Penjualan yang efektif melibatkan perusahaan yang mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka.
Analisis target pasar adalah alat yang berguna untuk menetapkan cara menjangkau pelanggan potensial.
Membuat analisis target pasar memerlukan penelitian dan studi serta pelaporan yang mendetail.
Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu analisis target pasar sasaran, menjelaskan apa yang harus disertakan dalam satu, memberikan contoh dan garis besar langkah-langkah untuk melakukan analisis target pasar.
Daftar Isi
Apa itu Analisis Target Pasar?
Analisis target pasar adalah penilaian tentang bagaimana produk / layanan Anda cocok dengan pasar tertentu dan di mana ia akan mendapatkan daya tarik paling besar dengan pelanggan.
Analisis ini membantu bisnis menetapkan strategi untuk teknik pemasaran dan penjualan yang efektif.
Target pasar perusahaan adalah basis pelanggan inti mereka atau demografi pelanggan yang paling mungkin membeli produk atau layanan mereka.
Analisis target pasar memberikan perspektif tingkat tinggi dari keseluruhan bidang bisnis dan biasanya menguraikan peluang dan faktor penghambat bagi perusahaan yang berharap memasuki pasar itu.
Baca juga: Pengertian Segmentasi Pasar, Kriteria, Contoh, dan Tujuannya bagi Bisnis
Manfaat Analisis Target Pasar
1. Identifikasi Kualitas Pasar
Mengidentifikasi pasar yang paling berharga dan paling tidak berharga.
Analisis target pasar membantu menentukan pasar mana yang layak dikejar dan mana yang tidak.
2. Mengembangkan persona pembeli
Seringkali, menciptakan pembeli “ideal” adalah bagian dari analisis target pasar bagi bisnis untuk mengidentifikasi secara spesifik target demografis mereka secara akurat.
3. Menemukan celah di pasar untuk diisi
Analisis pasar yang menyeluruh dapat mengungkapkan area pasar yang belum dimanfaatkan yang dapat diakomodasi oleh perusahaan, produk, atau layanan Anda.
4. Menilai kelayakan produk atau layanan
Pengujian pasar dapat menjadi bagian yang berharga dari analisis target pasar, terutama untuk produk atau layanan baru.
Umpan balik dari pelanggan potensial di pasar target Anda dapat membantu menentukan seberapa sukses produk Anda nantinya.
5. Menemukan pasar baru
Dengan survei atau metode penelitian lainnya, Anda mungkin menemukan pasar baru yang tertarik dengan produk Anda.
6. Memperbaiki strategi bisnis
Dengan informasi yang dikumpulkan dari analisis target pasar, Anda dapat membuat strategi bisnis yang kuat menggunakan data untuk mendukung keputusan Anda.
Baca juga: Target Pasar: Pengertian dan Tips Menentukannya
Apa yang Harus Disertakan dalam Analisis Target Pasar?
Analisis target pasar perusahaan Anda dapat mencakup berbagai proses, studi, dan laporan tergantung pada tujuan akhir Anda.
Umumnya, Anda ingin menyertakan hal berikut dalam analisis target pasar Anda:
1. Deskripsi dan pandangan industri
Identifikasi informasi terperinci, termasuk statistik, tentang industri Anda. Sertakan informasi tentang ukuran, potensi pertumbuhan, tren, dan prospek.
Kumpulkan informasi ini dan tinjau dengan cermat karena akan berfungsi sebagai sumber data untuk banyak keputusan Anda.
2. Sasaran pasar
Target pasar Anda adalah demografis yang ingin Anda jangkau dengan produk atau layanan Anda. Mengidentifikasi faktor-faktor ini adalah kuncinya:
- Usia
- Jenis kelamin
- Penghasilan
- Gaya hidup
- Letak geografis
- Preferensi
Selain itu, pertimbangkan faktor-faktor pasar ini secara keseluruhan:
- Ukuran pasar
- Potensi pembelian
- Motivasi
- Ide pemasaran
Meskipun produk Anda mungkin menarik bagi orang-orang di luar target demografis Anda, seperti usia atau jenis kelamin.
Analisis dapat menunjukkan bahwa menargetkan parameter tertentu akan menghasilkan laba atas investasi pemasaran Anda yang lebih tinggi.
3. Pengujian hasil pasar
Lakukan analisis pasar melalui survei atau pengujian produk untuk menentukan bagaimana target pasar Anda merespons produk Anda.
Setelah Anda menyelesaikan pengujian, kompilasi hasilnya dalam laporan untuk disertakan dalam dokumen analisis target pasar Anda yang sebenarnya.
4. Lead time
Lead time mengacu pada waktu yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk memproses dan mengirimkan produk dan bagi pelanggan untuk menerimanya setelah dipesan.
Seringkali perusahaan menentukan waktu tunggu yang berbeda untuk pesanan individu versus pesanan massal.
5. Analisis kompetitif
Identifikasi bisnis pesaing Anda. Tentukan apa yang mereka lakukan untuk melibatkan pasar dan mengiklankan produk atau layanan mereka.
Buat laporan yang mengidentifikasi bagaimana perusahaan Anda dapat mengungguli pesaing Anda dan tantangan apa yang mungkin Anda hadapi.
