10 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik, Wajib Diketahui!

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik sudah sering dibahas, baik dalam buku maupun artikel di internet bahkan di forum-forum diskusi. Banyak juga pemimpin di dunia ini yang mampu menginspirasi karena memiliki gaya kepemimpinan yang patut diteladani.

Kepemimpinan kepada atasan sangat memberikan kontribusi terhadap perkembangan kinerja pegawai di bawah kepemimpinannya. Seorang pemimpin yang baik juga mampu memberikan dampak positif dan memaksimalkan potensi tim untuk menunjukkan kemajuan ke arah yang lebih baik.

Ada beberapa kriteria seorang pemimpin yang harus diketahui. Jika Anda memiliki kriteria atau kemampuan ini, maka hal tersebut bisa menunjukkan kredibilitas Anda sebagai pimpinan.

Lalu, Apa saja si ciri-ciri kepemimpinan yang baik dan harus Anda ketahui? dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang ciri-cirip kepemimpinan yang baik di bawah ini.

10 Ciri-ciri Kepemimpinan yang Baik

Setiap pemimpin pasti memiliki pendekatan kepemimpinan yang berbeda tergantung pada karakter dan kepribadiannya. Namun perlu diingat bahwa ada ciri-ciri tertentu yang membedakan seorang pemimpin yang ideal dan amanah dari seorang pemimpin biasa.

Berikut adalah 10 ciri kepemimpinan yang harus Anda penuhi untuk menjadi atasan yang dapat memimpin tim Anda untuk mencapai tujuan.

1. Integritas

Kualitas tertinggi dari kepemimpinan ideal adalah integritas. Tanpa itu, tidak ada keberhasilan yang nyata. Kejujuran dan integritas adalah kunci untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal. Pemimpin Jujur pasti akan mendapatkan karyawan yang jujur.

Baca juga: Apa Itu Kepemimpinan Kolaboratif? Berikut Pengertian Lengkapnya

2. Inspire

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik selanjutnya adalah dapat menginspirasi banyak orang. Dengan memberikan inspirasi seperti ini, maka akan mengetahui tanggung jawab dan peran pemimpin dalam masyarakat.

John Quincy Adams mengatakan bahwa jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih, maka Anda adalah seorang pemimpin.

3. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mampu mengkomunikasikan visi dan misi dengan baik. Ia memiliki strategi komunikasi yang efektif, yang kemudian menciptakan pola komunikasi yang solid antar karyawan yang dipimpinnya. Komunikasi merupakan aspek terpenting dalam membangun budaya kerja yang produktif.

4. Pengambilan Keputusan

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik keempat adalah kemampuannya dalam membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat. Keputusan yang Anda buat harus memiliki dampak besar pada seluruh tim agar bisa sukses bersama.

Saat mengambil keputusan, pemimpin juga tidak segan-segan berdiskusi dengan bawahannya guna memperoleh banyak kemungkinan solusi untuk dipertimbangkan. Hal ini karena pemimpin harus cerdas dalam menganalisa masalah dan akurat dalam mengambil keputusan.

5. Kreatif dan Inovatif

Steve Jobs, seorang maestro bisnis berpengaruh, mengatakan bahwa salah satu hal yang membedakan seorang pemimpin dari seorang pengikut adalah inovasi.

Anda harus kreatif dan inovatif untuk terus bersaing di dunia yang berubah dengan cepat ini. Dua hal ini akan membedakan Anda dan tim Anda.

Diperlukan ide-ide yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk terus menciptakan inovasi. Untuk menjadi kreatif dan inovatif, Anda dapat mengikuti dan menggunakan berbagai tips untuk berpikir lebih kreatif dan penuh inovasi.

6. Tanggung jawab

Arnold H. Glasow, menyebutkan kriteria pemimpin yang ideal harus siap menerima lebih banyak kritik atas kesalahan daripada pujian atas keberhasilan.

Sikap kepemimpinan bebas hambatan adalah sikap yang dapat membuat semua individu dalam tim bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Tentunya hal ini dapat didukung jika Anda bertanggung jawab sebagai seorang pemimpin.

7. Percaya diri dan optimisme

Keterampilan lain dari pemimpin masa depan yang harus Anda miliki adalah rasa percaya diri. Keyakinan ini dapat mencakup kesiapan Anda untuk membuat keputusan, kesediaan Anda untuk mengambil risiko, dan kepercayaan yang Anda berikan kepada tim Anda dalam mengelola tugas.

Anda perlu mengembangkan kepercayaan diri Anda untuk optimis tentang tanggung jawab yang diberikan kepada Anda. Selain itu, karyawan yang Anda pimpin mungkin optimis dengan tantangan yang mereka hadapi bersama. Bangun keyakinan bahwa Anda dan tim Anda akan mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

8. Kecerdasan Emosional

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya cerdas secara kognitif tetapi juga cerdas secara emosional. Pemimpin yang ideal mampu mengendalikan emosi dalam situasi kritis apapun dan tetap tenang dalam menghadapi konflik yang muncul.

Kecerdasan emosional juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran sosial dan membangun komunikasi yang efektif. Pemimpin yang cerdas secara emosional tidak akan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa atau lebih mengutamakan ego pribadi, tetapi tetap mengutamakan rasionalitas.

9. Transparansi

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kepercayaan tim Anda adalah melalui transparansi. Akses terbuka untuk mengakses informasi penting bagi seluruh karyawan merupakan kunci untuk dapat memimpin dan memberikan rasa aman bagi semua yang dipimpin.

Dengan memberikan akses terbuka ke informasi, Anda melibatkan tim dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.

10. Perlakuan baik terhadap orang lain

Ciri-ciri kepemimpinan yang baik terakhir adalah mampu untuk berurusan dengan orang lain, terutama bawahan, dengan memberi mereka rasa hormat. Bawahan Anda adalah orang-orang seperti Anda yang pantas diperlakukan dengan bermartabat.

Jadikan anggota tim Anda teman yang dapat Anda bagikan tanpa melebihi privasi Anda. Anda mungkin tegas, tetapi berhati-hatilah agar tidak melukai kepercayaan karyawan Anda.

Kriteria pemimpin yang ideal sangat dibutuhkan agar anggota tim Anda menghormati Anda. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda juga harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik.

Baca juga: Kepemimpinan Afiliatif: Pengertian Lengkap dan Tips Mengembangkannya

Penutup

Itulah ciri-ciri kepemimpinan yang baik yang wajib kamu ketahui. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda dan memiliki kriteria kepemimpinan, Anda dapat mencoba untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda.

Ada banyak webinar Indonesia yang bisa Anda hadiri, serta kursus online gratis dan berbayar untuk berbagai soft skill yang dibutuhkan pemimpin, seperti pelatihan kepemimpinan.

Bagi Anda seorang pemimpin pasti memiliki keyakinan yang dapat mencakup kesiapan Anda untuk membuat keputusan. Setiap pemimpin pasti bisa mengambil risiko, dan kepercayaan yang Anda berikan kepada sebuah tim dalam mengelola tugas. Contohnya menggunakan software akuntansi yang praktis dan simple.

Untuk itu, saat ini beralihlah dari cara manual dan mulailah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan Anda secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, pekerjaan akuntansi Anda akan lebih cepat selesai dan Anda pun akan bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, berbagai fitur dan modul yang disediakan di dalamnya juga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih cepat, efektif dan efisien.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1