7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Tingkatkan Produktivitas

Ruang kerja bisa disebut sebagai rumah kedua bagi para pekerja. Sebab umumnya, sepertiga dari waktunya dalam sehari dihabiskan untuk bekerja. Oleh karena itu, penting untuk membuat ruang kerja yang nyaman.

Menata ruang kerja sebenarnya tergantung pada selera individu. Namun, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan guna mempermudah penataan dan menciptakan ruang kerja yang aman serta nyaman. Sebab, hal ini juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas seseorang dalam bekerja.

Berikut ini tujuh tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam menata ruang kerja yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas.

Tips Menata Ruang Kerja Demi Meningkatkan Produktivitas

1. Manfaatkan Setiap Sudut dan Permukaan

Mendesain ruangan kantor biasanya memakan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, optimalkan desain ruang dan maksimalkan setiap sudut serta permukaan yang ada.

Langkah pertama, tempatkan setiap benda di sudut yang tepat sesuai fungsinya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak sisa ruang sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Anda pun bisa memanfaatkan tembok sebagai media untuk menempel jadwal kerja, kalender, atau catatan penting lainnya dengan menggunakan sticky note.

2. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Seiring berjalannya waktu, ruang kerja Anda mungkin akan penuh dengan dokumen, arsip, atau kertas-kertas. Menata dan membersihkannya setiap hari tentu membutuhkan banyak energi.

Dalam hal ini, Anda bisa mengoptimalkan tempat penyimpanan yang Anda punya. Misalnya, Anda bisa menempatkan benda-benda yang sering Anda gunakan, seperti pena, kertas, maupun staples ke dalam suatu wadah yang tertata rapih dan mudah diakses.

Untuk benda atau dokumen yang sudah tidak terpakai pun Anda bisa memisahkannya dengan dokumen lain yang masih terpakai, sehingga Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk mencarinya.

Baca juga: Karir Adalah: Pengertian dan Cara Menemukan Karir yang Tepat

3. Pilih Funiture yang Mendukung Fleksibilitas

Furniture adalah aspek terpenting dalam ruang kerja. Ada baiknya untuk memilih furniture, terutama meja dan kursi kerja, yang nyaman dan dapat mendukung fleksibilitas.

Anda bisa mempertimbangkan milih kursi dengan lengan yang cukup rendah agar bahu dapat lebih rileks dan siku tangan dapat membentuk sudut 90 derajat agar lebih nyaman ketika bersandar.

Untuk meja, pilihlah yang ukurannya sesuai dan ideal dengan tinggi badan Anda ketika duduk. Meski umumnya dapat diatur ketinggiannya, namun jangan sampai hal ini malah membuat Anda tidak nyaman karena harus duduk dengan kaki yang menekuk atau menggantung.

Secara keseluruhan, pilihlah furniture yang bisa mendukung aktivitas operasional sehari-hari dan tidak sulit ketika harus dipindahkan.

4. Atur Pencahayaan

Idealnya, ruangan kerja harus memiliki jendela yang cukup besar untuk jalan masuk cahaya alami dari matahari. Selain mampu mengurangi pemakaian listrik, sinar matahari juga bagus untuk memperbaiki suasana hati dan membuat diri lebih produktif.

Namun, apabila tidak terdapat jendela yang mumpuni, Anda bisa mengatur cahaya yang berasal dari lampu. Jika memungkinkan, sebuah meja kerja harus disinari satu lampu di atasnya untuk memberikan cahaya lampu yang cukup. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan cahaya yang cukup ketika berkegiatan sekaligus menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Sifat Pemimpin yang Baik yang Bisa Anda Terapkan

5. Tambahkan Tanaman Hidup

Jika Anda bekerja dalam ruangan yang tertutup, cobalah tambahkan tanaman hidup sebagai hiasan di meja kerja. Tidak perlu yang besar dan dengan perawatan yang rumit, melainkan cukup dengan tanaman seperti sukulen, kaktus, atau bambu Cina.

Tumbuhan seperti sukulen dan kaktus memiliki banyak spesies dan warna yang menarik sehingga dapat mencerahkan meja kerja Anda. Terlebih lagi, tumbuhan tersebut tidak perlu disiram terlalu banyak dan dapat tumbuh dengan baik sekalipun di ruangan tertutup.

Tumbuhan yang ditaruh di meja akan memberikan energi positif bagi orang yang memandangnya dan akan membuat meja kerja terlihat hidup.

6. Tunjukkan Sisi Kreatif

Saat ini, telah banyak perusahaan yang mengizinkan timnya untuk menunjukkan keunikan atau karakter tertentu secara kreatif. Jika menginginkan nuansa yang tenang, Anda bisa menggunakan warna-warna kayu untuk furniture dengan perpaduan wallpaper dinding minimalis. Begitu pun tambahan beberapa pajangan untuk memberi kesan kreatif.

Jika ingin nuansa yang lebih modern, Anda bisa memilih furniture dengan gaya kasual atau dengan mengatur ruang kantor dengan konsep yang lebih terbuka. Jika memungkinkan, sediakan sofa panjang yang bisa dipakai untuk santai sejenak agar bisa rileks dan mendapat inspirasi.

Kendati demikian, aspek kreativitas harus ditunjukkan dalam batasan yang wajar. Sebab, bagaimanapun, ruang kerja bukanlah tempat bermain dan harus terlihat profesional.

7. Jaga Kerapihan Ruang Kerja

Dari semua tips di atas, menjaga kerapihan dan kebersihan ruang kerja adalah yang paling utama. Sebab, akan percuma apabila dokumen dan peralatan kerja dibiarkan berserakan di mana saja. Alih-alih produktif, suasana yang terbentuk justru menjadi negatif dan membuat Anda tidak fokus.

Langkah paling sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan menata kabel yang biasanya menjadi penyebab meja terasa sempit dan berantakan. Aturlah agar kabel-kabel dari komputer atau gawaimu tidak berserakan.

Anda bisa mencoba mengikatnya menjadi satu dan menyembunyikannya di bawah meja. Bisa juga dengan menempelkannya menjadi satu menggunakan selotip dan menggantungnya di dinding.

Baca juga: Fungsi Berorganisasi dan Tujuannya Penting di Dalamnya

Penutup

Penataan ruang kerja sebenarnya tidak jauh berbeda dengan penataan rumah. Di mana setiap sudutnya perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat memberikan kesan yang nyaman dan menyenangkan. Anda bisa menatanya sesuai selera dan bisa pula menerapkan beberapa tips yang telah diuraikan di atas.

Selain itu, penataan ruangan kerja juga perlu disesuaikan dengan budget atau kondisi keuangan. Anda bisa menyiapkannya terlebih dahulu dan menganggarkannya dari pendapatan yang Anda punya. Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis, seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur juga tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula.

Jika tertarik untuk menggunakannya, klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.