Memahami Apa Itu Kegiatan Sosial dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Diri

Kecanggihan teknologi terkadang membuat kita lupa memperhatikan lingkungan sekitar. Padahal, hal tersebut bisa memberikan kita pandangan baru akan nilai-nilai kehidupan. Di sinilah kegiatan sosial berperan memberikan Anda kesempatan untuk mulai memperhatikan apa yang ada di sekitar dan memberi manfaat lewat tenaga atau keterampilan yang dipunya.

Lebih dari itu, aktif berkegiatan sosial juga akan memberikan segudang manfaat untuk diri. Oleh karena itu, artikel kali ini akan menguraikan manfaat dari melakukan kegiatan sosial. Namun sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu pengertian dan ciri-cirinya.

Pengertian Kegiatan Sosial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dasar sosial selalu berkenaan dengan masyarakat. Dimana juga berkaitan dengan kepentingan umum dan selalu melibatkan masyarakat dalam berbagai program yang diadakan.

Karena itu, bisa diartikan bahwa kegiatan sosial merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Dimana kegiatan dilakukan untuk kepentingan bersama, bukan untuk kepentingan pribadi.

Baca juga: Coping Mechanism: Ini Pengertian dan Kaitannya dengan Kesehatan Mental

Ciri Kegiatan Sosial

Adapun sebuah kegiatan sosial memiliki beberapa ciri yang menandakannya. Berikut ini beberapa ciri tersebut.

1. Memiliki Niat untuk Saling Membantu

Niat saling membantu merupakan tahap paling awal untuk melakukan kegiatan sosial. Dimana artinya, kegiatan sosial tidak boleh ditunggangi oleh pihak tertentu yang dapat merugikan orang lain. Kerugian yang dimaksud pun bukan hanya mencakup material, melainkan juga moral dalam lingkungan masyarakat.

2. Bersifat Kepentingan Umum

Tujuan dilakukannya kegiatan ini ialah untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. Dimana kegiatan didasari oleh rasa kemanusiaan dan bukan untuk memenuhi kepentingan suatu pihak.

3. Terdapat Pihak yang Bertanggung Jawab

Pelaksanaan kegiatan membutuhkan seseorang atau lembaga yang bertanggung jawab atas segala tindakan guna menghindari hal-hal yang bisa menjadi kesalahpahaman. Adanya pihak yang bertanggung jawab diharapkan dapat membuat kegiatan berjalan lancar dan tidak terdapat hal-hal yang diselewengkan.

4. Sasaran Kegiatan Jelas

Pihak yang dituju dalam kegiatan ini jelas dan benar-benar ada. Hal ini bertujuan agar kegiatan berjalan dengan lancar dan tujuan dari kegiatan dapat tersampaikan dengan baik.

5. Kegiatan Melibatkan Masyarakat

Masyarakat merupakan komponen utama dalam pelaksanaan kegiatan sosial. Karena itulah, kegiatan ini selalu memerlukan partisipasi dari masyarakat di wilayah tersebut. Mereka pun pada akhirnya bisa mendapatkan manfaat secara langsung dari setiap tindakan yang diambil pada saat kegiatan berlangsung.

6. Dilakukan di Lingkungan Masyarakat

Tempat pelaksanaan kegiatan tidak dilakukan di tempat yang mewah, melainkan di sekitar tempat tinggal masyarakat. Hal ini akan memudahkan masyarakat setempat dan memberikan kesan yang lebih baik.

Baca juga: Budaya Kerja, Ini Jenis dan Cara Membangunnya

Manfaat Kegiatan Sosial

Selain bermanfaat bagi pihak yang menjadi sasaran, kegiatan sosial juga memberikan banyak manfaat bagi pihak yang melaksanaan. Berikut ini beberapa manfaat tersebut.

1. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Disadari atau tidak, kemampuan berkomunikasi Anda akan meningkat begitu mengikuti sebuah kegiatan sosial. Pasalnya, Anda diharuskan untuk berkomunikasi secara intens dengan relawan lain agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

2. Menambah Pengetahuan dan Keterampilan

Berada di sebuah kegiatan atau organisasi sosial memungkinkan Anda untuk menambah pengetahuan atau keterampilan baru, seperti manajemen organisasi atau cara menggalang dana. Anda pun bisa mengasah keterampilan yang sudah Anda miliki, terutama ketika peran yang Anda pegang sesuai dengan hal tersebut.

