Mengenal Apa Itu Advertising dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Pemahaman akan apa itu advertising belum merata diketahui oleh sebagian besar dari kita. Beberapa bahkan menyamakannya dengan marketing.

Padahal, setiap harinya kita menemukan banyak bentuk advertising tersebar dimana-mana. Entah di media sosial, di jalan, bahkan di sebuah pusat perbelanjaan.

Apa alasannya? Tentu karena periklanan atau advertising adalah salah satu komponen penting dalam upaya pengembangan bisnis. Dimana advertising bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menarik lebih banyak pelanggan.

Kali ini, mari bahas lebih dalam tentang apa itu advertising, jenis-jenis advertising, serta manfaatnya bagi sebuah perusahaan.

Apa Itu Advertising?

Ada begitu banyak definisi terkait apa itu advertising, baik menurut para ahli maupun laman terpercaya.

Melansir dari laman The Balance SMB, advertising adalah sebuah upaya untuk menarik perhatian pelanggan atau klien. Dimana upaya ini disampaikan melalui pesan yang persuasif baik dalam bentuk gambar, video, ataupun tulisan.

Adapun menurut Wright (1978) yang mendefinisikan periklanan sebagai suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu penjualan ataupun pemberian layanan serta ide-ide, yang disampaikan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

Jadi, secara garis besar, advertising adalah suatu penyajian pesan yang disampaikan secara persuasif melalui saluran tertentu dan dalam bentuk tertentu, yang bertujuan menarik perhatian pelanggan akan suatu produk atau jasa.

Baca juga: Native Advertising: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya dalam Bisnis

Jenis-Jenis Advertising

Dalam bisnis, iklan bertujuan untuk menarik pelanggan baru dengan menetapkan target pasar serta menjangkau mereka melalui kampanye iklan yang efektif. Untuk jangkauan yang lebih luas, perusahaan juga biasanya menerapkan lebih dari satu jenis periklanan.

Secara umum, saat ini memang tersedia banyak sekali jenis-jenis advertising. Berikut ini beberapa dari jenis periklanan tersebut.

1. Periklanan Online

Periklanan online atau online advertising merupakan jenis periklanan yang materinya disampaikan pada target audiens secara daring. Jenis periklanan ini menjadi salah satu yang paling populer dan efektif untuk dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Iklan online memungkinkan kita untuk menentukan dan menyasar target pasar sesuai keinginan, yang bisa ditentukan melalui usia, jenis kelamin, lokasi, dan banyak hal lainnya. Begitu pun dengan harga yang terbilang lebih murah dibandingkan jenis periklanan lain.

Untuk saat ini, beberapa periklanan online yang paling sering digunakan ialah melalui YouTube Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, hingga Google Ads.

2. Iklan Media Cetak

Jenis periklanan ini dapat ditemukan pada media cetak seperti koran, majalah, poster, brosur, direktori, hingga selebaran.

Meski tidak sepopuler iklan online, iklan media cetak masih digunakan hingga saat ini untuk mempromosikan produk atau layanan. Biasanya, media-media cetak lokal-lah yang dipakai oleh bisnis-bisnis lokal dalam mempromosikan bisnisnya sekaligus menjangkau lebih banyak pelanggan.

3. Iklan Televisi

Sebelum memasuki era digital, iklan televisi adalah yang paling populer untuk memasarkan suatu produk atau layanan. Banyak perusahaan besar menggunakan jenis iklan ini untuk menjangkau pasar di dalamnya.

Meski begitu, iklan televisi masih menjadi salah satu jenis iklan yang efektif dan banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Meski beberapa di antaranya ada pula yang berpindah ke iklan online.

4. Iklan Outdoor

Melansir dari The Balance SMB, iklan outdoor juga dikenal dengan iklan yang menjangkau konsumen ketika mereka berada di luar rumah.

Salah satu bentuk dari jenis iklan ini ialah iklan berbentuk billboard yang biasa kita temukan di jalan. Dimana bentuk iklan ini juga masih efektif digunakan sebagai media iklan.

5. Penempatan Produk

Penempatan produk atau product placement merupakan salah satu kegiatan mempromosikan produk atau layanan secara diam-diam lewat film, sinetron, web series, dan berbagai konten lainnya. Dengan kata lain, jenis iklan ini merupakan iklan terselubung.

Salah satu penerapan contohnya seperti dalam sebuah adegan film terdapat sebuah produk dalam bentuk fisik, namun produk tersebut tidak dijelaskan secara langsung.

Baca juga: Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda

Manfaat Advertising Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui apa itu advertising dan sedikit penjelasan terkait jenis-jenisnya, kini akan disebutkan tiga manfaat besar advertising bagi perusahaan.

1. Sebagai Alat Promosi

George Felton, penulis “Advertising: Concept and Copy”, mengatakan bahwa tujuan utama advertising adalah untuk menyampaikan bahwa perusahaan Anda memiliki sesuatu yang menarik untuk ditawarkan.

Agar dapat berguna sebagai alat promosi yang efektif, konten yang Anda buat juga bisa memuat kaidah jurnalisme yang memenuhi unsur apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

2. Meningkatkan Kesadaran Pelanggan

Advertising dapat membantu meningkatkan kesadaran audiens yang dituju, sekaligus mengedukasi mereka mengenai manfaat yang bisa diperoleh melalui pembelian produk atau layanan perusahaan.

3. Sebagai Perbandingan dengan Kompetitor

Mengutip perkataan Gerard Tellis, penulis “Effective Advertising: Understanding When, How, and Why Advertising Works”, advertising dapat memicu konsumen untuk mengevaluasi produk atau layanan perusahaan dan membandingkannya dengan kompetitor serupa. Misalnya pada iklan produk penghilang noda, konsumen akan membandingkan mana produk yang divisualkan lebih mampu menghilangkan noda pada pakaian lebih cepat dan efektif.

Oleh karena itu, penting untuk memasang iklan yang kreatif dan berkualitas baik sebagai bahan perbandingan bagi konsumen.

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan terkait apa itu advertising, jenis-jenis advertising, dan manfaat advertising bagi perusahaan.

Sesuai uraian di atas mengenai apa itu advertising, kita kini memahami bahwa advertising adalah salah satu upaya penyampaian pesan secara persuasif guna menjangkau lebih banyak pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan.

Untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan melalui advertising, kita tentu perlu menyiapkan anggaran secara mumpuni. Anggaran yang masuk ataupun keluar juga harus dicatat dan dilaporkan dengan baik demi keberlangsungan bisnis yang sehat.

Untuk itu, Anda memerlukan metode pencatatan dan pengelolaan keuangan yang akurat, otomatis, dan cepat. Accurate Online merupakan software akuntansi dan bisnis yang menyediakan layanan pengelolaan keuangan tersebut.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis, termasuk laporan arus kas, dan lain-lain. Berbagai fitur dan keunggulan pun tersedia di dalamnya untuk membantu para pebisnis mencapai kesuksesannya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.