Apa itu Deadline? Bagaimana Tips dalam Mengatasinya?

Untuk para pekerja kantoran, deadline adalah suatu istilah yang pasti sudah tidak asing lagi ditelinga. Kata deadline pun sudah banyak digunakan oleh kehidupan sehari-hari masyarakat. Tapi, apa itu deadline?

Apa efek buruk yang ditimbulkan bila melakukan pekerjaan yang dekat dengan waktu deadline? Penasaran ingin mengetahui jawabannya? Tenang, kami sudah merangkum jawabannya dalam artikel tentang deadline di bawah ini.

Apa itu Deadline?

Deadline adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mana kata tersebut banyak digunakan di kalangan profesi dan akademisi. Kata ini juga umumnya digunakan oleh para mahasiswa, para pegawai kantoran, dan bidang pekerjaan lainnya. Arti kata dari deadline ini adalah batas waktu atau tenggat waktu.

Berdasarkan kamus Oxford, arti kata dari deadline adalah a point in time by which something must be done. Selain itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia pun turut menjelaskan arti kata dari deadline, yaitu suatu ketentuan dan waktu tertentu untuk melakukan suatu hal yang tidak boleh untuk dilampaui.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Motivasi Bekerja? Ini Tipsnya!

Dampak Kebiasaan Berpacu dengan Deadline

Bila Anda terus-terusan melakukan tugas yang selalu berdekatan dengan waktu deadline, maka hal tersebut hanya akan memberikan dampak yang buruk untuk Anda.

Walaupun memang dampaknya tidak bisa dilakukan secara langsung, tapi akan datang waktunya ketikan Anda merasakan dampak dari kebiasan buruk tersebut. Untuk itu, Anda harus bisa mengetahui apa saja dampak buruk dalam melakukan hal tersebut, sehingga Anda bisa lebih waspada dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas.

1. Terganggunya Kesehatan Mental

Hal pertama yang akan Anda rasakan adalah terganggunya kesehatan mental. Melakukan suatu hal bila tidak dilakukan dengan manajemen waktu yang baik hanya akan mendatangkan stress pada diri sendiri.

Kondisi stress tersebut bisa dalam bentuk panik dan merasa bahwa waktu akan terus-menerus mengejar.  Hal tersebutlah yang akan membuat diri Anda menjadi lebih mudah stress dan bisa mengganggu kesehatan mental Anda.

2. Kesehatan Fisik Terganggu

Selain kesehatan mental, Anda juga akan memperoleh gangguan fisik. Bila Anda terlalu sering bergantung dengan pengerjaan tugas kebut dalam waktu semalam, maka akan mengganggu kesehatan.

Terlalu sering tidur hingga larut malam akan membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Untuk itu, Anda harus memerhatikan hal ini dengan baik.

3. Meremehkan Waktu

Bila sudah diberikan deadline waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan, kebanyakan dari kita sering kali menunda-nunda pekerjaan tersebut. Hal tersebut tanpa kita sadari telah menganggap remeh waktu. Sehingga, bisa membuat Anda menjadi malah dan terbiasa untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga: Manfaat dan Cara Menerapkan Afirmasi Positif di Dunia Kerja

Tips Menghindari Deadline

Menunda-nunda pekerjaan pada dasarnya sama seperti membuang-buang waktu. Selain itu, kebiasaan yang buruk ini juga bisa membuat suatu pekerjaan menjadi tidak teliti karena dikerjakan dengan terburu-buru.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak menunda-nunda pekerjaan.

1. Memiliki Niat Kuat untuk Menyelesaikan Pekerjaan

Menunda suatu pekerjaan sebenarnya terjadi karena kurangnya niat seseorang. Tanpa adanya niat, maka semua pekerjaan akan terasa sangat berat dan membuat Anda menjadi malas untuk mengerjakannya.

Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengumpulkan niat dalam melakukan suatu hal. Selain itu, nantinya mungkin ada beberapa penolakan dari diri bahwa lebih baik untuk menunda melakukan pekerjaan tersebut. Namun, Anda harus sadar bahwa hal tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri.

2. Membuat Jadwal Deadline Secara Tertulis

Buatlah jadwal terkait kegiatan yang akan Anda lakukan secara tertulis. Dengan begitu, Anda bisa melihat timeline kerja yang akan Anda lakukan dengan menyeluruh. Dengan menuliskannya, maka Anda akan selalu teringat dengan pekerjaan dan deadline Anda.