3. Membangun Kepercayaan Diri

Bagaimana mungkin sebuah kegiatan sosial dapat membangun kepercayaan diri seseorang? Jawabannya sederhana, dengan menuntaskan suatu proyek, Anda tentu merasa mempunyai andil di dalamnya.

Terlepas dari besar atau kecilnya peran yang Anda pegang, Anda sudah memberikan kontribusi sesuai kemampuan. Terlebih lagi, kegiatan yang dilakukan memberikan manfaat bagi orang lain. Hal tersebut akan memberikan Anda perasaan bangga terhadap diri sendiri, yang pada akhirnya juga mengantarkan pada meningkatkan kepercayaan diri.

4. Memperluas Jaringan

Aktif dalam suatu kegiatan yang melibatkan orang banyak tentu akan memperluas jaringan yang Anda miliki. Jaringan yang luas akan membantu Anda untuk berkembang, baik secara personal maupun kompetensi profesional. Mengenal orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda pun akan memperkaya nilai hidup dan memperluas pergaulan.

5. Membuka Peluang Pekerjaan

Bertambahnya jaringan secara tidak langsung akan membuka peluang rezeki bagi diri. Salah satu contohnya ketika rekan relawan Anda menggeluti suatu bidang pekerjaan, dimana ia sedang membutuhkan seseorang dengan skill yang Anda miliki, bukankah peluang Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan akan meningkat?

Begitu pun dengan lebih banyaknya informasi terkait lowongan pekerjaan yang bisa lebih banyak Anda dapatkan.

6. Mendapatkan Pengalaman Berharga

Mengikuti kegiatan sosial adalah pengalaman berharga yang tak bisa dinilai dengan uang. Anda pun tidak perlu mengeluarkan modal berupa uang untuk bisa aktif berkegiatan. Melainkan memberikan tenaga, waktu, dan kemampuan yang Anda miliki.

Uniknya lagi, beberapa perusahaan kini mempertimbangkan pengalaman kerelawanan sebagai salah satu kriteria penting dalam rekrutmen karyawan. Sebab, mereka dianggap memiliki pengalaman berorganisasi dan manajemen proyek.

7. Menjadi Lebih Bersyukur dan Bahagia

Pengalaman berkegiatan sosial akan memunculkan rasa bersyukur, terutama karena kita telah melihat banyak orang dengan keadaan yang lebih sulit. ‘Complain less, thank more’ atau ‘Lebih banyak bersyukur daripada menyalahkan keadaan’, mungkin itulah sikap yang lama-lama akan terbangun di dalam diri.

Dengan bersyukur pun kita akan lebih mudah merasa bahagia, bahkan untuk hal-hal kecil di sekitar kita.

Baca juga: 4 Alasan Pulang Kerja Tenggo Itu Baik

Kesimpulan

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosial adalah kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan dapat memberikan manfaat bagi banyak pihak. Bagi diri sendiri, kegiatan sosial dapat memunculkan rasa bahagia secara personal, juga membantu kita berkembang secara profesional. Jaringan yang kita miliki pun akan bertambah seiring terbukanya banyak peluang pekerjaan.

Layaknya melakukan kegiatan sosial yang dapat memberikan manfaat, kegiatan mengelola keuangan juga akan memberikan Anda manfaat yang berkaitan dengan tercapainya tujuan finansial. Mengelola keuangan pun tak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus memastikan catatan keuangan Anda jelas dan akurat.

Karena itu, Anda membutuhkan metode pencatatan keuangan yang akurat, cepat, dan otomatis seperti yang ditawarkan Accurate Online. Accurate Online merupakan software akuntansi berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Dimana hal ini bersamaan dengan fitur dan keunggulan yang akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Segera coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

elvina

Penulis yang berasal dari lulusan jurnalistik yang tertarik dengan gaya hidup perkantoran dan dunia kerja. Di blog Accurate Online, Vina juga sering membuat berbagai konten artikel yang bermanfaat untuk pebisnis dan karyawan di Indonesia.