Baca juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar untuk Keberhasilan Bisnis
Contoh Analisis Target Pasar
Analisis target pasar penuh adalah dokumen multi-halaman lengkap dengan penelitian, sumber, bagan, dan grafik yang menjelaskan dan mendukung mengapa produk atau layanan perusahaan akan berhasil di pasar.
Salah satu aspek yang paling berharga dari target pasar adalah deskripsi pelanggan target pasar itu sendiri.
berikut adalah contoh target pasar berdasarkan barang yang akan dijual:
Contoh Target Pasar Stand mixer
Target pasar untuk XYZ Table Stand Mixer:
- Usia: 27 – 45
- Jenis kelamin perempuan
- Penghasilan: 100.000.000 per tahun
- Gaya Hidup: Menikah atau bertunangan, berpendidikan perguruan tinggi, menikmati memasak di rumah
- Lokasi geografis: Pinggiran kota besar dan menengah
- Preferensi: Peralatan dapur kelas atas, peduli dengan presentasi, ingin memiliki rumah yang bagus
Contoh Target Pasar Minuman energi
Target pasar untuk Giddyup Energy Booster 2.0:
- Usia: 15 – 24
- Jenis Kelamin: Pria
- Penghasilan: Kurang dari 25.000.000 per tahun
- Gaya Hidup: Lajang, di sekolah menengah atau perguruan tinggi, keluar larut malam dengan teman-teman
- Lokasi geografis: Daerah pedesaan atau pinggiran kota
- Preferensi: Persepsi popularitas, pengambil risiko, anti-aturan
Contoh Target Pasar Karpet yang bisa dicuci dengan mesin
Target pasar untuk Tumble Tufts Rugs:
- Usia: 30 – 55
- Jenis kelamin perempuan
- Penghasilan: 120.000.000+ per tahun
- Gaya Hidup: Menikah, punya anak, bekerja di luar rumah, jadwal padat
- Lokasi geografis: Pinggiran kota atau kota
- Preferensi: Memprioritaskan fungsi daripada mode, mencari uang dan pilihan hemat waktu, menikmati waktu luang mereka
Baca juga: Segmentasi Pelanggan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya
Cara Melakukan Analisis Target Pasar
Lakukan analisis pasar Anda sendiri untuk menentukan target pasar Anda menggunakan langkah-langkah berikut:
1. Lakukan riset pasar
Teliti industri Anda dan pasar ideal. Untuk industri, pertimbangkan faktor-faktor seperti prospek keseluruhan, tren, dan area potensial.
Teliti pesaing Anda dan buat bagan, grafik, dan laporan untuk ditambahkan ke analisis pasar target Anda secara keseluruhan yang merangkum data yang Anda temukan.
2. Identifikasi pasar Anda secara keseluruhan
Untuk total pasar ideal Anda, tentukan demografi mana yang akan menikmati produk atau layanan Anda dan tulis deskripsi terperinci untuk masing-masingnya.
Sertakan setiap fitur demografis atau grup yang menurut Anda mungkin tertarik dengan apa yang ditawarkan perusahaan Anda.
3. Segmentasikan demografi target Anda
Pisahkan pasar Anda secara keseluruhan ke dalam segmen yang berbeda.
Anda mungkin akan menemukan beberapa kelompok yang berbeda di mana Anda dapat memasarkan produk atau layanan Anda.
Jalankan pengujian produk dan kirim survei ke anggota grup ini untuk menentukan siapa yang paling tertarik dengan produk Anda.
4. Pilih pasar ideal Anda
Dari segmen-segmen ini, dan berdasarkan pengujian produk dan informasi survei Anda, putuskan pasar sasaran mana yang akan Anda fokuskan untuk mengirimkan produk Anda.
Segmen ini kemungkinan besar akan menjadi demografis yang merespons paling positif dalam pengujian dan survei Anda.
5. Buat proyeksi
Waktu pengerjaan proyek, potensi penjualan, biaya pemasaran, dan taktik penjualan awal lainnya yang dapat Anda persiapkan.
Tulis laporan dengan jelas mendefinisikan semua proyeksi.
6. Buat dokumen
Terakhir, ambil semua informasi yang dibuat dan ditulis selama analisis dan kompilasi menjadi satu dokumen.
Tambahkan sumber daya, temuan tambahan, atau pemikiran akhir sesuai kebutuhan.
Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran
Kesimpulan
Melakukan analisis target pasar sebagai pemilik bisnis sangat penting.
Hal ini dilakukan agar Anda bisa melakukan penjangkauan konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan Anda.
Melakukan analisis yang benar juga akan memudahkan Anda untuk membuat perencanaan strategi bisnis berdasarkan data riset yang faktual.
Pada akhirnya, bisnis yang selalu berdasarkan data akan menghasilkan keuntungan yang berlipat dan kesuksesan bisnis secara menyeluruh.
Pastikan juga Anda melakukan pencatatan keuangan dan proses pembukuan untuk mengetahui kesehatan keuangan Anda secara keseluruhan.
Untuk mempermudah proses tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: