kita bisa mencoba menciptakan kenyamanan bagi diri kita sendiri.

2. Lemah Lembut

Ikan koi dikenal pula sebagai ikan yang lemah lembut. Mereka tidak pernah melukai satu sama lain dan hidup akur dalam suatu kelompok.

Ikan koi jantan juga tidak pernah melukai ikan koi betina. Hal ini seharusnya menjadi pedoman bagi laki-laki, dimana masih sering ditemui kasus kekerasan terhadap perempuan. Begitu pun sebaliknya, kasus kekerasan yang dilakukan oleh perempuan terhadap laki-laki.

Jika ikan koi bisa hidup tanpa menyakiti satu sama lain, mengapa manusia yang berakal justru tidak bisa? Sudah sepatutnya setiap manusia berusaha menjaga kerukunan antar satu sama lain.

Baca juga: Pengertian Agen dan Tugasnya yang Harus Anda Ketahui

3. Pemberani

Meski lemah lembut, ikan koi juga dikenal pemberani. Di Jepang, ikan koi bahkan dijuluki sebagai ikan samurai karena keberaniannya dan tidak adanya rasa takut terhadap apapun.

Hal inilah yang patut kita contoh. Lemah lembut terhadap sesama, namun tak gentar dalam menghadapi rintangan.

Pada intinya, kita wajib sadar akan kondisi dan situasi yang ada. Kita perlu tahu kapan harus bersikap lemah lembut dan kapan harus bersikap gagah berani. Cobalah untuk bersikap fleksibel agar kita bisa menyesuaikan diri di setiap jenis kondisi lingkungan yang tak terduga.

4. Makhluk Sosial Tanpa Senioritas

Seperti diketahui, ikan koi hidup secara berkelompok. Bila ada ikan koi baru yang masuk dalam suatu kelompok, ikan koi lama tidak akan menyakiti ikan koi baru tersebut. Mereka hidup berdampingan dan tidak menunjukkan tanda senioritas. Hal ini juga lah yang perlu kita terapkan di kehidupan nyata.

Sekarang ini, sistem senioritas sering disalahgunakan agar bisa bersikap sewenang-wenang bahkan sebagai ajang balas dendam. Baik perlakuan fisik maupun verbal yang menyakiti bisa dilancarkan oleh senior kepada juniornya. Seharusnya, sistem ini digunakan untuk saling menghormati, bukan justru menyakiti.

Baca juga: Pengertian Etika, Jenis, dan Ciri-cirinya di Indonesia

Penutup

Berdasarkan uraian di atas, kini diketahui bahwa manusia bisa belajar dari kehidupan orang lain bahkan mahkluk lain seperti hewan sekalipun. Tanpa disadari, cara ikan bertahan hidup membawa beberapa filosofi ikan yang apabila diterapkan dapat memberikan dampak baik bagi kehidupan manusia.

Secara umum, cara hidup ikan mengajarkan kita untuk terus bergerak maju dan pantang menyerah. Sementara ikan koi menunjukkan cara hidup berupa sikap mudah beradaptasi, lemah lembut, pemberani, dan toleransi tanpa senioritas.

Tujuan dari mempelajari kehidupan makhluk lain ini ialah agar kita bisa membangun keyakinan diri yang lebih baik sehingga bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik pula.

Cara lain yang bisa diterapkan untuk membawa kehidupan ke arah yang lebih baik ialah dengan melakukan pengelolaan keuangan yang baik pula. Alasannya, pengelolaan keuangan yang baik akan menurunkan resiko terkena masalah finansial dan mendekatkan kita pada tercapainya kesuksesan finansial. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Software ini bahkan telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan.

Berbagai keunggulan di dalamnya juga bisa diakses kapan saja dan di mana saja demi mewujudkan pengelolaan dan pencatatan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis.

Jika Anda tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh Accurate Online, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati secara gratis selama 30 hari.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

3 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Vina

Artikel Terkait