3. Buatlah Deadline Palsu

Dengan membuat deadline palsu, maka Anda akan lebih terdorong dalam melakukan suatu tugas. Karena pada dasarnya, salah satu penyebab manusia dalam menunda pekerjaan adalah waktu deadline yang lama. Sehingga, Anda akan merasa bahwa masih memiliki waktu untuk bisa mengerjakan tugas tersebut.

4. Tidur yang Cukup

Konsentrasi Anda akan lebih mudah terganggu bila Anda memiliki mempunyai waktu tidur yang tidak teratur dan kurang. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur, akan membuat Anda mempunyai stamina yang cukup dalam melakukan suatu pekerjaan.

Selain itu, konsentrasi Anda juga akan turut meningkat dan akan berujung pada peningkatan fokus serta semangat dalam bekerja.

5 Hindari Sosial Media

Media sosial hanya akan membuat Anda menjadi lupa apa waktu. Walaupun memang hal tersebut bisa mengurangi rasa bosan, namun bila terlalu asik melakukannya hanya akan membuang waktu dalam mengerjakan tugas.

Baca juga: Deep Work dan Cara Mempraktikkannya

Tips Mengatasi Kepanikan Saat Deadline

Terkadang, deadline pekerjaan yang kita miliki saat ini membuat kita menjadi lebih cemas. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan hal di bawah ini.

1. Menenangkan Diri

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri. Biasanya, rasa cemas akan datang karena kita mudah panik. Untuk itu, menenangkan diri sangat penting sebagai langkah pertama dalam menghilangkan rasa cemas.

Setelah itu, buanglah jauh-jauh berbagai pikiran buruk agar bisa lebih tenang dalam mengerjakan pekerjaan deadline.

2. Fokus Mengerjakan Satu Pekerjaan Terlebih Dahulu

Jangan pernah lupa untuk selalu fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan terlebih dahulu. Banyaknya pekerjaan yang Anda lakukan secara bersamaan hanya akan membuat Anda memiliki rasa cemas yang tinggi. Karena, fokus Anda akan terpecah dan pekerjaan yang Anda lakukan menjadi tidak maksimal.

Untuk itu, sangat penting sekali untuk melakukan suatu pekerjaan dalam satu waktu, karena hal tersebut lebih efektif dan bagus dalam menghilangkan kecemasan.

3. Rajin Berolahraga

Berolahraga mampu memberikan manfaat yang besar, baik itu untuk tubuh fisik ataupun psikis. Untuk itu, sangat penting sekali untuk selalu berolahraga dalam kurun waktu satu minggu agar Anda mempunyai kesehatan jasmani yang sehat dan pikiran yang tenang. Berolahraga juga bisa menghilangkan rasa cemas yang terdapat di dalam tubuh.

4. Tetapkan Batasan Pekerjaan

Artinya, Anda harus bisa menetapkan dan mengetahui berbagai batasan dalam kegiatan sehari-hari. Anda harus bisa memisahkan urusan personal dengan pekerjaan yang ditentukan. Hal tersebut semata-mata agar bisa terlihat lebih personal dalam menangani suatu tugas yang terdapat deadline di dalamnya.

Setelah Anda bisa menetapkan batasan tersebut, maka kemungkinan untuk hadirnya rasa cemas yang sering muncul pun akan berkurang.

5. Istirahat

Cara terakhir untuk menghilangkan beban pekerjaan adalah dengan memperbanyak istirahat. Kelelahan juga bisa menjadi pemicu rasa cemas yang berlebih. Untuk itu, sangat penting sekali untuk mempunyai waktu istirahat yang cukup, baik itu sesudah ataupun sebelum melakukan pekerjaan.

Baca juga: Hustle Culture adalah: Pengertian, Dampak Buruk, dan Cara Menghindarinya

Penutup

Terkadang, deadline memang membuat kita merasa stress dan tertekan. Namun, terdapat cara yang bisa Anda lakukan agar tidak terlarut dalam rasa stress dan juga tekanan tersebut. Sehingga, bila kita mengalami berbagai rasa cemas atau stress karena deadline pekerjaan, Anda bisa mengetahui cata dalam mengatasinya.

Salah satu cara untuk mengatasi deadline, terlebih lagi deadline dalam membuat laporan keuangan, laporan penjualan atau laporan pajak, adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis khusus dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi berbasis website yang sudah dilindungi dengan sistem keamanan canggih dan tampilan dashboard yang sederhana. Sehingga, bisa digunakan secara aman, nyaman, dan mudah di manapun Anda perlukan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga sudah dilengkapi dengan fitur bisnis yang saling terintegrasi. Sehingga, akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang digudang, menyelesaikan urusan perpajakan, mengotomatisasi proses manufaktur, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan perbulan. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia